Cara Membuat Pindang Yang Lezat

Halo gengs kali ini saya akan membahas artikel tentang cara membuat pindang makanan yang sudah populer di indonesia.

Untuk cara membuat pindang  ini terasa lezat dan sedap yang banyak diminati masyarakat khususnya sumatera.

Dan pindang bukan hanya dari sumatera saja tapi hampir indonesia juga mengenal pindang.

Kunci utama yang sangat harus diperhatikan adalah penggunaan bumbu rempah dan bumbu dapurnya.

Dengan pemilihan bumbu yang bagus, kuah resep pindang ikan yang kita akan buat nanti bisa benar benar nikmat untuk disantap bersama sepiring nasi putih dan segelas minuman segar.

Selain rasanya yang lezat, tentu saja resep ikan yang akan kita buat kali ini banyak sekali mengandung gizi, vitamin dan omega 3 yang bagus sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

Apalagi kalau disantap saat malam atau cuaca yang lagi dingin, kuah resep pindang ikan ini yang sedikit berlemak dan perpaduan rempah rempahnya bisa memberikan energi yang bagus dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Resep Cara Membuat Pindang Ikan

cara membuat pindang ikan

Bahan-Bahan Pindang Ikan

  1. Ikan nila, gurame, bandeng atau jenis ikan air tawar lainnya yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 1 kg saja.
  2. Buah jeruk nipis untuk mengurangi dan menghilangkan bau amis ikannya kurang lebih sebanyak 2 buah jeruk nipis. Potong potong dan peras air jeruknya.
  3. Serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja lalu Cuci bersih lalu memarkan sebelum digunakan.
  4. Lengkuas secukupnya atau kurang lebih sepanjang 5-6 cm saja tidak perlu banyak banyak.
  5. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 5 cm saja dan Memarkan dahulu sebelum dicampur dengan bumbu lainnya.
  6. Daun salam kurang lebih sebanyak 4 lembar saja.
  7. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja tidak perlu berlebihan.
  8. Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja.
  9. Kecap manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3 sendok teh saja.
  10. Daun kemangi secukupnya sesuai selera anda.
  11. Garam dapur secukupnya.
  12. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera anda.
  13. Buah cabai merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 10-15 pcs saja Bisa ditambahkan juga buah cabai rawit dan cabai hijau kalau memang suka pedas.
  14. Buah tomat merah kurang lebih sebanyak 3 buah. Cuci bersih lalu belah menjadi 4-5 bagian untuk mempercantik tampilannya.
  15. Air bersih secukupnya untuk merebus ikan dan bumbunya.

Bahan Bumbu Pindang Ikan

  1. Bawang putih 6 siung saja.
  2. Bawang merah 7 siung juga.
  3. Buah cabai kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Cuci bersih lalu buang bijinya.

Cara Membuat Pindang Ikan

  1. Langkah pertama adalah siangi dan cuci bersih ikan dengan air mengalir sampai benar benar bersih dari kotorannya kemudian potong menjadi 2 atau 4 bagian
  2. Bersihkan bagian luar ikan sampai benar bersih dengan cara menekan sedikit menariknya keluar dengan pisau tajam. Hati hati jangan sampai membuat dagingnya robek.
  3. Lumuri ikan yang sudah dicuci bersih diatas dengan air jeruk nipis sambil sedikit diremas remas sampai semua bagian terkena rata kemudian diamkan sebentar (kurang lebih selama 15 menit saja).
  4. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya
  5. Sambil menunggu airnya mendidih, haluskan bahan bumbu pindang ikannya diatas, seperti bawang merah, bawang putih dan lainya yang perlu dihaluskan.
  6. Masukkan bumbu halus diatas ke dalam panci yang berisi air beserta jahe dam lengkuas yang sudah dimemarkan, serai dan daun salamnya. Aduk aduk sebentar sampai mendidih.
  7. Masukkan ikan nila atau gurame yang sudah dicuci bersih kemudian aduk aduk sebentar.
  8. Masukkan air asam, gula merah, cabai, kecap manis, gula pasir dan garam dapur secukupnya lalu aduk aduk merata sampai masak dan ikannya matang lembut.
  9. Setelah matang dan airnya menyusut (kurang lebih selama 15 menit), masukkan daun kemangi dan irisan tomatnya.
  10. Jangan lupa cicipi sebentar dan tambahkan garam dapur, gula dan kecap kalau diperlukan lalu angkat dan sajikan.

Tips Cara Membuat Pindang

resep cara membuat pindang

Setelah membahas tentang cara membuat pindang ikan kita akan mengulas tentang tips cara membuat pindang yang enak agar rasanya tidak kalah dengan yang dijual di warung makan khas.

Selain bahan bumbu, salah satu tips untuk membuat resep masakan ikan yang enak dan lezat adalah pengolahan ikan yang digunakan oleh ibu ibu sekalian.

Pastikan ikan benar benar dicuci bersih dari darah yang menempel dan kotoroan lainnya.

