Peluang Usaha Keripik Makaroni Dan Proses Pembuatan

usaha keripik makaroni

 

Usaha keripik makaroni merupakan usaha rumahan yang mudah dilakukan dan memerlukan modal yang sedikit, tetapi bisa mendapat keuntungan yang lumayan besar.

Keuntungan Usaha Keripik Makaroni

Pastinya kamu sudah mengenal  makanan dengan nama makaroni ini. Makaroni sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Makaroni sendiri bisa kita jumpai di pasar tradisional atau supermarket. Camilan satu ini sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, baik dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa.

Banyak varian rasa yang diciptakan dari keripik makaroni ini, seperti rasa pedas, rasa manis, rasa gurih, rasa pedas-manis, dan sebagainya. Kebanyak keripik makaroni ini dijual di toko-toko ataupun diminimarket yang telah dikemas siap untuk dikonsumsi. Karena keripik makaroni ini banyak diminati oleh masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa hal ini telah membuktikan bahwa makaroni ini memberikan peluang usaha yang sangat baik untuk dimanfaatkan.

Merintis usaha keripik makaroni ini bisa dibilang usaha yang sangat menggiurkan. Keripik makaroni merupakan makanan ringan yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat pastinya. Camilan ini sangat banyak diminati oleh masyatakat karena harganya yang sangat terjangkau. Peluang usaha keripik makaroni ini masih terbuka lebar dan bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan usaha kamu yang bisa menambah pendapatan keluarga. Mungkin ada sebagian dari kamu yang berminat untuk memanfaatkan peluang usaha keripik makaroni ini ? Cara membuat makaroni itu tidak sesulit seperti yang ada dibayangan kita. Asalkan kita menguasai teknik pembuatan makaroni dengan baik, kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Strategi Pemasaran Usaha Keripik Makaroni

Agar kegiatan usaha keripik makaroni yang sedang kamu jalankan dapat berjalan dengan maksimal, maka diperlukan sebuah stategi pemasaran. Pada saat menghadapi persaingan pasar yang semakin lama semakin ramai ini maka para pelaku usaha harus menggunakan suatu strategi yang jitu, yaitu dengan cara memasang banner atau pun spanduk besar untuk menuliskan nama usaha yang akan dijalankan nanti. Dalam hal ini kamu bisa menentukan dimana kamu akan menjalankan usaha ini, berapa anggaran usaha yang dibutuhkan dan bagaimana sistem operasional usahanya. Kamu juga bisa melakukan promosi-promosi di akun media sosialmu.

Keripik makaroni bisa dibilang sebagai camilan kesukaan sejuta umat yang tidak pernah sepi peminat. Sebanyak apa pun peminatnya. Makanan yang bercita rasa gurih ini memang camilan yang cocok untuk menonton TV atau saat tengah berkumpul dengan teman-teman. Nah, daripada hanya jadi konsumennya saja, kenapa kamu tidak mencoba untuk menjajal peruntungan dengan menjajakannya? Caranya gampang kok, kamu hanya perlu membelinya dalam jumlah banyak untuk kemudian kamu bagi-bagi lagi dalam porsi yang lebih kecil.

Hitung-hitungannya seperti ini: modal awal= Rp 50.000 untuk dibelikan 1 kg Makaroni pedas.

1 Kg makaroni bisa dibagi menjadi kira 20 bungkus kecil.

Ambil keuntungan Rp 1000 saja per bungkus, kamu bisa mendapat laba total sebesar Rp. 20.000. Lumayan ‘kan?

Catatan: Jangan lupa untuk menyisakan budget sekitar Rp 5.000 untuk membeli plastik pembungkusnya.

Selain cara di atas, kamu juga bisa membuat keripik makaroni sendiri dengan membeli makaroni mentah dan megolahnya sendiri. Di artikel ini, saya juga akan membahas cara membuat keripik makaroni di akhir artikel.

Baca : Mau Usaha Kopi Bubuk Yang Menjanjikan? Yuk Cobain Cara Ini!

Analisis Usaha Keripik Makaroni :

1. Contoh rasa yang ditawarkan:

  • Balado
  • Asin
  • Manis
  • Keju
  • Original
  • Jagung Bakar
  • Pedas
  • Ayam Bakar
  • dan lain sebagainya.

