Cara Membuat Thai Tea Rasa Taro Mudah

cara membuat thai tea rasa taro

Minuman ini memang sedang sangat disukai banyak kalangan. Gerai-gerai yang menjual thai tea selalu terlihat ramai. anda bisa juga lho mencoba membuat sendiri teh Thailand ini di rumah. Kali ini saya akan berbagi Cara Membuat Thai Tea Rasa Taro Mudah.

Cara Membuat Thai Tea Rasa Taro

cara membuat thai tea rasa taro

Thai Tea yang juga dikenal dengan sebagai Teh Thailand adalah minuman yang dibuat dari teh, susu dan gula, disajikan dengan cara dingin atau panas. Thai Tea populer di Thailand dan sering disajikan di banyak restoran yang menyajikan makanan Thailand.
Namun saat ini Thai Tea tak hanya disajikan di restoran, tapi juga telah dapat ditemukan di booth/gerobak di mall-mall atau piggir jalan.Banyak  para pengusaha yang melirik minuman khas Thailand tersebut, karena memang saat ini di Indonesia sendiri minuman ini cukup populer di masyarakat.

Usaha-usaha/brand penyedia minuman teh Thailand berbentuk waralaba/franchise seperti Dum Dum Thai Tea, Nyot Nyot Thai Tea, Kako, dan Rachacha Thai Tea sedang berkembang di Indonesia. Pada umumnya mereka menyajikan teh Thailaan dalam keadaan dingin (Thai Iced Tea).

Dengan menguasai cara membuat teh Thailand ini, Anda pun bisa menjalankan bisnis minuman Thai Tea ini. Nah Bagaimana caranya? Kali ini Saya akan bagikan cara membuat Thai Tea. Simak resep di bawah ini:

1.Taro Milk Tea

Bahan:

  • 70 gram bubuk taro
  • 180 ml air panas
  • 2-3 sendok makan creamer atau susu rendah lemak
  • 2-4 sendok makan gula cair atau sesuai selera
  • 60 gram es batu

Cara Membuat Thai Tea Rasa Taro:

  1. Larutkan bubuk taro dengan air panas, aduk hingga larut.
  2. Tuangkan ke dalam gelas shaker atau gelas tertutup. Tambahkan creamer, es batu, dan gula cair.
  3. Kocok hingga semua campuran tersebut menyatu.
  4. Taro milk tea siap disajikan di gelas. Kamu bisa menambahkan  topping sesuai selera.
  5. Sajikan di atas bubble yang sudah disiapkan dalam gelas saji.

Manfaat dan Khasiat Thai Tea

Sepertinya masyarakat Indonesia selalu mengalami satu masa gandrung akan satu jenis makanan atau minuman dalam satu waktu tertentu. Setelah semua tergila-gila akan green tea, kini Thai Tea sedang digandrungi.

Apalagi kini semakin marak kedai minuman yang menawarkan aneka minuman ringan berbahan dasar Thai Tea yang dimodifikasi.

Minuman khas Thailand yang terbuat dari racikan seduhan teh hitam, rempah-rempah, gula dan susu ini ternyata memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam olahannya, minuman ini diracik dengan

tambahan susu yang bisa berupa susu kental manis, susu evaporated, susu segar atau beberapa bahkan menggunakan santan.

Rempah-rempah yang terkandung dalam minuman ini terdiri dari kayu manis, kapulaga dan adas manis (star anise). Itulah sebabnya, meskipun citarasanya sedikit mirip dengan teh tarik, Thai Tea memiliki rasa dan aroma tersendiri yang membedakannya dengan racikan minuman teh dan susu lainnya.

1. Mencegah berbagai penyakit kronis

Daun teh hitam yang yang menjadi bahan utama untuh teh khas Thailand ini mengandung antioksidan, yaitu polifenol yang terdiri atas katekin, theaflavin, epikatekin, kaempferol, myricetin, dan thearubigins. Antioksidan teh hitam, kapulaga, dan adas manis membantu tubuh melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel.

Menurut penelitian, katekin memiliki sifat antikarsinogenik yang mampu mengurangi risko penyakit kanker pada pankreas, usus kecil, hati, kandung kemih, usus besar, kerongkongan, prostat, kulit, paru-paru, dan kelenjar susu.

