Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk dan Tips-tips Mengolah Daging

cara memasak daging sapi biar empuk
Cara memasak daging sapi biar empuk memang membutuhkan waktu yang lama. Setidaknya butuh waktu lebih dari 2 jam. Tak terbayang kan berapa gas untuk kompor yang harus dipakai. 
Tapi, jika kamu tahu tekniknya, ada beberapa cara memasak daging sapi biar empuk yang dapat dilakukan supaya daging cepat empuk dan memasak otomatis jadi lebih cepat.
Itu sebabnya, banyak orang menghindari memasak daging saat membuat masakan yang praktis.
Daging butuh waktu yang lama sampai bisa empuk dan lembut. Sebenarnya ada daging jenis has dalam yang lebih mudah empuk. Tapi, daging ini punya harga yang cukup mahal.
Lalu bagaimana tips untuk cara masak daging sapi biar empuk?
Inilah cara memasak daging sapi biar empuk dan enak dinikmati.

Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

 

1. Potong daging melintang

Tata Cara Masak Daging Sapi Biar Empuk yang pertama adalah potong daging melintang. Cara memotong daging juga mempengaruhi empuk atau tidaknya. Nah agar daging bisa empuk, potonglah daging melawan alur urat dan seratnya.

 

2. Pukul-pukul daging

Cara lain agar daging sapi empuk yakni dipukul-pukul. Cara ini mampu melemaskan otot-otot daging sapi. Dengan cara dipukul-pukul serat-seratnya dapat lebih lembut dan empuk setelah dimasak.

Untuk alat pukulnya dapat menggunakan palu atau tangan kosong.

 

3. Beri bumbu

Tata cara masak daging sapi biar empuk selanjutnya adalah beri bumbu. Membumbui daging sapi sebelum dimasak ternyata bisa membuat daging sapi lebih empuk.

Apalagi bumbu yang banyak mengandung asam seperti cuka. Bahan itu membuat daging sapi tidak alot.

 

4. Atur suhu saat masak

Daging sapi yang dimasak terlalu matang akan membuat daging sulit dikunyah atau alot.

Untuk mendapatkan daging yang empuk masaklah daging dengan temperatur 145 derajat fahrenheit.

 

5. Masak perlahan

Tata cara masak daging sapi biar empuk yang terakhir adalah masak perlahan. Masak lah daing sapi secara perlahan.Daging dapat lebih empuk dan sedap jika dimasak secara perlahan.

Namun hati-hati jangan dimasak terlalu lama karena justru membuat daging lebih alot.

 

Tips Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk

 

1. Jahe

Ternyata jahe bisa digunakan untuk cara masak daging sapi biar empuk. Jahe mengandung enzim proteolitik atau protease yang dapat mengurai ikatan protein pada daging sapi.

Ketika protein di dalam daging sapi terurai, maka daging akan menjadi lebih empuk.

Pertama parut terlebih dahulu jahe, baru kemudian lumuri daging dengan parutan jahe dan diamkan selam 30 menit.

Setelah 30 menit barulah daging bisa kamu masak. Tapi ingat, agar tidak terlalu terasa jahenya, cuci dulu dagingnya sampai bersih.

 

2. Nanas

Nanas juga bisa digunakan untuk cara masak daging sapi biar empuk. Salah satu cara yang sudah sangat lama dikenal dapat mengempukkan daging adalah dengan menggunakan nanas.

Nanas mengandung enzim yang bernama bromelin, enzim ini juga tentu dapat mengurai ikatan protein.

Kamu bisa mencampur potongan daging dengan parutan nanas, tapi jangan teralu lama. Karena, saya pernah punya pengalaman, ketika akan membuat sate, saya mencampurkan potongan daging dengan parutan nanas.

Ketika mendiamkan daging terlalu lama bersama dengan parutan nanas, dagingnya menjadi benar-benar empuk ketika dipanggang. Bahkan, daging menjadi sangat tipis setelah matang, kebanyakan meleleh saat dipanggang.

