Resep Bolu Kukus Coklat Simple Untuk Hidangan Di Rumah

resep bolu kukus coklat simple

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang resep bolu kukus coklat simple. Tapi tahukah Anda cara membuat bolu kukus? ya, simak resep berikut ini!

Bolu

resep bolu kukus coklat simple

Dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.

Cake merupakan makanan manis (sweet goods) yang terbuat dari bahan utama: tepung terigu, gula, telur dan margarin.

Secara etimologi berdasar Kamus Oxford, kata Cake (dalam bahasa Inggris) berasal dari kata “Kaka” yang berasal dari bahasa kuno Norse (yaitu bahasa yang di gunakan oleh pendatang dari utara Jerman) di wilayah scandinavia masa era viking pada abad 13.

Cake pada masa itu sangat berbeda dengan cake yang kita makan pada masa sekarang. Bentuk cake menyerupai roti dengan rasa manis yang berasal dari madu. Pada awal sejarah cake, cake di buat untuk memperingati ritual upacara keagamaan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman cake di sajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia seperti hari kelahiran, perkawinan, pembabtisan, masa liburan dan bahkan di sajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Perkembangan Cake mulai sangat bervariatif pada abad 19 sejak di ketemukannya Baking Powder sebagai bahan pengembang kue(leavening agent) sehingga kita dapat mengenal seperti yang kita makan saat ini, dengan penambahan gula icing sebagai topping ataupun penggunaan butter cream sebagai hiasan.

Istilah yang sebelumnya di kenal sebagai makanan yang memiliki bentuk seperti roti dengan penambahan madu sebagai pemanis, menjadi sangat beragam setelah di ketemukannya bahan pengembang cake tersebut. Di berbagai negara Eropa sejarah cake di kenal sangat beragam.

Sedangkan di Perancis Cake di kenal istilah gateaux yang merupakan makanan yang berasal dari adonan pastry seperti :puff pastry, shortcrust pastry,sweet pastry,choux pastry (kue sus), Genoese dan meringue.

Sejarah Bolu

Bolu merupakan makanan manis (sweet goods) yang terbuat dari bahan utama : tepung terigu, gula, telur dan margarin.

Secara etimologi berdasar Kamus Oxford, kata bolu atau Cake (dalam bahasa Inggris) berasal dari kata “Kaka” yang berasal dari bahasa kuno Norse (yaitu bahasa yang di gunakan oleh pendatang dari utara Jerman) di wilayah scandinavia masa era viking pada abad 13.

Bentuk cake menyerupai roti dengan rasa manis yang berasal dari madu. Tak hanya bolu coklat yang lezat ada juga bisa mencoba resep puding dengan cara membuat puding coklat yang lezat.

Pada awal sejarah Bolu, bolu di buat untuk memperingati ritual upacara keagamaan, namun seiring dengan perkembangan zaman cake di sajikan secara khusus untuk memperingati hari bersejarah dalam kehidupan manusia.

Seperti hari kelahiran, perkawinan, pembabtisan, masa liburan dan bahkan di sajikan saat ada kematian, sebagai kue spesial untuk penghormatan bagi orang-orang tercinta.

Perkembangan bolu mulai sangat bervariatif pada abad 19 sejak di ketemukannya baking powder sebagai bahan pengembang cake (leavening agent) sehingga kita dapat mengenal cake seperti yang kita makan saat ini, dengan penambahan gula icing sebagai topping ataupun penggunaan butter cream sebagai hiasan ataupun filling.

Menjadi sangat beragam setelah di ketemukannya bahan pengembang cake tersebut. Di berbagai negara Eropa sejarah cake di kenal sangat beragam.

Sedangkan di Perancis Cake atau bolu di kenal istilah gateaux yang merupakan makanan yang berasal dari adonan pastry seperti : puff pastry, shortcrust pastry,sweet pastry,choux pastry (kue sus), Genoese dan meringue.

Pertama kali Roti Di Buat

Makanan ini juga sering digunakan sebagai penguat perut saat merasakan kelaparan.Penemu pertama kali pada tahun 2600 SM saat seorang budak berdarah egyptian yang secara tidak sengaja ingin membuat kue yang terbuat dari tepung terigu utuh dengan air untuk sarapan pagi.

Karena api menyala, adonannya ditinggalkan di ruangan yang hangat selama semalam. Wah, ternyata keesokan harinya, saat adonan dimasak, jadilah roti manis dan enak. Selanjutnya bahan untuk memasak salah satunya adalah ragi, ragi itu ditemukan setelah ditemukannya roti.

Arkeolog telah menemukan sisa-sisa sel ragi di sepotong roti yang berasal dari tahun 3500 SM. Roti disebut “roti matahari”. Adonan roti di bawah sinar matahari dikeringkan di bawah sinar matahari untuk berkembang. Setelah itu, roti dipanggang sampai matang.

