Ini Dia! Olahan Dari Kopi Bawang Putih Pertama Di Dunia, Pengen Coba?

Kopi Bawang Putih

Salah satu yang menarik perhatian bagi para pencinta kopi internasional adalah varian dari kopi salah satunya yaitu kopi bawang putih. Apa! Bawang putih? Berarti kopi ini terbuat dari bawang putih dong?? Nah loh!.

Seperti yang kita ketahui bawang putih selalu dipakai untuk campuran dalam membuat masakan. Namun, kopi bawang putih ini memang benar adanya.

Baca juga contoh dari pemanfaatan bawang putih lainnya : Resep Sambal Bawang yang Berkhasiat.

Minuman bercita rasa pahit ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan merupakan salah satu minuman favorit di dunia. Hal ini juga ditandai dengan munculnya berbagai varian kopi terbaru yang mungkin tidak pernah anda bayangkan bahan pembuatanya.

 

Penemu Kopi Bawang Putih

Yokitomo Shimotai

Usia bukanlah halangan untuk berkarya. Hal Ini dapat dibuktikan oleh   seorang kakek yang berasal dari Negeri Sakura Jepang, Yokitomo Shimotai.

Dalam usia yang sudah di bilang tidak muda lagi, pria 74 tahun ini justru masih aktif dalam menemukan ide-ide baru di bidang makanan.

Seorang pemilik kedai kopi di Prefektur Aomori Jepang menemukan bahan lain yang dapat dibuat menjadi minuman kopi, tanpa menggunakan biji buah kopi.

Pria 74 tahun ini menggunakan bawang putih sebagai bahan dasarnya. Kopi berbahan dasar bawang putih ini memang terdengar tidak familiar bagi para pecinta kopi.

Pasalnya, bawang putih dikenal semua orang dengan rasanya yang getir dan sedikit pedas, juga aromanya yang kuat dan berbau. Namun kopi yang dibuat oleh Yokitomo Shimotai  hanya mempunyai sedikit berbau bawang putih panggang dan memiliki rasa yang sama persis dengan kopi pada umumnya.

Prosedur Kopi Bawang Putih

Tahap Awal Kopi Bawang Putih

Dia berpendapat, kopi bawang putih yang dibuatnya merupakan salah satu dari hasil kesalahan terbesarnya. 30 tahun yang lalu, saat Yokitomo Shimotai sedang membakar bawang putih dan daging steak secara bersamaan, namun bawang putih tersebut hangus.

Karena penasaran, melihat potongan bawang putih yang telah hangus terbakar maka timbul sebuah ide dengan menumbuk bawang yang sudah hangus tersebut dan ditambahkan dengan air panas. Hasilnya? Ternyata ide coba-coba Yokitomo Shimotai terasa mirip dengan kopi sungguhan, baik dari segi rasa dan warnanya.

Bawang Putih Bakar

Yokitomo yang dulunya merupakan pemiliki kedai kopi di Jepang ini, telah mengeluarkan produk garlic coffee (kopi bawang putih) pada awal tahun 2017, tepatnya di bulan Januari.

Setelah itu, ide kopi bawang putih buatannya mengalami vakum sementara karena Yokitomo Shimotai masih sibuk dalam pekerjaannya. Saat ia sudah pensiun, pria ini kembali mengembangkan penemuan uniknya tersebut dan mulai meriset kopi bawang putih.

Sebelum kopi buatannya menjadi produk dagang, Yokitomo menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menemukan komposisi yang sempurna untuk kopinya.

Bertahun-tahun dalam melakukan penelitian, pria ini pun akhirnya berhasil menemukan komposisi yang cocok, setidaknya hal ini diperlukan waktu sekitar 5 tahun untuk masa trial dan error. Sampai pada akhirnya dia bisa menghasilkan kopi dari bawang putih dengan rasa yang sempurna. Ia juga bertekad menjadikan kopi bawang putihnya ini menjadi produk      komersial.

Proses Pembuatan Kopi Bawang Putih

Guna untuk mendapatkan kopi giling yang mudah larut, dia membakar bawang putih dengan cara dimasukkan ke oven elektrik hingga bawang putih tersebut berubah menjadi kering dan menghitam, kemudian ditumbuk hingga halus agar dapat dilarutkan dan memasukkan dengan dripbag coffee atau kantong pembungkus kopi.