Selain untuk menghilangkan bakteri, biasanya darah yang menempel tersebut juga meninggalkan bau amis yag ada di ikan tersebut.

Pastikan untuk mencuci ikan di air mengalir. Selain itu, sebelum dimasak menjadi resep cara membuat pindang ikan.

Tips memasak yang lain adalah daging ikan yang sudah dicuci bersih harus dilumuri terlebih dahulu dengan perasan air jeruk nipis agar bau amis tidak bau lagi.

Ini membantu sekali untuk menghillangkan bau amis khas ikan dan menambah kesegaran di cara membuat pindang  yang kita buat.

Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bumbu pindang ikan dan cara membuat masakannya yang sudah tertera dibawah ini.

Manfaat Ikan Pindang Untuk Kesehatan

pindang ikan

Ikan, Siapa sih yang tidak kenal dengan seafood yang satu ini? Banyaknya manfaat yang kita dapat dari ikan yang satu ini.

Dan pastinya manfaat yang berbeda dengan lauk pauk lainnya, membuat ikan sebagai salah satu lauk pauk yang digemari dan paling dicari oleh masryarakat.

Beruntung kita yang tinggal di Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim,berarti sebagian besar negara kita didominasi laut dan kita bisa mendapat ikan dengan mudah dan murah.

Ikan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu ikan tawar dan ikan laut. Apakah ada perbedaan antara kedua jenis ikan ini?

Beberapa penelitian dan ahli mengatakan jika kandungan gizi yang terdapat pada ikan laut lebih banyak daripada ikan air tawar, contohnya saja kandungan DHA dan EPA yang tinggi pada ikan laut.

Bukan hanya itu saja, kondisi suhu air laut menyebabkan kadar kolesterol ikan laut rendah dan protein yang mudah diserap oleh tubuh manusia.

Selain kandungan gizinya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, apalagi yang membuat ikan ini lebih “istimewa” daripada lauk pauk lainnya?

Jawabannya adalah pada cara mengolah ikanya itu sendiri. Yups, kita bisa mengolah ikan menjadi sejuta masakan yang enak dan khas.

Mulai dari membakarnya dengan berbagai macam bumbu, menggorengnya, mengolahnya menjadi gulai ataupun sop ikan, dan lain-lain.

Ikan pindang bukanlah nama suatu ikan namun merupakan salah satu proses mengolah berbagai ikan yang diolah menjadi masakan khas.

Pindang sendiri adalah proses penggaraman pada ikan yang kemudian dilanjutkan dengan perebusan.

Untuk mendapatkan ikan pindang ini bukanlah suatu hal yang sulit bagi kita karena yang biasa dipakai adalah pindang  patin.

Nah kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat ikan pindang, yang pastinya tidak kalah dengan berbagai manfaat ikan-ikan lainya lainnya.

1.Tingginya Kandungan Protein

Salah satu alasan kenapa ikan pindang menjadi favorit masyarakat adalah tingginya kandungan protein yang ada di dalamnya.

Manfaat protein sangatlah banyak untuk kesehatan kita, dan salah satunya adalah untuk mengurangi depresi, terutama pada ibu yang sedang hamil.

Mood ibu hamil sangatlah tidak terkontrol dan ada kecenderungan untuk mengalami depresi dan masalah ini bisa dicegah dengan  mudah.

Yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan protein ibu dengan baik, khususnya pada masa tri semester pertama.

Terpenuhinya kebutuhan protein ini juga berfungsi untuk meminimalisir risiko ibu kelelahan.

  1. Meminimalisir Resiko Anemia

Anemia adalah keadaan di mana tubuh kekurangan hemoglobin karena rusaknya sel darah merah dan menyebabkan sering pusing tiba tiba.

Kita akan sangat kekurangan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan akan lemas, pucat, lelah, bahkan bisa sampai sesak nafas.

Untungnya, kita tidak perlu lagi mencemaskan solusi apa yang tepat untuk permasalahan yang satu ini.

Karena berbagai zat yang terkandung pada ikan pindang ini bisa meregenerasi sel-sel darah merah yang berarti meminimalisir risiko terjadinya anemia.

  1. Menjaga Moodpositif Pada Diri Kita

Bad mood merupakan salah satu hal yang tidak dihindari dan kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti keadaan yang menjengkelkan atau hal-hal yang membuat kita kecewa tiba tiba.

Untuk menjaga mood kita tetap positif, maka diperlukan pula kadar hormon sertonin yang seimbang dan untuk menghindarkan kita dari depresi.

Nah kita juga bisa mendapatkan manfaat yang satu ini dari mengonsumsi ikan pindang dengan tingginya hormon serotonin di dalamnya.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Dopamin

Siapa yang tidak kenal dengan dopamin? Bagi kita yang tidak mendalami ilmu alam, tentu saja istilah ini cukup asing di dengar.

