6 Ide Jualan Makanan Ringan yang Menghasilkan Omzet Jutaan

Menjalani usaha makanan ringan bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Banyak sekali ide jualan makanan ringan yang bisa anda jalani. Jika anda bisa menemukan makanan ringan yang sesuai selera pasar, maka akan menjadi nilai tambah bagi usaha anda.

Sudah banyak usaha makanan ringan yang dulunya berawal dari usaha rumahan kini bisa sukses dan menjangkau bebrbagai daerah. Hal ini menunjukkan bahwa jualan makanan ringan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Jualan makanan ringan bisa dijalani oleh siapa saja, mulai dari karyawan sampai ibu rumah tangga. Usaha makanan ringan juga bisa menambah penghasilan anda diluar pendapatan bulanan. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar dan jika usaha berjalan lancar akan menghasilkan keuntungan yang banyak.

Tren kuliner di Indonesia memang tidak pernah ada matinya, setiap tahun pasti akan ada jenis makanan baru yang menjadi tren di masyarakat. Makanan ringan mejadi salah satu kuliner yang terus berinovasi mengikuti selera masyarakat.

Namun dalan jualan makanan ringan tidak cukup hanya melihat tren di masyarakat saja. Sangat perlu memperhatikan kualitas dan ciri khas dari makanan ringan yang anda tawarkan.

Karena tren bersifat sementara, makanan ringan yang memiliki ciri khas dan berkualitas tentu akan mampu bertahan dalam persaingan kuliner yang kompetitif ini. Selain itu agar usaha makanan ringan anda sukses diperlukan tips memulai usaha makanan ringan.

Ide Jualan Makanan Ringan yang Populer di Masayarakat

Sudah menjadi kebiasaan bahwa masyarakat Indonesia sangat konsumtif dan dikenal suka jajan. Untuk konsumen makanan ringan beragam mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Hal inilah yang menyebabkan jualan makanan ringan cepat menghasilkan keuntungan.

Bagi anda yang tertarik memulai usaha jualan makanan ringan, berikut bebrapa rekomendasi makanan ringan yang bisa dijadikan usaha, baik usaha sampingan maupun usaha utama anda.

1. Usaha Pisang Nugget

jualan makanan ringan

Pisang sekarang tidak lagi hanya diolah dengan digoreng atau direbus dan dijual di warung-warung kopi. Seiring berkembangnya usaha kuliner, pisang banyak diolah menjadi berbagai inovasi makanan yang menggugah selera. Salah satunya adalah Pisang nugget.

Pisang Nugget adalah olahan pisang yang dibalut dengan adonan tepung terigu dan tepung roti kemudian digoreng agak kering. Kelebihan dari pisang nugget adalah banyaknya pilihan toping seperti cokelat, keju, nutella, oreo, dan masih banyak lagi.

Pisang nugget memiliki tekstur rasa crunchy saat digigit. Mengenahi harga jual biasanya tergantung topping yang digunakan, rata-rata pisang nugget dijual berkisaran Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu per porsi.

2. Usaha Salted Egg Chicken

Salted Egg Chicken merupakan makanan yang masih diminati oleh masyarakat. Makanan ini merupakan potongan daging ayam fillet yang digoreng dengan tepung lalu disiram saus telur asin dan ditambahkan telur mata sapi diatasnya.

jualan makanan ringan

Salted Egg Chicken bisa dimakan langsung sebagai camilan ataupun bisa dimakan dengan nasi putih. Tergantung selera masing-masing. Mengenahi harga jual salted egg rata mulai Rp 30 ribu keatas, Namun itu juga tergantung harga bhan utama. Karena setiap tempat memiliki harga bahan baku ayam yang berbeda.

3. Usaha Egg Cheesetart

Jajanan satu ini merupakan makanan yang bahan utamanya adalah krim keju dengan dipadukan cake yang lembut. Egg Cheesetart sekarang sedang tren dan mulai digemari oleh masyarakat. Jajanan ini awalnya mulai populer di daerah Sapporo, Hokaido, Jepang.

Cheesetart merupakan bagian dari cheese cake, memiliki perbedaan pada lapisan tart yang renyah dipinggirnya. Ketika menyantap akan terasa kelembutan pada krim kejunya.

Serta memiliki kombinasi tekstur  yang lebih menyenangkan, karena kulit cheese tart tidak hanya ada di dasar kue saja, namun juga disampingnya. Jika cheese cake lapisan berupa sponge yang lembut, sedangkan cheese tart memiliki kulit pastry yang renyah.

