Resep Bandeng Presto Tulang Lunak Enak

resep bandeng presto tulang lunak

Hai! Siapa di sini yang suka makan ikan bandeng? Apa jenis olahan ikan bandeng favorit kamu? Bandeng ialah jenis ikan yang dapat diperoleh dengan mudah di Indonesia. Kali ini saya akan memberikan resep bandeng presto tulang lunak enak,selamat mencoba.

Resep Bandeng Presto Tulang Lunak

resep bandeng presto

Bandeng presto merupakan masakan khas asli Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini berasal dari ikan bandeng (chanos chanos) yang dimasak dengan kunyit, bawang putih dan garam.

Bandeng tulang lunak ini biasanya merupakan oleh-oleh khas kota Semarang. Saat berkunjung ke Semarang, rasanya tidak lengkap kalau belum membeli bandeng tulang lunak untuk oleh-oleh teman dan keluarga. Tapi, Anda tidak mungkin harus mampir ke Semarang tiap kali ingin menikmati bandeng presto, kan? Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, kok.
Berikut resep bandeng presto tulang lunak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka pindang ikan bandeng presto goreng ala restoran, rumah makan, ala Juwana, ala maxim, dll.

1.RESEP BANDENG PRESTO TULANG LUNAK

BAHAN :

  • Ikan Bandeng secukupnya

Resep BANDENG PRESTO DURI LUNAK  :

  1. Buang insang dan isi perut bandeng, lalu cuci bersih dan tiriskan
  2. Lumuri bandeng dengan ragi dan garam. Ragi yang digunakan bisa ragi instant ataupun ragi tape. Setelah bandeng dilumuri campuran ragi dan garam, diamkan selama sekitar 2 jam. Setelah itu, cuci bandeng kembali dengan air mengalir. Tiriskan.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri dan ketumbar yang telah disangrai, dan garam. Lalu, lumuri bandeng dengan bumbu halus tersebut hingga merata.
  4. Masukkan air ke dalam panci presto, lalu tambahkan daun salam, lengkuas, dan serai untuk menambah aroma bandeng. Letakkan bandeng di atas alas pengukus atau alas lain di dalam panci presto, sehingga bandeng tidak terendam air. Agar bandeng tidak menempel ke alas pengukus, lapisi bandeng dengan daun pisang.
  5. Tutup panci presto dengan rapat, lalu masak hingga 30 menit sejak panci berdesis. Matikan api.
  6. Tunggu sampai panci mendingin, lalu buka tutupnya. Tambahkan air melalui kisi-kisi panci presto, lalu masak kembali hingga 30 menit sejak panci berdesis.
  7. Setelah itu, matikan api, lalu tunggu sampai panci mendingin sebelum mengeluarkan bandeng.
  8. Ikan bandeng siap diolah untuk berbagai masakan, seperti ikan bandeng goreng biasa, ikan bandeng goreng tepung renyah garing crispy, ikan bandeng bakar dengan sambal pedas dan sayur lalapan. Ikan bandeng presto langsung dimakan bersama nasi juga bisa karena bandeng prestonya sudah matang.
Tulang dari bandeng presto ini akan menjadi sangat lunak hingga bisa dimakan. Anda bisa mengolahnya lagi dengan cara mencelupkan bandeng presto ke dalam telur yang telah dikocok lepas, lalu menggorengnya dalam minyak panas.
Saat memasak bandeng dalam panci presto, pastikan bandeng tidak terendam air. Tapi, air yang dimasukkan juga harus cukup banyak agar uap yang terkumpul cukup banyak dan panas untuk memasak bandeng. Resep ikan bandeng presto ini sangat mudah disiapkan.

Peluang usaha budidaya ikan bandeng? Ikan bandeng? Siapa yang belum pernah mengetahui ikan bandeng? Hampir sebgaian besar masyarakat yang berada di Indonesia sudah pernah mengetahui ikan bandeng bahkan ada beberapa diantaranya yang pernah menikmati masakan dari ikan bandeng.

Ikan bandeng terkenal sebagai ikan yang memiliki banyak duri namun memiliki banyak kandungan nutrisi yang dimiliki oleh ikan bandeng.Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh ikan bandeng membuat sebagian besar masyarakat memikirkan cara penggolahan ikan bandeng dengan cara yang tepat.