2. Harga yang bisa ditawarkan

Untuk menjual keripik makaroni, kamu bisa mematok harga Rp.3000/bks

3. Lokasi atau Temapt Usaha

Bisa dilakukan dirumah atau menitipkannya di kantin sekolah atau kantin kampus, bisa juga di warung-warung.

4. Cara Promosi

Promosi dapat dilakukan dengan membuat dan menyebarkan brosur, atau melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Usaha Keripik Makaroni

Banyaknya pengusaha keripik makaroni ini tidak membuat persaingan usaha makaroni semakin ketat. Bagi kamu yang ingin usaha keripik makaroni yang kamu jalankan bisa lebih unggul dari pengusaha makaroni lainnya, sebaiknya kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut ini.

1. Memperhatikan Proses Penggorengan

Proses penggorengan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Dalam melakukan proses penggorengan kamu harus bisa menggoreng makaroni hingga matang dan jangan sampai gosong ataupun masih kurang matang. Jika kurang matang akan membuat makaroni yang dihasilkan kurang reyah dan tahan lama. Namun jika makaroni yang digoreng terlalu gosong akan menimbulkan rasa pahit. Untuk itu kamu harus menggoreng makaroni dengan tepat.

2. Pencampuran Bumbu

Setelah makaroni digoreng dan tiriskan proses selanjutnya adalah pencampuran bumbu. Dalam proses pencampuran bumbu usahakan untuk tercampur rata. Pencampuran bumbu bisa dilakukan dengan cara manual namun jika kapasitas makaroni yang diproduksi dalam jumlah besar sebaiknya dibantu dengan penggunaan mesin usaha.

3. Memperhatikan Pengemasan

Perhatikan kemasan makaroni yang kamu produksi sebelum memulai memasarkannya. Usahakan kemasan rapi dan menarik Kemasan juga harus rapat supaya menjaga kualitas makaroni tetap renyah dalam jangka waktu yang lama.

Dalam menjalakan kegiatan usaha keripik makaroni pastinya kamu mengingkan mendapatkan kemudahan saat melakukan proses produksi keripik makaroni. Agar keripik makaroni yang kamu buat ini bisa diterima di pasaran maka kamu harus membuatnya sebaik mungkin dengan memperhatikan proses pengemasan keripik makaroni.

Proses pengemasan keripik makaroni ini bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara, cara yang pertama adalah dengan menggunakan alat tradisional yaitu dengan menggunakan nyala lilin sebagai perekatnya dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan mesin usaha. Proses pengemasan dengan menggunakan nyala lilin sebagai perekat ini dirasa sudah tidak efektif lagi. Terkadang pengemasan dengan menggunakan nyala lilin ini bisa mengahasilkan kemasan yang tidak rapat sehingga juga akan mempengaruhi kerupuk makaroni menjadi ayem. Oleh sebab itu Anda bisa menggunakan mesin pengemas sebagai penganti nyala lilin untuk perekat. Tetapi kembali lagi ke diri masing-masing dan modal yang dimilki. Jika belum bisa memiliki banyak modal untuk membeli mesin pengemas, kamu bisa menggunakan lilin saja, itu sudah baik, asalkan caranya benar dan rapi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha keripik makaroni dapat kamu perhatikan di atas. Hal penting yang perlu kamu perhatikan di atas agar usaha yang kamu jalankan mampu bersaing dengan para pembisnis makaroni lainnya.

Resep keripik makaroni

Bahan

  •     1 bks makaroni (biasanya berisi 1kg makaroni)
  •     500 gr minyak goreng
  •     Bumbu keju atau balado (biasanya 1 bks isinya 100 gr)

Cara Membuat Makaroni

  1. Jemur makaroni (wajib) biarkan agak hangat.
  2. Lalu panaskan minyak dan goreng dengan api sedang, kemudian tiriskan.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit bumbu keju atau balado ke dalam plastik kresek dan tambahkan makaroni yang sudah dingin, campurkan hingga bumbu merata.

Demikian informasi tentang peluang usaha keripik makaroni yang bisa kamu coba dirumah dengan modal usaha yang sedikit tetapi bisa mendapatkan untung yang lumayan besar. Semoga sukses! 🙂