 

3. Daun Pepaya

Selain nanas, kamu juga bisa menggunakan daun pepaya untuk mengempukkan daging saat dimasak nanti. Di dalam daun pepaya terdapat enzim papain yang juga dapat mengempukkan daging.

Cara menggunakan daun pepaya ini cukuplah mudah, kamu cuma perlu meremas daun pepaya muda kemudian membungkus daging menggunakan daun pepaya tersebut.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu cuci sampai bersih lalu tiriskan.

 

4. Buah Kiwi

Ya, buah kiwi memang merupakan salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging. Buah kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging jadi cepat empuk.

Caranya adalah dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kilogram daging biasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi, dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dimasak.

 

5. Kulit Pisang

Alternatif lain untuk mengempukkan daging adalah dengan menggunakan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang bisa membantu menguraikan protein dalam daging, sehingga daging bisa empuk lebih cepat.

Untungnya lagi, selain mengempukkan daging, kulit pisang juga bisa membuat daging yang diolah tidak kering dan tidak berubah cita rasanya.

Caranya adalah ambil saja beberapa kulit pisang, lalu tutupkan pada daging dan diamkan selama 30 menit – 1 jam.

3 Cara Memasak Daging Sapi  Biar Empuk

1. MENGOLAH DAGING DENGAN CARA DIREBUS

Pertama-tama potong daging bagian sandung lamur atau bagian perut, karena bagian ini biasanya lebih liat dan keras teksturnya. Mengolah daging bagian ini tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama agar daging menjadi lebih lunak.

Memotong daging pun jangan terlalu besar agar lebih cepat empuk dan bumbunya juga akan cepat meresap.

Jangan masukkan daging ketika air belum mendidih. Masukkan daging ketika air sudah mendidih, kemudian setelah daging mulai lunak, masak menggunakan api kecil hingga daging matang dengan sempurna.

2. MENGOLAH DAGING DENGAN CARA DITUMIS

Kalau kamu ingin memasak daging sapi dengan cara ditumis, pilihlah daging has dalam. Potong daging has dalam tersebut menjadi tipis, jangan  sampai terlalu tebal dan besar.

Sebelum ditumis, bumbui dulu dagingnya dengan garam, merica, dan minyak zaitun, baru kemudian masukkan daging ke dalam wajan.

Saat mulai menumis, gunakan api yang besar, agar tercipta suhu tinggi dan waktu menumis lebih cepat.

3. MENGOLAH DAGING DENGAN CARA DIPANGGANG

Cara mengolah daging dengan dipanggang lebih baik jika memilih bagian paha. Potong daging bagian paha tersebut dengan melawan serat dan dengan ukuran yang agak besar.

Rendam daging sapi yang sudah dipotong ke dalam bumbu selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, letakkan daging ke dalam wadah tahan panas dan masukkan ke dalam oven. Set oven pada suhu 190-200 °C dan waktu memanggangnya antara 2-3 jam.

4. MENGOLAH DAGING DENGAN CARA DIBAKAR

Bagian daging yang biasanya diolah dengan cara dibakar adalah daging has dalam. Setelah menyiapkan daging has dalam, potong kecil dan rendam di dalam bumbu selama 1-2 jam agar bumbu benar-benar meresap.

Tusuk daging menggunakan tusuk sate, satu tusuk bisa sampai 4 potong daging, tergantung pada ukuran potongan dagingnya. Setelah itu baru daging dibakar di atas bara api.

5. MENGOLAH DAGING DENGAN CARA DIGORENG

Pilihlah bagian daging has dalam dan rebus dalam air yang sudah diberi bumbu sampai benar-benar empuk. Setelah itu potong daging dengan ketebalan antara 1,2-2 cm, potonglah dengan melawan serat daging.

Setelah dipotong, pukul-pukul daging menggunakan pemukul daging. Lalu goreng dalam minyak yang banyak pada temperatur yang sedang.

 

Itulah tadi artikel tentang resep masak daging sapi biar empuk dan tips-tips mengolah daging yang bisa penulis usaharumahan.id berikan. Jangan lupa untuk simak artikel tentang resep makanan ringan sederhana.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu. Terima kasih.