4. Usaha Sempol Goreng

Ide jualan makanan ringan selanjunya adalah sempol goreng. Pertama jajanan ini terkenal di Malang, Jawa Timur yang kemudian mulai tren di beberapa kota di Indonesia.

Bahan yang digunakan membuat sempol goreng ini berasal dari tepung yang dicampur daging ayam cincang lalu dibentuk pada tusuk sate menyerupai tempura.

Setelah ditempel atau dibentuk pada tusuk sate kemudian dikukus hingga setengah matang. Selanjutnya sempol tinggal dicelupkan ke telur yang sudah dikocok dan goreng sampai matang. Dalam penyajian biasanya sempol ayam dipadukan dengan saus sambal.

Untuk harga sempol goreng bervariasi tergantung ukuran sempol. Tapi umumnya sempol goreng dijual mulai Rp 1.000 per biji.

5. Jualan Makanan Ringan Aneka Keripik

jualan makanan ringan

Usaha keripik adalah usaha yang cukup mudah dimulai. Karena modal yang dibutuhkan relatif kecil dan peralatan yang dibutuhkan mudah didapatkan, juga pangsa pasar yang luas.

banyak jenis bahan yang bisa dijadikan keripik mulai dari buah hingga sayuran. Untuk mendapatkan bahan baku di Indonesia ini bisa dibilang sangat mudah sebab di Indonesia kaya akan buah-buahan dan sayuran.

Cara pembuatan keripik tidak terlalu sulit apalagi di era internet ini sangat mudah mencari resep makanan ringan termasuk resep berbagai macam keripik. Walaupun mudah tetap harus dilakukan eksperimen untuk mendapatkan krik dengan tekstur renyah dan rasa yang enak.

Pertanyaannya adalah jenis keripik apa yang potensial dan banyak digemari masyarakat. Sebenarnya semua jenis keripik itu potensial. Namun pilihlah yang mudah di ekseskusi supaya usaha keripik anda segera bisa berjalan. Beberapa jenis keripik yang populer seperti keripik pisang, keripik kentang, keripik singkong, dan berbagai jenis keripik buah.

6. Jualan Makanan Ringan Makaroni

Makaroni, siapa yang tidak mengenak jajanan satu ini. Banyak kalangan masyarakat menyukai makanan berbentuk mirip usus ini. Makaroni merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu. Camilan ini cocok dinikmati pada waktu santai seperti saat nonton.

Selain sebagai cemilan makaroni bisanya digunakan sebagai pelengkap sebuah makanan. Makoroni bisa diolah dengan cara digoreng yang akan menghasilkan tekstur renyah dengan rasa gurih saat dimakan.

Pembuatan makaroni cukup sulit bagi pemula karena ada beberapa tahap yang harus dilakukan  dengan benar. Adonan yang dugunakan haris pas agar tercipta makaroni yang berkualitas.

Tetap menjaga kualitas makaroni anda akan meningkatkan kepercayaan pelanggan anda. Kualitas produk juga akan mempengaruhi bertahan tidaknya usaha jualan makanan ringan makaroni anda.

Bagi anda yang mau merintis usaha namun masih bingun usaha apa dan dimulai dari mana, bisa mencoba menjalankan usaha makaroni ini. Usaha makaroni bisa dijalankan dengan dua cara yaitu menjual makaroni dalam bentuk mentah atau menjual makaroni dalam bentuk yang sudah matang.

Berdasarkan dua cara tersebut menunjukkan betapa potensialnya keuntungan daripada usaha makanan ringan jenis lainya. Karena sekarang penjual makaroni sudah banyak dimana-mana, maka jika anda memilih usaha ini harus memiliki keunikan atau ciri khas yang bisa menjadi keunggulan dibandingkan produk makaroni lainnya.

Misalnya makroni anda memiliki keunikan dan keunggulan di rasa. Anda bisa menawarkan beragam rasa mulai dari original sampai rasa yang anti maintream. Namun pilihlah satu rasa yang menjadi unggulan produk anda, misal rasa pedas level 100.

Dengan begitu konsumen yang mudah mengenali produk makaroni anda. Konsumen akan datang terus menerus karena penasaran dengan makaroni yang anda tawarkan. Pada akhirnya keuntungan mendatangi anda dengan sendirinya.

Yah itulah beberapa ide jualan makanan ringan yang bisa menjadi referensi dalam anda memulai usaha. Selain daftar makanan ringan di atas masih banyak jenis makanan ringan yang bisa dijadikan usaha. Semoga informasi yang ini bisa bermanfaat bagi anda.

Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Udah Dapat Untung ?

Usaha makanan ringan serba 1000 seperti siomay, batagor, sampai  seperti gorengan telah banyak menjamur. Dari perkotaan sampai perkampungan, jajanan kecil kecilan ini telah menjadi jajanan favorit semua kalangan.

Biasanya usaha makanan kecil kecilan ini dijajakan oleh pedagang kecil. Seperti pedagang kaki lima atau ibu-ibu rumah tangga yang tengah mencari pekerjaan sampingan.

Apakah Anda bisa juga membuka usaha ini? Tentu saja bisa. Cukup dengan modal kecil, Anda bisa memperjualbelikan makanan Anda dengan harga seribu rupiah saja.

Penasaran usaha makanan ringan serba 1000 apa bisa mendapat ke untungan so simak ulasan dibawah ini tentang usaha makanan ringan serba 1000.

Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Beneran dapet untung nggak ya kalo dijual dengan harga 1000. Penasaran simak aja ulasan di bawah ini tentang usha makanan ringan serba 1000.

1. Klepon

Klepon adalah salah satu makanan khas yang berasal dari indonesia, rasa kepon yang kenyal dan manis karena di dalamnya terdapat gula merah. Makanan klepon juga di sebut jajanan pasar

Karena klepon banyak sekali dijupai di pasar pasar tradisional yang ada di indonesia. Makanan klepon cukup terkenal karena rasanya yang enak dan manis.

Kepon juga disukai dari kalangan anak anak kecil hingga dewasa. dan ini bisa untuk buat anda buka usaha makanan ringan serba 1000. Karena untuk mendapatkan bahan klepon sangat mudah.

Ingin tau juga resep klepon dan cara membuatnya, so silahkan kalian simak dibawah ini ya temen temen, jika kurang jelas pelajari lagi ya temen temen.

Bahan Untuk Membuat Klepon

  • Tepung beras ketan 250 g
  • Tepung beras 50 g
  • Air mineral 1350 ml
  • Daun pandan secukupnya
  • Garam 1 sdt
  • Kelapa buah, parut kemudian kukus
  • Gula merah secukupnya, sisir halus
  • Gula pasir 3 sdm

Cara Membuat Klepon

  1. Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
  2. Daun pandan yang sudah dibersihkan kemudian di blender dengan air sekitar 200 ml untuk dijadikan pewarna alami. Sisihkan.
  3. Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Aduk hingga tercampur sempurna.
  4. Setelah itu tuangkan sedikit demi sedikit air pewarna, tuang sambil terus diaduk.Kemudian tuang sedikit demi sedikit air mineral 150 ml, tuang sambil terus diaduk.
  5. Jika adonan dirasa sudah cukup kental maka tidak perlu ditambahi air.
  6. Aduk hingga adonan hingga mencapai kekentalan yang pas untuk kemudian dibentuk seperti bola bola kecil dan diisi dengan bahan gula merah.
  7. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika adonan direbus tidak meluber keluar dari wadah.
  8. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  9. Ulangi poin 6 dan 7 hingga adonan habis.
  10. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  11. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  12. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa.
  13. Kemudian campur juga parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  14. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  15. Jajanan klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.

2. Onde Ondhe

Onde onde juga termasuk salah satu makanan khas dari indonesia, rasanya yang enak dan isian onde onde yang bermacam macam membuat siapa saja yang memakannya pada ketagihan ingin nambah lagi.

Sama seperti klepon onde onde juga termasuk dalam jajanan tradisional atau jajanan pasar karena banyak sekali di jumpai di pasar pasar yang ada di indonesia.

ingin menjadikan onde onde sebagai usaha makanan ringan serba 1000 silahkan simak nih resep di bawah ini. Tenang pasti dapat untung kok kalo anda pintar dalam menghitung.

