Pemasaran Produk Pertanian Yang Efisien Dan Menguntungkan

Pemasaran Produk Pertanian Yang Efisien

 Pemasaran Produk Pertanian Yang Efisien – Pemasaran produk  pertanian  yang efisien jika tidak di pasarkan akan diolah menjadi pengolahan hasil pertanian. keiatan pertanian tersebut harus memiliki strategi khusus agar pemasaran berjalan dengan baik.

Pemasaran hasil pertanian adalah kegiatan bisnis dimana menjual produk berupa komoditas pertanian sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, dengan harapan konsumen akan puas dengan mengkonsumsi komoditas tersebut.

Hal itu bisa mencakup perpindahan barang atau produk pertanian dari produsen kepada konsumen akhir, baik input ataupun produk pertanian itu sendiri. Berikut strategi khusus pemasaran hasil pertanian agar berjalan dengan baik.

Pemasaran Produk Pertanian Yang Efisien

Dalam usaha agribisnis, pemasaran  produk pertanian yang efisien menjadi kunci utama agar produk pertanian bisa sampai ke pasar atau konsumen akhir. Namun sayangnya.

Sistem pemasaran yang berlangsung di Indonesia belum bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Banyaknya perbedaan harga atau marjin pemasaran yang relatif besar masih menjadi tantangan utama dalam pemasaran hasil pertanian.

Dalam kegiatan pemasaran, seringkali dijumpai rantai pemasaran yang panjang sehingga banyak pelaku pemasaran yang terlibat di dalamnya.

Hal inilah yang menyebabkan tingginya akumulasi keuntungan yang diambil dari setiap pelaku pemasaran. Harga yang diterima petani sebagai produsen dan yang dibayarkan oleh konsumen akhir akan berbeda signifikan.

Maka dari itulah, petani harus bisa memilih rantai terpendek dalam memasarkan produknya. Selain itu, petani juga harus bisa menentukan sendiri harga jual produknya jika dipasarkan langsung ke konsumen akhir.

Untuk memaksimalkan potensi agribisnis ini, dibutuhkan strategi yang tepat dan efektif dalam pemasarannya. Berikut ini beberapa strategi pemasaran hasil pertanian agribisnis pertanian yang bisa dijalankan.

Membentuk Koperasi Agribisnis

pemasaran produk pertanian yang efisien agar berjalan ancar adalah membentuk koprasi agribisnis. Koperasi yang merupakan organisasi bisnis yang dijalankan oleh sekelompok orang untuk mencapai kepentingan bersama memang sangat diperlukan untuk pengembangan agribisnis.

Kegiatan agribisnis yang masih menjalankan aktivitasnya sendiri-sendiri perlu mereformasikan diri supaya lebih fokus pada perwujudan koperasi pertanian dengan pelayanan usaha dari hulu sampai hilir.

Kegiatan agribisnis membutuhkan pembiayaan dari pihak yang dapat melakukannya, yang dimaksud dalam hal ini adalah bank.

Lelang

Sistem lelang akan meningkatkan harga jual produk karena lembaga pemasaran selanjutnya dapat dipilih berdasarkan harga belinya yang tertinggi.

Petani dapat lebih mudah mendapat keuntungan dan terhindar dari permainan harga oleh tengkulak atau pengepul.

Fungsi Lelang

Lelang mempunyai dua fungsi, yaitu fungsi privat dan fungsi publik, berikut ini adalah fungsi penjelasannya.

Fungsi Privat Lelang

Fungsi privat lelang terbentuk pasalnya lelang merupakan salah satu cara mempertemukan pembeli dengan penjual suatu barang atau jasa.

Hubungan yang terjalin hanya menyangkut pembeli dan penjual yang terlibat dalam kegiatan ekonomi itu. Calon pembeli atau penjual dalam pelelangan bisa bergabung secara sukarela dengan tujuan memperoleh keuntungannya.

Fungsi Publik Lelang

Fungsi Publik Lelang terbentuk pada saat lelang digunakan sebagai salah satu instrumen untuk menjalankan tugas umum pemerintahan oleh Aparatur negara.

Seperti yang kita ketatahui, kebijakan pemerintahan bertujuan untuk memenuhi kepentingan umum, nah hal inilah yang disebut dengan fungsi publik lelang. Berikut beberapa fungsi publik lelang antara lain.

