Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan

Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan

Kali ini saya akan membahas cara Cara Beternak Ayam Petelur Yang Mudah Di Lakukan. Anda ingin membuka usaha ayam petelur kebetulan saya akan membahas nya.

Ayam petelur adalah termasuk komoditas peternakan yang sangat banyak diminati oleh masyarakat. Selain harga telurnya yang lumayan mahal, cara membudidaya ayam petelur termasuk cara yang termasuk cukup mudah dan sangat sederhana untuk dilakukan.

Pada umumnya, ayam petelur yaitu ayam yang tujuan pemeliharaannya adalah untuk menghasilkan telur. Jika dihitung untuk rata rata seekor ayam petelur bisa menghasilkan 200 butir telur dalam pertahunnya.

Berbeda dengan ayam pedaging yang tujuan pemeliharaan utamanya yaitu hanya untuk diambil dagingnya.Dan jika anda ingin mencoba untuk membudidaya ayam petelur ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

Berikut ini adalah beberapa Cara Beternak Ayam Petelur dalam membudidaya ayam petelur yang harus anda perhatikan:

1. Harus Memastikan Peraturan Di Daerah Lingkungan Kita Mengijinkan Memelihara Ayam Petelur

Harus Memastikan Peraturan Di Daerah Lingkungan Kita Mengijinkan Memelihara Ayam Petelur

Jika anda tinggal di daerah perkotaan Cara Beternak Ayam Petelur, pastikanlah bahwa di daerah sekitar anda tidak ada larangan untuk memelihara ayam. Ayam sangat mudah  mengeluarkan suara yang berisik sehingga dapat mengganggu tetangga dan juga dapat mengeluarkan bau yang cukup kurang sedap bagi sekitar anda, Dan oleh karena itu pastikan bahwa anda memiliki ijin dari lingkungan anda sebelum memulai untuk memelihara ayam petelur .

2. Pastikan Lahan Untuk Memelihara Ayam Petelur Cocok

Pastikan Lahan Untuk Memelihara Ayam Petelur Cocok

Sebelum anda memelihara ayam petelur, pastikan bahwa anda bisa menyiapkan lahan yang cukup untuk menaruh kandang ayam. Selain kandang, kita juga perlu menyiapkan area outdoor untuk ayam agar mereka tidak mudah menjadi bosan. Satu ekor ayam kira kira membutuhkan sekitar area outdoor seluas 1 meter persegi.Dan karena itu pastikanlah bahwa area tempat kita memelihara ayam petelur memang sangat layak untuk digunakan.

3. Memutuskan Jenis Ayam yang Ingin Dipelihara

Memutuskan Jenis Ayam yang Ingin Dipelihara

Setiap ayam juga memiliki tujuan atau manfaat yang berbeda beda. Untuk ayam petelur, kita juga bisa memilih ayam dari jenis Plymout rock, rhode island reds, atau leghorn chickens. Ayam ayam jenis ini cukup cenderung dapat menghasilkan telur dalam periode waktu yang cukup lama. Jika anda masih cukup baru dalam memelihara ayam, kami merekomendasikan anda untuk membeli ayam dewasa daripada anak ayam atau telur ayam yang terfertilisasi karena ayam dewasa tidak cukup membutuhkan perlakuan yang sangat susah.

4. Mendirikan Rumah yang Layak Bagi Ayam

Setiap ayam juga membutuhkan kandang yang dapat menjaga mereka dari cuaca ekstrim dan predator. Hal ini harus di perhatikan dalam Cara Beternak Ayam Petelur Pastikan kandang yang anda bangun memiliki ventilasi yang sangat baik, aman dari predator, dan memiliki luas yang cukup bagi sejumlah ayam yang anda ingin pelihara. Dan letakkan rumput rumput kering dan tanah di dasar kandang karena ayam kadang suka memakan rumput ataupun mandi di tanah. Selain itu letakkanlah jaring di sekeliling kandang agar ayam aman dari predator. Untuk ayam petelur, jangan lupa untuk meletakkan kotak berisi jerami di dalam kandang yang akan digunakan ayam untuk bertelur. Pastikan kotak tersebut cukup besar untuk ayam dapat masuk dan dengan nyaman bertelur di dalamnya.

