Ingin Pekerjaan Bangunan Cepat? Pakai Aja Mesin Pemecah Batu

Hallo guys selamat datang di website ini pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pembangunan yang menggunakan alat mesin pemecah batu. Pada setiap daerah pastinya akan melakukan pembangunan dan setiap bangunan pasti menggunakan batu kan?

Nah pada kesempatan ini saya akan mengajak anda untuk membahas tentang mesin pemecah batu dan menganali lebih dalam tentang batu. Semoga bermanfaat dan silahkan disimak!

Batu

Mesin Pemacah Batu

Batu atau batuan ialah sekumpulan – sekumpulan atau agregat dari mineral-mineral yang telah dalam kedaan membeku/keras.

Batuan merupakan salah satu elemen kulit bumi yang menyediakan mineral-mineral anorganik melawati pelapukan yang selanjutnya menghasilkan tanah.

Batuan memiliki komposisi mineral, sifat-sifat fisik, dan umur yang beraneka ragam variasi. Jarang sekali batuan yang terdiri dari satu mineral, namun umumnya ialah gabungan dari dua mineral atau lebih.

Mineral merupakan suatu substansi anorganik yang mempunyai komposisi kimia dan struktur atom tertentu. Jumlah mineral banyak sekali macamnya ditambah dengan jenis-jenis kombinasinya.

Jenis Batu Secara Umum

  • Batuan Beku

Batuan beku atau batuan igneus adalah jenis batuan yang terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras, dengan atau tanpa proses kristalisasi, baik di bawah permukaan sebagai batuan intrusif (plutonik) maupun di atas permukaan sebagai batuan ekstrusif(vulkanik).

Magma ini dapat berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada, baik di mantel ataupun kerak bumi.

Proses Pelelehan Terjadi Oleh Salah Satu Dari Proses-Proses Berikut :
  • Kenaikan temperatur
  • Penurunan tekanan
  • Perubahan komposisi
  • Lebih dari 700 tipe batuan beku telah berhasil dideskripsikan, sebagian besar terbentuk di bawah permukaan kerak bumi.

Batuan sedimen

Batuan sedimen merupakanbatuan yang terbentuk di permukaan bumi pada kondisi temperatur dan tekanan yang rendah.

Proses Yang Dialami :
  • Pelapukan
  • Erosi,
  • Kemudian lapukannya diangkut oleh air, udara, atau es, yang selanjutnya diendapkan dan berakumulasi di dalam cekungan pengendapan, membentuk sedimen.
  • Material-material sedimen itu kemudian terkompaksi, mengeras, mengalami litifikasi, dan terbentuklah batuan sedimen.
  • Batuan metamorfik

Batuan beku ialah batuan hasil pendinginan dari magma (batu pijar). batuan sedimen merupakan batuan berlapis hasil proses pengendapan berbagai partikel mineral yang berasal dari batuan yang telah ada sebelumnya.

Sedangkan batuan metamorf atau disebut juga batuan malihan merupakan batuan yang berasal dari batuan beku atau batuan sedimen namun telah mengalami perubahan secara fisik dan kimiawi akibat adanya panas dan tekanan yang tinggi.

BERIKUT BATU TERMAHAL DIDUNIA YANG ANDA KETAHUI

1. JADEITE – HARGA : $ 3 JUTA / KARAT

Ini dia batu permata termahal didunia saat ini yang anda ketahui, Hingga bertahun belakangan ini Jadeite merupakan sebuah batu permata yang penuh misteri, namun setidaknya sumber utama batu ini yaitu berasal dari Guatemala serta beberapa juga ditemukan di Amerika walaupun memiliki warna putih dan juga keabu-abuan.

Rekor harga untuk sepotong Jadeite ini ditetapkan pada November 1997 yang terjual di Hongkong seharga $ 9.300.000. Sungguh luar biasa harganya tersebut.

2. RED DIAMOND – HARGA : $ 2 – 2,5 JUTA / KARAT

Ini dia batu permata termahal didunia saat ini yang anda ketahui, Hanya sedikit sekali jumlah berlian merah yang pernah ditemukan di bumi ini begitu juga yang pernah melihatnya batu tersebut.

Berlian merah dihasilkan di Argyle, tambang di Australia walau hanya ada dalam jumlah yang sangat sedikit. Berlian merah terbesar dan juga terbaik yang pernah ada dijual di pelelangan dengan harga jutaan dollar per karat.

3. SERENDIBITE – HARGA : $ 1,8 – 2 JUTA / KARAT

Ini dia batu permata termahal didunia saat ini yang anda ketahui adalah batu berharga yang amat mahal dari Sri Lanka. Batu ini terbentuk dari formulasi yang amat kompleks terdiri dari Kalsium, Aluminium, Magnesium, Boron,  Silikon dan juga Oksigen.

Sejauh ini hanya ada 3 yang ditemukan terdiri dari 0,35 karat, 0,55 karat dan juga 0,56 karat. Dua yang pertama ini ditemukan oleh spesialis batu langka D.P Gunasekeradan dibeli oleh Alm.

Profesor E.J. Gubelin dari Swiss. Batu yang terkecil dari permata ini terjual dengan harga yang sangat mewaah yaitu senilai $ 14.300 per karat.

4. BLUE GARNET – HARGA : $ 1,5 JUTA / KARAT

Spesies Garnet ditemukan dalam berbagai warna termasuk dari kuning, biru, merah, oranye,  hijau, ungu, coklat, hitam, merah muda dan juga tidak berwarna / bening.

Namun yang terlangka dari semua warnanya yaitu Garnet Biru. Ditemukan pada tahun 1990-an di Bekily Madagaskar dan pada akhir-akhir ini juga ditemukan di Amerika Serikat, Rusia serta Turki.

Batu ini berharga sangat mahal karena memiliki kemampuan untuk merubah warna dari biru ke hijau disiang hari dan juga menjadi ungu saat gelap yang diakibatkan dari jumlah vanadium yang relatif tinggi yang di kandungnya.

Permata ini yang paling mahal dijual pada tahun 2003, Garnet biru dengan bobot 4,2 karat dan terjual seharga $ 6,8 juta.

5. PAINITE – HARGA : $ 50.000 – 60.000 / KARAT

Permata ini pernah dipercaya sebagai mineral paling langka di bumi hingga sampai saat ini pun masih sangat-sangat langka. Mineralogis asal negara Inggris yang pertama sekali melakukan penelitian pada batu ini pada tahun 1950 dan juga permata ini pun dinamakan atas namanya yaitu Arthur C.D Pain.

Selama bertahun-tahun hanya ada 3 kristal Painite kecil yang diketahui dimana keberadaannya di bumi. Sebelum tahun 2005 ada kurang dari 25 kristal yang ditemukan pada saat itu, namun akhir-akhir ini negara Myanmar tempat dimana batu ini berasal sangat giat untuk melakukan penambangan untuk mencarinya kembali.

Nah itulah daftar batu permata termahal di dunia dengan harga jual yang sangat fantastis. Bagi anda pecinta ataupun kolektor batu permata asli bisa melengkapi koleksi batu permata anda dengan melihat koleksi batu permata yang kami jual.

Permata Star juga merupakan pusat penjualan batu permata terlengkap dengan berbagai koleksi.

Jika anda ingin mudah pakai mesin pemecah batu aja. Jadi bagi anda yang ingin usaha bebatuan dengan gampangnya dan simpelnya tinggal pakai mesin oemecah batu.

Mesin Pemecah Batu

Mesin Pemecah Batu

Mesin Pemecah Batu adalah sebuah mesin atau alat yang berfungsi untuk memecahkan batu menjadi batu koral atau batu split. Batu koral biasanya digunakan untuk keperluan konstruksi rumah, jalan, bangunan gedung, dan konstruksi bangunan lainnya.

Tingginya keperluan batu koral atau split seiring pesatnya pembangunan rumah, gedung, dan jalan, ini menandakan berbisnis pecahan batu semakin prospektif.

Cara Kerja Mesin Pemecah Batu :

Stone Crusher dari menggunakan mesin diesel PS 100 ex, kondisi bagus. Sebelum mesin dinyalakan, diperhatikan untk mensortir batu yang akan dimasukkan ke dalam mesin.

Batu yang berukuran sebesar kelapa kecil saja yang bisa masuk ke mesin ini. Kemudian mesin pemecah batu dinyalakan, dan batu -batu dimasukkan ke dalam gilingan batu tersebut.

Batu akan terpecah menjadi beberapa bagian. Kemudian akan tersortir ke dalam beberapa mesh dengan ukuran diameter 8 cm, 6 cm, 4 cm dan 2 cm.

Fungsi / Kegunan Mesin Pemecah Batu :

  • Untuk memecah batu menjadi batu split kecil yang mempunyai ukuran yang telah ditentukan.
  • Untuk membuat batu split sebagai bahan bangunan.

Kelebihan Mesin Pemecah Batu

  • Mesin Bertenaga Dan Kuat.
  • Mesin Mobile Dan Praktis.
  • Penunjang Usaha Konstruksi.
  • Prospek Sangat Bagus Kedepannya.
  • Menghemat Tenaga, Waktu, Pikiran, Dan Uang.
  • Mesin Mudah Dipahami Dan Mudah Digunakan.
  • Dibuat Dari Bahan Material Berkualitas Terbaik.
  • Dukungan Teknisi Handal Dan Suku Cadang Terbaik.
  • Konsultasi Harga, Usaha, Dan Kebutuhan ( Budget ).
  • Mesin Sangat Andal Dan Awet.
  • Mesin Bergaransi.
  • Training Gratis.
  • Efektif Dan Efisien.

Sekian dari tentang mesin alat pemecah batu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Mengetahui Cara Mengusir Kecoa Supaya Tidak Balik Lagi Dengan Berbagai Refrensi Cara

Halo guys selamat datang di website pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengusir kecoa secara alami. Nah gimana tuh menurut kalian yang belum merdeka dari kecoa.

Pastinya kalian bingung kan dengan kecoa yang ada pada rumah kalian. Mungkin kalian akan berpikir gimana sih cara mengusir kecoa secra alami biar dia nggak balik lagi kesini.

Bagi kebanyakan orang juga berpikir bagaimana sih cara mengusir serangga yang satu ini. Disini kita juga akan bahas banyak macam tentang kecoa dan cara mengusir kecoa secara alami. Nah oleh karena itu simak artikel berikut.

Kecoa

Cara Mengusir Kecoa Secara Alami

Sebagian dari spesies kecoa mempunyai ukuran sebesar ibu jari manusia. Akan tetapi ada beberapa diantaranya mempunyai ukuran yang lebih besar.

Kecoa terberat di dunia merupakan persilangan dari kecoa raksasa Australia dan kecoa Macropanesthia, yang mampu mencapai ukuran 9 cm (3,5 inci) dan beratnya lebih dari 30 gram (1,1 oz).

Ukuran yang sebanding ialah kecoa yang berasal dari Amerika Tengah Blaberus giganteus. Kecoa ini akan mampu tumbuh dengan panjang yang sama.

Spesies kecoa yang juga besar ialah Megaloblatta longipennis, yang mampu mencapai panjang 97 mm (3,8 inci) dan 45 mm (1,8 inci).  Spesies Amerika Tengah dan Selatan, Megaloblatta blaberoides, mempunyai lebar sayap besar sampai ukuran 185 mm (7,3 inci).

Kecoa merupakan serangga umum yang paling banyak ditemukan. Hanya membutuhkan sedikit adaptasi khusus, dan mungkin termasuk golongan serangga neopteran hidup yang sangat primitif.

Mereka mempunyai kepala yang bisa dikatakan kecil, tubuhnya yang lebar dan rata, serta sebagian besar spesies berwarna coklat kemerahan sampai coklat gelap. Mereka mempunyai mata majemuk yang besar, dua oselus, dan antena panjang yang bersifat lentur.

Mulut mereka terletak pada bagian bawah kepala dan termasuk mandibula yang berguna sebagai mengunyah, kelenjar ludah dan bermacam reseptor sentuh dan perasa.

Tubuh mereka dibagi menjadi tiga segmen toraks serta sepuluh segmen perut. Permukaan luar mempunyai eksoskeleton yang keras yang mengandung kalsium karbonat guna untuk melindungi organ-organ dalam dan memberikan perlekatan pada otot.

Sayap mereka memiliki lapisan semacam lilin tidak tidak mudah terkena air. Sayap-sayap ini juga melekat pada bagian segmen toraks kedua serta ketiga.

The tegmina atau sepasang sayap pertama, yang tangguh dan protektif, berguna untuk perisai di atas sayap belakang membran. Sayap tadi digunakan untuk terbang dan perisai.

Keempat sayap mempunyai percabangan longitudinal bercabang dan multiple cross-vein.

Habitat Dan Lingkungan Hidup

Kecoa mempunyai jumlah yang sangatlah banyak jumlahnya di seluruh dunia dan hidup di bermacam lingkungan, terutama di daerah tropis dan subtropis. Kecoa mampu bertahan pada suhu yang amat dingin dan memungkinkan mereka untuk hidup di Arktik.

