Cara Membuat Kerupuk Udang Mentah Renyah

cara membuat kerupuk udang mentah

Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan cara membuat kerupuk udang mentah renyah.

Cara Membuat Kerupuk Udang Mentah 

cara membuat kerupuk udang mentah

Jika kamu bosan makan kerupuk itu-itu saja dan cobalah makan kerupuk udang, gak harus beli kok. Kamu bisa buat sendiri dengan bahan-bahan di rumah. Ini cara membuat kerupuk udang homemade yang tidak kalah dengan yang dijual di pasar.

1.Kerupuk Udang Gurih

Bahan-bahan:

  • 1 kg udang
  • 1.1 /2 tepung kanzi
  • 3 bokol bawang puti
  • Secukupnya Garam sm penyedap rasa secukup nya

Cara Membuat Kerupuk Udang mentah Gurih:

  1. Udang di rebus sampe berubah warna
  2. Bawang puti jae di belender lalu. Udang klu sudah dingin di belender sama air rebus tdi kalu sudah di rebus lagi sampe benar2 mendidi. Dn tepung kanzi di taruk di bak setelah mendidi di tuangkan ke kanzi sedi kit demi sediki di aduk sm entong kayu.
  3. Setelah jdi adonan lalu di kukus sampe mengenyal lalu di dingin kan kalu sudah dingin dn keras baru bisa di iris dn di jemur sampe kering baru bisa d goreng

2.Kerupuk Udang Kelempang

Bahan-bahan:

  • 1 kg udang digiling
  • 1 kg tepung sagu tani
  • gula
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 150 ml air dingin
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kerupuk Udang mentah Kelempang

  1. Campurkan udang giling dengan air, garam, gula, dan penyedap.
  2. Masukan sedikit demi sedikit sagu.
  3. Uleni dan Bentuk memanjang adonan dengan sedikit sagu.
  4. Rebus diair mendidih.
  5. Setelah mengapung angkat, dinginkan dan masukan didalam flezer.
  6. Potong tipis-tipis dan jemur dibawah terik matahari.
  7. Setelah kering goreng dengan minyak diatas api kecil.

3.Kerupuk Udang Keto

Bahan-bahan:

  • 100 gr tepung keto
  • 2 gr xanthan gum
  • 3 gr psylium husk
  • 2 gr himalaya salt
  • 1 gr garlic powder
  • 1 sdt penyedap
  • 2,5 gr baking powder
  • 1 buah telur
  • 20 gr udang rebon rendam dengan air hangat tiriskan dan haluskan
  • secukupnya Air
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kerupuk Udang mentah Keto:

  1. Campur semua bahan kering secara merata
  2. Masukkan udang tebon yang sudah dihaluskan
  3. Beri telur dan air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis
  4. Saya menggunakan pasta maker sehingga mesin yang mengaduk rata dan cetak
  5. Gunakan api sangat kecil untuk menggoreng. Jangan lupa dibolak balik agar panasa merata

Nutrisi dan Manfaat yang Terkandung Dalam Udang

Udang termasuk salah satu jenis makanan laut yang digemari banyak orang. Diolah dengan cara apa saja, seperti digoreng, dikukus, dibakar, maupun dijadikan salad, udang memang tetap enak untuk dikonsumsi. Bahkan udang juga sering dijadikan bahan tambahan dalam makanan lain, seperti kerupuk, bakwan, dan terasi.

Nah, buat kamu yang suka makan udang, sudah tahu belum, ini nutrisi dan manfaat yang terdapat di balik udang.

Walaupun berukuran kecil, namun ternyata nutrisi yang terdapat di dalam udang cukup banyak, mulai dari protein, kalsium, yodium, sampai asam lemak omega-3. Bila dibandingkan dengan makanan laut lainnya, kandungan merkuri dalam udang juga tergolong rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Nah, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam udang beserta manfaatnya untuk kesehatan:

  • Protein Untuk Pembentukan Sel Tubuh

Kandungan protein yang ada di dalam udang termasuk rendah lemak. Dalam 3 ons udang atau kira-kira 15-16 ekor udang besar, mengandung 101 kalori, 19 gram protein, namun hanya terdapat 1,4 gram lemak total. Protein dalam udang ini bermanfaat untuk membentuk sel tubuh.

