Yuk Intip Cara Buat Bawang Goreng Renyah Secara Sederhana

Cara buat bawang goreng renyah memang bisa dibilang mudah-mudah sulit. Karena jika kita salah dalam cara menggorengnya saja akan membuat bawang gorengnya menjadi lembek.

Sebaiknya kita lihat dulu artikel berikut ini.Sebelumnya, Simak dulu artikel mengenai cara membuat keripik bawang jagung.

Banyak yang mengandalkan bawang goreng ini sebagai tambahan perasa dalam sebuah hidangan masakan tertentu. Kita sebagai pemula pun pasti bisa mengerti bagaimana cara membuat bawang goreng renyah dengan mudah . Yuk simak artikel berikut ini!

Bawang Goreng

bawang goreng

Bawang goreng adalah sebuah bumbu taburan dalam sebuah masakan . Jika dengan warga negara indonesia sendiri pasti tidak asing lagi dengan bawang goreng ini. Karena bisa menjadi sebuah tambahan wajib jika kita sedang makan.

Makanan-makanan berkuah seperti bakso dan sup, soto, bahkan nasi putih  sekalipun akan tambah lezat apabila ditaburi dengan bawang goreng, wangi  harumnya mengundang tambah dalam nafsu makan. Aromanya bawang goreng yang pasti  wangi dan renyah.

Bawang goreng dapat membuatnya sendiri. Bawang goreng yang renyah dengan mudah dan kualitas positif seperti  bawang goreng kemasan yang dijual di supermarket. Siapapun pasti akan senang apabila bisa mendapatkan bawang goreng yang baik dengan harga yang terjangkau.

Tips Agar Bawang Goreng Renyah

1. Pilihlah Bawang Kualitas Nomor Satu

Yang paling cocok dijadikan bawang goreng , adalah bawang yang segar dan bawang yang tidak basah.Bawang merah memiliki banyak sekali varietas.  Biasanya untuk dijadikan bawang goreng, jenis bawang yang cocok digunakan adalah jenis bawang merah.

2. Lakukan Secara Manual atau Pakai mesin

Mirislah bawang setipis mungkin menggunakan pisau yang tajam. Dan juga mengupasnya menggunakan Mesin pengupas bawang.

Cara Mulai Usaha Bawang Goreng Kemasan

Diterapkannya pemberlakuan physical distancing hingga  membuat kebutuhan makanan siap saji juga kian semakin besar. Selain membeli makanan siap saji, banyak juga yang malah memilih memasak sendiri. Salah satu penyedap yang dicari adalah bawang goreng kemasan.

Faktanya siapa sangka jika bisnis bawang goreng kemasan ini menjanjikan keuntungan lumayan yang begitu besar. Tidak heran lagi jika banyak orang yang mulai melirik bisnis rumahan ini sebagai bisnis sampingan. Simak artikel di bawah ini :

1. Pilih bawang merah yang besar

Karena bawangnya untuk digoreng, pastikan kamu memilih bawang merah yang berukuran besar agar jika dipotong tidak menjadi terlalu kecil. Bekerja sama dengan petani bisa menjadi pilihan yang paling mudah karena petani sudah mengetahui kualitas bagaimana bawang merah yang kamu inginkan.

2. Pilih minyak nabati untuk menggoreng

Pastikan untuk tetap menjaga pada kandungan nutrisi  produk bawang goreng kemasanmu. Memilihlah jenis minyak nabati ketika menggoreng bawang merah, karena disitu mengandung omega 3 dan omega 6  yang cukup tinggi.

Dan  dapat bermanfaat pada pencegahan pada penyakit kolesterol dan jantung koroner.

3. Gunakan alat memasak yang berkualitas

Alat memasak juga akan memengaruhi hasil akhir pada produk bawang goreng nantinya. Pastikan kamu menggunakan pisau yang sangat tajam sehingga potongan lebih rapi dan juga besar. Selain itu, jaga alat masak untuk tetap bersih dan higienis agar terhindar dari bakteri

4. Manfaatkan mesin penyaring minyak

Minyak sisa yang menempel dapat membuat kerenyahan bawang goreng berkurang dan tidak awet lagi. Maka dari itu, gunakan mesin penyaring minyak agar bawang goreng  terbebas dari minyak sehingga akan lebih crispy, renyah dan juga tahan lama.

