Karya Seni Botol Bekas yang Mempunya Nilai Seini Tinggi

Karya seni botol bekas -Plastik saat ini merupakan bahan yang tidak dapat dipisahkan bagi kehidupan manusia.

Plastik semakin banyak diproduksi dalam berbagai bentuk seperti kantong plastik, kemasan makanan, botol, bahkan peralatan rumah tangga.

Padahal, plastik merupakan bahan yang sangat lama terurai di dalam tanah, bahkan dalam kurun waktu 500 tahun. Ini menciptakan dilema bagi penggunanya.

Orang mungkin sangat menyukai plastik, tetapi mereka juga membencinya.

Banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah plastik seperti pencemaran lingkungan, gangguan kesehatan bahkan keracunan pada hewan dan tumbuhan.

Hal ini menyebabkan banyak metode berbeda dalam mengolah sampah plastik. Seperti di daur ulang atau dengan menghancurkanya dengan mesin pencacah plastik yang bisa anda dapatkan di grosirmesin.

Karya Seni Botol Bekas

Memanfaatkan botol plastikĀ  menjadi kerajinan tangan yang menarik. Botol minuman merupakan salah satu jenis sampah plastik yang sering digunakan untuk kerajinan tangan.

Botol air minum bekas atau orang Indonesia sering menyebutnya dengan botol air bekas merupakan salah satu sampah plastik yang paling banyak ditemukan di lingkungan.

Di Indonesia, orang semakin akrab dengan istilah botol air. Pasalnya lebih mudah dijumpai dan sudah terkenal dan membekas di benak masyarakat Indonesia.

Padahal botol minuman tersebut bukan satu-satunya air yang ada di Indonesia.

Nah, terkadang banyaknya limbah botol minuman plastik membuat Anda jijik karena bisa mencemari lingkungan.

Namun limbah botol plastik bekas ini ternyata menjadi barang yang bermanfaat di tangan orang-orang kreatif.

Kemudian limbah botol bekas tersebut diubah menjadi berbagai kerajinan tangan yang memiliki nilai guna dan nilai jual. Dengan cara ini sampah plastik akan berkurang untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Botol plastik bekas bisa diubah menjadi tempat sampah. Ini terdiri dari sekelompok botol bekas yang telah dikelompokkan menjadi satu sehingga menyerupai tabung.

Dengan begitu, botol plastik bekas tidak akan berubah menjadi serasah melainkan menjadi sampah.

Cara Membuatnya:

Kumpulkan botol bekas dengan ukuran yang sama, cuci, bersihkan dan keringkan di bawah sinar matahari.

Selanjutnya, susunlah sekelompok botol yang berbentuk tabung. Anda bisa merekatkannya menjadi satu menggunakan lem tembak, atau Anda bisa menyusunnya menjadi jaring kawat.

Untuk bagian bawah atau alasnya bisa menggunakan triplek atau media datar lainnya. Tempat sampah terbuat dari botol plastik bekas.

Kerajinan tangan dari botolĀ  bekas dan cara pembuatannya:

Celengan Lucu

karya seni botol bekas

Kerajinan dari botol berikut ini adalah celengan. Menabung merupakan kebiasaan baik yang harus ditanamkan sejak dini. Anda dapat melatih anak-anak untuk menabung di celengan.

Pot Bunga Lucu

Selain kotak kotoran dan tempat tidur babi, botol plastik bekas juga bisa diubah menjadi pot bunga dengan banyak pajangan lucu seperti bentuk kucing. Caranya cukup mudah.

Potong saja bagian tengah botol bekas, Anda bisa memotongnya sesuai bentuk yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan bentuk kucing, bentuk telinga kucing menjadi beberapa bagian.

Selanjutnya, cat semua bagian botol dan gambar wajah dan bentuk binatang seperti mata, hidung, dan mulut.

Jangan lupa untuk membuat lubang agar air keluar dari dasar botol. Anda bisa memiliki vas bunga yang lucu dan ramah lingkungan.