Selain itu, asupan protein juga diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon, dan zat kimia lainnya dalam tubuh. Karena tubuh tidak memiliki persediaan protein, maka kamu perlu memenuhi kebutuhan protein setiap harinya melalui makanan.

Kebutuhan protein tiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia. Remaja pria dan pria dewasa yang aktif, misalnya, membutuhkan sekitar hampir 200 gram protein sehari yang bisa dipenuhi dalam tiga kali makan.

Sedangkan remaja wanita, wanita dewasa aktif, dan kebanyakan pria pada umumnya membutuhkan 170 gram protein per hari yang bisa dipenuhi dalam dua kali makan. Anak-anak, kebanyakan wanita dewasa dan lansia hanya membutuhkan protein sebanyak 140 gram setiap harinya yang bisa dibagi dalam dua kali sajian.

  • Yodium Untuk Membantu Produksi Hormon

Yodium merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh, namun hanya bisa didapatkan dari asupan makanan.  berperan penting untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

Tanpa asupan yodium yang cukup, kamu berisiko mengalami penyakit gondok, ketidaksuburan, penyakit autoimun dan terkena beberapa jenis kanker tertentu. Selain garam, udang juga merupakan pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan asupan yodium.

  • Kalsium Untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Di dalam udang juga terdapat kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Namun, enggak hanya itu saja, kalsium juga masih punya banyak manfaat lainnya, seperti memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf dan kemampuan pembekuan darah.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan sindrom pramenstruasi dan baik untuk menurunkan berat badan.Anda juga bisa simak cara membuat pisang crispy coklat mudah untuk menambah cemilan anda dirumah.

Orang berusia 9 tahun ke atas membutuhkan asupan kalsium sekitar 1000-1300 miligram per hari, sedangkan remaja wanita berusia 9-18 tahun hanya memerlukan sekitar 814 miligram saja setiap harinya.

  •  Asam Lemak Omega-3 Untuk Kesehatan Jantung

Sama halnya dengan ikan, udang juga merupakan makanan laut yang kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Nutrisi tersebut mampu menurunkan risiko sakit jantung dengan cara mengontrol kadar trigliserida. Selain itu, asam lemak juga bermanfaat untuk mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma serta baik untuk ibu hamil.

Nah, dengan mengonsumsi udang, kamu bisa mendapatkan sejumlah nutrisi di atas yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Tapi ingat, hindari mengonsumsi udang secara berlebihan ya, karena kandungan kolesterol dalam udang tergolong tinggi

 Peluang Usaha Kerupuk Udang

Peluang usaha kerupuk udang -Kerupuk udang menjadi salah satu makanan ringan yang memiliki bnayak penggemar. Kerupuk yang terbuat menggunakan udang ini disukai bagi banyak orang mulai anak kecil hingga orang dewasa. Suguhan rasa yang dihasilkan dari olahan kerupuk udang ini menawarkan cita rasa dengan gurih dan bertekstur sangat renyah.

Masyarakat Indonesia memang sangat menyukai kerupuk, hampir dalam bebagai kesempatan suguhan kerupuk ini tak pernah terlewatkan. Hidangan kerupuk udang ini seringkali dihidangkan sebagai bahan pelengkap untuk teman makan bakso, soto, mie dan lainnya.

Dari berbagai jenis kerupuk yang beredar di Indoenisa, jenis kerupuk udang merupakan paling banyak digemari. Kerupuk udang menjadi jenis kerupuk bercita rasa gurih dan harganya sangat terjagkau sehingga menjadi primadona. Dalam pembuatannya kerupuk udang dibuat menggunakan adona berbahan tepung tapioka yang ditambahkan udang giling, bumbu rempah dan penambah rasa.

Jenis udang yang digunakan dalam pembuatan kerupuk udang biasa menggunakan udang kecil atau dinamakan rebon. Kerupuk udang memang sangat popular hingga banyak disukai orang sebagai camilan ringan yang lezat dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Sajaian kerupuk udang ini memang menjadi salah satu menu yang tak boleh dilewatkan dalam berbagai kesempatan.

Demikian artikel Cara Membuat Kerupuk Udang Mentah Renyah.Semoga artikel saya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda,selamat mencoba.