Cara Membuat Es Buah Sederhana Ga Pake Ribet

cara membuat es buah sederhana

Hello gais kembali lagi bersama mimin, kali ini mimin bakal bahas tentang cara membuat es buah sederhana yang mudah dan simple. Cocok banget pokoknya buat ngisi waktu luang kalian selama liburan di rumah kayak sekarang ini. Masalah bahan bahan udah pasti aman, soalnya bahan yang dipake gampang nyarinya.

Pada artikel ini mimin bakal bagiin beberapa resep es buah untuk jualan dan cara buat sop buah nya, tapi sebelumnya mimin mau kasi tau ke kalian beberapa manfaat dari buah buahan yang biasa terkandung dalam es buah ini. Cekidotttt!!!

Manfaat Buah Buahan Dalam Es Buah

1. Melon

Menawarkan rasa manis yang unik, buah dengan nama latin Cucumis melo ini merupakan senjata yang ampuh dalam mencegah kanker dan menyamarkan penuaan dini, terutama bagi kalian ciwi ciwi.

Menurut data yang dibeberkan oleh National Nutrient, buah yang memiliki warna hijau imut ini mengandung vitamin A, C, E, K, serta asam folat yang sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin terlihat lebih muda.

2. Blewah

Buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis dan berwarna oranye ini selain menyimpan banyak gizi, ia juga dipercaya dapat memberikan impact yang besar untuk kalian yang lagi menjalani program diet.

Mengusung kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat serat dan mineralnya diikuti dengan serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang senantiasa menjaga masalah kulit dan kekebalan tubuh. Dapat juga untuk senjata mencegah penyakit kanker.

3. Nanas

Selain sangat mujarab dalam mengatasi masalah dahaga di siang bolong, buah yang kandungan airnya mencapai 87% ini memiliki gula alami seperti sukrosa, fraktosa, dan glukosa yang menyegarkan ketika dilahap.

Inilah mengapa sebenarnya sop buah diciptakan tanpa susu ya karena kandungan buah di dalamnya benar-benar sudah lebih dari cukup dalam membuat lidah kalian merasa manis.

Buah nanas ini memiliki sifat yang dingin(bukan dingin kayak sikapnya ya:p) sehingga sangat berkhasiat dalam mengurangi asam lambung, mengurangi resiko pertumbuhan sel kanker serta menjaga limpa kita agar tetap prima.

4. Semangka

Semangka memiliki kandungan magnesium serta kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah di tubuh kita. Kulitnya pun juga mengandung zat citrulline yang berfungsi sebagai antioksidan dengan tugas menangkal radikal bebas dan penumpukan plak plak pada saluran darah.

Buah semangka ini juga mengandung arginie yang dapat membantu mengurangi lemak yang berlebih dan mengakibatkan kolestelor serta serangan jantung.

5. Pepaya

Selain dapat digunakan sebagai bahan di es buah ini, pepaya juga dapat juga dibuat dengan cara bikin manisan pepaya kering. Pepaya ini sangat dikenal untuk kalian yang sering mengalami masalah dalam saluran pencernaan, Itu adalah hal yang cukup masuk akal karena pepaya ini meliki zat papain yang senantiasa membantu saluran pencernaan kita dengan memecah protein.

Buah yang sering dijadikan kebanyakan orang sebagai alternatif ketika sembelit ini juga dapat menjaga dan memperbaiki daya tahan tubuh kalian.

Bagaimana tidak? Buah pepaya ini meliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk, yakni sebesar 33%. Hal tersebut membuat pepaya menjadi primadona bagi mereka yang sedang dalam masa recovery ketika sedang sakit.

 

Lumayan menarik yaa kandungan zat dan vitamin dari buah buahan yang biasanya terdapat pada bahan pembuatan es buah. Kalo gitu sekarang kita menuju ke resep dan cara pembuatannya, lesgooo!!!

