Keripik Pisang Lumer Yang Renyah Dan Enak

Keripik Pisang lumer merupakan jenis varian baru dimana keripik ini renyah tapi lumer dimulut yang bikin kamu ketagihan terus menerus.

Saat ini, cara buat keripik pisang muncul menjadi beragam varian rasa, tak hanya gurih dan manis, tapi dipadukan dengan varian rasa pilihan lain sesuai selera. Mau cokelat, balado, keju, dan masih banyak lagi lainnya. Keripik pisang lumer kemudian banyak dipasarkan dan dijual di banyak warung.

Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang paling banyak orang gemari karena rasanya yang manis. pisang ini juga mengandung banyak kandungan gizi di dalamnya. Tanaman ini juga sering kita jumpai di pedesaan ataupun di perkotaan. Pembudidayaan tanaman pisang ini sangat mudah. Tanaman ini berkembangbiak dengan tunas.

Hampir setiap buah pisang pasti memiliki kulit pisang yang berwarna kuning jika matang, walaupun ada beberapa juga yang berwarna merah, jingga, hijau, ungu, atau bahkan hampir kehitaman. Buah pisang merupakan bahan pangan yang memiliki sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama pada kandungan kalium.

Bentuk dari buah pisang sangat beragam. Ada yang berbentuk mini sampai ada yang besar seperti tanduk hewan. Penamaan pisang juga unik unik loh. Ada pisang yang menggunakan nama daerah sebagai namanya dan ada nama pisang yang menggunakan nama gelar, seprti pisang raja.

Cara Membuat Keripik Pisang Lumer

Cara buat keripik pisang yang telah dijelaskan di atas merupakan resep yang paling sederhana. Rasa yang diberikan hanya rasa gurih saja. Lalu bisakah cara buat keripik pisang dengan berbagai aneka rasa yang lain ? Tentu saja bisa dong…

Bahan:

  • 10 buah pisang ambon
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • Minyak goreng secukupnya
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendik teh garam halus
  • 2 liter air bersih

Cara Membuat Keripik Pisang Lumer

  1. Kupas kulit pisang, kemudian iris tipis tipis.
  2. Tuangkan satu liter air ke dalam wadah. Kemudian masukkan juga kapur sirih, aduklah secara merata.
  3. Rendam pisang selama kurang lebih 1 jam. Tiriskan lalu letakkan pada wadah lainnya.
  4. Lumuri garam dan aduklah sampai rata.
  5. Gorenglah pisang dengan api yang sedang sampai berubah warnanya cokelat keemasan. Gunakan mesin vacuum frying untuk hasil yang lebih bagus Angkat dan tiriskan.
  6. Rebus gula dengan satu liter air. Aduk hingga gula larut. Rebus hingga larutan gula mengental.
  7. Masukkan keripik pisang. Lumuri pisang hingga rata. Angkat dan tiriskan.

Manfaat mengonsumsi keripik pisang

Kandungan nutrisi yang ada dalam keripik pisang memang tidak sebesar buah yang tidak diolah. Namun, masih ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi camilan satu ini.

Jika Anda membuat keripik pisang sendiri, jumlah gula yang ditambahkan dapat disesuaikan dengan preferensi rasa dan kondisi kesehatan masing-masing orang.Keripik pisang bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan keripik kentang. Menurut data FDA, keripik pisang mempunyai lebih banyak kandungan serat.

Kandungan serat dalam keripik kentang diketahui lebih dari 1 gram, sementara kentang hanya mengandung 0,6 gram serat.Meski jumlahnya terbilang kecil, kandungan serat keripik pisang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan.

Hal ini tentunya cocok bagi Anda yang hendak menurunkan berat badan. Sebuah studi menunjukkan, peningkatan asupan serat membuat penurunan berat  badan dalam diet kalori terbatas menjadi lebih berhasil.Selain itu, kandungan natrium dalam keripik pisang biasanya lebih rendah dibandingkan keripik lain.

Ketika dipadukan dengan kandungan kalium di dalamnya, keripik pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.Namun, potensi manfaat tersebut bergantung pada bagaimana proses yang dilakukan untuk mengolah pisang menjadi keripik.

Apabila diolah dengan cara digoreng, ditambahkan banyak gula maupun pemanis buatan lainnya, keripik pisang yang Anda makan kemungkinan tidak akan memberikan manfaat apa pun bagi kesehatan Anda.