Beberapa spesies dari kecoa dapat bertahan dari suhu −188 ° F (−122 ° C) dengan membuat antibeku yang berasal dari gliserol. Di Amerika Utara, 50 jenis spesies yang terpisahkan menjadi lima familia ditemukan pada seluruh benua.

450 spesies didapatkan dari Australia. Hanya kurang lebih sekitar empat spesies yang tersebar luas yang umumnya dianggap sebagai hama. Banyak juga orang beranggapan kecoa merupakan serangga yang harus diusir dan dimusnakan.

Namun setiap keluar pola pikir tersebut mereka akan timbul juga pertanyaan gimana ya cara mengusir kecoa. Ini merupakan pemikiran yang menarik dan lucu juga ya.

Kecoa menempati berrmacam habitat. Banyak yang hidup di selipan daun, di diantara batang-batang tumbuhan yang kusut, di dekat kayu yantg membusuk, ditempat yang berlubang, di rongga-rongga dekat bawah kulit kayu, di bawah tumpukan kayu dan di antara puing-puing.

Beberapa dari mereka tinggal di daerah kering dan sudah mengembangkan mekanisme guna untuk bertahan hidup tanpa akses ke sumber air. Lainnya akuatik, hidup di dekat daerah permukaan badan air, termasuk bromeliad phytotelmata dan menyelam ke air demi mencari makan.

Sebagian besar pernapasan mereka terjadi dengan menusuk permukaan air dengan ujung perut yang berperan sebagai snorkel. Namun dari kecoa beberapa membawa gelembung udara di bawah perisai toraks apabila mereka ingin menyelam.

Ada sebagian jenis kecoa yang tinggal di kanopi hutan di mana mereka mampu menjadi salah satu jenis utama invertebrata yang ada. Di sana mereka mungkin bersembunyi di siang hari.

Tempat mereka bersembunyi didekat celah-celah, di antara daun-daun mati, di sarang burung dan serangga atau di antara epiphytes yang muncul saat malam hari untuk mencari makan.

Reproduksi Dari Kecoa

Kecoa memakai feromon sebagai penarik pasangan dan jenis jantan berlatih guna ritual perkawinan, semacam sikap dan stridulasi.

Seperti kebanyakan serangga, pasangan kecoa saling menjauh satu sama lain dengan alat kelamin mereka supaya berkomunikasi dan perkawinan dapat diperpanjang.

Beberapa spesies dikenali partenogenesis, yakni bereproduksi tanpa memerlukan jenis jantan. Kecoa betina terkadang tampak membawa telur pada ujung abdominalnya.

Kecoa Jerman menyimpan sekitar 30 hingga 40 telur yang panjang dan tipis dalam sebuah kasus yang didapat disebut ootheca. Dia menjatuhkan telur-telur tersebut ketika hendak menetas.

Kapsul telur dapat menyita waktu lebih dari lima jam gunannya untuk bertahan dan awalnya memilik warna putih cerah. Telur-telur itu menetas dari tekanan gabungan dari tukik mereka yang mampu menelan udara.

Para tukik sebelumnya ialah nimfa putih cerah dan terus menggelembungkan diri dengan udara. Selanjutnya menjadi lebih keras dan lebih gelap hanya membutuhkan waktu kira – kira empat jam.

Tahap putih ketika mereka hendak menetas dan kemudian saat molting membuat kecoa menjadi albino dengan sekejap. Pengembangan dari telur ke kecoa dewasa memakan waktu tiga hingga empat bulan.

Kecoa mampu hidup sampai satu tahun dan kecoa betina mampu menghasilkan sampai delapan periode pengeluaran telur seumur hidupnya. Pada saat kondisi yang menguntungkan, ia mampu membuahkan 300 sampai 400 anak.

Namun, spesies kecoa lain bisa menghasilkan lebih banyak telur. Dalam beberapa jenis, kecoa betina hanya butuh melakukan sekali perkawinan supaya bisa bertelur selama sisa hidupnya.

Jenis – Jenis Kecoa Yang Ada Di Indonesia:

  • Kecoa Australia

Inilah jenis kecoa yang paling sering menyerbu rumah – rumah kita. Kecoa Australia mempunyai tubuh berwarna coklat muda. Panjangnya sendiri mampu mencapai panjang 27 mm hingga 33 mm.

  • Kecoa Amerika

Jika anda melihat kecoa dengan ukuran besar, maka kemungkinan besar itu bisa jadi itulah jenis kecoa Amerika. Binatang ini mempunyai panjang mulai dari 35 mm sampai 40 mm. Tidak seperti kecoa Australia, jenis ini mempunyai warna tubuh coklat tua kemerahan.

  • Kecoa bergaris coklat

Mempunyai panjang sekitar 10 mm sampai 14 mm, kecoa bergaris coklat memang bisa dikatakan sangat jarang ditemukan di rumah. Kecoa ini mempunyai gambar garis berwarna kuning di sepanjang atau sekujur perut.

  • Kecoa Jerman

Kadang kamu akan menemukan kecoa yang agak sedikit berbeda karena mempunyai warna kuning pada bagian badannya. Itulah yang disebut kecoa Jerman.

Jenis kecoa Jerman dikatakan amat sangat lebih berbahaya dalam menyebarkan penyakit di rumah. Ciri – ciri pada kecoa ini di antara lain mempunyai dua garis melintang berwarna gelap dan panjang kurang lebih 10 mm sampai 15 mm.

Cara Mengusir Kecoa Secara Alami

Ya, banyak orang yang merasa sangat jijik dengan adanya kehadiran kecoa di rumah. Bukan hanya karena bentuknya saja yang mengerikan, namun hewan ini pun memiliki banyak kuman dan bakteri.

Perlu di ketahui bahwa di sekujur badan kecoa banyak tersimpan kandungan kuman, bakteri, kotoran, dan sebagainya. Bahkan pada dalam tubuhnya pun sering dikatakan terkandung cacing halus yang mengandung sangat banyak penyakit.

Selain itu, ada pula hal cukup mengerikan yang perlu kamu tahu tentang kecoa. Ternyata ada 4.000 spesies kecoa di dunia dan ada di untung cuma ada 4 jenis kecoa di Indonesia. Pasti nggak kebayang kan kalau 4.000 jenis ini menyerbu Indonesia.

Bagaimana cara mengusir kecoa secara alami yang paling tepat? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Saya akan memberikan 1 tips yang wajib diikuti yakni

Jangan pernah membunuh kecoa dengan cara menggepengkannya atau memukulnya sampai gepeng. Itu akan mengakibat seluruh racun serta cacing pita di dalam tubuhnya keluar, menempel, lalu akan bertebaran dan menyebar di seluruh penjuru rumah.

Setidaknya akan lebih baik apabila memakai bahan pembasmi kecoa alami atau bisa disebut cara mengusir kecoa secara alami dan trik lainnya seperti yang berikut ini.

Cara Mengusir Kecoa Secara alami

  • Gunakan Daun Salam

Daun alam adalah daun rempah yang mempunyai aroma yang sangat wangi. Itu sebabnya daun salam mempunyai sebutan bay leaf  dan kerap dijadikan campuran berbagai bumbu dasar masakan yang enak dan sedap.

Di sisi lain ternyata kecoa sangat tidak menyukai aroma dari dan salam. Oleh sebab itu, kamu bisa memakainya dan menyebutnya sebagai trik cara mengusir kecoa dari rumah.

Kamu hanya perlu mengambil daun salam yang telah kering, setelah itu remukkan dan tebarkan di tempat tongkrongannya atau sarang kecoa. Jangan lupa menempatkan daun salam di area rumah yang sering dilintasi hewan kecil ini.

  • Gunakan Aroma Bubuk Kopi Segar

Selain punya cita rasa yang enak, bubuk kopi pun mempunyai aroma yang wangi dan menyengat. Kamu yang suka dan menjadi pecinta minuman kopi bisa memanfaatkannya sebagai trik dasar cara mengusir kecoa, lho!

Mudah saja, kamu hanya cuma menaburkan bubuk kopi di ruangan kaya dapur, kamar mandi, atau area lainnya yang sering dilewati kecoa. Ingat, kopi yang dipakai ialah bubuk hitam ya, bukan kopi yang sudah dicampur gula, susu, ataupun krimer. Nanti malah kecoa nya datang terus pada ngopi dong. Wkwkwk.

  • Potongan Mentimun

Trik untuk cara mengusir kecoa lainnya ialah menggunakan timun. Timun yang segar mampu juga menjadi bahan mematikan bagi kecoa lho! Siapkan beberapa buah kaleng bekas dan potongan timun guna membuat perangkap kecoa sederhana.

Bisa dikatakan, aroma timun dan kaleng yang bercampur mampu bereaksi dan membunuh kecoa yang terperangkap dan masuk di dalamnya. Buat beberapa perangkap kecoa ini di daerah sekitar dapur ataupun area luar rumah ya!

  • Perasan Dari Lemon

Minum air jeruk lemon dingin ditambah gula batu benar – benar enak dan seger, nih! Selain enak dan seger diminum, lemon pun sangat ampuh sebagai pembersih berbagai macam kotoran dari alat makan maupun masak.

Tidak hanya itu pula ternyata, lemon juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengusir kecoa dari rumah. Lemon mempunyai kandungan pathogenic alias anti bakteri.

Itu sebabnya, kamu bisa mencampurkan perasan lemon ke dalam air untuk mengepel lantai rumah. Aha, sangat mudah ya!

Pola Hidup Untuk Kecoa Tidak Datang Lagi

Selain cara mengusir kecoa secara alami diatas, kita juga harus mengubah pola hidup kita supaya mencegah kembalinya kecoa bersarang di rumah kita. Berikut merupakan pola hidup yang akan kita bahas.

  • Menjaga kebersihan dan kerapihan

Apabila barang yang ada dirumah kita tersusun dan tertata secara rapi serta teratur otomatis akan lebih mudah untuk dibersihkan.

  • Penyimpanan makanan

Simpanlah makanan pada wadah yang tertutup rapat atau di dalam lemari es, hal ini akan menyebabkan aromanya tidak mengundang kecoa dan serangga masuk.

  • Pakailah Tempat Sampai Yang Tertutup

Untuk mengurangi tersebarnya aroma makanan yang mulai membusuk gunakanlah tempat sampah yang tertutup.

  • Membuang Sampah

Buanglah sampah secara berkala serta teratur sebelum pada akhirnya menumpuk dan menyebabkan aroma yang mengundang kecoa, lalat atau hingga tikus dan berberapa serangga lainnya.

  • Tutuplah Sumber Air

Ingat untuk Selalu menutup sumber air seperti saluran air, dan wadah air yang terbuka. Kecoa hanya bisa bertahan hidup selama satu minggu tanpa air.

Jadi kesimpulannya kita sebaiknya mencegah sebelum kecoa masuk ke dalam rumah. Artikel saya pada kali ini hanya memeberi cara untuk mengusir kecoa secara alami saja .

Karena cara mengusir serangga kecil ini merupakan bentuk pengusirannya saja bukan pencegahannya. Hal ini layaknya kata pepatah “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Jadi sebaiknya kita mengubah pola hidup kalian.

Oke kawan hanya itu saja yang mampu saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan rumah kalian bersih tanpa ada kecoa sedikit pun. Dan sampai jumpa

Cara Membuat Mainan Tradisional Yang Mudah Gampang Dan Membuat Kita Inget Zaman Dululah Pokoknya

Selamat di website saya pada kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mainan tradisional yang mudah. Eits, tidak berhenti disitu saya juga akan mengajak sobat semua untuk mengingat permainan ini sekalian nostalgia.

Yah bagi kita yang bukan kelahiran anak gorengan (kelahiran 2003 kebawah) cuma bisa nostalgia karena adanya perkembangan zaman. Perkembangan ini juga diikuti dengan perkembangan teknologi secara tidak langsung menggeser keberadaan permainan tradisional.

Okelah langsung ke materi cara membuat mainan tradisional yang mudah berikut lengkapnya.

Permainan Tradsional

Cara Membuat Mainan Tradisional

Saat ini jarang sekali kita melihat anak-anak zaman now bermain permainan tradisional. Lalu apasih yang dimaksud dengan permainanan tradisional dan apa juga yang dimaksud dari kalimat cara membuat mainan tradisional yang mudah?

Permainan tradisional ialah sebuah kekayaan budaya yang sebaiknya bisa dimainkan oleh anak zaman sekarang tanpa harus ada gadget. Namun hal ini tergeser dengan akibat dari berbagai permainan yang bisa diunduh secara online di komputer atau gadget.

Mainan tradisional sebenarnya lebih mendidik dari pada mainan yang dimainkan secara electronic maupun dalam bentuk digital. Karena mainan yang dibuat secara tradsional merupakan sebuah permainan yang akan membuat anak menjadi orang yang aktif kelak saat ia dewasa.

Dari pernyataan diatas pasti akan timbul dibenak anda kenapa mainan tradisonal membuat seseorang akan menjadi orang yang aktif? Karena sebelum bermain kita akan menimbulkan sebuah pola pikir tentang bagaiman cara membuat mainan tradisional yang mudah tersebut.