2. Meningkatkan kesehatan jantung dan arteri

Antioksidan pada teh hitam dan adas manis membantu kinerja pembuluh darah yang mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Efek keduanya dapat mendukung kesehatan jantung dan arteri sehingga mencegah terjadinya stroke atau serangan jantung di masa tua.

3. Meningkatkan stamina

Sama seperti kopi, teh hitam juga mengandung kafein yang sifatnya stimulan. Zat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga Anda lebih konsentrasi. Sementara kandungan gula yang terdapat pada minuman Thai tea ini bisa membangun kembali energi di dalam tubuh.

4. Menurunkan berat badan

Dilansir dari Live Strong, kombinasi antara antioksidan dan kafein dalam Thai tea dengan latihan fisik intensitas sedang, bisa meningkatkan metabolisme dan mendorong tubuh untuk membakar kalori lebih cepat. Proses pembakaran kalori yang lebih cepat ini memaksa tubuh untuk menggunakan lemak cadangan sehingga berat tubuh bisa berkurang.

5. Mencegah pertumbuhan bakteri

Teh hitam mengandung senyawa fenolik dan tanin yang mampu menghambat beberapa jenis bakteri. Adas bintang yang memiliki senyawa seperti anethole, linalool dan asam shikimicanti dapat melindungi tubuh dari berbagai patogen (bibit penyakit). Bila keduanya digabungkan, pertumbuhan E. coli yang menyebabkan diare bisa dicegah.

Kandungan Gizi Thai Tea

Tak sekadar enak dan menyegarkan, Thai Tea ternyata memliki banyak akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk simak paparan dari Dr. Eva Kurniawati, M.Gizi, SpGK, adalah dokter spesialis gizi Rumah Sakit Pelni, Jakarta Barat, berikut ini:

  • Sumber Karbohidrat.Ada karbohidrat sederhana yang didapat dari gula dan susu kental manis yang digunakan dalam racikan minuman ini. Oleh karena itu, minum Thai Tea dapat membantu kita lebih berenergi karena minuman ini dapat memberikan kalori bagi tubuh kita
  • Kaya Isoflavon.Teh hitam sebagai bahan dasar utama Thai Tea merupakan salah satu sumber isoflavon, yang memiliki sifat antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa sifat antioksidan ini diperlukan oleh badan untuk mencegah penyakit kanker atau jantung koroner.
  • Protein dan Kalsium. Susu yang dipakai dalam Thai Tea mengandung protein dan kalsium yang juga sangat baik untuk tubuh.
  • Thai Tea juga merupakan minuman yang banyak akan lemak, yang diperoleh dari gula dan susu. Kandungan lemak juga lebih tinggi pada Thai Tea yang memakai santan.

Awas Jangan Berlebihan!

Apapun di dunia ini yang terlalu berlebihan juga tidak baik. Begitu juga dalam hal mengonsumsi Thai Tea. Sesuka apapun Anda pada minuman ini, sebaiknya perlu melakukan pembatasan juga.Anda juga bisa simak  resep bandeng presto tulang lunak untuk menambah menu anda dirumah.

Meski Thai Tea memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, tetapi jika dikonsumsi berlebihan tentu akan ada efek samping yang bisa saja menjadi buruk bagi tubuh. Seperti yang kita ketahui dari info sebelumnya, bahwa kandungan gula dan lemak yang ada pada Thai Tea cukup tinggi, Anda pun perlu membatasi untuk meminum teh ini teh ini.

Dalam hal ini, Dokter Eva Berkata, “Yang perlu diperhatikan dalam konsumsi Thai Tea ini adalah kandungan gulanya. Saran dari WHO untuk konsumsi gula adalah sebesar 6 sendok teh per hari, sedangkan anjuran dari Departemen Kesehatan adalah 4 sendok makan per hari.

Jika melihat dari beberapa bahan Thai Tea yang ada, sebaiknya Thai Tea dikonsumsi maksimal 1 gelas per hari.”

Jika Anda membuat sendiri, di mana Anda bisa mengurangi jumlah gula dan susu, mungkin Anda bisa mengonsumsi Thai Tea sedikit lebih banyak. Toh, Anda bisa mengganti jenis susu menjadi susu low fat. Atau bagi Anda yang mempunyai lactose intolerance, Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai atau susu almond.

Demikian artikel cara membuat thai tea rasa taro mudah.Semoga artikel saya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda,selamat mencoba.