Cara Menanam Rumput Gajah Odot Yang Benar dan Mudah

Rumput Pakan Ternak doma
Bagaimana cara menanam rumput gajah odot? Rumput gajah atau Pennisetum purpurium sering dijadikan utuk hijauan sebagai pakan ternak dari jenis rumput-rumputan.
Rumput ini ukurannya cukup besar dan mengandung nutrisi sangat tinggi.
Kelebihan rumput ini adalah tingkat produktivitasnya yang tinggi, tahan terhadap panas sehingga tidak mudah layu.
Cara Menanam Rumput Gajah
Rumput gajah bisa tumbuh dengan tegak lurus. Tinggi maksimal rumputĀ  dapat mencapai 6 m. Batangnya tebal dan keras, daunnya panjang, dan bentuk dari bunganya hampir mirip es lilin.
Kandungan gizi yang tersimpan di rumput gajah antara lain 33.2% serat kasar, 19.7% bahan kering, 10.3% protein kasar, 11.5% abu, dan 1.7% lemak.
Tanaman rumput gajah termasuk tumbuhan yang sangat mudah ditanam karena bisa bertahan hidup di mana saja, termasuk lingkungan yang tandus sekalipun. Tidak ada persyaratan khusus dari lahan yang ideal untuk ditanami dengan tumbuhan ini.
Yang terpenting ialah lahan bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh paling tidak sebanyak 40 persen. Beberapa varietas rumput gajah yang biasa dibudidayakan oleh petani yaitu afrika, taiwan, hawai, lampung dan king grass, serta capricorn.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara untuk menanam rumput gajah . Cara penanaman rumput ini jelas sangat berbeda dari cara menanam rumput jepang.
Cara menanam rumput gajah odot dari ini dapat di bilang sangat mudah baik untuk pemula maupun yang sudah mahir menanam rumput ini dan ingin mencoba cara lain.
Nilai Unggul Dari Rumput Gajah ini memiliki daya tarik yang berbeda bagi para penanamnya.
Salah satu nya yaitu efek asri dari rumput cantik ini. Selain itu rumput gajah mempunyai bentuk daun yang bagus sehingga Anda tidak akan kerepotan dan tidak memakan waktu banyak untuk merawatnya.

Hal Yang Di Perhatikan Sebelum Cara Menanam Rumput Gajah Odot :

1. Persiapkan Dulu Lahan Sebagai Media Menanam

Lahan yang baik untuk menanam rumput gajah adalah tanah yang tidak tandus maupun gersang. Jika Anda punya tanam yang tandus dan gersang sirami dulu lahan yang ingin dipakai.
Cara ini bertujuan agar tanah memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rumput gajah setelah masa tanam. Setelah mendapatkan media tanam yang sudah cocok tadi maka selanjutnya lakukan penggemburan dengan cara mencangkul.
Efektifnya penggemburan tanah dapat di lakukan sedalam 6 sampai 10 cm dan jangan lupa ratakan kembali jika sudah selesai di lakukan penggemburan.
Namun jika Anda tidak mempunyai cukup luas lahan sebagai media tanam rumput gajah, Anda bisa menanam rumput ini dengan cara mengurungnya terlebih dahulu dengan tanah yang Anda ambil dari pekarangan atau kebun rumah Anda.
Atau Anda juga dapat membeli tanah yang khusus untuk di gunakan menanam tanaman, salah satunya tanah merah ataupun tanah latosol.

2. Proses Cara Menanam Rumput Gajah Odot

Sesudah mendapatkan media tanam yang sesuai maka kita akan lanjut ke proses penanaman. Proses penanaman rumput gajah baiknya Anda lakukan disaat musim penghujan, mengingat rumput gajah yang membutuhkan banyak air waktu masa pertumbuhan setelah masa tanam.
Untuk bibitnya Anda bisa membeli rumput terlebih dulul seharga Rp13.000,-.Lakukanlah penanaman ketika musim penghujan. Ini bertujuan supaya rumput gajah mini mendapatkan suplay air yang banyak, karena rumput ini merupakan tanaman yang sangat membutuhkan air.
Jangan menanam rumput ini di tanah yang tandus atau gersang. Namun kalau Anda hanya mempunyai tanah tandus dan gersang Anda dapat menyiasatinya dengan menyebarkan pupuk terlebih dulu dan diamkan selama 1 minggu.
Hal ini bertujuan agar tanah mempunyai cukup nutrisi untuk menjaga pertumbuhan rumput gajah. Setelah itu baru gemburkan tanah yang ingin dipakai.
Pastikan rumput mendapatkan cahaya matahari yang cukup tetapi tidak terlalu lebih. Hal ini bertujuan agar daun rumput gajah tumbuh banyak kesamping dan menjuntai ke bawah. Kalau rumput gajah kurang mendapatkan cahaya maka daun akan tumbuh ke atas

Cara Menanam Rumput Gajah Odot Yang Baik :

Potong bibit rumput gajah menjadi bagian yang lebih kecil. Lakukan pemotongan hingga akar tidak terlihat dan tertutup oleh tanah.
Untuk teknik penanaman rumput gajah, Anda bisa menanam rumput gajah dengan cara zig zag agar mendapatkan hasil yang sempurna.
Lakukan pemukulan secara pelan ke tanah agar jaringan tanah dan akar akan menjadi lebih kuat. Pemukulan ini di lakukan sampai akar benar-benar menempel di tanah.Pakailah balok kayu untuk meratakan bagian rumput gajah.
Setelah rata Anda bisa mengangkat balok kayu tersebut.Setelah semua proses yang ada di atas, langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah menancapkan rumput gajah mini ke tanah.
Cara menanam rumput gajah odot ini di lakukan dengan cara menancapkan bagian perakaran ketah rumput gajah mini agar akar terikat erat dengan tanah.
Jarak tanam rumput gajah bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Dan untuk menjaga supaya posisi bibit rumput gajah tidak bergeser maka kurungi sedikit sela-sela tanaman dengan tanah.

Tips Cara Menanam Rumput Gajah Odot :

Untuk mendapatkan hasil rumput yang sempurna, sebaiknya Anda buat pijakan untuk lewat kaki supaya rumput gajah tidak terinjak kaki.
Berikut tadi adalah Cara Menanam rumput Gajah odot,dan masih terdapat rumput yang cantik untuk disandingkan dengan rumput gajah untuk menghias halaman rumah Anda supaya terlihat indah yaitu Rumput Jepang.