Nah dari jawaban diatas mainan tradisonal juga akan membuat sebuah sosialisasi yang tinggi karena dimainkan dengan cara bekerjasama maupun invidu kepada pihak lawan.

Berikut ini merupakan refrensi, cara bermain, manfaat, dan cara membuat mainan tradisional yang mudah menggunakan alat.

Cara Membuat Mainan Tradisional YAng Mudah

  • Engklek

Permainan yang mengharuskan si pemain untuk melempar koin atau gacuk pada kotak dengan cara berurutan. Pada kotak yang ditandai dengan lemparan gacuk, pemain dilarang menginjaknya.

Pemain wajib melewati kotak dan ketika saat kembali ke garis awal ia harus mengambilnya kembali. Setelah itu dilemparkan kembali pada kotak setelahnya. Pemain akan kalah dan berganti giliran apabila ia melanggar aturan, misalnya gacuk dilempar tidak sesuai kotak, menginjak garis, dan lainnya.

Cara membuat mainan tradisional yang mudah jenis ini gampang yakni tinggal menggambar kotak – kotak pada tanah dengan ukuran sedikit luas.

  • Dakon Atau Congklak

Sebetulnya permainan ini bukanlah berasal dari Indonesia. Beberapa ahli sejarah mengklaim bahwa dakon ialah sebuah permainan yang dibawa oleh pedagang Arab ke Indonesia.

Ada juga yang mengklaim bahwa congklak berasal dari Mesir dan telah ada sejak 15 abad sebelum masehi. Di Indonesia sendiri, permainan ini banyak dimainkan oleh anak- anak gadis pada zaman dahulu.

Cara memainkan dakon sangatlah mudah. Dakon mempunyai tempat lonjong pipih yang dibuat dari kayu, plastik, hingga logam yang diberi lubang dengan jumlah 12. Lubang tersebut akan diisi dengan kecik.

Kerikil, biji sawo ataupun biji – bijian bisa dijadikan kecik,namun kecik sekarang sudah ada ketika kita membeli congklak. Permainan ini dimainkan dua orang dan dilakukan secara bergantian saat gilirannya tiba.

Cara Memainkannya

Seseorang pemain akan mengambil kecik dari salah satu lubang, selanjutnya itu membagikannya pada setiap – setiap lubang secara satu persatu kecuali lubang “tabungan” milik lawan.

Kecik terakhir yang jatuh pada lubang yang mempunyai isi harus dipungut kembali dan disebarkan secara satu per satu lagi. Apabila jatuh pada lubang kosong maka kecik yang berada di lubang yang berada di sisi berlawanan akan menjadi milik pemain tersebut.

Berikut ini merupakan proses cara membuat mainan tradisional yang mudah jenis congklak sederhana. Lakukan kegiatan berikut :

Bahan :
  • Kardus bekas
  • 8 gelas plastik minuman kemasan
  • Double tape
  • Pewarna cat air jika ingin mewarnainya
  • Kuas
Cara Membuat Mainan Tradisional Yang Mudah Jenis Congklak Sederhana
  1. Potong gelas plastik minuman kemasan sampai sepertiga atau seperempat bagian dari bawah sebagai pembentuk lubang papan kecil congklak.
  2. Lubang papan tabungan bisa di dapat dari bagian gelas atas.
  3. Tempelkan semua potongan tersebut menggunakan double tape.
  4. Cat menggunakan kuas untuk daya tarik
  5. Keringkan lalu cokngklak pun bisa dimainkan.
  • Egrang

Egrang ialah rang sebuah alat permainan yang dibuat dari bambu. Cara membuat  mainan tradisonal egrang cukup mudah. Tinggal menggunakan bambu lalu buat pijakannya. Jika egrang telah siap maka mereka akan berkompetisi dengan teman – temannya.

Barangsiapa yang mampu berjalan paling cepat di atas egrang maka dialah seorang pemenangnya. Di beberapa daerah, sebagai pemenang egrang ia akan memperoleh perlakuan yang istimewa dari teman – teman yang dikalahkan.

Sampai sekarang egrang belum benar – benar punah, malahan sering dilombakan untuk peringatan kemerdekaan RI.

  • Layang – Layang

Ketika saat musim kemarau tiba, anak – anak di desa akan mulai berlomba – lomba membuat layang – layang dan memainkannya di tanah lapang atau persawahan yang kosong pasca panen.

Bahkan saking kreatifnya, jika mereka tidak mempunyai alat dan bahan yang memadai mereka akan membuat dari plastik bekas. Pemandangan ini tentunya sekarang sudah sangat familiar sekali dijumpai terutama di perkotaan.

Sekarang permainan layang – layang banyak ditemui di pantai, terutama di daerah Bali. Layang – layangpun sudah edit dan dibuat sangat cantik dan menarik. Di daerah – daerah pedesaan sudah sangat jarang sekali, walaupun ada tetapi tidak sebanyak zaman dahulu.

Bahkan dahulu, jika ada layangan putus saja anak – anak rela demi mengejar dan menemukannya dan barangsiapa yang mendapatkannya dulu itulah pemilik barunya. Yuk kita bikin layang – layang.

Cara Membuat Mainan Tradisional YAng MUdah Jenis Layang – Layang

Bahan :
  • 1 potong bambu tipis dengan lebar dengan ukuran 1 cm dan panjang ukuran 80 cm.
  • 1 potong bambu tipis dengan lebar ukuran 1 cm dan panjang ukuran 40 cm.
  • Kertas tissue atau kertas minyak ukuran sesuai dengan ukuran bambu
  • Spidol
  • Pita gulungan sedikit tebal.
  • Tali atau benang
  • Gunting
  • Isolasi
  • Meteran
Langkah-Langkah Cara Membuat Mainan Tradisional Jenis Layang – Layang :
  1. Letakkan kedua bambu dengan bentuk menyilang dan titik pertemuan pada
    1/3 dari bambu yang paling panjang.
  2. Rekatkan kedua bambu tersebut dengan memakai tali atau benang.
  3. Ikat dan hubungkan ke empat ujung bambu menggunakan tali atau benang
    hingga berbentuk wajik. Sekarang rangka layang-layang selesai, selanjutnya
    letakkan rangka layang-layang tersebut diatas kertas.
  4. Tandai kertas tersebut menggunakan spidol sampai mengikuti bentuk
    rangka layangan.
  5. Tambahkan ekstra 2.5 cm sebagai garis potongan.
  6. Gunting kertas tadi mengikuti garis potongan, pada bagian kertas kearah belakang, lalu rekatkan pada rangka dengan memakai isolasi.
  7. Untuk sebagai penyeimbang, tambahkan ekor dari tali atau benang sepanjang
    sekitar 1 meter, ikatkan pada bagian bawah layang-layang.
  8. Langkah slanjutnya tambahkan guntingan kertas untuk mempercantik.
  9. Buatlah lubang di tengah-tengah layangan (dekat dengan tempat
    penyilangan bambu rangka) masukkan tali maupun benang layangan ke
    lubang dan ikatkan ke titik persilangan.
  10. Selanjutnya ikatkan ujung yang lain ke ujung bawah rangka layangan ( panjang tali sekitar 90cm)
  11. Layangan pun siap dimainkan tinggak beri tali sebagai pengulurnya.
  • Meriam Bambu

Meriam bambu ialah mainan tradisional yang umumnya dimainkan pada saat bulan Ramadhan (bulan puasa). Mainan meriam bambu sudah mulai sangat jarang dimainkan di perkotaan.

Namun di beberapa daerah mainan ini masih populer dimainkan oleh anak-anak terutama pada saat bulan Ramadhan.

Walaupun ada beberapa varian dari bahan yang dipakai saat permainan meriam bambu, jenis meriam bambu yang saat ini kita bahas ialah hanya meriam bambu yang menggunakan bahan bakar minyak tanah.

Cara Membuat Mainan Tradisional Yang Mudah Jenis Meriam Bambu

Alat :
  • Bambu
  • Gergaji
  • Linggis atau kayu yang ujungnya telah ditajamkan
  • Bor dengan mata 15 mm atau pahat setengah inch untuk membuat lubang
Bambu :
  • Meriam bambu
  • Minyak tanah untuk bahan bakar
  • Corong sebagai alat untuk memasukkan minyak tanah
  • Lampu minyak atau lilin untuk sumber api
  • Bilah pemicu berupa potongan kayu kecil
  • Korek api
Cara Membuat Mainan Tradisional Yang Mudah Jenis Meriam Bambu :
  1. Pilihlah bembu yang besar serta tebal (umumnya jenis bambu betung) yang mempunyai diameter minimal 10 cm. Sebaiknya dipilih bambu segar (belum lama ditebang) yang agak tua (bambu muda lebih mudah menciut dan berubah bentuk jadi mudah pecah).
  2. Tentukan ruas bambu yang akan dijadikan ujung meriam. Pastikan bagian bambu yang akan dijadikan meriam tidak mempunyai kecacatan seperti berlubang atau pecah.
  3. Potong pada bagian pangkal meriam dengan jarak sekitar 2 cm dari ruas pangkal. Potong bambu sepanjang sekitar 1,5 meter (150 cm).
  4. Pakai linggis atau kayu yang diruncingkan untuk membobol sekat-sekat ruas bambu dimulai dari bagian ujung yang meriam, berikan sisa pada sekat ruas terakhir di pangkal meriam. (Tips: anda dapat menggunakan balok pemukul sebagai pembobol ruas-ruas bambu).
  5. Buat lubang pemicu di permukaan bambu pada jarak sekitar 8 cm dari ruas pangkal meriam. Untuk membuat lubang ini, anda bisa memakai bor (ukuran 15 mm atau lebih) atau secara tradisional memakai gergaji dan pahat 1/5 inch (ukuran antara 15mm x 15 mm atau lebih).
  • Sepak Bola Api

Dari namanya saja sudah tampak sangar ya guys. Eits tunggu dulu permainan ini harus dimainkan dengan hati – hati ya gus bagi kids zaman now. Karena permainan anak zaman dahulu tidak peduli tentang permainan yang mereka mainkan. asalkan mereka happy itu sudah cukup.

Sepak bola api ini dimainkan layaknya permainan futsal. Namun dimainkan ditanah lapang yang tidak ada benda yang mudah terbakar. Permainan ini juga lebih sering dimainkan oleh santri di pesantren.

Bola yan g dibuat ialah batok kelapa yang disiram minyak tanah dan dibakar. Lalu dimainkan layaknya sepakbola. Disini juga ada kiper lho guys, ini merupakan permainan keren – keren bahaya yah.

Okee guys tadi itu merupakan refrensi dari cara membuat mainan tradisonal yang mudah dan sekarang ada yang mulai punah dan ada juga masih dimainkan hingga kini seperti layang – layang.

Nah jadi disini kita seharusnya melestarikan permainan zaman dulu buka sebuah permaian yang berbentuk digital maupun online. Karena permaian yang dimainkan secara tradisonal lebih bermanfaat dari pada permainan modern kini.

Oke itu saja dari saya semoga bermanfaat bagi anda para pembaca ya. Dan sampai jumpa.

 

Pembelajaran Cara Ternak Kambing Etawa Mudah Dan Irit

Di negara Indonesia, peranakan dan pembibitan serta cara ternak kambing etawa sudah di mulai sejak lama dengan pusat pembibitan terbesar ada di wilayah Kaligesing, Purworejo dan juga Kecamatan Gumelar, Banyumas, provinsi Jawa Tengah.

Di daerah lain, sentra-sentra perenakan etawa (PE) juga mulai berkembang dengan baik, misalnya di Bogor, Sukabumi, Lampung, Banyuwangi, Palembang, dan juga Bandung.

Kambing etawa adalah salah satu jenis ternak unggul yang dapat memberikan keuntungan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya.

sebelum kita membahas tentang cara ternak etawa alangkah baiknya kita mengetahui jenis-jenis kambing etawa. Berikut Penjelasannya.

Jenis Kambing Etawa

Cara Ternak Kambing Etawa

Secara umum jenis kambing etawa hanya berupa satu macam saja, akan tetapi berdasarkan kelas, ciri ciri fisik, dan hasil kawin silang (pembibitan), saat ini kambing etawa bisa digolongkan dalam banyak jenis, yakni Etawa Senduro, Etawa Kaligesing, dan Etawa Super.

  • Kambing Etawa Kaligesing

Nama kambing ini diambil dari daerah sentranya, yakni Kaligesing – Purworejo. Jenis kambing ini merupakan hasil persilangan kambing jenis lokal dan kambing ras keturunan India.

Kambing yang satu ini cenderung memiliki bulu yang lebat serta memiliki warna dominan putih,hitam,coklat, bercak/ dalmatian,serta belang.

Jenis kambing etawa kaligesing merupakan salah satu kambing dengan kualitas tinggi. Kambing etawa kaligesing bisa dijadikan sebagai hewan ternak kontes serta penghasil susu kambing etawa.

