Cara Bikin Manisan Pepaya Kering Enak

cara bikin manisan pepaya kering

Manisan pepaya kering? hmmm menarik ya? Setelah sebelumnya mimin ngeshare resep salad buah untuk jualan kali ini mimin bakal ngeshare tentang cara bikin manisan pepaya kering yang enak dan tentunya mudah banget karena bisa kalian lakuin sendiri.

Tapi sebelum cara membuat manisan pepaya kering, tahukah kalian bahwa buah pepaya selain dapat diolah menjadi berbagai macam olahan, juga memiliki banyak kandungan yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Penasaran apa aja manfaatnya? simak terus ke bawah yaa!!

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Kekuatan Imun Tubuh

Sebagai buah dengan kandungan vitamin C terbanyak, dan dengan kita mengonsumsinya secara cukup dan rutin, maka pepaya akan membantu sistem imunitas denganvitamin C kandungannya. Dengan meningkatkan sistem imunitas ini kita akan terlindungi dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

Apalagi dalam masa pandemi seperti ini di mana kita perlu asupan vitamin c yang cukup untuk selalu menjaga kestabilan tubuh kita agar terhindar dari virus covid 19 ini.

2. Mengandung Banyak Nutrisi

Buah pepaya ini memiliki kandungan enzim yang dikenal dengan papain. Enzim ini dapat membantu memecah rantai rantai protein yang mengeras pada oto daging. Makanya pepaya sering banget dipakai buat ngelunakin daging daging sejak dari jaman dulu.

3. Mencegah Penuaan Dini

Poin yang satu ini sangat digemari oleh kaum hawa khususnya bagi mereka yang ingin kulitnya sehat luar dalam tentunya, juga kulit yang terlihat lebih kencang dan terlihat lebih cerah nan berkilau. Tentunya juga menunda penuaan dini yang sangat dihindari bagi kebanyakan orang yang sangat memperhatikan masalah kulitnya.

Kandungan vitamin C yang seabrek di pepaya bakal membuat kalian jatuh cinta sama buah ini. Belum lagi kaian yang suka beraktivitas secara lebih dan bebas maka akan sangat rentan sekali mengalami kemunculan kerutan dan mengakibatkan penuaan dini lebih cepat. Di sini vitamin C udah ngga bisa didebat lagi dalam tugasnya menangani kasus-kasus yang bersinggungan dengan kesehatan kulit.

4. Melancarkan Saluran Pencernaan

Ini dia yang selama ini kita ketahui. Apalagi pas kalian lagi ada masalah dalam sistem pencernaan, buah pepaya adalah jawabannya. Dengan kandungan serat dan mineral yang tinggi serta enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Tidak heran jika pepaya dijadikan bahan utama dan bahan dasar sebagai obat sembelit dalam obat-obatan.

5. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

6. Mengandung Antioksidan

Buah pepaya ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, lebih dikenal dengan sebagai karotenoid yang salah satunya likopen. Sehingga dengan mengonsumsi pepaya ini tubuh dapat menyerap antioksidan lebih baik daripada buah dan sayuran lainnya.

Selain itu juga antioksidan ini dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang ada di tubuh kita gaiss. Radikal bebas yang dapat mengakibatkan stress ini dapat dicegah dengan kandungan kandungan yang ada di dalam buah pepaya ini.

 

Wow banyak juga yaa manfaatnya. Sebenarnya masih ada yang lain lagi sih gais cuma kalo mimin tulis semua di sini nanti resepnya keburu lupa hahaha, so sekarang kita menuju ke resepnya okayyy hihihi.

Cara Bikin Manisan Pepaya Kering

Jadi di sini mimin punya 3 resep andalan mimin yang siap kalian pakai sebagai amunisi kalian hihihi, bacanya pelan pelan aja ya sambil dipahami baik baik gais okayy cekidott!!!

1. Resep Manisan Pepaya Kering Sederhana

Baiklah gais kita mulai pada resep pertama kali ini dengan manisan pepaya kering sederhana

Bahan bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara BIKIN Manisan Pepaya Kering Sederhana:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika manisannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

Selesai pada resep pertama kita lanjut ke resep kedua ya gaiss

2. Resep Manisan Pepaya Kering Muda

Bahan bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara bikin Manisan Pepaya Kering Muda:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas

Karena manisan ini terbuat dari bahan bahan yang alami dan sudah dikeringkan cukup lama, maka manisan ini dapat bertahan cukup lama yakni sekitar 2 sampai 3 bulan tanpa perlu bahan pengawet tambahan.

3. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih

Bahan bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara bikin Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

Wah mantul banget kan ketiga resep di atas? Jadi kapan kalian mau mulai nyoba? Oh iya, selain buah pepaya bisa diolah jadi manisan pepaya kering, dia juga bisa diolah dengan resep es buah untuk jualan lho gaiss. Itung itung bisa banget dijadiin menu andalan kalian kalo ikut masterchef hahaha.

Tapi serius, dengan resep yang sederhana ini mimin harap kalian bisa mengaplikasikannya dengan baik. Tinggal bagaimana kita mengolahnya menjadi lebih kreatif lagi. Soalnya mimin yakin pembaca resep mimin orangnya pasti kreatif kreatif semua hihihi. Selamat mencoba gaisss!!