Cara Buat Pancake Pisang Yang Rasanya Spesial Dan Mudah

cara buat pancake pisang

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara buat pancake pisang atau dalam bahasa belanda (pannenkoek). Tapi tahukah Anda apa itu pannenkoek?

Pancake

cara buat pancake pisang

 

Pancake (dalam bahasa Belanda : pannenkoek) adalah kue dadar yang dibuat dari terigu, telur, gula, dan susu. Bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng diatas wajan datar atau pan yang diolesi minyak.

Setelah matang pancake bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setaelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega, dan sirup mapple, selai, atau madu. pancake juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging.

Adonan biasanya dicampur dengan bahan pengembang seperti baking powder, soda kue, ragi, bir, atau kocokan putih telur. Jika kalian suka dengan pedasa anda harus mencoba resep cara membuat toppoki pedas.

Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras. Sewaktu menuangkan adonan wajan yang sudah panas di atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian pancake setelah matang menjadi berwarna kuning kemasan.

Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan butter milk, yogurt atau susu kedelai. Ada dua variasi di seluruh dunia, yaitu poffertjes, pancake yang berukuran kecil. Lalu crepe, yaitu salah satu variasi pancake yang dibuat menjadi lembaran yang sangat tipis.

Pancake memang belum terlalu popular di kalangan masyarakat non modern, khususnya masyarakat menengah di Indonesia. Sebenarnya banyak makanan tradisional yang mirip pancake seperti srabi, apem, kue lumpur, dan kue leker.

Secara umum makanan- makanan tersebut juga menggunakan terigu sebagai dasar pembuatan adonannya. Namun olahan yang berbeda akan menghasilkan produk yang berbeda pula. Nilai gizi yang dikandung dalam makanan- makanan tersebut juga berbeda.

Macam Macam Cara Buat Pancake Pisang Enak

 

1. Resep Buat Pancake Durian

Pancake Durian adalah kue dari hancuran/lumatan daging durian (yang dipisahkan dari bijinya) ditambah vla kemudian ditutupi/diselimuti kulit Pancake.

    Bahan Pancake :

  • 200g tepung terigu
  • 4 butir telur ayam
  • 200ml susu cair
  • Essens/pasta pandan secukupnya (± 2–3 tetes)

    Bahan Untuk Isinya :

  • 1–2 bungkus krim kocok (whipped cream), dikocok.
  • Lumatkan daging buah durian hingga lumat secukupnya
  • 3 buah durian yang telah dipisahkan dari bijinya.

    Cara Buat Pancake Durian :

  1. Campurkan tepung terigu, telur ayam, susu cair pasta pandan. Aduk semua hingga merata.
  2. Olesi teflon dengan sedikit mentega. Panaskan dengan api kecil, bila sudah panas teflonnya, masukan adonan tadi dibuat dadar berbentuk bulat tipis. Tunggu hingga matang dan berwarna kuning keemasan . Angkat
  3. Ambil selembar kulit Pancake, isi dengan krim dan daging durian. Lalu kulit pancake dilipat.

2. Resep Buat Pancake Coklat

Bagi anda yang penasaran seperti apa membuat sajian ini dirumah, maka tak perlu khawatir. Resep kali ini akan dapat membantu anda untuk dapat membuat sajian pancake coklat yang nikmat dan mudah untuk dibuat.

    Bahan Pancake :

  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram margarin cair
  • 1sdm cokelat bubuk
  • 50 gram margarin cair
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1sdm gula halus
  • 1/2 sdt rhum

    Bahan Untuk Saus Coklat :

  • 50 gram margarin
  • 60 gram gula halus rhum coklat blok

    Mempersiapkan Bahan Dan Peralatan :

  1. Untuk yang pertama, bisa dilakukan dengan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan pancake.
  2. Langkah ini, menjadi hal yang penting. Mengingat beberapa peralatan ini akan menunjang anda untuk dapat membuat adonan pancake dengan lebih mudah.
  3. Adapun, beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah teflon, mangkuk berukuran besar dan spatula. Dengan mempersiapkan peralatan diatas, maka nantinya anda akan dapat membuat adonan pancake dengan lebih mudah.
  4. Setelah selesai dengan perlatan, kita akan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep. Untuk itu, pastikan bila anda sudah mempersiapkan semua bahan yang tercantum pada resep.
  5. Selanjutnya, ada beberapa bahan pada resep yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu atau diolah sebelum dicampur menjadi adonan dengan bahan-bahan lainnya. Bahan tersebut diantaranya adalah margarin.
  6. Bahan yang satu ini perlu dicairkan terlebih dahulu sebelum dibuat adonan. Caranya, masukkan margarin kedalam wajan dan panaskan diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Tunggu sampai margarin meleleh secara merata.
  7. Setelah itu, angkat dan sisihkan sementara sampai bahan ini menjadi lebih dingin. Bahan selanjutnya adalah mencampur bahan-bahan kering seperti tepung terigu, cokelat bubuk, gula halus dan juga garam.
  8. Ayak dengan menggunakan saringan dan sisihkan dalam wadah yang sama sambil diaduk merata. Sementara untuk bahan lainnya, anda hanya perlu menyisihkan sebab bahan tersebut tidak perlu dipersiapkan seperti beberapa bahan diatas.