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam penggolahan ikan bandeng yaitu dengan membuat bandeng presto. Tekstur duri jika dimasak dengan cara dipresto akan semakin lunak sehingga sangat aman jika dikonsumsi.

Kandungan protein yang dimiliki ikan bandeng lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan bandeng lainnya.Anda juga bisa simak cara membuat thai tea rasa taro mudah.

Banyaknya kandungan protein yang dimiliki oleh ikan bandeng membuat sebagian besar masyarakat ingin mengkonsumsi ikan bandeng.

Kebutuhan ikan bandeng yang semakin terus meningkat membuat potensi dari budidaya ikan bandeng sangat menguntungkan untuk dijalani. Bagi Anda yang belum memiliki usaha dapat mencoba menjalankan budidaya ikan bandeng. Untuk cara budidaya ikan bandeng dapat Anda perhatikan di bawah ini.

  1. Persiapam Kolam

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang hidup berkelompok dan bisa dibudidayakan di air tawar, air laut dan air payau. Jika ingin budidaya ikan bandeng hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tempat budidaya.

Pemilihan tempat akan berpengaruh terhadap keberhasilan dari budidaya ikan bandeng. Budidaya ikan bandeng sering di lakukan di tambak karena lebih luas. Tambak yang akan digunakan sebagai lokasi sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu hingga beberapa hari hingga bagian dasarnya retak.

  1. Pemupukan Dasar Kolam

Saat lahan tambak retak-retak sebagian segera diberi pupuk agar menjaga kesuburan tanah. Ikan bandeng mengkonsumsi lumut sehingga tanaman lumput yang ada dikolam akan tumbu subur. Pupuk yang digunakan harus bersifat organik.

  1. Pemberian Pakan

Setelah proses pemupukan tahap berikutnya adalah pengisian air. Isi tambak hingga tiga kali isi kemudian biarkan selama 2 minggu. Setelah 2 minggu masukan benih kolam dengan plastiknya agar ikan bandeng dapat beradaptasi dan tidak stres. Apabila sudah 2 jam buka plastik. Proses penebaran benih sebaiknya dilakukan saat pagi dan sore hari.

  1. Pemberian Pakan

Setelah 2 minggu benih di tebar tidak perlu ikadih makan karena benih akan bandeng akan memakan lumput yang ada di kolam. Setelah itu pemberian pakan dapat dilakukan dengan menaruh karung goni yang dilubangi lemudian dimasikan ke dalam tambak ntuk memicu pertumbuhan lumut.

  1. Pemanenan

Tindakan pemanenan ikan bandeng dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara selektif ataupun panen total. Panen selektif yaitu dilakukan dengan menguras air tambak terlebih dahulu sampai tersisa 70 %. Setelah itu dapat dilakukan penyisiran dengan menggunakan jaring.

Ukuran ikan bandeng dipisahkan sesuai kebutuhan konsumen. Sedangkan cara panen total dilakukan dengan menguras air hingga 90 % dan tidak mempertimbangkan ukuran ikan yang dipanen.

Adapun cara budidaya ikan bandeng dapat Anda perhatikan di atas. Dengan proses yang mudah pasti akan membuat Anda ingin mencoba untuk menjalankan peluang bisnis budidaya ikan bandeng.

Budidaya ikan bandeng tidak membutuhkan biaya yang besar dan untuk kebutuhan biaya yang diperlukan dapat Anda lihat dari hitungan analisa usaha di bawah ini.

Analisa Usaha Budidaya Ikan Bandeng

Asumsi

  •  Sewa pajak lahan selama waktu 4 tahun.
  •  Pompa air selama waktu 3 tahun.
  •  Alat cetak pelet manual selama waktu 5 tahun.
  •  Selang selama waktu 3 tahun.
  •  Paralon selama waktu 1.5 tahun.
  •  Jaring selama waktu 2.5 tahun.
  •  terpal selama waktu 2 tahun.
  •  Drum selama waktu 3 tahun.
  •  Timbangan selama waktu 3 tahun.
  •  Gerobak angkut selama waktu 3 tahun.
  •  Timba selama waktu 2 tahun.
  •  Wadah panen selama waktu 2 tahun.
  •  Peralatan tambahan selama waktu 1.5 tahun.

Demikian tadi informasi tentang Resep Bandeng Presto Tulang Lunak Enak. Semoga saja dengan adanya penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi semua.