Bagian luarnya yang keras dan garing dan interiornya manis untuk dimakan. Jadi jangan kaget saat ini, roti sangat populer di kalangan orang banyak. Dan sekitar 100 tahun sebelum zaman kita, orang Romawi yang sangat menyukai roti sehingga makanan utama mereka memiliki 260 tukang roti yang andal.

Asal mula pembuatan roti tidak pasti pada awal sejarahnya, hanya sedikit orang yang telah menemukan roti sesungguhnya adalah makanan yang tidak disengaja. Dahulu kala, orang cenderung mengonsumsi gandum secara langsung, tapi karena rasanya sulit, mereka berusaha menggiling untuk memperbaiki dan menambahkan air.

Namun, ramuannya tampak seperti adonan dan kemudian mereka mencoba membakarnya dan ternyata menjadi makanan yang bisa dimakan. Saat itu, orang tidak menyebutnya roti hanya makanan biasa.

Di zaman kuno, ketika orang bekerja lebih suka menggunakan roti sebagai upah melainkan uang yang biasanya dijadikan upah kerja.

Karena itu, di Timur Tengah, roti dijadikan makanan pokok karena asal mula pembuatan roti berasal dari negara. Seiring berjalannya waktu, pembuatan roti sudah mulai diperkenalkan dan dilakukan oleh banyak negara.

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Simple

1. Resep Bolu Kukus Coklat Simple

Kue basah ini merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sudah merakyat dan digemari oleh semua kalangan. Baik anak-anak hingga lansia.

Sama seperti kue tradisional dan camilan khas Indonesia pada umumnya, bolu kukus juga mempunyai variasi yang bermacam-macam. Bolu kukus yang berbentuk bundar saja. Ada pula bolu kukus mekar yang bentuknya mirip bunga.

Bolu kukus merupakan camilan yang wajib ada pada setiap momen atau acara spesial. Selain banyak variasi, bolu kukus pun rasanya bermacam-macam.

Seberapa sering Anda menemui bolu kukus? Atau seberapa sering Anda membeli bolu kukus? Tahukah Anda?

Daripada membeli, lebih baik Anda mencoba membuat sendiri bolu kukus di rumah yang dijamin rasanya gak kalah sama bolu kukus yang dijual di toko-toko kue. Langsung saja simak di bawah ini cara membuat bolu kukus coklat sederhana.

Bahan :

  • Tepung terigu 200 g
  • Gula pasir 200 g
  • susu bubuk rasa vanilla 5 sdm
  • Telur ayam 4 butir
  • Baking soda sdt
  • Air 100 ml
  • Margarin
  • Cetakan kue

Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Simple :

  1. Siapkan cetakan yang hendak dipakai olesi dengan margarin, sisihkan.
  2. Buat karamel dari 100 g. Setelah jadi tambahkan air 100 ml. Masak hingga mendidih. Dinginkan.
  3. Ayak tepung terigu, baking soda, dan susu bubuk.
  4. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang.
  5. Masukkan ayakan dalam wadah (mangkuk). Lalu campurkan dengan karamel. Aduk hingga rata.
  6. Tuang kocokan telur dan gula pasir.
  7. Tuang pada adonan yang telah diolesi margarin.
  8. Kukus selama 20 menit atau hingga mengembang sempurna.
  9. Dinginkan pada suhu ruangan selama 5 menit lalu keluarkan kue dari cetakan.

Bagaimana? Mudah bukan? Selain cara membuat bolu kukus sederhana di atas. Ada lagi variasi bolu kukus yang wajib Anda coba di rumah. Apalagi kalau bukan bolu kukus mekar. Bolu kukus mekar berbeda dengan bolu kukus biasanya.

2. Resep Bolu Kukus Coklat Mekar

Bahan :

  • Tepung terigu 500 g
  • Gula pasir 400 g
  • Minuman bersoda tawar 450 ml
  • Telur 4 butir
  • Emulsifier 2 sdt (TBM/SP)
  • Baking powder 1 sdt
  • Pasta vanilla 1 sdm
  • Pasta coklat 3 sdt
  • Kertas kue bolu 20 cup

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar  :

  1. Ayak tepung terigu dengan baking powder. Sisihkan.
  2. Campur semua. Kocok dengan mixer yang berkecepatan tinggi selama 10 menit hingga mengembang. Turunkan kecepatan mixer.
  3. Lalu tambahkan tepung terigu dan baking powder yang telah diayak ke dalam wadah bergantian dengan minuman soda sedikit demi sedikit sembari terus dikocok.
  4. Ambil 100 g adonan dan lalu tambahkan pasta coklat.
  5. Tambahkan pasta vanilla pada adonan satunya.
  6. Siapkan cetakan kue bolu kukus lapisi dengan kertas kue bolu kukus.
  7. Tuang adonan putih pada cetakan lalu tambahkan sedikit chocolate.
  8. Kukus selama 20 menit atau hingga mengembang.
  9. Diamkan pada suhu ruangan selama 5 menit, lalu lepas kue dari cetakannya.

Cukup sekian ulasan tentang cara membuat bolu kukus coklat simple kali ini. Mudah dan praktis bukan?

Semoag Bermanfaat.