    Cara Buat Pancake Coklat :

  1. Untuk membuat adonan pancake coklat, bisa dilakukan dengan mengocok telur sampai mengembang.
  2. Gunakan wire whisk untuk mengaduk bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk. Setelah iut, masukkan bahan-bahan kering yang sudah disaring.
  3. Aduk-aduk kembali dengan perlahan sampai bahan ini menjadi lebih kental dan tercampur secara merata.
  4. Ikuti dengan memasukkan susu dan juga cokelat buu. Aduk-aduk merata sampai adonan berwarna coklat secara merata.
  5. Masukkan margarin yang sudah dicairkan dan aduk-aduk kembali merata.
  6. Bila semua adonan sudah dibuat. Silahkan panaskan terlebih dahulu wajan dan berikan sedikit margari. Sendokkan adoan kedalam wajan dan masak sampai matang sampai anda melihat bagian bawah pancake berubah menjadi lebih coklat.
  7. Selain itu, bila bagiannya satunya sudah matang, balikan dan masak pula bagian yang lainnya sampai matang merata.
  8. Untuk membuat saus coklat, lakukan dengan mencampur semua bahan dalam panci dan panaskan sampai meleleh secara merata.
  9. Sajikan pancake diatas piring dan kucuri dengan saus coklat yang sudah dibuat sebelumnya. Tata dengan cantik dan hidangkan selagi masih hangat.

3. Resep Buat Pancake Pisang Keju

Selain lezat hidangan ini tentu akan cukup membuat anda kenyang. Apalagi dengan ditambah bersama dengan toping-toping menarik lainnya yang bercita rasa nikmat dan sedap.

Seperti halnya sajian pancake pisang keju coklat kali ini. Simak seperti apa yuk resep membuat sajian pancake pisang keju coklat dibawah ini.

    Bahan Pancake :

  • 75 ml mentega
  • 175 gram tepung terigu
  • 1 telur ayam
  • 1/4 sdt garam
  • 200 ml susu cair
  • 2 sdt baking powder
  • 3 sdm gula pasir

    Bahan Pelengkap Pancake :

  • 2 buah pisang
  • potong serong Pasta coklat
  • Keju Parut
  • Ice cream secukupnya

    Cara Mempersiapkan Alat Dan Bahan :

  1. Untuk yang pertama, bisa diawali dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan pancake.
  2. Dengan mempersiapkan peralatan kali ini, maka nantinya anda akan dapat membuat adonan pancake dengan lebih mudah dan lebih praktis.
  3. Adapun beberapa peralatan untuk pancake diantaranya adalah baskom, kocokan dan juga sebuah teflon atau wajan anti lengket dengan permukaan yang datar. Nah, mengingat pentingnya peralatan ini maka tidak sebaiknya anda melewati langkah yang satu ini.
  4. Bila peralatan sudah dipersiapkan secara merata. Lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat adonan pancake. Bahan yang pertama yakni adalah telur ayam.
  5. Pecahkan bahan ini dalam mangkuk dan aduk-aduk secara merata sampai semua bahan ini tercampur antara kuning dan putihnya. Selain itu, pastikan pula jika anda mengaduknya secara lepas.
  6. Kemudian untuk bahan mentega, masukkan bahan ini dalam panci atau wajan, nyalakan kompor dan panaskan hingga mencair secara merata. Gunakan api yang sedang untuk memanaskan bahan yang satu ini.
  7. Setelah cair, angkat dan sisihkan sementara sampai bahan ini menjadi agak dingin.
  8. Setelah selesai dengan mempersiapkan beberapa bahan yang harus diolah, maka anda bisa melanjutkan pada cara membaut pancake.

     Cara Buat Pancake Pisang Keju :

  1. Untuk membuat pancake, siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan gula pasir, baking powder dan garam.
  2. Kemudian dengan menggunakan pengocok telur. Silahkan aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur secara keseluruhan.
  3. Setelah itu, masukkan kocokan telur kedalam adonan diikuti dengan memasukkan susu secara perlahan sambil terus diaduk-aduk merata agar tercampur.
  4. Kemudian, tuangkan mentega cair yang sudah anda panaskan. Aduk-aduk kembali secara merata sampai tercampur hingga bahan ini merata.
  5. Diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit agar adonan menjadi lebih mengembang secara merata. Sementara menunggu silahkan panaskan teflon dan olesi dengan menggunakan mentega.
  6. Baru tuangkan 1-2 sendok sayur adonan pancake kedalamnya dan masak secara merata sampai bahan ini matang.
  7.  Setelah bagian satu matang, balikan agar bagian lainnya menjadi matang secara merata.
  8. Bila adonan sudah matang, angkat dan sajikan diatas piring. Lalu tata potongan pisang dibagian atasnya dengan cantik. Taruh ice cream dibagian atasnya dan hiasi dengan kucuran coklat kemudian berikan taburan keju.

 

Cukup sekian pembahsan tentang cara buat pancake pisang. Mudah dan praktis bukan?

 

Semoga bermanfaat.