Resep Ikan Lele Bakar Super Mantap Kecap Manis Spesial

Resep Ikan Lele Bakar

Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Bakar Kecap Manis Spesial yang Enak, Lezat dan Gurih Aneka Resep Ikan Lele Hidangan ikan lele bakar kecap manis umumnya mungkin sudah sering anda jumpai dirumah makan.

Bahkan mungkin hidangan ini adalah salah satu sajian favorit yang sering anda pesan. Akan tetapi, daripada terus-terusan membeli di restoran setiap kali anda ingin menyantap sajian ini, maka tidak ada salahnya jika anda menghidangkan dan membuat sendiri hidangan ikan lele bakar dirumah.

Sejarah Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan dengan tubuh pipih memanjang serta licin dan tidak memiliki sisik. Terdapat 5 jenis sirip di tubuhnya, yaitu sirip dada, sirip punggung, sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor. Pada sirip dada nya, terdapat semacam tulang atau duri yang keras dan tajam yang dinamakan dengan patil.

Patil berfungsi sebagai alat perlindungan ikan lele dari musuhnya. Kepala ikan lele terbentuk dari tulang yang keras di bagian atas, dengan sepasang mata yang kecil dan kurang berfungsi. Maka dari itu ikan lele mengandalkan sungut atau kumisnya sebagai alat indera pembantu.

Habitat asli ikan lele berasal dari Afrika. Ikan lele banyak ditemukan di air tawar seperti sungai dengan arus yang lemah, telaga, rawa-rawa, waduk, dan sawah yang tergenang air.

Lele sendiri jarang ditemukan di air payau atau air asin, kecuali untuk lele laut yang marga dan suku nya berbeda, yakni Ariidae. Ikan lele juga bisa hidup di air yang kotor, seperti di got dan saluran pembuangan. Kebanyakan para peternak lele di Indonesia mengembangbiakkan ikan lele di kolam dengan air tawar.

Resep Ikan Lele Bakar

Bahan – Bahan Yang Diperlukan :

  • 5 ekor ikan lele
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • Minyak untuk menggoreng

    Bumbu Olesan Ikan :

  • 3 sdm saus sambal
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdmminyak goreng
  • 4 siung bawang putih, haluskan

Bahan Pelengkap Ikan Bakar :

  • Nasi hangat
  • Sambal terasi
  • Lalapan

Cara Membuat Resep Ikan Lele Bakar Super Mantap Kecap Manis Spesial

Tips Mencuci Ikan Lele :
  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan membersihkan ikan lele yang sudah anda siapkan.
  2. Pada tubuh ikan lele, ada beberapa bagian yang harus dibuang dan dibersihkan, yakni bagian insang ikan, lendir ikan dan juga bagian jeroan ikan.
  3. Nah, kali ini yang pertama akan kita bersihkan terlebih dahulu adalah bagian lendir yang ada pada tubuh ikan. Untuk membersihkan bagian ini, silahkan taburkan abu gosok pada bagian tubuh ikan dan gosokkan hingga kesat.
  4. Setelah ikan kesat dna lendir sudah dibersihkan, silahkan bilas kembali ikan dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang disisakan oleh abu gosok.
  5. Selesai membersihkan bagian lendir ikan, lanjutkan dengan membersihkan bagian insang yang ada dikepala ikan. Untuk membersihkan bagian ini, silahkan buka bagian kepala ikan dan potong insang ikan hingga bersih secara merata.
  6. Kemudian bersihkan pula bagian jeroan yang ada dibagian perut ikan. Bagian jeroan ini tidak akan kita konsumsi, untuk itulah penting sekali membersihkan bagian ini secara merata.
  7. Untuk membersihkan bagian jeroan ikan caranya bisa dilakukan dengan membelah bagian perut ikan dan bersihkan jeroan ikan secara merata. Setelah itu, kerat-kerat bagian perut ikan dengan menggunakan pisau agar bumbu bisa meresap kedalamnya secara merata.
  8. Terakhir, sialhkan lumuri ikan dengan air jeruk nipis, merica bubuk dan juga garam agar bau amis yang menempel pada ikan bisa dihilangkan.

Cara Membuat Ikan Lele Bakar:

  1. Setelah ikan dilumuri dengan bumbu perendam, silahkan panaskan minyak dalam wjaan dan tunggu hingga minyak benar-benar panas secara merata.
  2. Setelah itu, goreng ikan setengah matang dan angkat ikan yang sudah matang untuk kemudian sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya, siapkan pembakaran dan tunggu hingga panas. Lalu bakar ikan diatasnya hingga ikan matang secara merata. Jangan lupa olesi ikan dengan bumbu olesan secara merata, bakar ikan matang.

Manfaat Ikan Lele

1. Rendah kalori dan lemak

Dalam 100 gram porsi ikan lele hanya mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak.

Meski rendah kalori dan lemak, penting bagi Anda untuk memperhatikan porsi makan sekaligus cara mengolahnya. Jika tidak, kadar kalori, lemak, serta kolesterol dalam ikan lele justru meningkat.

Untuk mencegah hal tersebut, hindari mengolah ikan lele dengan cara digoreng. Sebagai gantinya, cobalah metode masak dikukus, direbus (dijadikan sup), dibakar atau dipanggang. Selain itu, ada baiknya Anda memvariasikan pilihan lauk pauk Anda setiap hari. Semakin bervariasi, semakin kaya dan seimbang pula asupan nutrisi bagi tubuh keluarga Anda.

2. Sumber protein lengkap

Ikan lele mengandung protein berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram dalam tiap ekornya sehingga mampu memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Protein berkualitas tinggi tersebut membantu tubuh Anda membangun massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh Anda.

3. Sumber vitamin B-12

Ikan lele mengandung kadar vitamin B-12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele saja diketahui mengandung 40 persen asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan setiap hari. Sebagai bagian dari vitamin B, vitamin B-12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu memecah makanan yang Anda konsumsi sebagai energi. Tidak hanya itu, vitamin yang larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.

4. Rendah merkuri

Hampir semua ikan mengandung merkuri. Merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika Anda mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh Anda. Penumpukan merkuri dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri hingga bahkan kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak.

Kabar baiknya, Environmental Protection Agency mencantumkan ikan lele sebagai salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri.

Meski demikian, membatasi konsumsi ikan lele dianjurkan untuk mengurangi risiko Anda terkena paparan merkuri. Terutama apabila Anda sedang hamil, karena kadar merkuri yang tinggi dapat membahayakan janin Anda. Pada umumnya, ikan lele aman untuk dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Mengandung asam lemak sehat

Rutin makan ikan lele adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini karena satu ekor ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini berperan dalam kesehatan jantung dan fungsi kognitif.

Meski demikian, penelitian mengungkap, asam omega 6 dapat memengaruhi proses pembekuan darah dan rentan terhadap proses oksidasi. Karena hal tersebut, asam omega 6 meningkatkan risiko penggumpalan darah.

Baiklah itu tadi Resep Ikan Lele Bakar Super Mantap Kecap Manis Spesial yang bisa kalian coba sendiri dirumah ya…Semoga Berhasil