5. Pastikan Ayam Aman dari Serangan Predator

Beberapa predator ayam seperti kucing, anjing, dan rakun yang dapat dengan mudah menyerang ayam dengan cara menggali tanah di bawah kandang. Oleh karena itu pastikan bahwa kandang ayam harus tertutup dan terbuat dari bahan yang cukup kuat. Tancapkan beberapa kawat disekitar kandang untuk mencegah predator penggali tanah dan masuk ke dalam kandang. Anda juga perlu menutup setiap celah yang ada dengan menggunakan kayu ataupun ubin.Jika perlu anda bisa membuat kandang yang diberi aliran listrik untuk mencegah predator masuk ke dalam kandang.

6. Membeli Perlengkapan Untuk Memelihara Ayam

Saat memelihara ayam, Dan anda akan sangat membutuhkan beberapa perlengkapan yang sangat diperlukan seperti peralatan makan dan minum, alat pembersih, beberapa peralatan untuk kandang, dan jenis makanan yang tepat.Maka dari itu kita perlu dengan jeli mendaftar apa saja peralatan yang sangat dibutuhkan agar ayam dapat terpelihara dan terawat dengan baik sehingga dapat menghasilkan telur dengan intensitas yang cukup rutin.

7. Memilih Jenis Makanan Ayam yang Tepat

Makanan ayam terdiri dari beberapa jenis yang memiliki kegunaan masing – masing. Untuk ayam petelur, makanan yang cocok adalah menggunakan pellet karena memiliki kalsium yang cukup tinggi. Jika makanan ini diberikan maka ayam akan menghasilkan telur dengan kualitas yang tinggi.

8. Memberikan Suplemen Tambahan

Selain makanan pokok, kita juga dapat memberikan jagung giling yang berstektur kasar yang dapat membantu ayam mencerna makanannya. Selain itu jagung giling juga merupakan sumber kalsium yang cocok untuk ayam petelur. Cangkang telur tersusun dari kalsium, oleh karena itu jika ingin mendapatkan telur ayam berkualitas baik kita perlu memberi tambahan kalsium bagi ayam. Ini adalah salah satu cara beternak ayam petelur

9. Menyediakan Air Untuk Ayam Sepanjang Waktu

Anda perlu untuk menyediakan sekitar 1 galon air untuk 3 sampai 4 ayam. Semakin banyak ayam yang anda miliki maka semakin banyak juga air yang anda butuhkan untuk kebutuhan mereka. Selalu pastikan juga bahwa air yang anda sediakan selalu segar dan juga bersih. Dan pastikan untuk selalu mengisi tempat air dan membersihkan nya setiap air agar tidak ada bakteri yang bertmbuh

10. Memastikan Makanan Segar dan Bersih

Selalu pastikan bahwa makanan ayam anda selalu segar dan juga selalu bersih. Hal ini harus di perhatikan dalam Cara Beternak Ayam Petelur Saat malam, anda dapat menutup wadah makanan ayam dengan tutup apaa saja untuk mencegah adanya kontaminasi dari hewan kecil seperti kutu. Selain itu hal ini dapat mencegah adanya sisa makanan ayam yang menjadi berlumut.

11. Membiarkan Ayam untuk Keluar Masuk Kandang

Pada saat pagi hari, kita dapat membiarkan ayam untuk bermain di luar dan ketika hari sudah mulai gelap pastikan mereka kembali ke kandang dan jangan lupa kunci kandang ayam tersebut. Saat ayam masih berada di luar kandang, jangan kunci kandang. Biarkan saja ayam keluar masuk kandang untuk makan, minum, atau pun bertelur. Hal ini dapat membuat ayam tidak stress dan bisa sering bertelur.

12. Kondisi yang Mempengaruhi Ayam dalam Bertelur

Ayam mampu berganti bulu selama musim panas. Pada saat ini maka frekuensi bertelur ayam akan cukup menurun. Tetapi kita tidak perlu khawatir, setelah ayam mengalami fase ini sekitar 2 bulan setelahnya ayam akan bertelur kembali seperti semula. Selain peristiwa ganti bulu, hal ini dapat terjadi saat mengalami stress, kepanasan, atau suplai air minum yang  agak kotor. Ayam juga dapat berhenti bertelur jika cuaca menjadi dingin dan suplai nutrisinya ikut menurun menurun. Untuk itu kita perlu memperhatikan keadaan  ayam agar ayam dapat terus menghasilkan telur dengan kualitas baik. ini adalah salah satu

