Cara buat Jus Tomat Spesial yang Enak dan Wajib Kamu Tau

Semua orang pasti sudah tau dengan buah merah yang satu ini, bisa di bilang buah dan sayur yaitu tomat. Tomat tidak bisa di ragukan untuk khasiatnya, karena sangatlah banyak khasiat yang di hasilkan tomat.

Kebanyak orang mengira buah tomat hanya bisa di jadikan makanan saja, padahal bisa di buat menjadi jus yang super lezat. Buah tomat sangatlah banyak mengandung vitamin C nya yang sering dijadikan obat.

Dan buah tomat tidak terlalu sulit untuk di cari, karena sangatlah banyak penjual yang menjual buah ini dan sering di temui di berbagai macam masakan.

Nah, pada artikel kali ini saya tidak membahas tentang makanan tapi melainkan tentang cara buat jus tomat spesial segar. Tapi sebelum ke cara pembuatannya mari kita ketahui dulu dari buah yang satu ini yaitu tomat.

 

Tomat

cara buat jus tomat spesial

Jenis buah buahan yang berwarna merah jika matang yaitu biasa orang sebut dengan nama tomat adalah sayuran dan buah yang merupakan bagian dari semua kebutuhan kuliner kita.

Mengonsumsi tomat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dan juga meningkatkan rasa makanan.

Buah tomat memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Tomat membantu dalam menghilangkan beberapa penyakit berbahaya, tingkat kematian dan obesitas Anda secara keseluruhan.

Tomat mengandung lycopene yang merupakan pigmen karotenoid yang membantu tubuh Anda dalam beberapa cara. Buah ini juga dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang luar biasa.

Manfaat kesehatan dari tomat termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik serta mengurangi tekanan darah. Ini juga memberi kelegaan dari diabetes, masalah kulit dan infeksi saluran kemih. Secara keseluruhan itu memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda.

 

Berikut Macam-Macam Cara Buat Jus Tomat Spesial dan Simple Buatnya

cara buat jus tomat spesial

1.Cara Buat Jus Tomat Spesial

bahan-bahan:

  • 3 butir tomat yang masih segar
  • Susu kental manis sesuai selera bisa di ganti madu asli
  • Air matang secukupnya
  • Gula pasir sesuai keinginan
  • Es batu sesuai selera masing masing
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

CARA BUAT JUS TOMAT MERAH:

  1. Pertama yang harus lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang harus ada seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada, maka mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan tomat yang sudah di cuci, potong tomat menjadi beberapa bagian dan masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis atau madu dan beri sedikit air matang lalu blender
  5. Tunggu kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus tomat
  8. Jus tomat merah siap disajikan

 

2.Cara Buat Jus Tomat Spesial Campur Jeruk

Bahan-bahan:

  • 1 buuh tomat
  • Gula pasir secukupnya dan tidak terlalu banyak
  • 1 buah jeruk manis
  • Susu kental manis sesuai selera masing masing
  • 100 ml air es
  • Air matang secukupnya
  • Es batu sesuai selera masing masing
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Buat Jus Tomat spesial Campur Jeruk:

  1. Pertama yang paling penting, pilih buah apel dan jeruk yang berkulitas baik, jika anda kesusahan anda bisa membeli alat mesin sortasi buah jeruk dan apel.
  2. Kupas buah jeruk terlebih dahulu, lalu peras dan ambil airnya saja.
  3. Cuci bersih buah tomat dan wortel, kemudian potong-potong.
  4. Masukan semua bahan ke dalam blender. Haluskan hingga benar-benar lembut.
  5. Jus tomat spesial campur jeruk siap di sajikan

3.Cara Buat Jus Tomat Spesial Campur Pepaya

Bahan-bahan:

  • 5 buah tomat
  • 1 potongan pepaya sedang
  • gula sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis
  • air secukupnya
  • es batu sesuai selara masing masing
  • 1 blender bertegagan tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besa

Cara Buat Jus Tomat campur Pepaya:

  1. pertama yang harus si lakukan adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang sudah ada di atas
  2. Jika semua sudah mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Kukus buah tomat selama kurang lebih 5-10 menit hingga kulitnya terkelupas tersendiri.
  4. Setelah itu, ambil sari tomat dengan cara juicer atau blender dengan tambahan sedikit air matang, kemudian saring apasnya ambil sarinya saja.
  5. Masukan sari tomat yang sudah diblender tadi dan buah pepaya yang sudah dibersihkan ke dalam blender, haluskan hingga benar-benar  lembut.
  6. Jus buah tomat pepaya siap disajikan dengan tambahan es batu biar segar.
  7. Jus tomat spesial campur pepaya siap di sajikan bersama keluarga

 

Khasiat Tomat yang Wajib Kamu Ketahui

1. Mengatasi Peradangan

Manfaat buah tomat yang pertama yaitu sebagai  penghambat dari penyakit peradangan karena didalam buah tomat terdapat kandungan tomatine. Selain itu, manfaat buah tomat juga bisa mengangkat dari lemak yang ada pada diri kita dan kotoran pada wajah.

Karena baynayak kandungan yang ada didalam buah tomat terutama asam sitrat. Buah Tomat juga mempunyai manfaat untuk zat antioksidan karena buah tomat mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan beta-karoten.

 

2. Mencegah Kerusakan Kulit

Menurut seseorang yang sudah meneliti buah tomat telah menemukan, jika likopen diduga mampu meningkatkan kulit untuk melindungi diri sendir dari paparan sinar matahari yang panas dan membantu menjaga kulit menjadi awet muda terus.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang ada di dalam buah tomat terutama kandungan vitamin C dalam tomat juga sangat berfungsi sebagai perangsang kolagen dan zat antioksidan yang membantu mencegah kerusakan pada kulit oleh sinar matahari.

Manfaat tomat sangat lah banyak sekali dan bisa membuat wajah untuk mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan supaya tetap halus dan putih.

 

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah tomat sudah saya jelaskan pada pembuakaan yaitu salah satunya untuk kesehatan mmata kita di karenakan didalam kandungan buah tomat terdapat beta karoten.

Seorang peneliti yang sudah meneliti buah tomat telah mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A. tersebut mampu menambah produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang pada mata dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan pada mata kita.

 

4. Mengatasi Penggumpalan Darah

Khasiat Buah tomat yang berikutnya yaitu bisa mengatasi kelelahan pada tubuh kita, dan bisa juga mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan jumlah sperma pada seorang laki-laki. Selain itu, manfaat tomat juga dapat menjaga keseimbangan pada kesehatan tubuh.

5. Menjaga Berat Badan

Manfaat tomat yang berikutnya yaiut sangat berguna bagi orang sedang diet yaitu untuk kesehatan yang satu ini penting untuk yang sedang menurunkan berat badan, karena buah tomat mempunyai berbagai kandungan gizi dalam buah tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet. Cocok bKuat kamu yang ingin tubuh menjadi langsing langsing.

6.Mengobati keseleo

Khasiat tomat sangatlah banyak terutama yaitu sebagai ramuan yang bisa menyembuhkan yang terkena keseleo. Caranya yaitu hancurkan tomat bersama wijen menggunakan blender.

Kemudian dipanaskan kurang lebih 2 mnt sampai berminyak. Lalu minyak tersebut digunakan untuk memijat atau mengurut sendi yang terkena keseleo.

 

Nah itu lah tadi artikel yang menjelaskan asal usul  tomat, cara buat jus tomat spesial, dan beberapa manfaat tomat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)