  • Kambing Etawa Senduro

Awal mulanya Kambing etawa senduro adalah hasil pengembangbiakan ternak yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur, tepatnya berada di kecamatan Senduro, kawasan dekat dengan lereng gunung Merapi.

Pemberian nama Senduro tidak terlepas dari peristiwa bencana gunung berapi yang melanda desa Lumajang.

Ciri khusus kambing Senduro adalah adanya warna bulu putih menyeluruh pada seluruh bagian tubuh kepala dan kaki.

  • Kambing Etawa Super

Etawa super menjadi primadona bagi para pecinta dan peserta kontes kambing. Kambing ini memiliki tubuh besar, mudah dipelihara dan tentunya harga jual yang tinggi.

Cara Ternak Kambing Etawa

  • Pemilihan Bibikan Indukan

Tahap awal yang perlu diperhatikan ketika anda mempraktekan cara ternak kambing etawa ini adalah pemilihan bibit (anakan atau indukan) yang berkualitas baik.

Kambing etawa yang baik untuk dijadikan pejantan adalah ternak yang memiliki postur punggung yang lurus, besar, kaki kokoh, tidak ada cacat fisik, serta sudh berumur lebih dari 1,5 tahun.

Sedangkan kambing betina yang baik untuk dijadikan indukan memiliki ciri berkaki lurus, bentuk tubuh proporsioal, bersikap jinak, memiliki jumlah puting lengkap dan jika diraba terasa kenyal, serta kambing bebas dari penyakit.

Semakin panjang telinga kambing, berarti semakin bagus kambing tersebut. Obervasi juga apakah kebanyakan cempe dalam kandang tersebut memiliki tulang-tulang yang kokoh dan besar.

  • Persiapan Lokasi Ternak

Untuk menggeluti usaha kambing etawa satu persyaratan yang wajib dipertimbangkan adalah lingkungannya.

Kandang berfungsi sebagai tempat habitat hidup kambing, melindungi dari ancaman pemangsa (misal ular dan anjing), serta perubahan cuaca (hujan dan panas).

Dan kandang juga salah satu masalah yang dapat menentukan tingkat keberhasilan dalam sebuah usaha ternak Kambing.

Kandang yang memiliki sanitasi kesehatan yang baik merupakan salah satu faktor kesuksesan bisnis peternakan yang kita lakukan.

Kandang kambing sebaiknya dibuat dari bahan yang kuat serta murah, cukup lubang ventilasi, tempat makanan yang mudah dijangkau, memiliki alur sirkulasi kotoran dan dijangkau oleh sinar matahari untuk mengurangi kondisi kandang yang lembab.

Oleh karena itu, dalam pembuatan kandang kambing, bentuk dan model yang dipakai adalah menyerupai rumah panggung yang alasnya terbuat dari papan kayu, dimana tinggi alas kandang dari tanah sekitar 0,5 meter.

Pada umumnya, seekor kambing membutuhkan luas tempat sekitar 1 m x 1,5 m = 1,5 m2. Sehingga jika anda berencana untuk memelihara 10 ekor kambing, maka luas kandang yang dibutuhkan sekitar 15 meter persegi.

Ukuran Kandang Untuk Cara Ternak Kambing Etawa

yang Biasa Digunakan Untuk cara ternak kambing etawa Adalah Sebagai Berikut:

  1. Kambing beranak: 120 cm x 150 cm per ekor
  2. Sedangkan kambing indukan: 100 cm x 150 cm per ekor
  3. Kambing anakan: 100 cm x 125 cm per ekor
  4. Dan Kambing pejantan: 120 cm x 150 cm per ekor
  5. Kambing dewasa: 120 cm x 150 cm per ekor
  • Pemeliharaan dan Perawatan Kesehatan Untuk Cara Ternak Kambing Etawa

Cara ternak kambing etawa agar tetap sehat dan lincah sebenarnya tak jauh beda dengan ternak kaki empat lainnya. Hal yang paling utama dilakukan adalah sanitasi kandang yang rutin.

Tempat tinggal yang bersih dan nyaman akan berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan dan kesehatan ternak kambing.

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh para peternak pemula adalah tidak memberikan makanan yang bervariasi, hanya monoton berupa pakan hijau.

Selain itu, banyak petani yang berpikir bahwa dengan memberikan makan secara terus menerus dan banyak akan membuat  kambing menjadi cepat besar.

Padahal, pemberian pakan yang terus menerus juga tidak baik, karena kambing etawa itu adalah golongan hewan yang memamah biak.

Jika kita berikan pakan secara terus menerus di tempat pakan, maka kambing etawa cenderung akan memakan terus pakan yang tersedia.

Hal ini membuat proses pemamah biak (mengunyah kembali makanan yang telah dimasukkan di lambung) menjadi lebih sedikit, padahal pengambilan nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak kambing etawa adalah saat mereka memamah biak.

Jadi, jika anda terus menerus menyediakan pakan di tempat makannya, maka berakibat tidak baik dan cenderung menghasilkan kambing buncit namun tidak gemuk.

Dalam pemeliharaan dan perawatan kambing etawa, hal yang juga perlu anda ketahui adalah pengenalan beragam penyakit yang sering menyerang ternak.

Penyakit yang sering menyerang ternak kambing pada umumnya adalah cacingan, kudis (scabies), kembung perut (bloat), paru-paru (pneumonia), orf, dan koksidiosis.

  • Reproduksi Kambing Etawa

Jika anda ingin memelihara induk betina ternak kambing untuk menghasilkan anakan baru dan juga produksi susu, maka perlu mengenali tentang masa reproduksi ternak ini.

Pada dasarnya, kambing etawa disebut sebagai mamalia yang memiliki reproduksi tinggi. Kambing etawa bisa melahirkan sebanyak tiga kali dalam dua tahun dimana satu kehamilan rata-rata melahirkan 1-3 anak kambing.

Lama waktu birahi sekitar  1 – 2 hari, dengan siklus birahi yang berselang selama 17 – 21 hari.

Ciri-ciri kambing yang sedang birahi dapat dilihat dari tingkah lakunya, yakni tampak lebih gelisah, nafsu makan dan minum menurun, selalu mengibaskan ekornya, kencing lebih sering, serta organ kemaluannya akan bengkak dan basah.

Jika tanda – tanda tersebut terlihat, maka harus segera dikawinkan, baik secara langsung maupun suntik kawin atau inseminasi buatan (IB).

Lama waktu atau periode kehamilan (bunting) dari indukan kambing betina adalah sekitar 5 bulan. Dan setelah melahirkan, induk kambing perlu masa istirahat selama 2 bulan.

Pada masa tersebut, pola makan serta kebersihan ternak kambing sangat perlu dijaga untuk menghindari terjangkitnya cacingan dan terkena penyakit skabies/kudisan.

  • Masa Panen dan Penjualan

Pada tahap pemanenan dapat dikelompokkan dalam 2 jenis, tergantung jenis kambing yang anda pelihara, yaitu kambing pedaging (potong) dan kambing susu perah.

Namun ada baiknya kita mengusahakan untuk memperoleh penghasilan tambahan dari bisnis ternak yang kita jalani, meliputi daging, susu, kulit, tanduk, atau kotoran yang bisa diolah dan dijual untuk bahan pupuk organik.

Masa panen dalam peternakan kambing etawa tergantung dari target pasar (konsumen) yang dituju.

Seperti harga hewan ternak lainnya, harga kambing etawa juga berfluktuasi dan tidak sama antar satu daerah.

Sementara itu, kambing pejantan yang siap kawin dengan tinggi 90 cm harganya sekitar 4 juta – 6 juta rupiah.

 

Budidaya Ikan Nila Di Ember Gampang Sekalian Belajar Nih

Hallo bossque selamat datang diblog saya pada kesempatan ini kita akan membahas tentang budidaya ikan nila di ember. Oke langsung saja ke pembahasannya.

Penjelasan Budidaya Ikan Nila 

Budidaya Ikan Nila Di Ember

Ternak ikan atau budidaya ikan adalah sebuah pekerjaan memahami tentang pemeliharaan seluruh jenis sumber daya perikanan. Aktivitas yang ini dikerjakan оlеh manusia dalam lingkup kekuasaan yang mempunyai tujuan kesejahteraan manusia.
Membudidayakan ikan merupakan upaya dari bentuk cara budidaya ikan perairan yang lebih terfokus dan mempriotaskann membudidayakan ikan baik di ruangan yang tertutup maupun tangki.
Kalau kita masuk ke dalam konteks pembahasan kita bisa disipulkan yakni cara ternak ikan nila merupakan sebuah pola dalam pemikiran tentang memahami jenis spesies ikan nila.
Jadi cara budidaya ikan nila bisa dikatakan sebuah pemikiran yang dipikirkan oleh seorang pemula maupun pebisnis dalam bidang ini.

Ikan Nila

Nila merupakan kategori ikan konsumsi yang hidup di air tawar. Ikan ini berasal dari Afrika, lebih tepatnya Afrika bagian timur, saat tahun 1969. Pada sekarang ini ikan ini telah berubah menjadi ikan peliharaan yang familiar di kolam-kolam air tawar di Indonesia.
Tidak hanya itu saja tapi ikan nila juga menjadi hama bagi setiap sungai dan danau Indonesia. Nama ilmiahnya dari ikan nila yakni Oreochromis niloticus, dan dalam bahasa Inggris disebut sebagai Nile Tilapia.

Asal-Usul Ikan Nila

Ikan nila disebut sebagai hewan yang omnivora (pemakan segalanya). Ikan ini sangat mudah dipelihara tanpa ribet.
Secara natural, ikan nila ditemukan mulai dari Syria di bagian utara sampai Afrika timur hingga ke bagian Kongo dan Liberia, yakni di Sungai Nil (Mesir), Danau Tanganyika, Chad, Nigeria, serta Kenya.
Dipercaya pula bahwa pemeliharaan ikan ini telah berlangsung pada masa peradaban Mesir purba. Ikan nila mempunyai telur yang memiliki bentuk bulat berwarna kekuningan dengan panjang diameternya sekitar 2,8 mm.

Budidaya Ikan Nila Di Ember 

Budidaya ini disebut juga dengan sistem aquaponic. Sistem aquaponic adalah sistem yang menggabungkan kerajinan hidroponik yang tumbuh dengan akuakultur, seni menjaga ikan.
Air di mana ikan hidup, bersama dengan limbah yang dihasilkan ikan, akhirnya berakhir dengan tanaman kebun yang bergizi.
Ini kemudian didaur ulang ke tangki ikan. Tanaman mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dan ikan menjadi segar. Ini adalah penjelasan sederhana tentang berkebun aquaponic.
Dalam praktiknya, ini adalah tindakan penyeimbang yang mendukung semua komponen kehidupannya, termasuk kehidupan mikroskopis yang memfasilitasi konversi alami limbah hasil ikan menjadi nutrisi bermanfaat bagi tanaman.

Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember

Ikan Yang Bisa Dipelihara :

1. Nila
2. Salmon
3. Lele
4. Mas
5. Koi

Pertimbangkan Kerapatan Ikan

Penting untuk menghitung kerapatan ikan ke air di tangki Anda. Terlalu sedikit ikan berarti sedikit makanan untuk tanaman Anda. Terlalu banyak bisa membuat ikan berebutan oksigen dan membuat mereka menjadi kelaparan dan juga meninggikan tingkat stres mereka.
Aturan ibu jari menunjukkan seperdelapan Kg ikan atau kurang per galon air. Kepadatan yang lebih tinggi seperempat Kg ikan ke galon air  dan harus diupayakan hanya oleh petani Aquaponik yang berpengalaman.

Cara Pemberian Pakan Budidaya Ikan Nila Di Ember

Berikut panduan cara memberi pakan ikan yang anda budidaya Ikan Nila Di ember atau aquaponic :

1. Saat anda memberi makan ikan anda, ikan anda harus bisa makan semua makanan sekitar lima menit.
2. Jika ikan anda tidak bisa memakan semua makanan yang anda masukkan ke dalam, anda harus mengeluarkan sisa makanan.
3. Anda juga harus mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah yang anda berikan pada ikan anda. Saat memberi makan ikan anda, anda harus memilih waktu makan.
4. Jika Anda memiliki sejumlah kecil ikan, anda mungkin perlu memberi makan ikan anda lebih sering sehingga menghasilkan jumlah limbah yang dibutuhkan tanaman anda.
5. Jika anda memiliki terlalu banyak ikan untuk tanaman anda, anda dapat mengurangi jumlah waktu yang anda berikan untuk tanaman anda.
6. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari ikan aquaponics anda, anda harus memberi makan dengan makanan berkualitas.
7. Karena pemborosan ikan membuat tanaman Anda tumbuh, makanan berkualitas akan memberi tanaman Anda nutrisi terbaik yang bisa mereka dapatkan. Salah satu pilihan makanan ikan adalah makanan ikan komersial.

