Cara Mengatasi Sampah Plastik

Cara Mengatasi Sampah Plastik Di Indonesia

Cara Mengatasi Sampah Plastik Di Indonesia

Cara Mengatasi Sampah Plastik Di Indonesia

Cara Mengatasi Sampah plastik di indonesia adalah wujud barang atau sisa sebuah makanan yang sudah tidak terpakai. Menurut sebuah UU Dasar Negara Republik Indonesia No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Menyebutkan bahwa sampah ini adalah sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat. Serta berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai.

Jenis Sampah

Jika kita sedang berada di tempat yang umum tentunya kita menemukan pembagian wujud sampah. Sampah yang terbagi tersebut digolongkan menurut asal mula suatu sampah itu muncul.

Menurut jenisnya sampah dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut.

Sampah Bersifat Organik

Cara Mengatasi Sampah Plastik Di Indonesia

Sampah organik adalah jenis suatu sampah yang berasal dari unsur keanekaragaman hayati. Komponen biotik ini merupakan penyebab sampah organik trsebut berasal. Serta dapat di  daur ulang kembali.

Karakteristik dari sampah organik adalah dapat terurai secara alami tanpa proses pembakaran. Dekomposisi yang terjadi di sampah jenis organik ini sangat baik sehingga tidak mengancam kelestarian lingkungan.

Sampah organik paling determinan disebabkan melalui suatu sampah buangan rumah tangga. Jenis sampah tersebut antara lain sebagai sisa-sisa makanan dan sisa bahan masakan.

Adapun juga jenis sampah organik dari tumbuhan berupa buah yang jatuh kemudian membusuk serta daun-daun yang telah mengering. Sampah organik yang berasal dari hewan ini adalah jasad-jasad renik.

Cara Mengatasi Sampah

1. Pilih untuk menggunakan kembali saat membeli suatu tas belanja dan botol air kemasan. Tas kain dan botol logam ini yang dapat digunakan kembali tersedia secara lokal dengan harga terjangkau.

2. Menolak suatu kemasan satu porsi, kelebihan kemasan, sedotan, dan Serta kantong plastik ‘sekali pakai’ lainnya. Bawa peralatan yang dapat digunakan kembali di tas, ransel, atau suatu mobil.

3. Kurangi suatu plastik sehari-hari seperti kemasan kresek, kotak styrofoam, dan gelas plastik. Ganti dengan sebuah kotak makan siang yang dapat digunakan ulang yang berisi termos.

4. Bawa tumbler Anda ke sebuah kedai kopi, toko smoothie, atau restoran yang memungkinkan menggunakannya. Ini merupakan cara yang terbaik untuk mengurangi tutup, gelas plastik, serta atau gelas berlapis plastik.

5. Beralihlah ke musik digital yang tak memerlukan sebuah kemasan plastik untuk CD atau DVD. Belilah musik dan video secara lebih online.

Sampah Berjenis Anorganik

Sampah anorganik adalah jenis suatu sampah yang bukan berasal dari makhluk hidup. Jenis Sampah anorganik ini berasal dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Limbah anorganik ini sebagian besar berasal dari plastik. Sampah plastik  ini tidak dapat terurai dengan baik. Memerlukan waktu hingga sekitar 200 tahun untuk menguraikan sampah plastik secara alami.

Sampah plastik ini dapat dipercepat dekomposisinya dengan cara dibakar atau didaur ulangkan. Serta cara mengatasi sampah di indonesia yng sangat begitu banyak sekali.

Dampak  Dari Sampah Plastik

Sampah plastik menyebabkan suatu dampak yang merugikan bagi kehidupan manusia. Serta bagi seorang makhluk hidup yang lain. Dampak yang dihasilkan sampah plastik sangat beragam.

Menganggu Kesehatan Pada Manusia

Pada dasarnya pengelolaan suatu sampah yang tidak baik dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Tidak terkecuali lagi sampah plastik yang mampu mengganggu kesehatan manusia.

Dampak suatu kesehatan yang terganggu karena pengolahan sampah plastik. Bagi kesehatan pada manusia adalah mudah terserang penyakit seperti diare, tifus, demam berdarah, jamur,serta cacing pita.

Penyakit Yang Di Timbulkan

Penyakit Diare

Sampah plastik ini dapat menyebabkan diare bagi manusia. Sampah plastik yang telah terkumpul hingga jumlahnya tidak dapat terbendung lagi mengakibatkan menjadi sarang bagi tumbuh kembang lalat.

