Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam Yang Super Gampang

cara membuat nasi kebuli ayam

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi uduk kuning kan? Nah kali ini kita akan membahas mengenai resep dan cara membuat nasi kebuli ayam yang super gampang.

Resep nasi kebuli ayam kali ini kita akan menggunakan rice cooker. Wah gampang dan praktis banget kan ya. Anak kos wajib banget nih buat nyobain resepnya, karena gampang banget.

Nah kita bahas dulu nih pengertian dari nasi kebuli sendiri. Mungkin beberapa dari kalian kan belum tahu. Yuk langsung saja ke filosofi nasi kebuli.

Filosofi Nasi Kebuli

Apa sih nasi kebuli itu? Terasa asing di telinga kita ya kayaknya. Jadi sebenarnya Nasi kebuli merupakan sebuah hidangan nasi berbumbu yang memiliki rasa yang gurih dan ditemukan di Indonesia.

Nasi kebuli ini diolah bersama dengan susu kambing, kuah kaldu daging kambing, dan minyak samin, disajikan dengan potongan potongan daging kambing goreng,bawang goreng dan biasanya juga ditaburi dengan irisan kurma atau bahkan kismis.

Nasi kebuli ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nah tetapi pada resep kebuli ayam kali ini berbeda loh jadi kita akan ganti daging kambingnya dengan kambing ayam loh.

Wah gimana ya rasanya? Penasaran kan resep nasi kebuli ayam nya, yuk langsung saja kita ke resep dan cara membuat nasi kebuli ayam

Resep Dan Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam

  • 1/2 kg ayam
  • 2 cm jahe
  • 1 sachet santan kara
  • 2 cm lengkuas
  • 3 buah cengkeh
  • 2 daun salam
  • 1 sdm lada bubuk
  • 2 daun jeruk
  • 10 biji kapulaga
  • 5 buah bunga lawang
  • 1 sachet bumbu gulai instan indofood
  • Secukupnya penyedap rasa
  • 1 buah jeruk nipis
  • Kurleb 2 liter air
  • 1 buah kayu manis
  • 3 cup beras
Bumbu halus
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdt jinten
  • 8 siung bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt garam

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam

  1. Potong ayam sesuai selera, cuci bersih beri air perasan jeruk nipis. Diamkan 10 menit, cuci bersih lagi.
  2. Didihkan air, lalu masukan sereh,jahe dan lengkuas yg sebelumnya sudah digeprek. Jangan lupa daun salam dan daun jeruknya jg. Masukan ayamnya. Rebus sampai empuk. Aku pake metode 5-30-7.
  3. Sementara menunggu ayam empuk kita haluskan bumbu bumbu halus diatas. Lalu campurkan dg bumbu gulai indofoodnya.
  4. Tumis bumbu halus, setelah wangi tambahkan kayu manis, bunga lawang, kapulaga dan cengkeh. Sebenernya pakai pala jg, berhubung kehabisan yawes skip aja.. Kalau mau pake 1/2 sdt aja.
  5. Masukan bumbu halus yg sudah ditumis tadi di panci ayam yg sudah empuk. Aduk rata, tambahkan santan. Lalu koreksi rasa. Tambahkan penyedap rasa dan lada bubuk sampai pas sesuai selera.
  6. Setelah mendidih lagi matikan apinya. Biarkan dulu diatas kompornya. Kita cuci bersih beras. Masukan beras bersih tadi ke panci rice cooker besar
  7. Setelah itu air kaldu ayam yg sudah dibumbui tadi masukan ke panci rice cooker besar. Sesuaikan kalau kita masak nasi aja. Aku tambahkan lagi kapulaga, bunga lawang dan cengkehnya biar aromanya tambah enak
  8. Tekan tombol cooknya, setelah berubah warm aduk rata nasi. Lalu klik cook lagi. Tunggu sampai warm lagi siap disajikan.
  9. Lalu ayam nya tinggal digoreng aja. Bisa ditambah acar timun dan wortel juga biar makin mantap.

Resep Nasi Kebuli Ayam

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Saya yakin kalian pasti sudah tidak sabar untuk nyobain resep nasi kebuli ayam diatas hehehe. Selamat mencoba yaa, salam kuliner