Periksa Kualitas Air dan Pemeriksaan Kesehatan Dasar

Tentu, dalam sistem aquaponics perawatan ikan sangat penting dan  yang paling penting dalam keseluruhan fungsi dan kesehatan sistem aquaponics.
Dalam metode aquaponic, limbah yang dibuat oleh ikan yang dibudidayakan inilah nantinya yang membuat tanaman tetap sehat dan produktif untuk bebas masalah dan panen berkelanjutan.
Bagi ikan, kemampuan tanaman Anda untuk membersihkan air sangat penting dalam perawatan ikan aquaponic. Jika tingkat Amonia atau Nitrit menjadi terlalu tinggi untuk periode tertentu, ikan bisa sakit dan bahkan mati.

Waktu Siklus Hidroponik Bekerja

Ya, dibutuhkan sekitar 3 sampai 4 minggu untuk bakteri yang diperlukan dalam Siklus Nitrogen untuk berkoloni (mulai tumbuh pada populasi yang cukup) di media filter atau media tanam yang mengubah Nitrit dan Amonia dari limbah ikan di tangki aquaponics Anda agar tersedia.
Bentuk nitrogen alami, khususnya nitrat (NO3-). Perawatan ikan aquaponic selalu penting, tapi ketika Anda memulai sistem aquaponik pertama Anda.
Sangat penting untuk terbiasa melakukan beberapa pemeriksaan dasar untuk memastikan bahwa sistem Anda mulai berfungsi sebagaimana mestinya.
Agar proses alami di aquaponics menjadi menjaga keseimbangan sehat antara aquaponics fish care dan menanam tanaman. Memahami Siklus Nitrogen sangat penting jika Anda benar-benar ingin memahami bagaimana sistem pertumbuhan aquaponic Anda bekerja.
Setelah sekitar 3 minggu operasi terus menerus sambil mengelola dan memantau kondisi seperti suhu, aerasi, sirkulasi air, pengumpanan ikan dan kadar air, ikan akan sehat dan mulai mengikuti lingkungannya.
Oke itu saja dari saya  tentang cara budidaya ikan nila di ember semoga bermanfaat. Dan harapan saya anda mengerti tentang budidaya ikan nila di ember. Good luck ya

Makanan Khas Jogja Yang Enak

Halo sobat readers selamat datang diwebsite saya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang makanan khas Jogja yang enak. Nah pastinya para sobat readers dan kuliner sudah tidak familiar lagi kan dengan makana khas Jogja yang enak – enakkan?

Kalau mendengar makanan khas Jogja yang enak pasti dibenak kalian akan memikirkan tentang gudeg kan. Namun, kali ini kita tidak hanya membahas gudeg aja loh gengs. Kita akan membahas tentang makanan khas Jogja yang enak lainnya dan hal lain tentang kota Jogja. Simak artikel saya berikut ini.

Makan Khas Jogja Yang Enak

Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan penyatuan Negara Kesulanan Yogyakarta dengan Negara Kadipaten Paku Alaman.

DIY terletak di bagian selatan pulau Jawa, dan mempunyai sebuah perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudra Hindia. Daerah Istimewa ini memiliki luas 3.185,80 km2 .

Kota ini berdiri dengan satu kotamadya, dan 4 kabupaten, yang dibagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa atau kelurahan.

Selain menjadi kota istimewa Jogja juga menjadi kota pelajar dan dengan kebudayaan yang tinggi.

Wisata Kota Yogyakarta

  • Pusat Perbelanjaan

Kalau kalian ingin mencari barang dan berbelanja secara tradisonal maka malioboro merupakan tempat yang tepat. Malioboro merupakan ikon wisata Yogyakarta (Jogja). Sejak dahulu sampai saat ini. Malioboro selalu bisa menyedot minat wisatawan untuk datang mengunjunginya.

Di sini anda akan melihat sebuah jalan di mana Anda akan menemukan pusat perbelanjaan modern yang bersanding dengan pasar tradisional. Jadi jangan heran ketika saat jalan-jalan di Malioboro, Anda melihat begitu banyak pedagang kaki lima yang menggelar lapaknya.

Mereka menggelar tepat didepan masuk toko-toko modern. Malioboro kerap dikenal juga sebagai pusat wisata di Yogyakarta karena di tempat ini juga terdiri dari hotel-hotel bertarif murah, mulai dari dibawah Rp100.000 hingga hotel-hotel berkelas yang menawarkan tarif jutaan per malam.

Di Malioboro Anda bisa berburu oleh-oleh, Anda bisa berburu kuliner, makanan khas Jogja yang enak, wisata sejarah, dan menikmati suasana serta pengalaman liburan yang berbeda.

  • Alun – Alun

Alun-Alun Jogja bisa dijadikan destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mencoba beberapa wisata menarik yang ada disana dan makanan khas Jogja yang enak. Kalau kalian nih ada niat yang untuk datang ke Jogja pastikan kalian mampir ke tempat Alun-Alun Jogja.

Pastinya kamu akan mengerti deh betapa ramaianya tempat ini baik saat terang maupun saat gelap. Cocok banget deh kalau dijadikan referensi buat kamu yang mau datang ke Jogja, dan mau menikmati suasana khas Jogja.

  • Candi

Hal yang menjadi sebuah destinasi wisata lainnya ialah candi yang ada di Yogyakarta. Karena candi – candi yang ada di Jogja memiliki daya tarik yang mampu menarik para turis dan wisatawan untuk mampir ke tempat ini.

DIY mempunyai kurang lebih sekitar 15 candi yang selalu dijadikan objek wisatawa. Setiap candi memiliki daya tarik dan keunikkan tersendiri.

  • Pantai

Apabila kamu menyukai dan ingin menikmati suasana pantai maka, Yogyakarta akan menjadi kota wisata yang tepat untuk kamu tuju. Karena Jogja memiliki banyak tempat wisata pantai di Jogja yang mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Tidak cuma indah, tiap – tiap pantai menawarkan keasyikan tersendiri. Suasana pantai yang natural membuat kita menjadi relaxs.

  • Kuliner

Wisata yang banyak diminati oleh para kuliner. Di Jogja banyak sekali kuliner makanan khas Jogja yang enak. Oleh karena itu para pencinta kuliner akan berkunjung ke kota ini.

Nah geng tadi itu merupakan pengenalan dan objek wisata tentang jogjakarta. Selanjutnya kita akan masuk ke tema pembahasan yakni Makanan Khas Jogja yang enak.

Berikut ini merupakan  macam macam makanan dan khas Jogja yang enak dan penjelasannya.

Macam – Macam Makanan Khas Jogja Yang Enak

  • Gudeg

Makanan khas Jogja yang enak yang pertama ini pasti sudah tidak familiar apabila terdengar, bukan? Siapa yang tidak mengenal makanan khas yang enak satu ini.

Gudeg merupakan sebuah makanan khas Jogja yang enak berbahan dasar dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan.

Makanan khas Jogja yang enak ini mempunyai warna coklat yang umumnya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan bersama nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

  • Bakpia Pathuk

Kalau ketika anda berada di Jogja dan ingin membawa oleh – oleh khas Jogja untuk keluarga dan teman, tidak usah bingung guys. Hal ini disebabkan karena ada makanan khas Yogjakarta yang bernama Bakpia Pathuk!

Bakpia adalah kue yang mempunyai bentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dipalut dengan tepung, lalu dipanggang. Nah, makanan khas Yogyakarta ini paling sering digunakan sebagai oleh-oleh untuk diberi ke teman atau keluarga.

  • Oseng – Oseng Mercon

Untuk kalian yang para pencinta dan hobi makanan dengan pedas, kalian wajib mencicipi makanan khas Yogyakarta berikut ini! Oseng-oseng Mercon meperoleh  namanya karena terkenal sangat pedas.

Oseng-oseng Mercon merupakan daging sapi yang dimasak bersama sambel yang sangat banyak sehingga mengeluarkan dan mempunyai cita rasa pedas yang khas. Tapi, bagi kalian yang takut pedas, tidak usah takut. Karena, kamu tetap bisa memesan makanan khas Jogja ini tanpa cabai kok!

  • Yangko

Ada juga makanan khas Yogjakarta yang bernama Yangko, yakni makanan khas Jogja yang yang berbahan dasar dari tepung ketan. Mempunyai bentuk kotak dengan balutan tepung ketan, makanan khas Yogyakartaa ini mempunyai tekstur kenyal dan rasa yang manis.

Yangko memiliki isi campuran cincangan kacang , layaknya kue moci asal Jepang. perbedaannya terletak dari tekstur, yakni kalau moci lebih lembek dan lebih kenyal dibandingkan Yangko.

  • Cenil

Jika kamu menginginkan makanan khas yang ringan, maka jawabannya adalah Cenil. Makanan yang berbahan dasar dari pati ketela pohon.

Makanan khas Yogyakarta ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil maupun kotak setelah itu diberi warna sesuai keinginan sebelum direbus. Cenil biasanya dihidangkan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

  • Nasi Tiwul

Makanan khas Yogyakarta selanjutnya juga berasal dari Gunung Kidul dan pernah menjadi makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Akan tetapi sekarang, makanan khas Yogyakarta ini malah menjadi primadona oleh-oleh khas Jogja yang melegenda.

Okee broku itu tadi merupakan makanan khas Jogja dan sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia.

Oke broku hanya itu saja yanng bisa sampaikan. Pada kesempatan kali ini kita sudah banyak belajar tentang kebudayaan dan Makanan khas Jogja. Jadi buat kalian yang sudah mengunjungi Jogja bisalah mengenang keindahannya.

Buat kalian nih yang belum pernah kesana kalian secara tidak langsung telah datang ke Jogja secara digital. Jadi kalian pun bisa merasakannya tanpa harus datang walaupun tidak merasakan secara langsung.

Oke itu saja dari saya dan Sampai jumpa.

 

Kostum Karnaval Unik Sederhana

Halo selamat datang di website saya. Pada artikel saya kali ini kita akan membahas tentang kostum karnaval unik sederhana. Pastinya anda sudah mengetahui apa sih kostum itu. Tapi tidak semua dari anda kan yang mengetahui tentag kostum karnaval unik sederhana.

Nah pada kali ini hal itu yang kita bahas kenapa sih sebuah kostum bisa dikatakan unik? Apa sih yang membuat sebuah kostum karnaval unik sederhan menjadi hal yang menarik?

Nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas satu persatu dari 4 kalimat tersebut, mulai dari kostum, karnaval, sederhana, hingga uniknya. Berikut penjelasannya dan macam refrensinya yang bisa dipakai.

 

 

Kostum Karnaval Unik Sederhana

Pengertian Kostum

Kostum bisa merujuk pada pakaian secara umum, atau sebuah gaya berpakaian tertentu pada orang, baik bagi kelas masyarakat, maupun periode tertentu. Istilah ini juga bisa merujuk tentang pengaturan artistik asesoris pada gambar puisi, patung, maupun lakon.

Hal ini berdasarkan dengan zaman, tempat, maupun keadaan lain yang dideskripsikan. Kostum boleh juga merujuk pada suatu gaya pakaian tertentu yang dipakaikan untuk menampilkan si pengguna sebagai sebuah karakter tertentu atau tipe karakter lain dari biasa mereka tiru pada suatu acara sosial.

Contoh acara sosial yang dimaksud yakni pesta kostum, pesta karnaval, atau pada suatu pertunjukan teater. Nah pada kali pembahasan kita kali ini yakni tentang kostum karnaval unik pastinya semua orang pasti ingin tampil dengan tidak pasaran kan?

Jawabannya ya karena itu merupakan sebuah pola yang ingin dikembangkan oleh setiap orang supaya bisa dilihat unik bukan aneh ya. Lalu munncul lagi kenapa sih seseorang ingin tampil menggunkan kostum dengan susah payah agar bisa dikatakan unik?

Karena dari ide yang mereka kembangkan supaya bisa bertampilan dengan unik akan menjadi sebuah kreatifitas yang akan dicontoh.

  • Kostum Di Mata Dunia Fashion

Kostum atau pakaian termasuk sebuah keperluan dalam kategori primer bagi manusia, jadi kamu akan dianggap tidak normal apabila melupakannya. Tidak hanya menjadi kebutuhan primer, pakaian juga dianggap sebagai penarik dan simbol sosial bagi si pengguna.

Orang akan banyak mengeluarkan uang akan cenderung memakai baju berharga mahal sebagai wujud dari tren. Kostum atau pakaian menjadi elemen penting dalam dunia fashion atau gaya.

Pakaian melambangkan gaya, style, dan gengsi semua orang. Pada saat ini dunia fashion saat ini sudah bergeser sangat jauh, tampak dengan fungsi pakaian yang kini telah berubah.

  • Pakaian Dan Kostum Unik Yang Sering Tampil

Pakaian merupakan cerminan akan suatu tren dunia yang sedang hits. Seiring perkembangan zaman, sejumlah pakaian aneh dianggap hal yang wajar karena diterima sebagai tren yang sedang berkembang.

Terkadang orang-orang tetap memakai pakaian unik dan aneh untuk kesenangannya sendiri. Mereka melakukan pemilihan event-event yang berkelas, mulai dari red carpet, fashion show, pesta, sampai acara pernikahan.

Saat ini banyak desainer busana yang mendesain baju pengantin yang unik dan tak biasa.

