Resep Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa Yang Baik

Resep Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa Yang Baik – Keripik salak yang biasa kita kenal adalah keripik salak yang dibuat dengan menggunakan penggorengan secara auto atau mesin.

Dalam artikel ini kami akan membagikan resep keripik salak dengan penggorengan biasa yang baik,sehingga jika kalian tidak mempunyai alat penggorengan mesin kalian dapat menggunakan penggorengan biasa.

Berikut ini adalah resep keripik salak dengan penggorengan biasa,simak dan pelajarilah resep kali ini!

Resep Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa Yang Baik

Resep Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa Yang Baik

Berikut ini adalah cara membuat resep keripik salak dengan penggorengan biasa:

Cara Membuat Resep Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa Yang Baik

Bahan Cara Membuat Keripik Salak:

  1.  Buah salak yang sudah matang 1 kg.
  2.  Tambahan air kurang lebih sekitar dua liter.
  3.  Garam makan 2 sdm.
  4.  Gula pasir 150 gr.
  5.  Air kapur sirih secukupnya.
  6.  Minyak goreng.

Cara Membuat Keripik Salak :

  1. Ambilah buah salak yang masih segar tadi, Pilih buah salak yang masih baik dan tidak busuk.
  2. Setelah itu kupas salak dari kulitnya sampai betul betul bersih, lalu pisahkan dari daging serta bijinya.
  3. Pisahkan daging buah dari bijinya dengan cara memotong salak menjadi dua bagian.
  4. Kemudian buah salak selesai dipotong-potong langkah berikutnya adalah mencuci buah salak tersebut pada air bersih. Setelah itu  rendam buah salak dalam air kapur sirih untuk menghilangkan lengket selama kurang lebih 5 jam.
  5. Setelah proses perendaman telah selesai, cuci salak menggunakan dengan air hingga salak benar-benar bersih, kemudian keringkan.
  6. Sesudah buah salak dicuci sampai bersih, langkah selanjutnya adalah menyimpan buah salak didalam freezer agar tidak lembek saat di goreng nanti dan agar buah lebih padat saat dimasukkan ke dalam minyak penggorengan.
  7.  Kemudian tiriskan salak yang sudah dimasukkan kedalam freezer tadi agar kandungan air yang ada dapat dihilangkan, Setelah itu masukkan salak tadi kedalam wajan penggorengan dengan menggunakan api yang besar.
  8. Tunggulah proses penggorengan tadi selama beberapa jam dan lihat apakah salak sudah matang,jika sudah matang angkat dan tiriskan agar kandungan minyak yang ada dapat hilang.
  9. Biarkan keripik salak jadi dingin.
  10.  Keripik salak siap untuk di sajikan.

Itulah cara membuat keripik salak dan bahan bahan yang diperlukan, tidak sulit kan? maka dari itu marilah anda mencoba untuk membuat keripik salak dan mempelajari cara membuat keripik salak.

Apa Itu Salak?

Salak (Salacca zalacca) adalah salah satu jenis tumbuhan palma yang buahnya bisa dimakan. Buah ini biasa disebut juga dengan snake fruit karena kulit buahnya seperti sisik ular.

Pohon buah salak adalah palma perdu atau hampir tanpa memiliki batang dengan duri yang sangat banyak dan tajam. Tangkai pohon salak mempunyai duri yang panjang dan banyak dengan daun majemuk menyirip.

Buah dari tumbuhan salak ini berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik dengan runcing di bagian pangkal dan membulat pada bagian ujung yang tertutup oleh kulit buah bersisik berwarna kuning coklat merah.

Sarkotesta atau dinding buah tengah mempunyai tekstur berdaging tebal berwarna putih hingga kuning krem.

Ada juga yang memiliki rasa yang manis dan asam, bahkan sepat dengan biji keras berwarna coklat kehitaman di bagian tengah.

Sejarah Salak

Tanaman salak merupakan salah satu tanaman buah yg banyak disukai & mempunyai prospek baik untuk diusahakan. Daerah asal nya tidak jelas, tetapi diduga dari Negara Thailand, Malaysia & Indonesia.

Ada pula yg mengatakan bahwa tanaman buah salak (Salacca edulis) berasal dari Pulau Jawa.

Pada masa penjajahan biji-biji salak dibawa oleh para saudagar sampai menyebar ke seluruh Indonesia, bahkan sampai ke Filipina, Malaysia, Brunei & Muangthai.

Jenis Jenis Buah Salak

Di dunia ini dikenal salak liar seperti Salacca dransfieldiana JP Mo-gea dan lain lain.

Blume yg juga disebut juga S. wallichiana, C. Martus yg disebut rakum / kumbar (populer di Negara Thailand) sebagai pembuat masam segar pada masakan. Kumbar ini tidak mempunyai duri, bunganya berumah 2

Salak termasuk famili Palmae (palem-paleman), monokotil, daun-daunnya panjang dan mempunyai urat utama kuat seperti pada kelapa yg disebut lidi.

