Resep Cara Membuat Pie Buah Yang Crunchy dan Lezat

Resep Cara Membuat Pie Buah Yang Crunchy dan Lezat

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat pie buah yang enak dan mudah untuk dicoba dirumah ya guys, simak terus kelanjutannya diabawah ini, dan semoga nanti setalah selesai membaca artikel ini, anda dapat wawasan atau info maupun pengalaman baru mengenai bagaimana cara membuat pie buah  yang enak dan crunchy.

Pie merupakan makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie.

kue pie buah biasanya dihidangkan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, yang berisi daging sapi serta kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali.

Sejarah Awal Mula Pie dan Perkembangannya

Pie adalah jenis pastry yang populer di Amerika. makanan ini konon ditemukan sejak jaman Mesir kuno. Pada jaman Romawi dan pada abad Pertengahan, pie digunakan sebagai pembungkus daging dan bahan-bahan lainnya agar tetap lembap selama dimasak dan agar isinya kedap udara serta tidak mudah basi.

Bahan kulit pastry ini keras dan padat,Di sekitar tahun 1500an, resep kue pie kemudian mulai bertransformasi dengan menggunakan berbagai jenis buah-buahan sebagai isinya. Saat setelah populer di Inggris, pie akhirnya dikenal di Amerika yang lalu diolah sedemikian rupa hingga memiliki berbagai jenis isian.

Hal ini bisa dibuktikan dari buku resep kue yang ditemukan di Amerika pada tahun 1940an, ditemukan 65 resep kue pie di dalamnya. Saking populernya, pie juga banyak dikenal di negara lainnya. Resep kue ini bukan hanya dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, namun juga sebagai salah satu menu andalan untuk bisnis makanan.

Sejarah Pie

Sejarah Pie susu dimunculkan dan dipopulerkan pada tahun 1940-an oleh Tengs cha Chaan di Hong Kong. Pie susu lalu diperkenalkan di cafe-cafe dan toko-toko roti Barat yang bertujuan agar dapat bersaing dengan restoran dim sum, terutama yum cha.

Selama ledakan ekonomi tahun 1950-an dan 1960-an, Lu Yu Teahouse memimpin dengan  kue mini pie susu miliknya tersebut. Salah satu teori mengatakan bahwa kue pie susu yang berasal dari Hong Kong sebenarnya mengadaptasi tart custard yang berasal dari Inggris.

Canton yang mempunyai kontak dengan Inggris disebut-sebut sebagai awal mula proses adaptasi ini.Apalagi sebagai bekas koloni Inggris, Hong Kong juga mengadopsi beberapa makanan Inggris, sehingga makin memperkuat teori pie susu yang berasal dari Inggris.

Sementara itu teori lain mengatakann bahwa pie susu sangatlah mirip dengan kue asal Portugis. Kue mirip pie susu asal Portugis itu mempunyai nama pastel de nata. Teorinya, kue ini teradapat di Hong Kong via koloni Portugis yang berada di Makau.

Perkembangan Pie Pisang,Pie Susu Sebagai Masakan Hong Kong

Pada masakan Hong Kong modern, pie susu hadir dalam berbagai varian seperti pie susu, pie madu telur, pie putih telur, pie coklat, pie green tea dan pie jahe. Semua jenis pie susu ini termasuk variasi dari pie susu tradisional yang disajikan di Tengs cha Chaan.

Pinggiran atau bagian kerak luar dari pie susu Hong Kong ini secara keseluruhan mempunyai dua jenis: shortcrust pastry atau puff pastry. Pengolahan pie susu Hong Kong ini lebih menggunakan lemak babi daripada mentega atau shortening.Jenis pie susu Hong Kong yang satu ini sih sudah pasti tidak halal ya guys.

Cara Membuat Pie Buah

cara membuat pie buah

Bahan-Bahan :

  • 300 gr tepung terigu
  • 150 gr margarin
  • 2 butir kuning telur
  • 70 gr gula halus
  • 1 sdm susu bubuk
  • 300 ml susu cair (boleh kemasan boleh murni)
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm margarin
  • 3 sdm tepung maizena
  • 2 butir kuning telur
  • 60 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • Strawberry secukupnya
  • buah jeruk kalengan
  • buah kiwi secukupnya

Cara Membuat Pie Buah :

  1. Kocok margarin dan gula halus dengan mixer sampai bertekstur lembut dan mengembang.
  2. Masukkan kuning telur sambil tetap dikocok dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata.
  3. Masukkan terigu dan susu sedikit demi sedikit sampai membentuk adonan kalis.
  4. Tempel dan bentuk sesuai cetakan pie kecil. Tusuk-tusuk dengan garpu. Panggang dengan suhu 180 derajat atau kurang lebih 20 menit.
  5. Campurkan susu dengan tepung terigu serta maizena untuk membuat fla. Masak susu dengan api kecil sambil diaduk-aduk.
  6. Masukkan kuning telur dan gula, aduk rata. Biarkan sampai fla mendidih, kemudian masukkan gula dan margarin sambil tetap diaduk-aduk. Matikan api. Biarkan dingin.
  7. Masukkan fla ke dalam plastik segitiga. Semprot ke mangkuk pie dan hiasi dengan buah-buahan.