5. Pilih kemasan yang minimalis

Hindari pada penggunaan plastik karena dapat membuat bawang goreng hialang kerenyahannnya dan juga akan menambah sampah yang sulit untuk didaur ulang. Pilih kemasan yang terbuat dari bahan yang mudah didaur ulang dan juga bahkan bisa dipakai lagi.

Semakin baik kualitas kemasannya, maka konsumen akan semakin tertarik untuk membelinya.

6. Pasarkan di media sosial

Aplikasi yang sampai sekarang masih populer dan mudah digunakan untuk memulai bisnis yaitu apl Instagram. Buat akun Instagram dan mulai manfaatkan berbagai fitur dalam akun Instagram untuk mendongkrak penjualan yang tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa memasarkan ke berbagai media sosial lainnya seperti Facebook atau ke berbagai e-commerce seperti bukalapak hingga tokopedia.

7. Lakukan kolaborasi

Melakukan kolaborasi dengan menggunakan sistem konsinyasi. Menitipkanlah produkmu pada berbagai toko kuliner atau toko pusat oleh-oleh di daerah kotamu. Dan juga kamu  bisa mengikuti berbagai pameran  makanan agar semakin banyak orang yang mengetahui produkmu itu.

Cara Buat Bawang Goreng Renyah

Sebelumnya kita pernah membuat artikel resep sayur sop. Jika berikut merupakan langkah cara bawang goreng yang renyah dengan 2 macam varian rasa. Simak ya!

1.Cara Buat Bawang Goreng Renyah Original

Bahan-bahan :

  • 1 kg bawang sumenep
  • 1 sdm garam, atau secukupnya sesuai selera.
  • Tepung maizena
  • Minyak goreng yang banyak

Langkah Buat Bawang Renyah Original :

  1. Mengiris bawang secara tipis. Jadi disarankan lebih baik menggunakan alat pemotong bawang supaya hasil potongannya lebih merata dan hasil bawang setelah digoreng pun bisa merata dan renyah.
  2. Menaburkan garam dan juga tepung maizena secukupnya. Setelah bawang merah diiris tipis, tambahkan garam sesuai selera kemudian mengaduknya secara rata lalu diamkan sebentar.
  3. Setelah itu taburi tepung maizena, Kemudian mengaduknya rata lalu diamkan lagi sebentar. Maizena dan garam membuat bawang goreng menjadi renyah.
  4. Masak dengan api yang kecil. Pada waktu proses pemasakan, gunakan minyak yang banyak dengan api yang kecil, supaya hasil gorengannya tidak mudah gosong.  Lalu angkat dan tiriskan hingga benar-benar minyaknya hilang
  5. Simpan dalam wadah yang kedap udara. Hal ini dilakukan agar menghasilkan bawang goreng yang renyah serta tahan lama.

2.Cara Buat Bawang Goreng Renyah yang Pedas

Bahan-bahan :

  • 150 gr bawang merah
  • 1 sdm tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya bubuk cabe
  • Sedikit kaldu bubuk (boleh g pake)
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah Buat bawang goreng renyah yang pedas :

  1. Mengupas bawang merah.kemudian mengirisnya lalu angin-anginkan.

  2. Kemudian masukan  tepung beras dan garam secukupnya. Mengaduk hingga tercampur secara rata.

  3. Menggoreng dengan minyak yang panas. Kemudian apinya jangan terlalu besar. Sesekali kalian aduk.

  4. Setelah mulai menguning angkatlah kemudian tiriskan.

  5. Setelah kurang lebih 15menit kalian angkat dan dinginkan. Lalu campur beri bubuk cabe dan kaldu sesuai selera.  Mengaduklah hingga tercampur rata.

  6. Setelah tercampur secara rata masukanlah kedalam toples yang kedap suara

    Berikut merupakan artikel cara buat bawang goreng renyah dengan mudah. Semoga sangat bermanfaat dan bisa menambah ilmu untuk kalian semua. selamat untuk mencobanya.