Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Yang Lezat dan Enak

Pisang goreng merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi sangat bersama, cara membuat pisang goreng crispy juga mudah di cari.

Pisang Goreng

Pisang Goreng

Pisang Goreng adalah salah satu jenis makanan ringan yang sering di temukan di berbagai daerah. Makanan ini di buat dari buah pisang. Pisang Goreng sering ditemukan dijual di warung Tegal (WARTEG) atau warung kopi (WARKOP) sebagai makanan pendamping teh dan kopi.

Tidak heran masyarakat di Indonesia yang memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam pohon pisang. Tidak memerlukan lahan yang sangat luas, Lalu bisa menggunakan sedikit ruang yang tersisa di halaman rumah untuk ditanami satu pohon pisang.

Dengan menanam pohon pisang di sekitar halaman rumah, Setelah itu bisa menjadi cadangan makanan untuk mengonsumsi sehari-hari.  Sebab pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy

Pisang Goreng Crispy

1. Resep Cara Membuat Pisang Goreng Crispy

Bahan-bahan:

  • 6 buah pisang kepok atau raja kupas dan potong jadi 2
  • 120 gram tepung terigu
  • 60 gram tepung beras
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 250 ml air
  • 1 butir telur ayam, kocok
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy:

  1. Campur tepung terigu, tepung beras, baking powder, dan garam. Aduk rata.
  2. Setelah itu Kocok telur dan air, masukkan ke campuran tepung. Aduk rata sampai menjadi adonan lembut. Masukkan pisang ke dalam adonan.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Letakkan pisang di wajan, lalu biarkan sebentar sampai adonan turun. Goreng pisang sampai kecoklatan.
    Angkat dan tiriskan. Pisang goreng crispy siap disajikan.

Zat Dalam Buah Pisang

Dalam satu buah pisang berukuran sedang mengandung potassium atau kalium, serat, dan zat besi. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori.

5 Jenis Pisang di Indonesia

1. Pisang Ambon

Adalah salah satu jenis pisang yang paling mudah dan banyak ditemui di Indonesia. Jenis ini paling banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Ciri-cirinya adalah memiliki tekstur kulit yang halus berwarna kuning atau hijau. Buahnya berwarna putih dengan rasa manis dan tidak berbiji.

2. Pisang Kepok

Jenis pisang ini paling populer di Indonesia, aslinya berasal dari Filipina. Pisang ini terdiri dari 2 jenis, Yaitu: Pisang kepok kuning dan pisang kepok putih merupakan jenis pisang kepok yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Umumnya pisang berwarna kuning memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang pisang kepok putih.

3. Pisang Seribu

Jenis pisang ini adalah jenis yang paling banyak diminati, karena mempunyai ciri khas rasa harum dan legit. Lalu pisang ini memiliki ukuran yang sangat standar dengan warna kulit hijau saat masih mentah dan berubah menjadi kuning keemasan saat sudah masak.

4. Pisang Varigata

Banyak sekali yang menyatakan bahwa pisang ini mirip dengan mentimun. Lalu memiliki ciri khas rasa yang mirip dengan pisang berlin yang cocok dihidangkan di atas meja. Ternyata kulit pisang ini juga bisa dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa sepat di lidah.

5. Pisang Mas

Adalah pisang yang sangat mungil dan amat terkenal di indonesia. Jenis pisang ini terdapat di seluruh tanah air, lalu cocok dijadikan campuran dalam pembuatan kue dan cemilan lainnya, setelah itu kerap dikonsumsi dengan cukup dicelupkan ke dalam cokelat leleh.

Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat cara membuat pisang goreng crispy yang saya berikan, Saya rekomendasikan menggunakan manfaat minak cengkeh agar kerja lebih mudah. Selamat mencoba!