Tips Membuat Es Kelapa Muda Gula Merah yang Cocok Untuk Buka Puasa

es kelapa gula merah

Es kelapa gula merah merah merupakan salah satu varian dari es kelapa yang banyak di jual di pinggir jalan, menggunakan gula merah dalam campuran es kelapa bukan hal yang baru, akan tetapi bisa di bilang orang-orang dalu lebih menyukai jika hanya menggunakan campuran gula merah.

Dengan perkambangan zaman, maka banyak yang mulai menggunakan campuran lainnya, seperti menambahkan buah melon, mangga, durian, biji selasih, dan masih banyak lagi.

Es kelapa muda tidak diragukan lagi kesegarannya apalagi dinikmati ketika berbuka puasa, tentunya akan menghilangkan rasa haus dan dahaga setelah seharian berpuasa, tapi kita juga bisa membuat dengan campuran lainnya, seperti buah-buahan, untuk membuatnya baca artikel cara membuat es kelapa muda.

1.Resep Es Kelapa Muda Gula Merah

Gula merah memiliki cita rasa manis yang alami, kita bisa mengkonsumsinya tanpa menggunakan bahan pemanis yang mengkin mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kita.Simak resep berikut ini untuk membuat es kelapa muda gula merah :

Bahan-Bahan Es Kelapa Muda Gula Merah :

  • 2 buah Air dan daging (serut) Kelapa muda
  • Susu Kental manis secukupnya
  • 200 gram gula merah serut
  • Sirup gula merah / jawa secukupnya
  • Es Batu / Serut

Pelengkap lainnya (hanya sebagai opsi)

  • Jelly
  • Lidah buaya serut
  • Rumput laut

Cara Membuat Es Kelapa Muda Gula Merah :

  1. Siapkan mangkuk sebagai wadah.masukkan kedalamnya es batu ukuran agak besar
  2. Masukkan air kelapa serutan daging buah kelapa muda ke batu es
  3. Bila suka bisa tambahakan pelengkap lainnya
  4. Masukkan pula gula merah yang sebelumnya telah dilarutkan terlebih dahulu
  5. Tambahkan sirup secukupnya, aduk rata agar semua tercampur.

Cara Penyajian Es Kelapa Gula Merah :

  1. Siapkan gelas, ambil secukupnya bahan campuran yang telah dibuat, jangan terlalu penuh.
  2. Tambahkan es serut kemudian tuang susu kental manis diatasnya.
  3. Es kelapa muda gula merah siap dihidangkan.

2.Resep Es Kelapa Muda Gula Merah Cincau

Bahan-Bahan Es Kelapa Muda Gula Merah Cincau :

  • 1 butir kelapa muda
  • Jeli warna merah
  • Cincau hitam (aku beli. 1.5k)
  • Rumpul laut (aku beli 1 bks 1k)
  • Cendol putih (aku beli 1 Bks 1k)
  • Santan kental 200ml (dari marut sendiri 1/2 butir kelapa kecil)
  • 180 g Gula jawa
  • Roti tawar kulit (sesuai selera)

Cara Membuat Es Kelapa Muda Gula Merah Cincau

  1. Ambil air kelapa sisihkan,Lanjut kelapa diserut hingga habis,Potong cincau dengan bentuk kotak kotak kecil sisihkan,lalu potong jeli dengan bentuk kotak kecil.
  2. Masak gula Jawa dengan air 150ml hingga larut lalu dinginkan
  3. Masukan air kelapa muda,cincau,rumput laut,kelapa serut,jeli,cendol,roti tawar,santan & Gula jawa kedalam wadah yg lebih besar lalu campur hingga merata lalu beri serutan es batu.
  4. Sajikan dalam gelas yang telah disediakan dan es kelapa muda gula merah cincau siap dihidangkan.

