Membuat Mie Goreng Enak Senikmat Bikinan Warung Langganan

Membuat Mie Goreng Enak

Mie goreng merupakan salah satu olahan makanan yang sangat digemari di Asia Tenggara. Tak cuma di Indonesia saja, seluruh dunia pun menyukai makanan yang sebenarnya berakar dari kuliner Tiongkok ini.

Mie Goreng

Apalagi cara membuatĀ mie gorengĀ pun cukup mudah, sesederhana membuat nasi goreng namun menggunakan mie sebagai bahan dasarnya. Selain nggak pakai ribet, mie goreng punya rasa lezat yang menggoyang lidah.

Bumbu mie yang digunakan berasal dari rempah pilihan. Itulah salah satu alasan mengapa mie goreng sebagai menu tak lekang oleh zaman. Tak heran Mie goreng merupakan makanan yang banyak tersedia dimana-mana.

Asal Mula Mie

Siapa nih yang suka dengan mie? Bisa dipastikan bahwa sebagian besar dari kita menyukai masakan mie. Bicara mengenai mie, pernahkah terlintas di pikiranmu kapan mie dibuat? Siapa pembuat mie pertama kai dan dari mana mie berasal?

Sejarah atau asal-usul mie sampai saat ini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat dunia. Beberapa pendapat menyebutkan bahwa mie pertama kali dibuat wilayah Mediterania. Sedangkan beberapa pendapat lain menyebutkan jika mie pertama kali berasal dari Timur Tengah. Bahkan, beberapa pendapat juga menyebutkan jika mie asalnya dari negeri Tirai Bambu, China.

Pada tahun 2005 arkeolog menemukan jika mie berasal dari Dinasti Han Timur sekitar abad 2 Masehi. Arkeolog menemukan adanya mie tertua di China dengan usia sekitar 4.000 tahun. Beberapa bukti sejarah menyebutkan jika China kuno menjadi salah satu bangsa pertama yang menghasilkan atau menciptakan mie.

Bagi rakyat China sendiri, mie dikenal sebagai makanan cukup penting. Mie kerap disajikan dalam upacara-upacara besar. Mie juga merupakan simbol panjang umur sehingga menjadi menu wajib saat acara perayaan ulang tahun.

Para ahli menyebutkan jika Mie terus berkembang dan tersebar luas di beberapa negara Asia termasuk Jepang, Korea dan sekitarnya. Mie juga tersebar luas ke daratan Eropa oleh pedangang zaman dulu. Di berbagai negara di dunia, mie juga terus mengalami perkembangan sesuai dengan wilayah masing-masing.

Membuat Mie Goreng Enak

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 500 ml air untuk merebus ayam
  • 200 gram mie telur kering, direbus & ditiriskan
  • 75 gram kol diiris kasar
  • 5 buah bakso sapi, diiris
  • 5 batang caisim dipotong 3 cm
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 batang daun bawang perai, diiris miring
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 1 buah paha ayam
  • 2 sendok teh kaldu ayam bubuk (opsional)
  • 1/2 buah tomat dipotong-potong
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • bawang goreng secukupnya
  • irisan mentimun secukupnya
  • cabai rawit hijau secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih utuh, digoreng
  • 4 butir kemiri, digoreng
  • 1/2 sendok teh merica

Cara Membuat Mie Goreng Enak:

  1. Rebus paha ayam sampai matang, lalu sisihkan kaldunya sekitar 100 ml.
  2. Goreng ayam (boleh dilewati), lalu suwir-suwir dagingnya untuk taburan nanti.
  3. Panaskan minyak, masukkan telur dan orak-arik sampai matang. Sisihkan di pinggir wajan terlebih dahulu.
  4. Tumis bumbu halus di wajan sampai harum, kemudian masukkan ayam dan bakso sapi, lalu aduk rata. Tambahkan kol dan caisim dan aduk sampai layu.
  5. Masukkan air kaldu ayam, kaldu ayam bubuk (opsional), garam, dan merica bubuk. Aduk sampai meresap dan sayur matang.
  6. Masukkan mie, kemudian aduk-aduk hingga bumbu meresap. Sebelum diangkat, masukkan masukkan daun bawang perai dan tomat, kemudian aduk rata.
  7. Sajikan mie goreng Jawa dengan taburan bawang goreng dan ayam suwir. Lengkapi dengan irisan timun dan cabai rawit utuh.
  8. Demikian resep mie goreng Jawa spesial yang bisa Anda praktikkan di rumah. Silakan menggunakan sayuran dan isian sesuai selera Anda.

Manfaat Mengkomsumsi Mie

Bukan hal yang aneh lagi jika mi instan merupakan salah satu makanan paling favorit di dunia. Sangat sulit untuk menolak godaan dari mi instan ini. Tidak dapat dipungkiri juga kalau kita tidak bisa terlepas dari kenikmatan mi instan itu sendiri.

Kandungan gizi yang ada dalam makanan ini cukup lengkap seperti adanya kandungan protein, karbohidrat, kalium, lemak, kalsium, vitamin A, C, D, B6, B12, zat besi, magnesium, yang semuanya sangat bermanfaat sebagai asupan nutrisi dalam tubuh.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan ini juga dapat membantu menambah nafsu makan, mengontrol berat badan, dan menunjang aktifitas dalam tubuh. Untuk kamu yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat mie ini, berikut inilah manfaatnya :

1. Menunjang aktifitas tubuh

Manfaat mi instan yang pertama adalah dapat membantu menunjang aktifitas tubuh. Oleh karena itu, kamu dapat mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan kandungan kalori yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menunjang tubuh agar bisa melakukan berbagai jenis aktifitas sehingga tubuh akan berfungsi secara maksimal.

2. Menunjang Pertumbuhan

Mengkonsumsi makanan yang bergizi sangatlah diperlukan untuk sistem perkembangan tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsi makanan ini. Dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya akan membantu menunjang masa pertumbuhan sehingga kamu bisa mengkonsumsinya untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

3. Sumber energi tubuh

Selain bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan, mie juga dibutuhkan sebagai sumber energi tubuh. Maka dari itu, kamu bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai sumber energi tubuh. Hal ini dikarenakan dalam makanan ini mengandung kalori yang berfungsi sebagai sumber tenaga sehingga mampu mendorong tubuh agar bisa melakukan berbagai macam kegiatan.

4. Menambah nafsu makan

Jika kamu sering bermasalah karena nafsu makan semakin berkurang maka kamu bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya mampu menambah dan menstabilkan nafsu makan sehingga akan mengembalikan nafsu makan kamu seperti sebelumnya.

5. Memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh

Untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai macam gizi yang ada di dalamnya seperti kandungan vitamin A dan C. Untuk itu, bisa mengkonsumsi mie ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh sehingga asupan nutrsi dalam tubuh akan selalu terpenuhi.

6. Mengontrol berat badan

Kandungan rendah kalori yang ada dalam makanan ini juga mampu mengontrol berat badan. Tanpa adanya kandungan kalori maka tubuh tidak akan memiliki sumber energi. Hal inilah yang menyebabkan perhitungan kalori sangat penting untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai menu makanan untuk mengontrol berat badan.

Baiklah itu tadi cara membuat mie goreng enak yang bisa anda coba dirumah ya..Selamat mencoba dan berhasil ya…