Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak dan Ikan Asin Gampang Banget !

Pakan merupakan bagian terpenting dalam budidaya ikan lele. Cara membuat pakan lele dari dedak dan ikan asin memang termasuk  efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan pakan lele. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa itu dedak dan nutrisi didalamnya yang dibutuhkan ikan lele tersebut.

Apa itu Dedak ?

cara membuat pakan lele dari dedak dan ikan asin

 

 

 

Dedak adalah limbah yang didapatkan hasil dari mesin giling sekam pengolahan padi menjadi beras dengan kualitas yang beragam tergantung pada varietas padinya. Dedak padi yaitu bagian dari kulit ari beras pada proses pemutihan beras.

Produksi dedak padi di Indonesia tergolong cukup tinggi sebanyak 4 ton setiap tahunnya dan di setiap kuwintal padi bisa memperoleh mencapai kurang lebih 18 sampai 20 gram.

Yang mana dedak padi mempunyai kandungan serat kasar yang terbilang tinggi yaitu sebanyak 13.5 % dengan energi kurang lebih berkisar antara 1640-1890 kkal/kg.

Akan tetapi dibalik kelebihannya, pakan yang terbuat dari dedak memiliki asam amino yang tergolong rendah juga dengan kandungan mineral dan vitaminnya.

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak dan Ikan Asin

Pakan ikan lele dari dedak, atau cara membuat pakan lele dari dedak termasuk cara alternatif untuk peternak untuk menunjang pertumbuhan ikan lele. Dikhususkan dalam cara ternak ikan lele dengan cara organik.

Berikut adalah langkah-langkah nya, yuk langsung kita simak caranya :

1. Persiapan Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak dan Ikan Asin

Ini adalah bahan-bahan yang perlu untuk disiapkan antar lain yaitu :

  • Pelet 2.5 kilogram
  • Dedak 5 kilogram
  • Garam 5 sendok makan
  • Ikan asin 0.25 kilogram
  • Air 5 liter
  • Minyak goreng secukupnya.

2. Persiapan Wadah

Persiapkan wadah yang nantinya akan digunakan menaruh dedak dan bahan-bahan lainnya. Wadah yang dapat digunakan untuk menaruh dedak kasar atau halus yaitu ember besar untuk mencampur semua bahan yang sudah disiapkan.

3. Persiapan Bahan Tambahan

Untuk menyiapkan bahan tambahan atau campuran  maka kalian bisa menyiapkan pelet digunakan untuk melembutkan tekstur dari dedak halus maupun kasar. Dianjurkan untuk menggunakan jenis pelet yang mengandung 20% protein. Dikarenakan untuk menunjang pertumbuhan lele yang mana protein sangat bekerja dalam tubuh ikan lele.

4. Tambahkan Garam

Tambahkan garam dalam campuran adonan yang sudah dipersiapkan. Manfaat dari penambahan garam berfungsi sebagai pengawet dan menjaga nutrisi di dalam bahan bahan pembuatan pakan ini. Agar nutrisinya tidak mengalami kerusakan dalam proses memasak nya. Selain itu, dengan adanya penambahan garam aroma pakannya juga terjaga.

5. Tambahkan Minyak Goreng Sayur

Kemudian tambahkan minyak goreng sayur ke dalam ember sebagai campuran adonan dari pakan  lele tersebut. Manfaat penambahan minyak goreng sayur yaitu menambah aroma agar lebih menyengat dan sedap. Namun penambahan minyak goreng ini dianjurkan secukupnya saja.

6. Aduk Semua Bahan

Setelah semua bahan dijadikan satu maka campur sampai merata. Kemudian tambahkan air secukupnya, aduk sampai merata dengan perlahan sampai adonan mengental.

7. Mengukus Adonan

Langkah selanjutnya yaitu memindahkan adonan yang sudah jadi ke dalam panci untuk proses pengukusan. Kemudian, kukus adonan selama kurang lebih 1 jam. Apabila warna dari adonan sudah berubah menjadi coklat tua dan aroma sudah tercium, maka adonan sudah dapat dikatakan matang. Kemudian angkat adonan dan diamkan.

8. Siapkan Wadah Penyimpanan dari Hasil Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak dan Ikan Asin

Langkah terakhir  yaitu menempatkan adonan dari pakan lele yang sudah matang dimasukkan tempat atau wadah yang mempunyai beberapa lubang kecil agar air dari pakan tersebut bisa keluar atau menguap. Setelah itu diamkan sekitar 24 jam atau selama semalaman.

Semoga ulasan kami dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang ingin  mencoba secara mandiri untuk membuat pakan alternatif bagi ternak anda. Selamat mencoba !