Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Gurih

Cara membuat bawang goreng renyah itu sangatlah mudah. Bikin kita tidak malas untuk membuatnya. Pada zaman modern bawang goreng renyah sangat banyak sekali varian rasanya. Dari original,balado hingga pedas.

Bawang goreng adalah bawang merah yang diiris kemudian berwarna keemasan dan setelah itu berasa renyah. Jenis bawang goreng ini adalah bumbu tabur yang banyak digunakan sebagai bumbu penabur dalam tambahan hidangan makanan.

Bawang

Faktanya bawang merupakan tumbuhan penting bagi manusia yang termasuk dalam genus bunga,daun,atau umbi. Oleh karena itu juga banyak yang memanfaatkannya sebagai sayuran atau sebagai bumbu rempah.

Terdapat tiga macam jenis bawang, yaitu bawang merah bawang putih dan bawang bombay.

Dan juga bawang merupakan tumbuhan yang banyak ditanam berada di Indonesia. Oleh karena itu pasti suatu hidangan makanan membutuhkan bawang sebagai bumbu rempah wajib.

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah

cara membuat bawang goreng renyah

Faktanya terdapat banyak bawang goreng renyah yang enak. Anda tidak perlu membeli. Kemudian anda dapat cara bikin bawang goreng renyah secara khusus. Alat dan bahannya pun sangat mudah sekali jika menemukannya.

Berikut merupakan cara membuat bawang goreng renyah dengan mudah.

1.Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Original

BaHAN-BAHAN :

  • 250 gram bawang merah (kupas,cuci bersih)
  • Minyak untuk menggoreng
  • Garam secukupnya

Cara membuat bawang goreng renyah original :

  1. Cara membuat bawang goreng renyah pertama adalah mengiris tipis bawang,kemudian menaburi dengan sedikit garam,lalu meremasnya agar garam meresap (jangan sampai hancur).

  2. Memanaskan minyak goreng,masukkan bawangnya kedalam minyak yang sudah panas .Kemudian memasak dengan api yang sedang. Lalu mengaduknya secara merata. Ketika bawang sudah tidak basah dan sedikit kering,lalu berwarna meguning, langsung anda mengangkatnya.

  3. Kalian mengangkat dan meniriskanya diatas tisue dapur. Kemudian kalian menyebarnya.  Supaya minyaknya terserap  dan membuatnya  bisa  renyah.

  4. Bila sudah dingin segera masukkan ke dalam wadah yang kedap suara. Agar tidak melempem.

2.Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Pedas

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg Bawang merah mengupas menggunakan Mesin pengupas bawang
  • 2 sdm Garam
  • 600 ml Minyak goreng
  • 2 sdm tepung terigu
  • 15 Cabai merah kriting
  • 2 siung bawang putih
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt kaldu royco
  • garam
  • gula merah

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Pedas :

  1. Mengupas bawang, lalu mencuci dan mengirisnya secara tipis-tipis.

  2. Memasukkan secukupnya  garam dan  tepung terigu. Kemudian remas-remas bawang sampai garam dan tepungnya merata.

  3. Goreng bawang dengan minyak yang panas, kemudian mengaduknya secara perlahan. Jika sudah kuning keemasan, mengangkatnya lalu meniriskan.

  4. Cara membuat bumbu pedasnya: mencuci cabai dan bawang, blender atau ulek dengan 2 sdm minyak sayur. Kemudian menumis cabai,lalu masukkan daun jeruk, beri garam,gula dan royco.

  5. Mencampur bawang goreng kedalam bumbu cabai yang telah dingin. Kalian Mengaduk dengan rata. Kemudian mendiamkannya dan mengangin-anginkanya.

  6. Kemudian jika sudah, masukkan kedalam toples agar bawang goreng tetap renyah.

    Manfaat Bawang Goreng

    Bawang goreng tidak hanya untuk penambah dalam hidangan masakan saja. Tetapi bawang goreng juga sangat baik untuk kesehatan.Selain manfaat bawang putih ini, Berikut merupakan manfaat bawang goreng yang lain, yang bisa didapatkan dalam mengonsumsi bawang goreng.

    1. Bantu Mencegah Kanker

    Kandungan yang terdapat dalam bawang merah disebut juga dengan zat quercetin. Quercetin sendiri merupakan zat alami yang membuat bawang menjadi berwarna merah gelap.

    Zat quercetin termasuk dalam zat antioksidan yang sangat berperan penting dalam melawan efek radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Salah satu dampaknya yaitu penumpukan radikal bebas adalah penyakit kanker.

    Antioksidan seperti quercetin mampu menghambat pada pertumbuhan sel dalam kanker. Sebuah penelitian ketika dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa zat quercetin dalam bawang merah yang mentah ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker lainnya.

    2. Menurunkan Tekanan Darah

    Banyak yang menyebutkan juga bahwa zat quercetin yang cukup tinggi yang berada dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami berbagai penyakit.

    3. Membantu Menormalkan Kadar Gula Darah

    Kadar gula darah yang tinggi sangat mengakibatkan pada timbulnya penyakit diabetes melitus. Penderita diabetes melitus tipe satu dan tipe dua yang mengonsumsi bawang merah mentah, memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

    Penelitian lain juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang  merah mampu untuk menurunkan pada kadar gula darah. Banyak yang menyimpulkan jika bawang ini mampu membantu proses glikolisis pada yang menderita diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

    4. Melegakan Tenggorokan

    Manfaat yang lain pada bawang merah adalah mengobati pada tenggorokan yang sakit. Dapat membuatnya menjadi jus bawang merah yang segar . Dengan begitu dapat melegakan tenggorokan yang sakit akibat batuk dan pilek. Memberi gula jawa supaya ada cita rasanya.

    5. Mengontrol Diabetes

    Flavonoid yang terdapat dalam kandungan bawang merah membantu mengobati berbagai penyakit, salah satunya yaitu diabetes. Sifat tertentu dari bawang merah dapat juga membantu pada merangsangnya sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

    6. Menyehatkan Jantung

    Manfaat bawang merah mentah dapat membuka arteri yang tertutup dan mengontrol pada tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang merah secara teratur juga bisa mencegah penyakit seperti jantung koroner.

    Berikut merupakan artikel cara membuat bawang goreng renyah dengan mudah . Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda. Dan selamat mencoba.