Karnaval

Karnaval merupakan sebuah pawai yang diadakan dalam rangka pesta perayaan yang biasanya mementinkan bermacam corak hal yang menarik dari yang dirayakan itu. Mungkin haal ini sudah tidak familiar lagi untuk kita.

Hampir di seluruh daerah ada pengadaan karnaval, baik dalam skala kecil contoh disekolah, maupun didesa atau dalam skala yang lebih besar, tingkat kabupaten misalnya. Biasanya, kota atau kabupaten mengadakan karnaval saat hari jadi atau ulang tahun.

Biasaya diadakan setiap bulan Agustus, banyak yang mengadakan karnaval dalam rangka merayangka HUT kemerdekaan Indonesia. Karnaval bisa di artikan sebagai pawai atau arak-arakan untuk merayakan sesuatu peristiwa.

Umumnya orang lebih mengetengahkan berdandan dengan semenarik mungkin, mulai dari mengenakkan kostum karnaval unik sederhana dan berdandan yang beercorak hal yang menarik dari yang dirayakan itu.

Saat pelaksankan karnaval, banyak masyarakat yang berinisiatif untuk meyaksikan atau menonton, karena memang menarik dan semarak. Mimin aja udah banyak kali mengikuti karnaval, baik dalam rangka perayaan ultah kabupaten ataupun ulang tahun kemerdekaan.

Walaupun lelah akibat jalan kaki dengan rute yang lumayan jauh, tapi hal itu tergantikan dengan kegembiraan ataupun kesenangan untuk melihat kemeriahan acara karaval tersebut. Bisa dibayangkan kan gimana meriahnya.

Alasan Sebuah Kostum Karnaval Unik Sederhana Sangat Keren

Sebuah kostum bisa dikatakan unik dan keren apabila pada kostum tersebut terdapat ciri khas yang membedakan dari sebuah kostum yang lainnya.

Contoh nih pada lomba fashion show, disana terdapat orang yang memakai kostum yang unik. Disana kalau anda lihat pasti banyak yang memakai kostum yang berbeda.

Karena di lomba fashion show banyak yang mementingkan ciri khas dan ke unikkannya masing – masing.

Kreatifitas Dan Ide Baju & Kostum Karnaval Unik Dan Nyeleneh

Pakaian ataupun kostum merupakan sebuah dari salah satu kebutuhan yang tidak bisa atau tidak boleh dilepaskan dari sebuah tren fashion didunia yang selalu berkembang.

Tidak hanya menghasilkan pakaian yang keren, beberapa desainer bahkan menciptakan dan menghasilkan pakaian atau kostum karnaval unik.

  • Pakaian Dan Kostum Karnaval Unik Yang Dibuat Desainer

Ternyata desainer bukan hanya mendesain pakaian yang bisa dikatakan ‘wajar’ saja. Di Perlombaan fashion show mereka sering kali memamerkan pakaian dan busana yang unik dan belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Keunikan busana yang didesain oleh para desainer terkadang bisa dibilang aneh, mencengangkan, dan nyeleneh. Bahkan terkadang dapat mengundang tawa para penontonnya.

Busana yang unik, aneh, dan nyeleneh ini terkadang menjadi tren dan disukai oleh banyak orang. Sampai – sampai seseorang menawar dengan harga yang tidak murah.

Sebut saja peragaan busana di London, mulai dari fashion show sampai naik ke yang bertajuk Lingerie London. Para model di acara ini akan memerankan pakaian dan kostum yang unik dan aneh di atas catwalk.

Biasanya para desainer akan mendesain model pakaian yang nyentrik dengan dasar seni body painting yang cocok dengan gaya asli desain busananya.

Hal ini sering membuat kita geleng-geleng kepala. Penasaran? Simak Daftar Pakain dan Kostum Karnval Unik Berikut!

  • Baju Dari Sampah

Fashion show busana berbahan dasar sampah pernah dilakukan di daerah Yogyakarta dan Bandung. Dalam acara ini, banyak orang kreatif yang berkumpul untuk menampilkan pakaian dan kostum hasil daur ulang sampah.

Mulai dari plastik bekas, kepingan compact disk, bungkus makanan, sampai kulit bawang merah. Hasil karya peserta, menghasilkan bermacam pakaian daur ulang warna-warni dengan desain yang menarik. Ditambah lagi setelah dipakai dan dipamerkan oleh para model catwalk.

Salah satu busana unik dari sampah pernah dirancang oleh seorang pelajar sekaligus desainer muda. Bersama lima temannya, Khairunnisa merancang gaun daur ulang saat peringatan “Hari Peduli Sampah Nasional” di Bandung.

Pelajar sekolah  tersebut berhasil membuat gaun yang berbahan dasar sampah bungkus kopi, sedotan, botol tutup bekas, bungkus buah, kantong plastik, busa sandal, serta sendok plastik bekas.

Di acara tersebut, peserta yang mengikuti berasal dari kalangan pelajar. Tidak hanya menemukan aneka pakaian dan kostum unik, acara tersebut juga dikuti oleh beberapa kegiatan lainnya.

Kegiatannya yakni semacam gerakan pungut sampah, hingga fashion show busana daur ulang sampah hasil karya para peserta.

  • Baju Kostum Lipat

Runway Men’s Fashion Week amerupakan salah satu perlombaan peragaan busana unik dan ternama di Amerika. Setiap tahun, acara ini memamerkan ide-ide pakaian dan kostum yang bisa dikatakan gila – gilaan dari para desainer ternama, salah satunya Rick Owen.

Rick merancang baju dengan kasur lipat atau matras yang melingkari ke tubuh para modelnya. Bergradasi monokrom dan warna-warna bumi, seperti coklat dan hijau zaitun.

Rick menciptakan mayoritas busana hasil karyanya dipasangkan dengan celana yang berpotongan melebar favoritnya. Bayangkan saja saat memakai baju ini, kamu bisa tidur ataupun berguling-guling dimana saja.

Sebelumnya, Rick pernah menciptakan busana dengan desain yang sangat berani. Selain desainya yang nyentrik, Rick tak sungkan meminta modelnya untuk saling menggendong saat memamerkan busana hasil karya ciptaannya di atas panggung.

Hal ini terlihat menjadi salah satu sebuah ciri khas Rick Owen yang sangat ekstrem.

  • Baju Tema Buah

Di panggung London Fashion Show Week, Perayaan Copacabana dan Karnaval Budaya Brazil berhasil menarik perhatian media dan para penikmat fashion. Berlangsung meriah, acara ini ternyata sukses memamerkan koleksi tas, sepatu, dan busana berbahan buah-buahan.

Hasil karya ini desain oleh para desainer ternama. Salah satu desainer dengan desain yang unik adalah Charlotte Olympia. Bukan hanya di acara London Fashion Show Week saja, nyatanya salah satu fotografer New York, Ted Sabrase sempat memotret model berbusana bertema menu makanan.

Tubuh langsing para model dan pakaian yang unik dari makanan itu dipotretnya pada tahun 2009. Tidak jauh berbeda dengan Ted Sabrase, fotografer lainnya bekerjasama dengan desainer untuk mengemas aneka makanan dalam sebuah pakaian dan kostum yang menarik dan boleh dikenakan para model.

Desainer Feld dan Wesley Nault merancang pakaian dan kostum berbahan dasar makanan, yang memakan waktu hingga 15 jam. Para modelnya terpaksa harus berdiri lebih dari enam jam.

Hal ini dilakukan agar memperoleh hasil dari bentuk pakaian yang sesuai keinginan para desainer tersebut.

  • Gaun Berbahan Dasar Koran

Gaun umumnya memang terbuat dari kain namun siapa yang mengira ternyata koran bekas bisa menjadi bahan dasar & utama untuk membuatnya.

Bermodalkan kreativitas dan tekad yang tinggi, seorang desainer rumah mode Dior, John Galliano pernah menggarap busana berbahan dasar koran bekas.

Terinspirasi dari foto supermodel, Tiggy, tren memakai koran sebagai karya haute couture tersebut masih ada didalam memory pecinta fashion. Bahkan hingga saat ini, masih banyak desainer yang berinovasi dengan koran.

Ternyata, koran juga dapat dipakai sebagai bahan dasar pembuat aksesoris pelengkap busana. Cukup memakai lembaran-lembaran koran bekas yang kamu punya di rumah ditambah dengan ketelatenan, keuletan, dan kreativitas.

Hal ini memungkinkan kamu bisa membuat pakaian unik maupun aksesori simpel tapi sangat bernilai.

  • Baju Dari Bungkus Makanan

Mc Donald merupakan salah satu restoran cepat saji yang sempat mengadakan fashion show yang unik dan menarik. Berhasil menampilkan 20 dress bermaterial food packaging, acara ini menjadi sebuah ajang perlombaan kreativitas para mahasiswa.

Diberi nama “McDCouture Show”, acara tersebut diselanggarakan sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Untuk mengadakan acara ini, pihak panitia membutuhkan 4.600 bungkus sandwich, 1.770 kotak kentang goreng, 1.100 sedotan, 600 kertas bungkusan take away, 500 tempat saus, dan 100 plastik es krim McFlurry.

Para pesertanya merancang bungkus-bungkus makanan tersebu dan menciptakan rok, crop top, hingga dress yang tampak elegann. Salah satu busana yang paling menjadi sorotann perhatian adalah gaun pengantin dari pembungkus Big Mac.

Gaun ini memperoleh apresiasi tersendiri dari Tim Gunn, Runway Project, dan para penonton yang menonton. Tidak hanya gaun Big Mac buatan mahasiwa dari Miami International University of Art and Design, Rebekah, mahasiswi dari universitas lainnya membuat gaun dari bungkus makanan sebagai projek tahun terakhirnya.

Hal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk mengurangi limbah. Gaun panjang buatan Rebekah berhasil menjadi pemenang The College’s Sustainable Design Award 2011.

  • Baju Bebahan Dasar Kaleng Soda

Kreativitas, menciptakan barang yang tak benilai kembali menjadi berharga kembali. Seorang desainer eco-fashion dan pendidik lingkungan, Nancy Judd, merancang gaun dan akeseoris mewah bermaterial dasar sampah yang tak berguna.

Salah satu karyanya yang begitu dikenala adalah gaun berhias kaleng bekas dari Recycle Runway. Selama pembuatan karya-karyanya yang luar biasa, Nancy hanya memakai metode alat jahitnya yang sederhana.

Grace Hardy terlihat jauh berbeda saat menjadi finalis di Lady In Red Eco final Miss England. Diadakan di Birmingham, Inggris, Grace memakai gaun bermaterial dasar kaleng Coca-Cola lengkap dengan tas tangan dan kalungnya.

  • Baju Cokelat

Hari kasih sayang ternyata menjadi ispirasi salah satu desainer asal Spanyol untuk membuat pakaian dan kostum karnaval unik berbahan dasar cokelat. Paco Rabanner menciptakan gaun pengantin layaknya princess memakai bahan cokelat.

Dikenakan oleh model cantik asal Jerman, Alena Gerber, gaun buatannya tampak cantik sekaligus menggoda. Walaupun sangat kreatif, gaun cokelat dari Paco menimbulkan banyak pertannyaan dari orang – orang, tentang ketahanan dan proses penyimpanan gaun tersebut.

Banyak juga kelemahan yang terlihat karena material dasar gaun tersebut. Tekstur cokelat yang tebal dan keras mengakibatkan si pemakai gaun akan kesulitan bergerak. Agak sedikit ribet bukan?

  • Kostum Karnaval Unik SederhanA Ala Indoneisa Memakai Egrang

Diberbagai wilayah Indonesia ternyata ada juga lho yang memakai kostum karnaval unik dari egrang. Biasanya mereka memakai baju adat dan didalamnya pada pergelangan kakinya terdapat egrang yang ditutupi celana yang panjang.

Sebelum membuat ukuran mereka akan membuat egrang, baru setelahnya mengukur ukaran cela supaya bisa menutupi egrang.

Oke gan hanya itu saja yang bisa sampaikan semoga bermanfaat dan agan semua mendapatkan refrensi sekian dari saya. Sampai jumpa

Sumber Keuangan Negara Terbesar

Halo sobat selamat datang di web saya. Kali ini pada artikel ini kita akan mempelajari tentang sumber keuangan negara terbesar. Pastikan kalian membacanya tanpa dilewati satu kata pun. Karena ini merupakan hal yang penting.

Tapi, kalian tenang aja saya sudah membuat artikel sesingkat mungkin. Hal ini bertujuan agar kalian tidak jenuh membaca karena terlalu banyak kata – kata yang sulit dimengerti. Berikut penjelasan tentang sumber keuangan negara terbesar.

Pengertian Sumber Keuangan Negara Terbesar IndonesiaSumber Keuangan Negara Terbesar

Sumber Keuangan Negara Terbesar ialah semua hal yang berhubungan atau berkaitan dengan  penerimaan dan pengeluaran dalam sebuah negara. Hal ini memiliki dampak yang besar terhadap perekonomian negara secara keseluruhan.