 

Akan tetapi tetap banyak lho yang masih menyukai jika hanya menggunakan campuran gula merah, karena selain tidak menggunakan pamanis buatan, gula merah juga memilki manfaat untuk kesehatan kita, Nah setelah mengetahui cara membuat es kelapa muda dengan campuran gula merah, simak dulu manfaat gula merah untuk kesehatan kita berikut ini :

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Biasanya setelah berolaraga atau melakukan aktifitas berat kita akan merasa lelah atau tidak berenergi, maslah ini dapat kita atasi dengan mengonsumsi gula merah. Caranya dengan mencampurkan gula merah ke minuman, dapat meningkatkan energi tubuh secara cepat dan instan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mampu meningkatkan energi tubuh secara cepat,ternyata gula merah juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat gula merah ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan memiliki peran untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Mencegah Asma

Asma adalah salah satu penyakit pernapasan yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas. Untuk mencegah penyakit ini menyerang tubuh, ganti konsumsi gula putih dengan gula merah. Selain mampu mencegah asma, gula merah juga mampu melawan reaksi alergi dari penyakit asma.

4. Mengatur Kadar Kolesterol

Kabar baik bagi para penderita diabetes, gula merah dapat jadi solusi pengganti pemanis buatan. Tapi, dengan syarat tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Gula merah mengandung niasin yang berperan dalam mengatur kolesterol dalam darah, sehingga kadar kolesterol dapat dijaga untuk tetap normal.

5. Mengandung Antiseptik

Gula merah mengandung nutrisi yang berperan sebagai anti peradangan dan anti mikroba. Dua kandungan ini sangat baik untuk mengatasi luka minor atau luka terbakar, karena bersifat antiseptik.Caranya dengan menempelkan sedikit gula merah ke area luka kemudian diamkan selama beberapa saat, agar luka tidak semakin parah.

6. Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang terganggu atau tersumbat, dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke. Menjaga sirkulasi darah tetap lancar jadi salah satu cara untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya tersebut. Konsumsi gula merah bisa jadi solusi memperlancar sirkulasi darah.

7. Menghangatkan Tubuh

Kita dapat mencampurkan gula merah ke dalam minuman saat kita dalam keadaan kedinginan, cara ini mampu menghangatkan tubuh.

8. Tidak Mengandung Bahan Kimia

Karena terbuat dari bahan alami, gula merah tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Justru, gula merah mengandung banyak mineral alami, seperti kalsium, iron, magnesium, potassium dan phosphorus.

9. Mengobati Sariawan

Kandungan mineral alami dalam gula merah memiliki banyak manfaat, salah satunya mengobati sariawan. Ditambah dengan kandungan niacin, membuat gula merah semakin ampuh untuk mengatasi berbagai masalah sariawan.

10. Mencegah Obesitas

Jumlah kalori rendah dalam gula merah sangat berpengaruh dalam mencegah obesitas dan peningkatan berat badan.

12. Memperlancar Pencernaan

Selain mampu mencegah obesitas, mengonsumsi gula merah secara rutin juga dapat memperlancar pencernaan. Di saat pencernaan mengalami masalah, gula merah juga dapat membantu tubuh dalam mengatasi masalah tersebut.

13. Melindungi Kulit

Kandungan antioksidan dalam gula merah sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, peradangan dan infeksi bakteri. Cukup dengan mengonsumsi gula merah secara rutin, maka manfaat ini bisa diperoleh kulit.

14. Mencegah Jerawat

Dengan kulit yang terlindungi, jerawat tentu enggan untuk mampir ke kulit. Tidak hanya mampu mencegah jerawat, mengonsumsi gula merah secara teratur juga dapat melindungi kulit wajah dari komedo yang membandel. Manfaat ini tentu akan membuat kulit jadi lebih bersih, segar dan tampak awet muda.

15. Mencegah Penuaan Dini

Peran antioksidan untuk kesehatan kulit memang sangat penting. Tidak hanya untuk melindungi kulit dari berbagai masalah jerawat dan komedo saja, antioksidan ditambah dengan kandungan vitamin B dalam gula darah mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit.

Sekarang kalian bisa membuat sendiri es kelapa muda dengan campuran gula merah dirumah tanpe ribet membelinya di luar, kalian juga bisa membuat olahan telur menjadi rendang telur yang tidak kalah enak dengan rendang pada umumnya, Selamat Mencoba semoga sukses 🙂