Seluruh bagian daunnya memliki duri yang tajam,batangnya pendek, lama-kelamaan meninggi sampai 3 m atau lebih.

Akhirnya roboh tidak mampu membawa beban mahkota daun terlalu berat (tidak sebanding dengan batangnya yang kecil).

Banyak jenis salak yg bisa tumbuh di Indonesia. Ada yg masih muda sudah terasa manis seperti salak pondoh.

Varietas unggul yg telah dilepas oleh pemerintah agar dikembangkan adalah: salak pondoh, swaru, nglumut, enrekang, gula batu (Bali), & lain-lain.

Itulah resep keripik salak dengan penggorengan biasa yang baik dan dapat anda lakukan dirumah,selamat mencoba dirumah semoga bermanfaat sukses selalu.

Manfaat Buah Salak

1. Kandungan Serat Buah Ini Baik Untuk Pencernaan

Buah salak adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi padat  terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena beberapa nutrisi tersebut, buah salak mempunyai manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Contohnya adalah kandungan tanin yang berfungsi sebagai obat anti diare. Tanin juga dapat mengatasi gangguan pencernaan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi buah salak bersamaan dengan kulit halusnya (epidermis) untuk mencegah sembelit.

2. Meningkatkan Kesehatan Dan Kekebalan Tubuh

Buah bersisik yang padat nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidan yang ada pada buah salak dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Kemudian, buah salak juga mengandung zat beta karotene. Beta karoten adalah antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, serta penyakit kanker.

3. Dapat Menjaga Berat Badan Seimbang

Kandungan serat dan antioksidan yang ada di dalam buah salak ternyata juga baik untuk asupan diet. Kalau Anda bosan makan buah pisang atau alpukat untuk camilan diet, kenapa tidak mencoba ngemil buah salak? Serat pada asupan buah salak dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Terlebih lagi, salak juga kaya akan kandungan kalsium serta karbohidrat. Ini menjadikan buah salak sebagai camilan yang pas untuk mendukung kebutuhan energi tubuh saat diet.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Nah, manfaat dari buah salak ini baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular tubuh. Salak yang terdiri dari kandungan kalium, antioksidan serta mineral berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Salah satu fungsi dari kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang memengaruhi detak jantung. Asupan kalium yang cukup penting bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung anda.

5. Menopang Stamina Tubuh

Salak mempunyai banyak zat bermanfaat dari karbohidrat, vitamin, dan mineral untuk menopang stamina tubuh kita. Mengonsumsi salak setidaknya sekali dalam dua hari akan membantu tubuh untuk memulihkan kondisinya.

6. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah 

Manfaat kesehatan lainnya dari buah salak adalah menyeimbangkan kadar gula darah kita, kulitnya dapat dijadikan teh yang sangat berguna untuk meningkatkan proses pembaharuan sel pankreas. Salak juga mengandung pterostilbene yang sangat berguna bagi kita untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh.

7. Meningkatkan Ingatan Otak

Pernahkah ada yang mendengar bahwa Buah Salak juga dikenal sebagai buah kenangan? ini karena salak mengandung banyak potasium serta pektin.

Manfaat kesehatan lain dari salak yaitu meningkatkan kemampuan otak kita untuk menghemat daya ingat,  meningkatkan kemampuan kognitif sekaligus untuk meningkatkan kapasitas memori otak.

8. Menjaga Kesehatan Mata 

Salak mengandung vitamin A dan juga beta karoten yang bisa menjaga kesehatan mata, mengonsumsi salak secara teratur adalah pilihan alternatif selain wortel atau jus tomat. Cukup campurkan daging buah salak dan buat menjadi jus, manfaatnya juga sama dengan wortel dan jus tomat.

9. Bagus Untuk Usus

Zat lain yang baik tersedia di dalam salak adalah tanin, saponin, dan flavonoid, zat yang baik untuk sistem pencernaan kita. Cara terbaik untuk makan buah salak adalah memakan buah bersama dengan kulit arinya, karena sangat membantu mencegah sembelit.

10. Manfaat Buah Salak Untuk Obat Diare

Satu ini adalah manfaat buah salak yang sangat terkenal dan sering dilakukan di rumah anda. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah salak dapat mengobati diare, khasiat salak untuk penyakit diare sudah terbukti. Buah Salak mengandung tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare.

Salak ini juga mengandung senyawa yang bisa mengusir bakteri penyebab diare, sehingga gejala sakitnya bisa dihentikan. Nah, jika kita terserang diare usahakan untuk mengonsumsi buah salak dengan rutin untuk mengurangi diare yang kita alami.

Sekian dan terimakasih.