Saat ini ada beberapa sumber keuangan negara terbesar kita yang berasal dari dalam negeri ataupun yang berasal dari luar negeri. Hal ini selanjutnya menjadi salah satu hal yang mendasar dalam pembuatan Anggaran Penerimaan Belanja Negara (APBN).

Pemerintah Republik Indonesia harus bisa mengelola dana sumber keuangan negara terbesar tersebut dengan cermat dan teliti. Tidak hanya itu pemerintah juga harus menggunakannya dengan penuh tanggungjawab.

Hal ini bisa berdampak sangat besar dan jangka panjang untuk masyarakat atau warga negara. Saat ini sumber keuangan negara terbesar kita memiliki pemasukan yang besar. Hal ini berasal dari luar negari maupun dari dalam negeri. Berikut penjelasannya.

Sumber Keuangan Negara Terbesar

  • Pajak

Pajak merupakan sebuah pungutan wajib yang dibayar rakyat kepada negara dan akan dipakai untuk kepentingan negar, pemerintah, dan masyarakat umum. Rakyat yang membayar pajak tidak akan mendapatkan manfaat dari pajak secara langsung.

Hal ini dikarenakan pajak dipakai untuk kepentingan umum, bukan sebagai kepentingan pribadi. Pajak ialah salah satu sumber dana pemerintah agar bisa melakukan pembangunan, hal ini berlaku kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pemungutan pajak bisa dipaksakan karena dilakukan berdasarkan peraturan dari undang-undang. Kalau menurut UU KUP pajak memiliki pengertian seperti berikut :

Menurut UU KUP NOMOR 28 TAHUN 2007, pasal 1, ayat 1.

“Pengertian pajak ialah partisipasi wajib kepada negara yang terutang secara orang pribadi maupun badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, tidak mendapatkan imbalan secara langsung, digunakan untuk keperluan negara sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat.”

  • BUMN Dan BUMD

BUMN memiliki kepanjangan yakni Badan Usaha Milik Negara, sedangkan BUMD adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Daerah. Kalau pengertian dari BUMN dan BUMD ialah sebuah badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah.

Hal yang membedakannya yakni kepemilikan serta skala yang diperbolehkan. BUMN merupakan badan usaha milik negara, dan boleh beroperasi di seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan bisnisnya.

Kalau BUMD merupakan badan usaha yang dimilik suatu daerah tertentu dan dipisahkan dari kekayaan daerah. BUMD dapat menyelenggarakan kegiatannya di wilayah asalnya, boleh juga di wilayah lain dengan izin kerjasama dari pemerintahan daerah tersebut.

Fungs & Peran Dari BUMN Dan BUMD

  • BUMN  :

Fungsi BUMN da BUMD adalah pelaksana kebijakan dalam perekonomian nasional. Berikut perannya :

1) Memberikan sumbangan untuk perkembangan perekonomian nasional dan penerimaan negara

2) Meningkatkan penyelenggaraan kemanfaatan umum, berupa penyediaan barang serta jasa dalam jumlah dan mutu yang memadai supaya pemenuhan keperluan hidup orang banyak;

  • BUMD :

1) Melaksanakan kebijakan pemerintah di bidang ekonomi serta pembangunan daerah

2) Pemupukan dana  supaya mampu melakukan pembiayaan pembangunan daerah

3) Mendorong peran dan masyarakat dalam bidang usaha

4) Memenuhi kebutuhan barang maupun jasa bagi kepentingan publik

5) Menjadi perintis kegiatan dan usaha yang kurang peminatnya bagi pekerja swasta.

  • Denda & Sita

Denda menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia ( KUBI ) merupakan sebuah hukuman yang berupa kewajiban membayar uang, uang yang harus dibayarkan sebagai hukuman karena melanggar aturan. undang-undang, dan sebagainya.

Berdasarkan buku KPK (komisi pemberantasan korupsi) yakni hukuman berupa keharusan pembayaran dalam bentuk uang maupun lainnya.

Dari dua pernyataan tersebut bisa disimpulkan bahwa denda merupakan sebuah hukuman atau sanksi kepada seseorang atau organisai untuk membayar sejumlah uang ataupun bentuk lain yang telah disepakati dalam perjanjian (undang-undang).

Contoh:  Denda pelanggaran lalulintas dan ketentuan peraturan perpajakan

Pengertian Sita adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh pihak berwajib (pihak yang dirugikan dalam perjanjian maupun atuaran yang berlaku layaknya undang-undang) agar mengambil barang atau aset lainnya dari pihak yang mempunyai sejumlah tagihan atau tidak sesuai dengan undang undang yang belaku.

  • Retribusi

Berdasarkan pasal 1 UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Retribusi memiliki pengertian yakni pungutan di daerah sebagai pembayaran atas jasa atau perizinan tertentu yang disediakan oleh pemerintah daerah demi kepentingan orang secara pribadi atau badan tertentu.

Bisa dikatakan retribusi menjadi sumber keuangan negara terbesar yang ke dua setelah pajak. Retribusi daerah kemudian akan menjadi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan termasuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Subjek atau Wajib Retribusi merupakan orang pribadi maupun badan yang terlibat atas pembayaran terhadap penggunaan jasa dan perizinan dari pemerintah daerah termasuk pemungut maupun pemotong retribusi daerah.

  • Pencetakan Uang

Pemerintah dapat mengalami defisit, dan apabila hal ini terjadi maka salah satu cara dengana menutup defisit tersebut dengan cara yakni mencetak uang lebih banyak.

Namun, jumlah uang yang dicetak harus dikendalikan dengan baik oleh pemerintah hal ini bisa membuat jumlah uang yang beredar terlalu banyak mampu mengakibatkan inflasi.

  •  Pinjaman Uang

Apabila terjadi defisit, selain mencetak uang pemerintah juga boleh melakukan pinjaman, baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Kekurangannya ialah, pemerintah wajib membayar hutang selanjutnya dengan bunganya.

Sumber pinjaman uang ini bisa diperoleh dari institusi perbankan, institusi non perbankan, pemerintah, ataupun individu.

  • Sumbangan, Hadiah, dan Hibah

Pemerintah Indonesia bisa memperoleh sumbangan, hadiah, ataupun hibah dari berbagai pihak, baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Tidak seperti pinjaman yang harus dikembalikan dengan tambahan bunga. Sumbangan, hadiah, hibah tidak wajib untuk dikembalikan.

Besarnya penerimaan negara dari sumbangan, hadiah, dan hibah tersebut jumlahnya tidak bisa dipastikan karena berdasarkan pihak yang memberikannya.

Contoh :

  1. Sumbangan bagi dana korban penanggulangan bencana alam yang diberikan pihak asing
  2. Hibah tanah yang diberikan individu untuk pemerintah
  • Penyelenggaraan Undian Berhadiah

Undian berhadiah ini bisa diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dengan menunjuk salah satu institusi untuk pelaku pelaksananya.

Keuntungan yang didapat pemerintah adalah selisih dari penerimaan uang undian yag nantinya dikurangi biaya operasional dan hadiah yang dikasih untuk pemenang.

Contoh undian berhadiah:

  • Undian Bank berhadiah mobil, semakin banyak transaksi maka nasabah memiliki sebuah peluang untuk memenangkan undian.

Jadi intinya sumber keuangan negara terbesar berdasarkan dari uang rakyat. Rakyat yang membayar pajak atau pun uang untuk negara tidak akan merasakan hasilnya secara langsung.

Uang yang anda berikan untuk negara akan dijadikan sebuah sumber keuangan negara terbesar untuk membangun negara tersebut.Semua uang yang anda keluarkan itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah.

Nah, banyakk nih beranggapan kalau uang yang anda berikan ke pemerintah akan menjadi miliki mereka. Anggapan tentang itu semua salah tidak semua pemerintah yang melakukan hal itu.

Oleh sebab itu pilihlah seorang pemimpin yang baik, jujur , dan terpercaya menurut anda. Nah, oleh sebab itu bayarlah pajak dan uang pembangunan lainnya demi memajukan bangsa. Jadikan negara kita negara  maju dengan rakyat yanng displin melakukan pembayaran.

kalau anda sudah paham dengan sumber keuangan negara terbesar kita alangkah baiknya anda mengajarkan ke seluruh rakyat dan memberitahunya tentang sumber keuangan negara terbesar. Dan sampai jumpa.

Oke itu saja yang bisa saya  sampaikan pada artikel saya ini. Semoga  bermanfaat dan anda paham dari mana sumber keuangan negara terbesar kita ini.

 

 

Cara Membuat Egrang Dari Bambu

Halo sobat selamat datang di website saya. Kali ini kita akan bermain dan belajar cara membuat egrang dari bambu. Siapa sih yang nggak kenal dengan mainan sederhana yang satu ini. Mungkin bagi kita  jaman 90 an sudah tidak asing lagi

Mainan ini dulunya dimainkan oleh anak jaman 90-an dan anak – anak didesa. Nah jadi bagi kalian bukan anak tahun 90-an kalian bisa kok ngerasain mainan yanng satu ini. Tenang aja disini kita juga akan belajar dan bermain bersama.

Yuk simak kita belajar dan bermain bareng. Sebelum masuk ke tahapan cara membuat egrang dari bambu kita pelajari dulu apasih egrang ini. Berikut penjelasannya.

Penjelasan Egrang

Cara Membuat Egrang Dari Bambu

Egrang atau jangkungan merupakan tongkat atau galah yang digunakan seseorang supaya bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Kalau dalam konteks pembahasan kita  ialah egrang yang bisa digunakan untuk berjalan.

Pada egrang ini kita diperlengkapi dengan tangga sebagai pijakan berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki. Tujuannya agar kita bisa berjalan selama naik di atas ketinggian normal.

Pada dataran tinggi, pantai atau tanah yang labil, bangunan harus dibuatkan di atas jangkungan untuk melindungi supaya air, gelombang, atau tanah yang bergeser tidak merusaknya.

Jangkungan sudah dibuat selama ratusan tahun yang lalu. Bukan hanya sebagai alat bangunan saja egrang juga bisa dikategorikan sebagai kerajinan dari bambu.

Permainan ini sudah tidak familiar lagi, walaupunpun di berbagai daerah memiliki sebutan dengan nama yang berbeda beda. Saat ini juga sudah agak sulit di temukan, baik di desa maupun di kota.
Namun, saat permainan ini mulai di kombinasikan dengan berbagai hal sehingga dapat berdampingan dengan dunia yang di katakan modern ini.
Permainan Egrang lumayan terkenal di nusantara ini semisalnya pada daerah Sulawesi Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia.

Di sana terdapat satu suku bangsa yang bernama Kaili. Di kalangan mereka terdapat satu jenis permainan yang disebut sebagai tilako (nama lain dari permainan eggrang). Berikut pengertian egrang dari sudut pandang orang Sulawasi.

Egrang Menurut Orang Sulawesi

Makna dari tilako ialah sebuah permainan berjalan menggunakan alat yang berasal dari bambu dan pelepah sagu atau tempurung kelapa. Tilako selain nama sebuah permainan juga sekaligus nama alat yang dipakai untuk permainan tersebut.
Tilako itu sendiri ialah gabungan dari dua kata, yakni “ti” dan “lako”. “Ti” merupakan kata awalan yang menunjukkan kata kerja dan “lako” secara nahasa berarti “langkah/jalan”.
Dalam permainan ini “tilako” adalah alat yang digunakan untuk melangkah atau berjalan. Permainan ini dalam dialek Rai dikenal dengan kalempa yang juga merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “ka” dan “lempa”.
“Ka” ialah kata awalan yang merujuk ke kata kerja dan “lempa” yang artinya “langkah”. Permainan ini ada juga yang memberi  nama lain yakni jejangkungan. Cara memainkan permainan ini sebetulnya beragam ini cuma salah satu dari banyak cara.

Pengertian Cara Membuat Egrang Dari Bambu

Ialah sebuah pola berpikir untuk mebuat dan melestarikan sebuah permainan yang dimainkan secara klasik dan tradisonal dan dibuat dengan bahan dari bambu.

Pemain

Permainan egrang bisa dikategorikan sebagai permainan anak-anak. Pada umumnya permainan ini dimainkan oleh anak laki-laki yang berusia 7 hingga 13 tahun. Jumlah pemainnya 2 – 6 orang.

Tempat 

Permainan egrang ini tidak memerlukan tempat (lapangan) yang khusus. game ini bissa dimainkan di mana saja, asalkan di atas tanah. Jadi, boleh di tepi pantai, di tanah lapang atau di jalan. Luas arena permainan egrang ini cuma sepanjang 7 – 15 meter dan lebar kisaran 3 – 4 meter.

Aturan Permainan

Aturan dalam bermainn egrang dapat dibagi menjadi dua, yakni perlombaan lari dan pertandingan untuk saling menjatuhkan menggunakan cara saling memukulkan bagian bawah bambu.
Perlombaan adu kecepatan biasanya dimainkaan oleh anak-anak yang berusia antara 7-11 tahun dengan jumlah 2–5 orang. Sedangkan, permainan untuk saling menjatuhkan lawan umumnya dilakukan oleh anak-anak yang berusia antara 11 hingga 13 tahun dengan memakai sistem kompetisi.