Cara Membuat Es Buah Sederhana

1. Resep Cara Membuat Es Buah Alpukat Mutiara

Bahan-Bahan:

  • 1 buah alpukat segar
  • 50 gram sagu mutiara
  • 5 sendok makan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan fibercrame
  • 300 ml air hangat
  • Es batu secukupnya

Cara memBuat es Buah Alpukat Mutiara:

  1. Cuci bersih buah alpukat kemudian kupas hngga bersih
  2. Potong-potong alpukat sesuai selera kalian
  3. Sisihkan dulu alpukat yang sudah dirajang tadi, sekarang kita rebus dulu sagu mutiara hingga matang
  4. Larutkan pula fibercrame bersama dengan gula dalam satu wadah berbeda dari rajangan alpukat dan aduk sampai rata
  5. Setelah sagu mutiaranya matang, masukkan ke dalam wadah yang berisi adonan fibercrame dan gula tadi bersamaan dengan rajangan alpukat tadi lalu tambahkan es batu sesuai selera kalian
  6. Voilaa es buah alpukat mutiara siap disajikan guiss

2. Resep Cara Membuat Es Buah Soda

Bahan-Bahan:

  • 500 gram buah mangga
  • 500 gram buah pepaya
  • 600 gram buah nanas
  • 500 gram buah apel
  • 700 gram buah pir
  • 400 gram buah naga
  • 400 gram buah mangga
  • 350 gram kolang kaling
  • 250 gram gula pasir
  • Sirup cocopandan
  • 1 liter soda
  • Es batu secukupnya

Cara MemBuat ES Buah Soda:

  1. Cuci dan bersihkan kolang kaling sampai bersih kemudian rebus kolang kaling sampai empuk
  2. Sambil menunggu kolang kalingnya matang, kita cuci semua buah dan kupas hingga bersih kemudian potong kecil sesuai selera
  3. Siapkan wadah atau mangkuk dan masukkan semua potongan buah tadi bersama dengan soda dan es batu
  4. Setelah kolang-kaling dirasa cukup empuk dan matang, segera angkat dan tiriskan, kemudian tunggu hingga dingin
  5. Jika kolang kaling sudah dingin masukkan ke dalam mangkuk yang udah berisi buah dan soda
  6. Jangan lupa tambahkan sirup cocopandan di atasnya dan voila es buah soda siap disajikan

3. Resep Cara Membuat Es Buah Jelly

Bahan-Bahan:

  • 1 buah mangga
  • 2 potong semangka
  • 2 potong melon
  • 5 buah anggur
  • 1 Nutrijel anggur
  • Santan secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Daun pandan
  • Sirup(opsional)

Cara memBuat es Buah Jelly:

  1. Cuci bersih semua buah yang ada kemudian lakukan pengupasan
  2. Potong-potong buah dan jelly yang sudah jadi dan taruh dalam sebuah wadah
  3. Masak santan hingga setengah mandidih, sambil memasukkan garam gula, garam, dan daun pada secara bersamaan lalu aduk terus hingga merata dan mendidih agar santannya tidak pecah
  4. Setelah dirasa cukup matang, dinginkan adonan tadi dan tunggu sampai hangat, kemudian tuangkan adonan ini ke wadah yang berisi buah dan potongan jelly tadi
  5. Simpan di dalam kulkas agar mendapat hasil yang maksimal dan es buah jelly siap disajikan

4. Resep Cara Membuat Es Buah Ceria Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 100 gram semangka merah atau kuning
  • 100 gram nanas
  • 500 gram es batu serut
  • 100 gram pepaya
  • 100 gram melon
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis rasa vanila
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 gram anggur

Cara memBuat Es Buah CERIA sederhana:

  1. Persiapkan mangkuk untuk wadahnya terlebih dahulu
  2. Cuci bersih semua buah yang ada dan kupas semuanya
  3. Jika sudah dikupas, potong dadu semua buah tadi kecuali buah melon yang dipotong bulat menyerupai kelereng
  4. Masukkan semua rajangan tadi ke dalam wadah yang udah disiapkan sebelumnya
  5. Sekarang ambil wadah lain untuk membuat cairannya. Masukkan air dan campur dengan susu kental manis kemudian aduk hingga merata
  6. Jika air dan susunya tadi udah merata, tuangkan ke dalam wadah yang berisi buah-buahan tadi
  7. Kemudian tambahkan es serut dan tuangkan sirup vanili sesuai selera dan es buah ceria sederhana kali ini siap dinikmati

Hayo masih bingung?? hahaha dicoba satu satu aja dulu gaiss, sesusai selera kalian atau kalo kalian mau nyobain semuanya boleh bangett. Bisa banget juga buat refrensi kalian kalo mau terjun atau buka usaha kuliner dengan menjual es buah.

Dengan modal dari resep di atas mimin yakin itu udah lebih dari cukup buat dijadiin resep andalan kalian, atau tinggal bagaimana kalian mau dan bisa menginovasinya lagi. Bisa dengan packingnya atau isian di dalam es buahnya. Mainkan kreatifitas kalian, hihihi selamat mencoba ya gaisss!!