Dopamin adalah salah satu neurotransmitter yang berperan penting dalam sistem saraf pusat di tubuh manusia dan berfungsi untuk mengontrol beberapa gerakan tubuh dan emosi pada manusia.

Lalu apa jadinya jika dopamin tidak berfungsi secara seharusnya pada manusia?

Tentu saja hal ini akan berdampak negatif, seperti kita sulit berkonsentrasi, melakukan gerak yang tidak terkontrol alias mengalami tremor.

Ataupun mengontrol rasa senang pada diri kita sehingga mood kita menjadi buruk atau badmod.

  1. Meminimalisir Risiko Datangnya Penyakit Kolesterol

Dalam keadaan normal, kadar kolesterol dalam tubuh seseorang berada dalam kisaran 160-200 mg dan dianggap berlebihan apabila kadar kolesterol kita melebihi 240 mg.

Terdapat beberapa gejala yang menunjukkan kita terserang penyakit kolestrol.

Yaitu antara lain mengalami nyeri leher dan punggung, tubuh yang  lelah, sering mual-mual dan muntah, dan yang lainya.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya adalah ikan pindang ini agar tubuh kita menjadi normal lagi.

Ikan pindang memiliki lemak tak jenuh, yang mana lemak tak jenuh ini berfungsi untuk meningkatkan kadar HDL alias mencegah naiknya kadar kolesterol yang buruk di dalam tubuh.

  1. Meminimalisir Risiko Serangan Jantung

Manfaat ikan pindang berikutnya adalah meminimalisir risiko jantung,Kok bisa sihhh?

Ikan pindang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi dan manfaat omega 3 sangatlah beragam untuk tubuh kita dan salah satunya adalah untuk meminimalisir risiko serangan jantung di tubuh.

Omega 3 berfungsi untuk meningkatkan elastisitas arterial dan menurunkan risiko detak jantung abnormal (aritmia) dan tekanan darah yang tinggi.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Nah daripada kita mengonsumsi berbagai suplemen yang mengandung banyak bahan kimia yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita sendiri.

Sebaiknya kita merubahnya dengan mengonsumsi berbagai bahan alami yang sama-sama berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita – dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan pindang ini.

Ikan pindang mengandung vitamin A yang tinggi di mana salah satu manfaat vitamin A untuk kita adalah meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Setidaknya kita membutuhkan 7 mg vitamin A dalam sehari dan apabila tidak terpenuhi maka cenderung terjadi beberapa gangguan, seperti badan kita yang mudah terserang penyakit atau terganggunya kesehatan mata.

  1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Dehidrasi merupakan keadaan tubuh kehilangan cairan yang didapatkan sehingga keadaan tubuh terganggu dan kita tidak dapat beraktivitas secara optimal dan lemas pada tubuh.

Seperti yang kita tahu, tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air – lebih tepatnya sebanyak  70% dan air memiliki berbagai fungsi untuk kesehatan tubuh kita sendiri.

Beragam cara bisa kita lakukan untuk menyembuhkan penyakit ini, dan pindang juga bisa menjadi salah satu solusi untuk penyakit yang satu ini.

Pindang memiliki kandungan zat besi yang tinggi di mana manfaat zat besi sangatlah penting untuk tubuh manusia sendiri.

Dan salah satunya berperan pada otak yang mengelola sistem suhu tubuh dan mengelola agar suhu tubuh tetap terjaga dan pastinya menghindarkan kita dari keadaan dehidrasi pada tubuh.

  1. Mencegah Datangnya Stroke

Stroke adalah suatu keadaan di mana aliran darah ke otak terputus karena pecahnya pembuluh darah di dalam tubuh.

Hal ini menyebabkan kematian banyak sel pada area di sekitar otak dan hal ini merupakan hal fatal yang membutuhkan penanganan dengan cepat dan segera.

Dan sebaliknya, apabila penanganan untuk stroke ini terlambat maka orang tersebut dapat berakibat meninggal.

Namun kita tidak perlu mengkhawatirkan hal ini terjadi pada kita sendiri jika kita mengonsumsi pindang secara rutin.

Pindang mengandung kadar trombosit yang tinggi dan hal ini berfungsi meminimalisir terjadinya pembekuan dalam darah dan berisiko menimbulkan stroke.

  1. Memelihara Kesehatan Rambut Dan Kuku

Ikan pindang ini mengandung vitamin B kompleks di mana manfaat vitamin B kompleks ini sangatlah beragam sekali, antara lain untuk DNA, RNA, dan reproduksi sel tubuh manusia.

Vitamin B kompleks ini berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering, kusam, keriput, rambut rontok maupun kuku pecah-pecah.

 

Jika anda suka dengan pancake coba baca cara membuat pancake durian yang praktis namun tidak kalah lezat dengan yang dibeli di supermarket atau toko pancake durian.

Terimakasih telah membaca artikel tentang cara membuat pindang ini semoga membantu dan bermamfaat cek artikel lainya dsini.