Cara Budidaya Ikan Gurame Dijamin Berhasil

Cara budidaya ikan gurame akhir-akhir ini memang sedang dicari-cari. Dikarenakan budidaya ikan gurame bisa menjadi pilihan yang tepat dalam memulai usaha. Permintaan terhadap ikan air tawar hampir tak pernah surut. Karena memang kebutuhan ikan air tawar adalah untuk konsumsi harian, sehingga selalu laris di pasaran.

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara budidaya ikan gurame lebih baik jika kita mengetahui ukuran benih dan harga dari benih tersebut.

Ukuran dan Harga Benih dari Ikan Gurame

Ukuran benih usaha budidaya ikan gurame cukup bervariatif. Semakin besar ukuran dari ikan gurame tersebut, maka harganya pun lebih mahal. Maka disarankan untuk membeli benih yang berukuran lebih dari 2 cm, bukan mengambil dalam bentuk benih telur ikan.

Dikarenakan jika kita ternak gurame dari yang berbentuk telur, perawatannya jauh lebih sulit. Karena butuh penjagaan lebih untuk menjaga telurnya menetas dengan baik.

Harga benih Ikan Gurame, sesuai dengan ukuran masing-masing benih dari ikan gurame tersebut :

  • Ikan Gurane yang berukuran 2-3cm seharga Rp 135 per ekor
  • Ikan Gurane yang berukuran 3-4 cm seharga Rp 150
  • Ikan Gurane yang berukuran 3-5 cm seharga Rp 175
  • Ikan Gurane yang berukuran 4-6 cm seharga Rp 200
  • Ikan Gurane yang berukuran 5-7 cm seharga Rp 300
  • Ikan Gurane yang berukuran jempol tangan orang dewasa seharga Rp 500.

Budidaya ikan gurame memang memiliki hasil yang cukup menjanjikan. Akan tetapi, yang perlu diketahui adalah bagaimana cara budidaya ternak ikan tawar ini dan menerapkan tips nya dengan benar guna memperolah hasil yang optimal.

Jenis Kolam Budidaya Ikan Gurame

  • Kolam Semen

    Jenis kolam budidaya ikan gurame yang pertama yaitu kolam berbahan dasar semen. Karena ini merupakan jenis kolam yang tidak alami.

  • Kolam Tanah

    Yang pertama dilakukan yaitu harus menggali kolam sesuai dimensinya. Kemudian taburkan gamping dolomite (kapur) untuk membunuh organisme atau penyakit pada kolam dari tanah yang sudah digali.

  • Kolam Terpal

    Kolam terpal bisa menjadi alternatif budidaya ikan gurame di lahan yang sulit air untuk menampung air hujan. Untuk perawatan jenis kolam ini juga tergolong praktis dikarenakan kolam jenis terpal ini dapat dengan mudah dibongkar dan lahan juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

 

Cara Budidaya Ikan Gurame

cara budidaya ikan gurame

Setelah memilih jenis kolam dan juga memiliki kolam untuk budidaya ikan gurame. Kemudian, mengolahnya sampai akhirnya siap untuk ditebarkan benih, maka benih yang sudah kamu pilih siap untuk mulai dibudidayakan.

Pada hari pemindahan ke kolam dan pada hari pertama dimasukkan ke kolam, ikan gurame tidak perlu diberi makan pellet. Sehingga ikan akan berpuasa selama dua hari.

Setelah dua hari ikan gurame baru diberi pakan yang terdiri dari pellet 4 kilogram, ditambah 2 tutup botol cairan pemacu pertumbuhan ikan, 1 tutup botol penutrisi ikan (Spf), 3 tetes tebu, dan 1 liter air. Alternatif pakan ikan gurame yaitu pakan organik berupa bekatul yang mana dapat diperoleh dari mesin giling sekam, ampas tahu, daun papaya, gedebok pisang, dan kotoran sapi atau ayam kering.

Pada saat musim pancaroba, sebaiknya budidaya ikan gurame tersebut diberikan pakan tambahan tidak hanya berupa pakan pellet. Pakan tambahan dapat berupa dedaunan. Seperti daun papaya, kangkung, dan daun lumbu.

Hal ini perlu diperhatikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sehingga dapat terhindar dari penyakit. Jika pakan yang kita berikan mengambang di kolam maka tandanya ikan sudah kenyang atau pemberian pakan harian dapat dikatakan cukup.

Perhatikan pemberian pakan yang cukup, juga perhatikan kualitas dan tingkat keasaman air. Agar tidak terjadi panen dini, bisa diberikan garam ikan untuk mencegah kerugian.

Masa budidaya ikan gurame sekitar 10 sampai 12 bulan dengan bobot rata-ratanya 800 gram hingga 1 kilogram per ekor. Harga jual ikan gurame konsumsi dengan ukuran yang sedang sekitar Rp 20 ribu-an per kilogram, gurame soang ukuran besar sekitar Rp 45 ribu per kilogram, dan untuk kualitas super seharga Rp 60 ribu per kilogram.

Jika dalam satu kolam menampung sekitar 1000 ekor, maka yang dapat dihasilkan bisa mencapai sebesar Rp 60 juta sekali panen.

Sekian ulasan kami tentang cara budidaya ikan gurame, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.