4 Tips Suksesnya Bisnis kue Pie

Kue pie atau pastel saat ini memang merupakan salah satu jajanan atau kuliner yang paling digemari oleh konsumen saat ini. Bagaimana tidak, dengan rasa yang teramat enak dan menggoda, kue pie ini selalu menarik seseorang untuk membelinya.

Maka dengan ramainya permintaan pasar saat ini maka tak ayal bila kue yang terdiri dari kulit kue kering dengan isi yang beraneka ragam tersebut sangat berpeluang besar sukses dijalankan sebagai bisnis.Menurut riset dikatakan bahwa peluang margin keuntungan dari bisnis ini terbilang cukup besar yakni mencapai 50% dari pendapatan kotor.

Namun meski sedang cerah, Anda yang akan menjalankan bisnis kue pie ini harus tetap memperhatikan beberapa hal agar usaha pie yang Anda bangun ini berjalan dengan sukses. Berikut beberapa resep sukses berbisnis kue pie tersebut.

1. Hadirkan Produk yang Crunchy

Resep sukses pertama untuk menjalankan bisnis kue pie adalah dengan menghadirkan produk yang crunchy. Kue pie yang identik dengan kulitnya yang kering dan renyah memang sangat mengharuskan Anda untuk mengolah kue yang renyah atau crunchy pada bagian crust atau kulitnya.

Dan inilah salah satu indikator selain topping yang akan menentukan dan menjadikan kue pie dikatakan enak dan lezat.Maka dari itu cobalah untuk membuat bagian kulit kue pie ini serenyah mungkin. Gunakan bahan dasar untuk membuat kulit ini dengan bahan yang bisa membuat kue menjadi crunchy, tidak lembek tetapi juga tidak keras.

Namun selain dari bahan, Anda juga perlu memperhatikan bahwa tingkat crunchy ini juga ditentukan oleh tingkat kematangan dan juga ketebalan kulit. Untuk mendapatkan rasa renyah atau crunchy dari kulit pie ini usahakan untuk membuat ketebalan kulit kue pie tidak lebih dari 1 cm.

2. Berlatih dan Berkreasi Menambah Varian

Kue pie yang memiliki beragam isian toping memang membuat kue ini memiliki beragam jenis atau varian. Isian kue pie ini sendiri bisa berupa buah, daging, ikan,sayur, keju, coklat, kustar, kacang dan lain-lain. Bahkan terdapat kue pie yang berisi buah yang pada umumnya berupa cairan kental yang dimaniskan hingga mirip selai.

Isian buah ini juga dapat Anda potong-potong dadu untuk dipanggang bersamaan dengan kulit pie-nya.Di beberapa negara kue pie bahkan mempunyai sebutan tertentu seperti à la mode yang merupakan kue pie yang disajikan dengan es krim. pada Negara Australia sendiri ada kue pie dagung yang sudah dianggap sebagai panganan nasional Australia.

Kue pie di Negeri Kangguru itu berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Dari beragam varian kue pie ini seharusnya Anda juga bisa berkreasi dengan kreativitas yang Anda miliki untuk membuat kue pie dengan toping yang menarik dan tentunya menggugah selera.

Untuk melakukan hal ini pebisnis harus rajin-rajin memperkaya informasi dari berbagai referensi. Pebisnis juga perlu memperhatikan tren-tren terbaru dan, jika memungkinkan Anda juga bisa mengolah dan membuat tren kue pie yang baru.

3. Ciptakan dan Pertahankan Ciri Khas

Karena pelaku usaha kue pie ini sudah banyak, maka tingkat persaingan dalam bisnis ini juga terbilang cukup ketat. Maka dari itu untuk mengatasi persaingan ini maka Anda harus membuat bisnis Anda ini memiliki pembeda dengan bisnis lainnya.

Bagaimana caranya untuk bisa membuat pembeda dengan kompetitor? Anda bisa menjalankan hal ini dengan cara menciptakan dan mempertahankan ciri khas pada kue pie Anda.Jika Anda telah memiliki ciri khas tertentu pada kue pie Anda seperti toping dengan isian tertentu maka Anda bisa mempertahankan karakter ini dengan kuat.

Selain pada toping, Anda juga bisa membuat ciri khas dan keunikan produk Anda pada kemasan, sistem produksi ataupun layanannya. Dengan karakter dan ciri khas yang kuat ini maka Anda bisa menjadikan bisnis kue pie tersebut dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

4. Jangan Lupakan Rasa kue yang Enak

Terakhir, resep untuk membuat bisnis kue pie Anda ini sukses adalah dengan menciptakan rasa kue yang enak. Ya, karena ini bisnis di bidang kuliner, maka memang mau tak mau Anda tidak bisa melupakan komponen penting yang satu ini yaitu rasa.

Meskipun Anda mencoba mengolah kue pie dengan beragam inovasi dan kreativitas, Anda tetap harus memperhitungkan faktor rasa ini. Gunakan bahan-bahan berkualitas dan racikan atau resep yang sesempurna mungkin untuk menjadikan rasa kue pie Anda enak dan diterima pasar atau konsumen dengan baik.

Nah, Saya kira cukup sekian dulu ya guys untuk penjelasan mengenai cara membuat pie buah nya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya ya guys, eitts, tunggu dulu bagi anda yang ingin mengetahui lebih seputar tentang cara membuat leker mudah anda dapat mengunjunginya pada artikel kami yang sebelumnya, Terimakasih