Cara Membuat Bawang Putih Goreng yang Renyah dan Lezat

Banyak artikel mengenai cara membuat bawang putih goreng. Tetapi disini saya juga akan membahasnya lebih detail lagi. Bawang goreng memang kebanyakan dari bawang merah. Tetapi juga ada bawang goreng yang terbuat dari bawang putih. Bahkan jika dilihat banyak sekali.

Bawang putih goreng banyak digunakan sebagai bumbu dalam kuah bakso maupun kuah masakan lainnya. Cara membuat bawang putih goreng sangatlah mudah.

Anda bisa melihat secara rinci pada artikel dibawah ini. Karena sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai resep bawang bombay.

Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih merupakan nama tanaman dari genus Allium dan juga nama dari umbi yang dihasilkan.Banyak yang mengenalnya baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dalam masakan negara Indonesia.

Bawang putih telah lama banyak yang menggunakanya sebagai penyedap dalam berbagai masakan, baik ditumis ataupun dibakar.Faktanya, tidak hanya memiliki rasa yang gurih dan sedap, bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan juga lho.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Sebelumnya kita juga membahas artikel mengenai cara menanam bawang merah di air.Jika ini merupakan artikel mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan. Simak artikel berikut ini :

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat pada tumbuhan bawang putih untuk kesehatan adalah untuk menurunkan pada tekanan darah dan juga kolesterol. Hal ini telah dibuktikan oleh salah satu ahli peneliti.

Meneliti banyak yang meneliti, yang mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih mengalami perbaikan profil kolesterol dan juga penurunan tekanan darah secara bertahap.

2. Menjaga pada Kesehatan Jantung

Penelitian banyak yang menyebutkan bahwa komponen yang terdapat dalam minyak bawang putih dapat menyehatkan jantung.

3. Mencegah Flu

Cobalah anda mengonsumsi bawang putih. Karena konsumsi rutin bawang putih dapat mengurangi frekuensi penyakit seperti influenza sekaligus dapat mencegahnya.

4. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Khasiat bawang putih lainnya adalah dapat mencegah pada osteoartritis. Ada penelitian yang menyebutkan, wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih dalam menu hariannya akan mengalami penurunan risiko osteoartritis.

Osteoartritis sendiri adalah peradangan sendi yang pada umumnya berkaitan pada penuaan.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru

Manfaat konsumsi bawang putih mentah juga berhubungan dengan penurunan risiko terhadap penyakit kanker paru. Penelitian menemukan responden yang mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu mengalami penurunan risiko kanker paru setidaknya 44 persen.

Cara Membuat Bawang Putih Goreng

Berikut merupakan bagaimana cara kita membuat bawang putih goreng menggunakan alat dan bahan yang mudah sekali untuk ditemukan.

1.Cara Membuat Bawang Putih Goreng Original

Bahan-bahan :

  • 150 gram bawang putih
  • 1/3 sendok teh garam
  • Baking soda
  • 1/2 sendok teh tepung maizena

langkah-langkah Membuat Bawang Putih Goreng Original:

  1. Mengupas bawang putih menggunakan Mesin pengupas bawang, lalu mengiris tipis-tipis.
  2. Mencampur bawang putih bersama garam, baking soda, dan juga tepung maizena.
  3. Kemudian panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak  dengan api kecil.
  4. Mengangkat dari penggorengan jika bawang goreng sudah mulai menguning. Jangan tunggu sampai warna bawang goreng berubah kecoklatan ya.

2.Cara Membuat Bawang  Putih Goreng Pedas

Bahan-bahan:

  • 500 gram bawang putih
  • 50 gram cabe (sesuai selera)
  • 150 gram tepung terigu
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Langkah-langkah membuat bawang putih goreng Pedas :

  1. Mengupas bawang putih, lalu potong halus. Rendam dalam air yang sudah dicampur garam. Kemudian diamkan selama 30 menit.
  2. Meniriskan bawang merah, lalu campur dengan cabe yang sudah dipotong halus. Kalian angin-anginkan, lalu simpan dalam kulkas selama krang lebih 30 menit.
  3. Setelah itu, kalian taburi bawang merah dengan tepung terigu. Aduk hingga merata.
  4. Goreng dalam minyak yang panas dengan api kecil.
  5. Bawang goreng pedas siap dimakan.

Berikut merupakan artikel mengenai cara membuat bawang goreng putih dan beberapa manfaatnya. Semoga bisa menambah ilmu untuk anda dan dijadikan sebagai referensi dalam sebuah usaha bawang goreng. Selamat mencoba dan semoga berhasil.