Tips Menanam Daun Bawang Yang Perlu Anda Ketahui

tips menanam daun bawang

Dalam cara menanam daun bawang terdapat tips-tips menanam daun bawang yang perlu anda ketahui. Daun bawang merupakan sayuran yang biasa digunakan pada sayur sop.

Daun bawang merupakan salah satu sayuran atau bahan masakan yang tumbuh dari bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Untuk menanam daun bawang ini sendiri bisa dibilang cukup mudah dan anda pasti bisa melakukannya di rumah.

Untuk menanam daun bawang sendiri anda hanya perlu menyiapkan beberapa siung bawang putih, bawang merah, maupun bawang bombay. Dalam menanam daun bawang ini juga tidak memerlukan lahan yang luas.

Anda bisa menggunakan media seperti botol, polybag, dan pot untuk menanam daun bawang anda.

Pada pembahasan kali ini, saya akan memberikan tips-tips untuk anda dalam menanam daun bawang. Berikut ini ulasannya.

Tips Cara Menanam Daun Bawang

Tips-tips Pertama:

  • Cara menanam daun bawang yang pertama yaitu mulailah untuk menanam bibit di dalam ruangan selama enam sampai delapan minggu sebelum musim tanam dimulai. Kemudian anda bisa memindahkannya ke tanah di luar.
  • Dan jika anda tidak tertarik untuk menanam daun bawang dari bibit, anda dapat membeli tanaman daun bawang yang sudah ditanam dari tempat penjual bunga atau tanaman.
  • Jika anda menanam bawang di dalam pot atau wadah apapun, jangan lupa untuk selalu menyiramnya dengan teratur. Karena tanah yang ada di dalam wadah atau pot biasanya akan lebih cepat kering.
  • Jikalau tidak disiram secara teratur maka akan ada kemungkinan daun bawang anda tidak tumbuh dengan baik atau bahkan mati.
  • Kalau anda menanam menggunakan umbi bawang, selalu sisakan 3 cm dari ujung akar ke atas guna ditanam kembali. Menanam kembali akan membuat anda selalu mempunyai pasokan daun bawang sendiri sampai akhirnya daun bawang tersebut berhenti tumbuh.

Tips-tips Kedua:

  • Bawang harus ditanam di tempat yang terkena sinar matahari penuh. Jika anda ingin merawat ekstra, selalu jaga keseimbangan pH tanah dikisaran 6,0 sampai 7,5. Hal ini akan membuat tanaman daun bawang anda akan tumbuh dengan optimal dan bagus.
  • Pastikan lagi wadah atau pot mempunyai lubang aliran air untuk keluar.
  • Jika wadah atau pot tidak ada lubang untuk aliran air, maka air akan menggenang di dalam pot. Ini dapat menyebabkan akar dari bawang yang anda tanam membusuk. Maka bawang yang anda tanam akan mati dan harus mengulang semuanya kembali.
  • Kalau anda menanam bawang tersebut di dalam botol, maka anda harus sering-sering untuk mengganti airnya. Gantilah airnya dalam waktu setiap minggu atau lebih agar bawang yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan segar.
  • Selalu pastikan untuk rutin membersihkan tanaman lain yang tumbuh di sekitar tanaman bawang jika anda tidak menanamnya di pot. Itu bertujuan agar bawang anda dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Itu dia tadi apa saja tips-tips menanam daun bawang yang bisa anda terapkan jika anda ingin menanam daun bawang anda sendiri. Tips-Tips di atas bertujuan untuk supaya tanaman daun bawang anda tumbuh baik dan optimal.

Jika anda berhasil menanam daun bawang anda sendiri, maka anda tidak perlu ke pasar dan mengeluarkan uang lebih untuk membeli daun bawang lagi. Karena anda sudah bisa memproduksi daun bawang sendiri.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang tips menanam daun bawang. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Selamat mencoba!