13. Mengumpulkan Telur Ayam Setiap Hari

Setiap ayam akan bertelur sebanyak 1 telur setiap harinya jika ayam tersebut tidak mengalami stress.hal ini termasuk dalam Cara Beternak Ayam Petelur. Anda pun dapat mengumpulkan telur-telur ini pada saat pagi atau siang hari untuk memastikan bahwa anda mendapatkan telur yang segar. Saat cuaca yang panas anda dapat mengumpulkan ayam sebanyak 2 kali dalam sehari. Anda dapat mengumpulkan ayam ke dalam keranjang atau kotak container.

14. Membersihkan Kandang Setiap Hari

Membersihkan kandang ayam sangatlah penting dalam perawatannya karena dapat mencegah hama seperti kutu dan penyakit. Alas kandang perlu diganti dengan teratur dan anda perlu membersihkan kandang paling tidak satu kali dalam seminggu. Kondisi kandang yang bersih dapat menghindarkan ayam dari stress sehingga ayam akan lebih sering lagi untuk bertelur. Perlu diperhatikan juga bahwa jika anda memiliki banyak ayam maka anda perlu membersihkan kandang tersebut lebih sering lagi.

15. Memeriksa Keadaan Ayam Setiap Hari

Lakukan pemeriksaan secara rutin saat anda melakukan aktivitas seperti memberi makan, mengisi minum, mengumpulkan telur, dan lain – lain. Pada saat melakukan aktivitas ini lakukan juga observasi terhadap perubahan tampilan atau perilaku dari ayam anda untuk memastikan bahwa ayam-ayam anda dalam keadaan sehat dan baik – baik saja. Beberapa perubahan buruk yang dapat terjadi yaitu seperti ayam terengah-engah, mata yang berkabut, ayam tidak waspada, terdapat kebotakan, produksi telur yang menurun, hilangnya nafsu makan dan minum. Tanda-tanda ini dapat menunjukkan bahwa kesehatan ayam anda cukup bermasalah. dan anda harus melakukan Cara Beternak Ayam Petelur yang baik dan benar

16.  Vaksinasi

Vaksinasi biasanya dijadikan sarana untuk memberikan ayam tambahan nutrisi dan vitamin yang biasanya berguna untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Ada cara lain untuk memberikan vitamin serta nutrisi tambahan untuk ayam, yaitu mencampurnya secara langsung pada makanan ayam tersebuut.

Selain pemberian vaksin yang harus dilakukan secara rutin setiap harinya, pemeriksaan kesehatan pada ayam juga harus dilakukan secara rutin. Cara budidaya ayam petelur ini biasanya dapat dilakukan untuk deteksi dini jika ada ayam yang terserang penyakit. Jika benar terdapat ayam yang sakit, yang harus anda lakukan dengan segera adalah memisahkan ayam tersebut dari ayam-ayam yang sehat agar penyakitnya tidak menular.

Setelah pemisahan dilakukan, lakukan perawatan yang itensif dalam Cara Beternak Ayam Petelur dengan pemberian vitamin dan nutrisi yang cukup sampai ayam kembali sehat seperti sedia kala.

Manfaat Usaha Peternakan Ayam Petelur

Memelihara ayam petelur tujuan utamanya yaitu memanfaatkan telur dan dagingnya. Namun, ternyata selain telurnya Andapun dapat mengambil manfaat lain dari usaha peternakan ayam petelur ini.

Anda bisa memanfaatkan kotoran ayam petelur ini untuk dijadikan sebagai pupuk kandang ataupun bisa dimanfaatkan untuk makanan berbagai macam ikan, contohnya saja ikan lele.

Bulu-bulunya juag bisa Anda jual, sebab bulu-bulunya merupakan bahan dasar pembuat dari berbagai macam alat kebersihan dan kelut.

Selain itu, kotoran dari ayam petelor ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembauatan biogas.

Maka dari itu jika dilihat dari banyaknya manfaat saat melakukan usaha peternakan ayam petelor ini maka sangat pas kiranya jika Anda memilih usaha yang satu ini.

