Pemasaran Produk Pertanian Yang Efisien Dan Menguntungkan

Pemasaran Produk Pertanian Yang Efisien

 Pemasaran Produk Pertanian Yang Efisien – Pemasaran produk  pertanian  yang efisien jika tidak di pasarkan akan diolah menjadi pengolahan hasil pertanian. keiatan pertanian tersebut harus memiliki strategi khusus agar pemasaran berjalan dengan baik.

Pemasaran hasil pertanian adalah kegiatan bisnis dimana menjual produk berupa komoditas pertanian sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, dengan harapan konsumen akan puas dengan mengkonsumsi komoditas tersebut.

Hal itu bisa mencakup perpindahan barang atau produk pertanian dari produsen kepada konsumen akhir, baik input ataupun produk pertanian itu sendiri. Berikut strategi khusus pemasaran hasil pertanian agar berjalan dengan baik.

Pemasaran Produk Pertanian Yang Efisien

Dalam usaha agribisnis, pemasaran  produk pertanian yang efisien menjadi kunci utama agar produk pertanian bisa sampai ke pasar atau konsumen akhir. Namun sayangnya.

Sistem pemasaran yang berlangsung di Indonesia belum bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Banyaknya perbedaan harga atau marjin pemasaran yang relatif besar masih menjadi tantangan utama dalam pemasaran hasil pertanian.

Dalam kegiatan pemasaran, seringkali dijumpai rantai pemasaran yang panjang sehingga banyak pelaku pemasaran yang terlibat di dalamnya.

Hal inilah yang menyebabkan tingginya akumulasi keuntungan yang diambil dari setiap pelaku pemasaran. Harga yang diterima petani sebagai produsen dan yang dibayarkan oleh konsumen akhir akan berbeda signifikan.

Maka dari itulah, petani harus bisa memilih rantai terpendek dalam memasarkan produknya. Selain itu, petani juga harus bisa menentukan sendiri harga jual produknya jika dipasarkan langsung ke konsumen akhir.

Untuk memaksimalkan potensi agribisnis ini, dibutuhkan strategi yang tepat dan efektif dalam pemasarannya. Berikut ini beberapa strategi pemasaran hasil pertanian agribisnis pertanian yang bisa dijalankan.

Membentuk Koperasi Agribisnis

pemasaran produk pertanian yang efisien agar berjalan ancar adalah membentuk koprasi agribisnis. Koperasi yang merupakan organisasi bisnis yang dijalankan oleh sekelompok orang untuk mencapai kepentingan bersama memang sangat diperlukan untuk pengembangan agribisnis.

Kegiatan agribisnis yang masih menjalankan aktivitasnya sendiri-sendiri perlu mereformasikan diri supaya lebih fokus pada perwujudan koperasi pertanian dengan pelayanan usaha dari hulu sampai hilir.

Kegiatan agribisnis membutuhkan pembiayaan dari pihak yang dapat melakukannya, yang dimaksud dalam hal ini adalah bank.

Dukungan Perbankan Daerah

Usaha kedua agar pemasaran hasil pertanian berjalan lancar adalah dukungan perbankan daerah. Untuk mewujudkan pemasaran agribisnis yang baik di daerah- daerah maka dibutuhkan dukungan peranan perbankan sebagai lembaga pembiayaan.

Perbankan sangat penting untuk menentukan maju mundurnya agribisnis daerah. Kegiatan agribisnis membutuhkan pembiayaan dari pihak yang bisa melakukannya, dalam hal ini adalah bank.

Untuk mewujudkan pemasaran agribisnis yang baik di daerah maka dibutuhkan dukungan peranan perbankan sebagai lembaga pembiayaan. Perbankan sangat berguna untuk menentukan maju mundurnya agribisnis daerah.

Apa Itu Perbankan

Perbankan  menurut Undang-Undang  RI Nomor 10 Tahun 1998 ialah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat.

Simpanan dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Sedangkan menurut Hasibuan (2005:2), pengertian  Perbankan adalah badan usaha yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan (financial assets) serta bermotif profit juga sosial. Jadi bukan untuk mencari keuntungan saja.

Selain itu Kasmir (2008:2) berpendapat bahwa perbankan ialah lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkan kembali ke masyarakat. Juga memberikan jasa-jasa bank lainnya.

Berdasarkan ketiga pengertian di atas  dapat disimpulkan bahwa perbankan merupakan usaha yang berbentuk lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dana dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang kekurangan dana.

Serta memberikan jasa-jasa bank lainnya untuk motif profit dan sosial demi meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Yahh, sekian yang bisa saya berikan di artikel pemasaran produk pertanian yang efisien dan semoga bermanfaat untuk anda sekalian. Sekian dan terima kasih