  • Penanganan aset yang dikuasi negara untuk bisa meningkatkan efisensi dan tertib administrasi serta pengelolaannya.
  • Memberikan pelayanan penjualan barang yang aman, cepat, tertib dan dengan harga wajar.
  • Menambah pendapatan negara dari  lelang tersebut.
Syarat – Syarat Lelang

Lelang memiliki syarat – syarat tertentu, berikut syarat syarat lelamg yang perlu kalian ketahui

  • Dilakukan di muka umum
  • Dilakukan berdasarkan kepada hukum yang berlaku
  • Di hadapan pejabat
  • Dengan penawaran harga
  • Dengan usaha pengumpulan minat atau calon pembeli
  • Ditutup dengan berita acara

Dukungan Perbankan Daerah

Usaha kedua agar pemasaran hasil pertanian berjalan lancar adalah dukungan perbankan daerah. Untuk mewujudkan pemasaran agribisnis yang baik di daerah- daerah maka dibutuhkan dukungan peranan perbankan sebagai lembaga pembiayaan.

Perbankan sangat penting untuk menentukan maju mundurnya agribisnis daerah. Kegiatan agribisnis membutuhkan pembiayaan dari pihak yang bisa melakukannya, dalam hal ini adalah bank.

Untuk mewujudkan pemasaran agribisnis yang baik di daerah maka dibutuhkan dukungan peranan perbankan sebagai lembaga pembiayaan. Perbankan sangat berguna untuk menentukan maju mundurnya agribisnis daerah.

Apa Itu Perbankan

Perbankan  menurut Undang-Undang  RI Nomor 10 Tahun 1998 ialah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat.

Simpanan dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Sedangkan menurut Hasibuan (2005:2), pengertian  Perbankan adalah badan usaha yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan (financial assets) serta bermotif profit juga sosial. Jadi bukan untuk mencari keuntungan saja.

Selain itu Kasmir (2008:2) berpendapat bahwa perbankan ialah lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkan kembali ke masyarakat. Juga memberikan jasa-jasa bank lainnya.

Berdasarkan ketiga pengertian di atas  dapat disimpulkan bahwa perbankan merupakan usaha yang berbentuk lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dana dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang kekurangan dana.

Serta memberikan jasa-jasa bank lainnya untuk motif profit dan sosial demi meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Pengertian Agribisnis

Agribisnis merupakan bisnis berbasis usaha pertanian yang berkelanjutan. Secara sederhana agribisnis adalah usaha pertanian bertujuann untuk mencari keuntungan.

Agribisnis mempelajari bagaimana cara mendapatkan keuntungan dengan mengelola dari setiap subsistem. Berikut ini adalah orang-orang yang mengemukakan pengertian dari agribisnis.

Pengertian Agribisnis Menurut Downey dan Erickson (1988)

Agribisnis merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penanganan komoditi pertanian dalam arti luas, yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan masukan dan keluaran produksi (agroindustri), masukan-keluaran pertanian dan kelembagaan penunjang kegiatan.

Yang dimaksud dengan berhubungan ialah kegiatan usaha yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan usaha yang ditunjang oleh kegiatan pertanian.

Pengertian Agribisnis Menurut Prof. Dr. Bungaran Saragih

Sektor agribisnis sebagai bentuk modern dari pertanian primer paling tidak  mencakup empat subsistem. Subsistem tersebut adalah agribisnis hulu, subsistem usahatani atau produksi primer, subsistem hilir, dan subsistem pendukung.

Pengertian Agrbisnis Menurut Hadi (1992)

Sistem agribisnis merupakan suatu rangkaian kegiatan yang terdiri dari empat subsistem yang saling mempengaruhi yaitu subsistem penyediaan input pertanian.

Subsistem produksi pertanian, subsistem pengolahan hasil, dan subsistem pemasaran hasil pertanian yang seluruh kinerjanya dipengaruhi koor agribisnis.

Tiga komponen dalam Pemasaran Agribisnis

  • Pasar agribisnis, merupakan tempat terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli komoditas pertanian, sehingga dalam pasar ini bisa terjadi kesepakatan nilai, jumlah produk, spesifikasi produk, cara pengiriman dan pembayaran.
  • Pemasar agribisnis ialah seseorang yang mencari barang pertanian atau sebagai jasa perdagangan, dimana barang pertanian tersebut ditawarkan atau dipasarkan ke konsumen. Pemasar agribisnis bisa berfungsi sebagai pembeli atau penjual.
  • Pemasaran agribisnis merupakan sejumlah kegiatan bisnis yang ditujukan untuk memberi kepuasan dari barang komoditi atau jasa perdagangan komoditi tersebut kepada konsumen.

Yahh, sekian yang bisa saya berikan di artikel pemasaran produk pertanian yang efisien dan semoga bermanfaat untuk anda sekalian. Sekian dan terima kasih.