Manfaat Ayam Petelur Untuk Manusia

Mengkonsumsi daging ayam memanglah menjadi salah satu kebutuhan untuk memenuhi gizi yang ada di dalam tubuh. Ada berbagai macam jenis daging yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh kita. Salah satu jenis daging yang banyak dikonsumsi yaitu daging ayam petelur atau bisa disebut juga ayam pedaging. Harganya yang cukup terjangkau dibandingkan jenis daging yang lainnya, membuat ayam petelur banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Selain terjangkau, mendapatkan daging ayam petelur cukuplah mudah, dan dapat dijadikan berbagai jenis olahan masakan dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk memasknya.

Dan ada juga artikel yang lainya tentang Cara Mengatasi Sampah Plastik dan kalian boleh coba dirumah agar lingkungan kita bebas dari sampah plastik.

Manfaat ayam petelur

Ayam petelur ini, meskipun tergolong memiliki harga yang cukup murah dan sangat terjangkau, tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, diantaranya:

1. Memperbaiki Sel-sel Tubuh Yang Rusak

Sel yang terdapat dalam tubuh selalu melakukan regenerasi agar sel yang rusak dapat segera diperbarui lagi dengan sel yang baru. Sehingga aktivitas dan kerja sel dapat berjalan dengan baik lagi. Untuk memperbarui sel yang rusak, diperlukan zat asam amino esensial supaya proses penggantian sel berjalan dengan baik. Asam amino esensial ini dapat ditemukan pada daging jenis ayam petelur.  Dengan sering mengkonsumsi ayam petelur, maka asupan asam amino esensial dalam tubuh dapat terpenuhi dan tubuh akan mudah meregenerasi sel yang rusak.

2. Mudah Dicerna

Jika dibandingkan dengan jenis daging ayam dan jenis daging yang lain, ayam petelur memiliki daging yang seratnya lebih pendek dibanding dengan jenis daging lainnya. Pendeknya serat daging yang dimiliki oleh ayam petelur, membuat daging ayam petelur lebih mudah lagi dicerna oleh sistem pencernaan. Sehingga, sistem pencernaan tidak perlu usaha yang berat untuk mencerna zat gizi yang terdapat dalam daging ayam petelur.

3. Kandungan Protein Setara Dengan Daging Merah

Daging ayam petelur memiliki kandungan protein yang cukup lumayan tinggi tidak kalah lagi dengan daging merah seperti daging kambing dan daging sapi. Protein yang terdapat dalam ayam petelur mampu memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh.

4. Rendah Kolesterol

Daging ayam petelur merupakan salah satu jenis daging yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Hampir semua bagian dari ayam petelur, mulai dari daging, kulit, jeroan dan bagian tubuh lainnya dapat dikonsumsi manusia. Semua bagian ayam petelur yang dapat dikonsumsi tidak memiliki kandungan kolesterol yang terlalu tinggi, sehingga tergolong aman untuk sering dikonsumsi. Daging ayam petelur tergolong jenis daging ayam putih yang memiliki lemak jenuh yang rendah dibandingkan dengan jenis daging merah lainnya.

5. Mengandung Zat Besi Haeme

Daging ayam pada umumnya memiliki kandungan zat besi di dalamnya sama seperti dengan makanan dari nabati. Namun, zat besi yang ada di dalam ayam petelur ini yaitu seperti zat besi haeme, atau jenis zat besi yang lebih mudah dicernna oleh tubuh kita. Zat besi haeme lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan jenis zat besi biasa yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari bahan nabati. Zat besi haeme yang terdapat di dalam ayam petelur ini juga baik untuk mencegah terjadinya penyakit anemia.

6. Rendah Lemak

Mengkonsumsi daging ayam petelur ini tidak sama seperti mengkonsumsi daging lainnya yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Ayam petelur memiliki kandungan lemak yang cukup rendah, sehingga tetap aman meskipun sering dikonsumsi oleh manusia.

Memenuhi kebutuhan gizi sangatlah penting untuk tubuh agar kesehatan tetap terjaga selalu.  Mengkonsumsi daging putih seperti daging ayam petelur dapat juga dijadikan salah satu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh manusia. Selain gizinya yang cukup beragam, harga ayam petelur yang beragam membuat daging ayam petelur dapat sering dikonsumsi tanpa harus  merogoh kocek yang terlalu banyak.

Sekian artikel yang dapat saya tulis tentang Cara Beternak Ayam Petelur. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin tau bagaimana Cara Beternak Ayam Petelur