Pemanfaatan Sabut Kelapa Untuk Dibuat Kerajinan

pemanfaatan sabut kelapa

Pemanfaatan Sabut Kelapa – Sabut kelapa merupakan bagian mesocarp (selimut) yang berupa sabut kelapa kasar.

Sabut kelapa biasanya disebut sebagai sampah yang hanya ditumpuk di bawah pohon kelapa kemudian dibiarkan membusuk atau mengering. Sebagian besar digunakan untuk kayu bakar.

Secara tradisional, masyarakat mengolah sabut untuk dijadikan tali dan dianyam menjadi kesedihan. Padahal sabut kelapa masih memiliki nilai ekonomis yang cukup baik.

Sabut kelapa bila dipecah akan menghasilkan sabut kelapa (cocofibre) dan sabut kelapa (cococoir).

Namun, produk inti dari sabut adalah serat sabut. Produk Cocofibre akan menghasilkan berbagai macam produk turunan dengan manfaat yang luar biasa.

Sabut kelapa biasanya dibuat dari kerajinan tangan yaitu kerajinan tangan dari sabut kelapa.

Pemanfaatan Sabut Kelapa

pemanfaatan sabut kelapa

  1. Sabut Kelapa Untuk Menetralkan Bau Semen

Kolam ikan yang baru dibuat sering meninggalkan bau semen yang tidak sedap. Hal ini tentu membuat pertanian ikan terhambat.

Salah satu cara alami yang ampuh untuk menghilangkan bau semen di kolam yang baru dibuat, yaitu menggunakan sabut kelapa.

Caranya sangat mudah, cukup dengan menaburkan sabut kelapa atau bisa dicampur dengan daun yang mudah membusuk dan biarkan selama kurang lebih 1 hingga 2 minggu.

Air akan berwarna kecoklatan sampai kehijauan, perubahan warna air menunjukkan bahwa kolam siap untuk media pembudidaya ikan.

  1. Digunakan Pupuk Organik

Serat kelapa memiliki nutrisi riba dan juga kandungan mineral yang cukup tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman, sehingga serat kelapa ini sangat cocok dibuat menjadi pupuk organik.

Apalagi pupuk organik yang terbuat dari serabut kelapa menyimpan 60% lebih banyak air dibandingkan pupuk biasa.

Jadi pupuk organik dari serabut kelapa cocok di daerah yang curah hujannya rendah atau daerah yang sedang dilanda kekeringan.

Bahkan untuk kawasan pantai berpasir pada saat yang sama, penambahan cocopeat atau serat kelapa ke pasir panta, bisa sebagai media tanam yang ditaburkan begitu saja.

  1. Bahan Dasar Pembuatan Briket

Anda tentu sering mendengar nama briket yang berasal dari batu bara atau batok kelapa bukan? Dan itu benar.

Namun ternyata sekarang, briket juga bisa terbuat dari serabut kelapa. Jadi Anda akan merasa asing jika briket berasal dari serat kelapa.

Briket yang terbuat dari serabut kelapa memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan Anda akan mengurangi biaya pembuatannya, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah dari briket batubara.

  1. Dibuat Kerajinan

Manfaat lain dari serat kelapa yang mungkin sudah tidak asing lagi di lingkungan kita, yaitu serat kelapa sebagai bahan dasar kerajinan tangan atau barang dagangan.

Kerajinan tangan serat kelapa sangat banyak, apalagi Indonesia memiliki banyak suku di kawasan ini sehingga dapat menghasilkan berbagai kerajinan tangan – kerajinan tangan unik dari berbagai daerah.

Misalnya, berupa dompet, tas, dan oleh-oleh untuk dijadikan pajangan dan oleh-oleh di tempat wisata.

  1. Menahan Erosi Tebing

pemanfaatan sabut kelapa

Media sabut kelapa yang digunakan dalam teknik ini adalah dengan membuatnya menjadi jaring serat kelapa atau sering disebut cocomesh.