Bahan Untuk Membuat Onde Onde

  • 225 gr Tepung ketan
  • 75 gr Kentang kukus, haluskan
  • 75 gr Gula pasir
  • 1/4 sdt Garam
  • 175 cc Air hangat
  • 100 gr Wijen
  • Secukupnya Air matang untuk celupan

Bahan Isi

  • 100 gr Kacang ijo kupas, rendam selama 1 jam dan kukus 25 menit
  • 100 cc Santan
  • 1/8 sdt Garam
  • 50 gr Gula pasir
  • 1/8 sdt Vanili bubuk

Cara Membuat Onde Onde

  1. Kulit : Pertama tama campur tepung ketan, kentang, gula dan juga garam.
  2. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan kalis dan dapat dibentuk bulat bulat atau seperti bola bola kecil.
  3. Timbang adonan 20 gr
  4. Isi : Blender kacang ijo dan santan.
  5. Kemudian masukkan ke dalam sebuah panci yang sudah disiapkan tadi, tambahkan juga gula, garam dan vanili. Masak hingga adonan kalis . Timbang adonan isi 10 gr
  6. Ambil adonan kulit, pipihkan tambahkan isi, bulatkan kembali. Celup ke air lalu gulingkan ke wijen.
  7. Goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan

3. Lemper

Lemper juga termasuk makanan khas nih dari indonesia rasanya yang enak dan didalamnya terdapat isian yang enak juga, seperti ayam, abon dan ikan. Makanan ini juga bisa disebut jajanan pasar.

Karena harganya yang murah dan rasanya yang enak terbuat dari beras ketan dan didalamnya terdapat isian yang menggugah selesa siapa saja yang memakannya.

So, tertarik untuk menjadikan lemper sebagai usaha makanan ringan serba 1000. Penasaran cara buatnya silahkan kalian simak resep lemper di bawah ini ya temen temen.

Bahan Utama Lemper Ayam

  • 200 gram beras ketan yang telah direndam selama 1 jam
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun salam
  • 125 ml santan  kelapa
  • 3/4 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Bahan Isi Lemper Ayam

  • 2 buah paha ayam atas bawah
  • 1 batang serai 500 ml air
  • 3/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun salam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 100 ml santan  kelapa

Bumbu Halus Lemper Ayam

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 6 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri yang sudah disangrai

Cara Membuat Isi Lemper Ayam

  1. Pertama, siapkan panci yang akan digunakan untuk merebus ayam.
  2. Lalu masukan air secukupnya ke dalam panci tersebut.
  3. Simpan panci tersebut di atas kompor menyala.
  4. Rebus air sampai mendidih.
  5. Jika air sudah mendidih, masukan ayam yang sudah anda siapkan.
  6. Rebus ayam sampai benar-benar matang.
  7. Jika ayam sudah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Lalu suwir-suwir daging ayam tersebut dan ukur kaldunya 250 ml.
  9. Setelah itu, haluskan semua bumbu halus seperti yang sudah ditentukan di atas.
  10. Lalu campurkan ayam yang sudah disuwir-suwir dengan bumbu halus, serai yang sudah dimemarkan bagian putihnya, daun dalam, merica bubuk, gula pasir dan garam.
  11. Kemudian, aduk sampai bumbu merata dengan ayam.
  12. Selanjutnya, tuangkan air kaldu.
  13. Lalu masak sampai mendidih.
  14. Tuangkan santan. Lalu masak sampai meresap.
  15. Setelah itu, dinginkan.

Cara Membuat Kulit Lemper Ayam

  1. Kukus ketan yang sudah anda siapkan kurang lebih 20 menit sampai ketan dirasa cukup matang.
  2. Jika sudah matang, angkat. Selanjutnya, rebus santan, daun salam, serai dan garam hingga mendidih.
  3. Jika sudah, anda bisa langsung mematikan api kompor. Kemudian, tambahkan beras ketan yang sudah dikukus.
  4. Lalu masak sampai meresap.
  5. Setelah itu, angkat dan kukus selama kurang lebih sekitar 30 menit sampai benar-benar matang.

Cara Membuat Lemper Ayam

  1. Ambil sedikit ketan atau adonan kulit.
  2. Lalu pipihkan. Beri isi ketan tersebut.
  3. Lalu bentuk lonjong atau sesuai dengan selera anda.
  4. Setelah itu, bungkus dengan menggunakan daun pisang.
  5. Lakukan langkah yang sama sampai semua bahan-bahan habis.
  6. Selanjutnya, anda bisa langsung menyajikan atau menghidangkan lemper buatan sendiri tersebut pada piring atau tempat saji yang disiapkan.

Itulah tadi ulasan saya tentang usaha makanan ringan serba 1000, Semoga bermanfat untuk anda. Jangan lupa mampir ke ulasan saya yang lain tentang usaha makanan dengan modal kecil.

Kalo kalian berkenan mampir juga ke ulasan saya yang lain tentang Usaha Makanan Ringan Kriuk. So, silahkan kalian mampir ya guys.