Menurut Yokitomo Shimotai rasa pahit dari bakaran bawang putih itulah yang membuatnya menjadi seperti kopi sungguhan.

“Rasa pahit dari bawang putih yang telah terbakar ternyata membuatnya terasa seperti kopi yang sesungguhnya,” kata Yokitomo Shimotai.

Kini, kopi tersebut telah diproduksi masal dan dijual belikan di kedai kopi Aomori Prefecture, Jepang. Ia mengakui bahwa kopinya tersebut masih beraroma bawang putih bakar. Tenang saja, kamu tidak akan mengalami bau mulut ketika meminum kopi tersebut, karena bawang yang digunakan sudah matang sempurna.

Shimotai telah mendaftarkan hak paten akan metodenya tersebut pada 2015 lalu dan membuka acara workshop di kawasan Iwate Prefecture.

“Minuman ini mungkin saja merupakan minuman pertama yang ada di dunia. Rasanya memang hampir masih sama dengan olahan kopi pada umumnya, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa minuman tersebut terbuat dari bawang putih lokal,” kata Yokitomo yang berasal dari daerah Timur Laut.

Rasa dari kopi pahit yang didapat dari bawang putih panggang ini sangat mirip dengan kopi asli. Jadi minuman ini akan tetap nikmat untuk dikonsumsi sehari-hari. Berani coba kopi sehat ini?

Kopi bawang putih ini dibuat di parbik Tekuno Baisen Kobo, Ninohe, Perfektur Iwate, miliknya. Tiap satu kemasan kopi bawang putih dibanderol dengan harga 324 yen (sekira Rp 38.000 atau sekitar Rp 40.000 per kantong dripbag-nya).

Bagaimana Halallovers, penasaran dan ingin mencoba? Tenang sekarang di Indonesia juga sudah ada loh khususnya di Lombok Timur. Penasaran? Nih baca berikutnya.

 

Kopi Bawang Putih Di Indonesia

Nuraini, pemilik Stand wanita yang berusia 34 tahun  ini juga menjual produk dari berbagai olahan bawang putih.

Stand tersebut telah ramai dikunjungi oleh orang-orang salah satunya peserta Konferensi Ulama Internasional di Aula Islamic Centre Masjid Raya Hubbul Wathan, Mataram, NTB. Di konferensi ini terdiri dari berbagai produk Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Rinjani di Sembalun, Lombok Timur.

Kepada Media Indonesia, Nuraini mengatakan bahan dasar kopi ini adalah bawang putih yang diproses secara alami dengan suhu dan periode tertentu.

“Biasanya bawang putih dioven selama 40 hari lebih dengan suhu tertentu,” katanya.

Nuraini menyebutkan bahwa proses tersebut memberikan khasiat layaknya suplemen makanan untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

“Ada berbagai varian dari produk yang dihasilkan bawang putih, dengan berbagai khasiat juga,” ujarnya.

Nuraini mengaku kopi bawang putih menjadi salah satu produk yang paling diminati pengunjung. Meski belum seterkenal kopi arabica Gayo dan Toraja, kopi ini memiliki sensasi tersendiri yang patut dicoba oleh para penikmat kopi.

“Kopi ini mempunyai cita rasa yang unik, dengan sensasi dari kopi bawang putih dengan rasa nano-nano (kecut, asam, dan sedikit terasa manis),” tambahnya.

Untuk penyajian segelas kopi ini, cukup satu sendok bubuk kopi bawang putih dengan air panas. Anda dapat memberikan gula atau tanpa gula tergantung dengan selera anda.

Bagaimana, anda tertarik dengan kopi bawang putih? tidak perlu jauh ke Jepang loh hanya cukup ke Lombok saja. untuk ukuran per 200 gram, cukup membayar Rp100 ribu anda sudah bisa bawa pulang oleh-oleh khas Lombok tersebut.

Manfaat? Tenang Kopi Bawang Putih Juga Ada Manfaatnya Loh!!

Salah satu manfaatnya karena  tidak mengandung kafein, jadi kopi bawang putih ini tidak  berbahaya bagi lambung, aman di konsumsi bagi para wanita hamil namun ingin menikmati kopi bawang hitam ini, bisa dikonsumsi oleh  siapapun, dan bagi pencipta kopi yang ingin minum di malam hari t anpa merasa takut mengalami insomnia.