Pembuatan cocomesh jaring sabut kelapa ini dimulai dengan cara serat kelapa dibuat menjadi tali ersabut. Kemudian proses selanjutnya adalah mengikat tali dengan ukuran tumbuk atau jarak tertentu.

Ukuran cocomesh umumnya 2×25 meter atau bisa juga 1,2 x 15 meter, sangat tergantung pada kondisi kebutuhan. Dan jarak antara tali dapat dimulai dari 2×2 cm, 3×3 cm dan 4×4 cm.

Penggunaan cocomesh ini telah menjadi sangat akrab di antara reklamator tambang. Karena terbukti sangat efektif menahan erosi bekas tambang, pihaknya juga mampu menghijaukan kembali area bekas tambang yang dikombinasikan dengan pertumbuhan tanaman tutup, atau lahan tutupan gabah.

Ketika tanaman penutup menyebar di cocomesh telah tumbuh, maka langkah selanjutnya dapat dilakukan penanaman menggunakan pern.

  1. Dibuat Sapu Sabut | Pemanfaatan Sabut Kelapa

Sapu lidi tampaknya menjadi salah satu jenis peralatan rumah tangga yang tidak lepas dari bersih-bersih kehidupan ibu rumah tangga Atapun.

Ya, sapu sawit merupakan salah satu jenis sapu, salah satunya dibuat menggunakan limbah dari pengolahan kelapa, yaitu sabut kelapa.

Manfaat sabut kelapa kering biasanya akan diolah sedemikian rupa. Pada akhirnya itu akan terbentuk menjadi serat tipis, yang diikat dan berubah menjadi satu menjadi sapu lidi, yang sering kita gunakan setiap hari.

  1. Dibakar Pengganti Kertas

Bagi yang sering membuat arang dari batok kelapa, juga harus sering menggunakan serat kelapa sebagai salah satu media untuk membakar batok kelapa.

Anda juga bisa melihat penggunaan sabut kelapa sebagai alat bakar di restoran padang sebagai pengganti kertas.

Hal ini disebabkan oleh khasiat alami sabut kelapa itu sendiri yang mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang baik.

  1. Dibuat Coco Net | Pemanfaatan Sabut Kelapa

Coco net adalah salah satu bentuk olahan manfaat sabut kelapa berbentuk seperti jaring.

Coco net biasanya digunakan untuk mencegah longsor di daerah yang mengalami keterlambatan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya longsor di suatu daerah.

  1. Bahan Baku Spring Bed Dan Pelapis

Bagi Anda yang mungkin belum tahu, beberapa jenis jok dan juga spring bed alias bed dibuat menggunakan bahan dasar olahan dari serabut kelapa.

Ya, terlebih kelapa sabut dulu diolah menjadi coco fiber berupa serabut kelapa.

Kemudian menjadi satu dengan bentuk seprai, untuk kemudian memasok ke pabrik kursi mobil atau pabrik spring bed untuk dijual ke pasar.

  1. Dibuat Keset | Pemanfaatan Sabut Kelapa

Manfaat lain dari sabut kelapa yang perlu Anda ketahui, dan mungkin juga sudah tahu digunakan sebagai pembuatan keset.

Keset ini memiliki bahan baku yang hampir sama dengan sapu sawit dan juga coco fiber. Biasanya keset kelapa sabut ii ditempatkan di luar rumah.

Kelapa adalah salah satu jenis buah tropis yang sangat terkenal dengan manfaatnya bagi manusia maupun hewan.

Air dari buah kelapa dapat bermanfaat sebagai salah satu media yang menyegarkan, dan dapat menggantikan cairan dalam tubuh yang telah hilang karena aktivitas seharian.

Hampir semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan dengan tujuan tertentu, oleh karena itu, kelapa adalah salah satu jenis pohon multi-fungsi.

Hal ini tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Itulah beberapa contoh pemanfaatan sabut kelapa dalam kehidupan sehari – hari.