Jalannya Permainan

Jika permainan hanya berupa adu kecepatan (lomba lari). Maka diawali dengan berdirinya 3-4 pemain di garis start sembari menaiki bambu masing-masing.
Kalau untuk anak-anak yang kurang tinggi maupun baru belajar bermain egrang, mereka boleh menaikinya dari tempat yang sedikit tinggi boleh juga menggunakan tangga dan baru berjalan ke arah garis start.
Ketika telah siap, orang lain yang tidak ikut bermain akan memberikan aba-aba untuk segera memulai permainan. Mendengar aba-aba itu, para pemain bersiap berlari menuju garis finish.
Pemain yang lebih dahulu sampai garis finish dinyatakan sebagai pemenangnya. Sedangkan, bagi permainan yang bertujuan untuk mengadu bambu masing-masing pemain.
Maka diawali dengan pemilihan dua orang pemain yang dilaksankan secara musyawarah/mufakat. Kemudian, mereka akan berdiri berhadapan.
Jika telah siap, peserta lain yang belum memperoleh giliran bermain akan memberikan aba-aba untuk segera memulai permainan. Mendengar aba-aba itu, kedua pemain akan mulai mengadukan bambu-bambu yang mereka naiki.
Pemain yang mampu menjatuhkan lawan dari bambu yang dinaikinya dinyatakan sebagai pemenangnya.

Nilai Budaya

  • Kebudayaan

Pada kebudayaan yang terkandung dalam permainan egrang ialah kerja keras, keuletan, dan sportivitas. Nilai kerja keras tercermin dari semangat para pemain yang berusaha supaya bisa mengalahkan lawannya dan proses cara membuat egrang dari bambu merupakan sebuah kebudayaan juga.

Egrang juga bisa dikatakan sebagai kerajinan dari bambu oleh sebab itu nilai kebuadayaan yang terkandung juga tinggi dari alat permainan ini.

  • Keuletan

Keuletan tercermin dari proses cara membuat egrang dari bambu yang dipakai agar berjalan yang diperlukan keuletan dan ketekunan agar seimbang dan mudah digunakan untuk berjalan.

  • Sportivitas

Sportivitas tampak bukan hanya dari sikap para pemain yang tidak berbuat curang ketika berlangsungnya permainan, namun juga mau menerima kekalahan dengan lapang dada.

Tradisional Jawa

Orang Jawa mengenal berbagai macam bentuk permainan tradisional, yang sekarang sangat sulit ditemukan. Berbagai macam permainan tradisional tersebut memberi ruang ketrampilan bagi penggunanya.

Dengan kata lain, permainan tradisional Jawa tidak menempatkan relasinya dan bermain hanya secara pasif. Terlepas dari itu mereka harus aktif dan kreatif.

Karena, permainan tradisional Jawa memberikan rangsangan kreatif untuk relasinya. Salah satu jenis permainan tradisional Jawa yang biasa dikenal sebagai egrang.

Cara Membuat Egrang Dari Bambu

Alat dan Bahan:

  • Golok
  • Gergaji
  • Tali secukupnya
  • Bambu dengan panjang 2 meter sepasang (berbentuk silinder atau bambu utuh) dengan diameter 10 cm
  • Bambu sepanjang 30 cm sepasang, ukuran diameternya 5 cm.

Cara Membuat Egrang Dari Bambu :

  1. Siapkan bambu yang sudah dipotong dengan ukuran 2 meter dan 30 cm seperti penjelasan di atas
  2. Tentukan tinggi pijakan egrang (bagi anak – anak biasanya setinggi 50 cm), kemudian tandai
  3. Bambu yang ditandai tadi dilubangi dan lubangnya disesuaikan dengan diameter bambu yang panjangnya 30 cm ( diameter 5 cm)
  4. Masukkan bambu 30 cm (sebagai pijakan) ke dalam lubang yang sudah disiapkan pada bambu 2 meter (lakukan hal yang sama pada yang satunya lagi)
  5. Ikat kuat bambu tersebut pada simpul antara pijakan bersama bambu yang tinggi memakai tali
  6. Egrang siap dimainkan. 

Teknik memainkannya:

Setelah mengetahui cara membuat egrang dari bambu selanjutnya kita akan membahas untuk teknik bermainnya. Berikut penjelasannnya.

  1. Pegang kedua egrang bambu bagian atas dengan posisi berdiri atau tegak
  2. Naiki pijakan egrang dengan posisi yang seimbang dengan mendahulukan kaki sebelah kiri, selanjutnya disusul dengan kaki kanan
  3. Pertama melanngkah gerakkan tangan kanan ke depan bersamaan dengan melangkahnya kaki kanan pada pijakan dan disusul oleh kaki kiri
  4. Untuk seterusnya, ulangi gerakan-gerakan pada teknik ke-3 supaya bisa berjalan dengan lancar menggunakan egrang

Tadi itu merupakan cara membuat egrang dari bambu dan cara memainkannya. Selanjutnya kita akan membahas bambu yang digunakan sebagai pembuatan egrang dan macam – macamnya. Berikut penjelasannya.

Cara Ternak Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Cara Ternak Ikan Gurame Di Kolam Terpal – Perkembangan teknologi serta berbagai macam penemuan dalam berbagai bidang memang mampu memberikan kemudahan bagi manusia.

Salah satu bidang yang mendapatkan pengaruh sangat baik dari perkembangan teknologi yang satu ini adalah cara budidaya ikan tawar.

Jika dulu untuk membudidayakan ikan tawar harus membuat sebuah kolam dari tanah atau dari beton yang membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya dan biaya yang tidak sedikit, namun kini Anda sudah bisa menggunakan kolam terpal sebagai sarana budidaya ikan tawar.

Terpal merupakan salah satu sarana kolam terbaik yang banyak digunakan para pembudidaya beberapa tahun terakhir.

Selain harganya yang lebih murah, ternyata budidaya dengan menggunakan kolam terpal juga tidak menurunkan kualitas dari ikan yang dihasilkan. Ikan gurame menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan.

Bahkan, cara ternak ikan gurame di kolam terpal merupakan salah satu solusi terbaik baik Anda yang memiliki modal pas-pasan namun, ingin membuat usaha budidaya ikan gurame.

Dengan memanfaatkan terpal sebagai sarana kolam ikan, maka Anda bisa menghemat biaya pembuatan kolam. Akan tetapi, untuk melakukan cara ternak ikan gurame di kolam terpal juga tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar cara ternak ikan gurame di kolam terpal yang Anda lakukan bisa menghasilkan kualitas yang unggul, yakni sebagai berikut.

Cara Ternak Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Cara Ternak Ikan Gurame Di Kolam Terpal

  • Menentukan Jenis Kolam Terpal yang Akan Digunakan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk cara ternak ikan gurame di kolam terpal ialah dengan menentukan jenis kolam terpalnya terlebih dahulu.

Ada beberapa jenis kolam terpal yang bisa Anda gunakan seperti kolam yang dibuat dari rangka kayu ataupun pipa. Kolam yang dibuat dari tumpukan bata dan kolam yang dibuat dengan menggali tanah terlebih dahulu lalu kemudian ditutup terpal pada bagian atasnya.

Masing-masing dari kolam tersebut memiliki kelebihan. Seperti contohnya Anda bisa menggunakan kolam dengan menggunakan tanah sebagai dindingnya. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban terpal saat menahan air.

  • Menentukan Ukuran Kolam Terpal

Langkah selanjutnya yakni dengan menentukan ukuran kolam terpal itu sendiri. Untuk ukuran kolam yang dibutuhkan, hal ini bergantung pada luas lahan yang Anda miliki serta jumlah benih ikan gurame yang akan Anda budidayakan.

Tentunya, semakin banyak benih gurame yang akan dibudidayakan, maka semakin luas kolam terpal yang harus dibuat.

  • Persiapan Kolam

Setelah kedua poin di atas sudah siap, maka langkah berikutnya yaitu menyiapkan berbagai macam kebutuhan yang dibutuhkan untuk membuat kolam terpal.

Setelah kolam terpal tersebut selesai dibuat, jangan lupa untuk membersihkannya sampai bersih terutama untuk permukaan terpal yang pastinya mengandung berbagai macam bahan kimia.

  • Isi Kolam Dengan Air Yang Tepat

Mengisi air kedalam kolam juga harus diperhitungkan dan tidak boleh sembarangan. Hal ini bertujuan agar benih ikan yang dibudidaya dapat tumbuh dengan baik.

Seperti contohnya apabila Anda menggunakan kolam terpal dengan panjang 4 meter lebar 2 meter dan tinggi 1 meter, maka air yang harus diisikan yakni setinggi 50 hingga 75cm.

Setelah diisi air, jangan langsung memasukkan benihnya. Tunggu hingga kira-kira 1 minggu lamanya.

  • Memasukkan Benih Ikan Gurame

Nah, jika semua hal tersebut sudah siap, maka Anda bisa langsung memasukkan benih ikan gurame ke dalam kolam. Untuk jumlah ikan yang akan dimasukkan ke dalam kolam juga harus disesuaikan dengan ukuran kolam tersebut.

Dimana untuk setiap kolam terpal dengan ukuran 4 x 2  meter makan jumlah benih ikan yang bisa Anda masukkan sekitar 200 ekor.

Dalam cara termak ikan gurame di kolam terpal, pilihlah benih ikan gurame yang memiliki usia 2 bulan agar bisa beradaptasi suhu yang ada di dalam kolam terpal.

  • Berikan Pakan Kaya Nutrisi

Dalam memberikan pakan ikan gurame juga tidak boleh sembarangan. Tentu saja, kualitas pakan yang diberikan kepada ikan gurame juga menentukan kualitas ikan nantinya.

Oleh sebab itu, pilihlah pakan ikan yang sesuai dengan usia ikan agar nutrisi dapat terserap dengan sempurna. Pilihlah pelet ikan dengan kandungan protein sebanyak 25% hingga 30%.

  • Berilah Tambahan Makanan

Meski Anda memberikan pakan ikan secara rutin, namun memberikan makanan tambahan seperti vitamin juga sangat penting agar ikan tidak mudah lemas dan dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Namun, Anda juga harus memperhatikan takaran makanan tambahan yang harus diberikan dan tidak perlu berlebihan karena hal tersebut malah bisa memberikan dampak negatif bagi ikan yang diternak dengan cara ternak ikan gurame di kolam terpal

  • Memberi Makan Dengan Cara Yang Tepat Dan Rutin

Langkah selanjutnya ialah dengan memberikan pakan secara rutin setiap harinya. Beri pakan ikan gurame saat pagi dan sore hari. Jangan sampai Anda lupa untuk memberikan pakan ikan karena hal tersebut juga berakibat pada pertumbuhan ikan nantinya.

  • Memasukkan Enceng Gondok

Jika pada perairan alami eceng gondok dapat tumbuh dengan mudah, namun tidak jika berada di dalam kolam terpal. Dimana Anda harus meletakkan eceng gondok untuk mengurangi efek suhu yang terlalu tinggi di dalam kolam karena sinar matahari.

Selain itu, eceng gondok juga sangat baik untuk menyerap logam berat yang ada di dalam kolam sehingga kesehatan ikan gurame tetap terjaga.

  • Menjaga Kebersihan Kolam Ikan

Selain Anda harus memperhatikan nutrisi pada ikan, menjaga kebersihan kolam juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh untuk Anda lupakan. Bersihkan kolam secara rutin jika dirasa air sudah keruh dan warna mulai pekat.

Buang sisa makanan dari ikan gurame dan dedaunan yang jatuh agar tidak mengotori kolam. Berikan juga sanitizer setiap 2 minggu sekali untuk membunuh kuman penyakit yang tumbuh di dalam kolam.

  • Memasang Saringan Air

Tentu saja membersihkan air secara terus menerus mungkin bisa dibilang cukup merepotkan. Akan tetapi, Anda bisa memasang saringan air untuk menjaga kebersihan kolam ikan tersebut dan Anda tidak perlu membersihkannya berulang kali.

  • Menjaga Kadar pH Air

Jaga kualitas air kolam dengan rutin memeriksa pH air dengan menggunakan pH meter ataupun kertas lakmus. Air dengan memiliki kualitas terbaik adalah air dengan pH netral yakni sekitar angka 6,5 hingga 7,5.

Namun jika air terlalu basa Anda bisa menambahkan asam fosfor. Namun, jika air terlalu asam, Anda bisa menambahkan soda kue ke dalam kolam.

  • Panen Ikan Gurame Dengan Waktu Yang Tepat

Untukcara ternak ikan gurame di kolam terpal tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika Anda memasukkan ikan dengan bobot 2,5 ons maka Anda bisa memanennya 5 bulan kemudian dengan bobot ikan yang dapat mencapai 7 ons.

Bagaimana? sangat mudah bukan beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan cara ternak ikan gurame di kolam terpal dengan baik dan benar.

Telaten dalam melakukan kegiatan ini merupakan salah satu hal penting agar Anda bisa mendapatkan ikan gurame dengan kualitas yang tinggi.