Lalat ini merupakan hewan jenis serangga yang suka bergerumul di tempat-tempat yang kotor. Apabila lalat ini sudah menyentuh makanan yang hendak kita makan maka kita berpotensi besar terkena diare.

Terserang Tifus

Tifus adalah jenis sebuah penyakit yang menyerang pencernaan manusia. Tifus juga ditandai dengan gejala demam yang tinggi. Seperti layaknya sebuah penyakit diare, tifus berasal dari lalat yang sangat kotor.

Terjangkit Demam Berdarah

Penyakit ini selanjutnya yang berasal dari sampah plastik adalah penyakit demam berdarah. Demam berdarah berasal dari gigitan sebuah nyamuk Aides Aygepti. Penyebab cara mengatasi sampah plastik di indonesia.

Hubungan dari nyamuk tersebut dengan sampah plastik adalah. Nyamuk jenis tersebut suka melakukan suatu perkembang biakan di genangan air. Sifat plastik adalah ini tidak dapat ditembus air.

Jamur Atau Panu

Penyakit Jamur disini yang dimaksud adalah suatu jamur yang menyerang pada sebuah kulit manusia. Jamur dapat berkembang biak melalui suatu sampah plastik. Apabila sampah plastik tersebut itu tersentuh.

Virus Cacing Pita

Sebuah Cacing  dapat disebabkan karena tumpukan suatu sampah plastik. Hewan ini  berkembang biak di dalam sampah plastik yang kemudian dimakan oleh hewan ternak. Serta cara mengatasi sampah plastik.

Cacing pita tidak dapat dicerna dan tetap hidup di dalam semua hewan ternak. Bahkan ketika sebuah hewan ternak tersebut dimasak dan dikonsumsi oleh manusia. Dan cara mengatasi sampah plastik.

Jenis-Jenis Suatu Plastik

Plastik yang kita gunakan biasanya, umumnya terbentuk dari suatu polimer-polimer yang dijelaskan dalam gambar berikut ini:

1. Berjenis Polietena

Polietena ialah suatu plastik yang paling banyak di produksi untuk berbagai keperluan. Plastik jenis ini terbagi menjadi dua bagian, yakni  plastik HDPE (High Density Polyethene) dan LDPE (Low Density Polyethene).

Diantara penggunaan yang sering kita jumpai ialah suatu Kresek Plastik, Botol Plastik, Pipa Plastik dan Mainan Plastik yang biasa kita lihat. Jenis jenis sampah plastik serta contohnya juga suatu sampah yang sangat besar.

2 . Bertipe Polipropana

Polipropana adalah suatu jenis plastik yang tahan panas, terhindar dari suatu kerusakan bentuk fisik dan tahan korosi. Karena sifatnya itulah sebuah polipropana  digunakan sebagai tempat makanan,serta karpet.

3. Bersifat Polistirena

Polistirena adalah salah satu jenis sebuah plastik yang populer digunakan. Plastik ini dipakai sebagai bahan dasar pembuatan suatu material yang solid(lebih berat). Contohnya juga ialah dalam peralatan suatu makan.

4. Bersifat Politetrafluoroetena

PTFE adalah jenis suatu plastik yang sering digunakan belakangan ini. Nama populer dari PTFE ialah suatu teflon yang umum digunakan sebagai peralatan masak di dapur. Jenis jenis sampah plastik serta contohnya.

5. Berjenis Polivinilklorida

PVC sudah sangat dikenal sebagai suatu Pipa. Tetapi ternyata penggunaan sebuah PVC bisa lebih dari itu. Lapisan suatu kabel, pintu plastik, jendela plastik bahkan suatu kartu ATM kita ternyata menggunakan bahan PVC.

6. Bersifat Polietilen Terepthalate

PET adalah suatu tipe polimer plastik yang ringan, lentur dan memiliki kekuatan. Penggunaanya selama ini ialah sebuah pada serat pakaian, plester, serta botol plastik. Jeni jenis sampah plastik.

7. Bertipe Nilon (Poliamida)

Nilon merupakan suatu polimer yang memiliki kekuatan sangat tinggi. Karena itu kekuatannya ini, umumnya penggunaan nilon ialah untuk menahan beban yang cukup besar, seperti pada tali.

8. Berjenis Poliuretan

Poliuretan adalah suatu bentuk plastik padat menyerupai karet. Penggunaanya pada umumnya ialah pada suatu ban mobil, alas sepatu, roda skateboard, serta karpet mobil(non latex).

Itulah ulasan mengenai sebuah cara mengatasi sampah plastik di indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan berguna sebagai wawasan bagi anda. Serta bisa menjadi pembelajaran. Sekian Dan Terima Kasih.