Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan Banyak

Anda bisa memilih hewan Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan, mudah dipelihara serta cepat panen dalam waktu singkat.

Berbagai jenis usaha dapat anda jalankan untuk mengisi sisa lahan sempit dibelakang rumah. Ada beberapa jenis hewan ternak yang dapat anda pilih dari ternak kecil sampai besar.

Hingga sampai ternak hewan langka dan menjijikan. Tetapi perlu anda ketahui bahwa setiap jenis ternak mempunyai karakteristik serta tingkat kesulitan dalam pemeliharaannya.

Jadi tak seluruh jenis hewan ternak yang menjanjikan bisa dijalankan dengan cara yang mudah. Bisa jadi lama dalam pemeliharannya memerlukan biaya besar dan pemasaran ternak atau produknya yang cukup sulit.

Sebagai seorang peternak yang telah lama diberbagai bidang peternakan saya memiliki saran tersendiri untuk calon peternak.

Agar memilih jenis ternak yang masih belum terpilih perusahaan besar seperti jenis ternak ayam potong, ayam petelur, sapi dan kambing seta domba.

Secara persaingan jika anda terjun didunia usaha ternak tersebut, anda sudah kalah telak, dari modal serta tenaga profesional.

Untuk itu, pilihlah jenis ternak menggunakan modal kecil yang masih potensial untuk dikembangkan sehingga penghasilan tak kalah menguntungkan dengan ternak ternak tersebut.

Berdasarkan apa yang saya lihat, para peternak kecil atau peternak rakyat yang awalnya memelihara ternak komersil seperti ayam potong kini mencari ternak alternatif yang masih dapat dijadikan usaha pokok atau usaha sampingan dirumah.

Karena dinilai masih dapat menempati pasar tersendiri dilingkungan desa dengan harga ternak yang tidak mahal.

Lalu apa sajakah jenis jenis ternak yang cepat panen tersebut? Berikut ternak yang paling cepat panen dan masih jarang dijalankan orang, namun memiliki pasar yang luas.

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan :

Ternak Ayam kampung

Ayam kampung merupakan Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan. Dari dulu telah banyak dipelihara oleh masyarakat secara tradisional serta dalam skala kecil dibelakang rumah. Hingga saat ini, ayam kampung masih sering dipelihara secara tradisional dibelakang rumah sebagai cadangan makanan dan usaha sampingan.

Daging ayam kampung sering dicari masyarakat sebab memiliki kelebihan tersendiri daripada ayam broiler yang banyak obat, vaksin.Banyak lemak sama tinggi kolesterol. Jadi, secara bisnis ayam kampung memang menjanjikan karena permintaan pasar sering naik.

Tetapi secara performa produksi, ayam kampung masih dibawah dengan jenis ayam yang penghasil daging serta telur.Sekalipun lama untuk pemeliharaannya, harga jual ayam kampung lebih tinggi daripada ayam broiler.

Jadi masih potensial untuk dikembangkan kalau memelihara dalam jumlah banyak. Kelebihana lain dari ayam kampung yaitu lebih tahan penyakit, biaya pakannya irit dan murah.

Ternak Ayam kampung super

Perkembangan teknologi pemuliaan ternak menghasilkan jenis ayam kampung anyar, yaitu Ayam kampung super atau ayam jawa super termasukĀ  Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan. Ayam super ialah pilihan tepat bagi peternak ayam kampung yang mau mempercepat waktu panennya.

Ayam yang satu ini dipelihara dari umur sehari sampai panen hanya 1,5bulan dengan bobot 0.8- 1,1 kg.

Sangat disayangkan bukannya menggantikan konsumen penikmat ayam kampung. Justru membuat pasar sendiri dengan melapak baru pada pasar ayam broiler. Karena telah banyak yang tau antara kampung super dengan ayam kampung asli.

Ayam kampung super dapat menjadi alternatif sebab secara tekstur dagingnya seperti ayam kampung asli. Terlebih performa ayam ini akan membaik. Hanya dengan memelihara 2 bulan, ayam ini sudah dapat dipanen.

Secara teknis pemeliharaan ayam kampung super mirip dengan ayam broiler, hanya saja kebutuhan pakan serta lama pemeliharaan yang berbeda.

Ternak Bebek petelur

Walau bisa dibilang peternak bebek cukup masuk untuk Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan. Akan tetapi kebutuhan akan telur bebek serta produk turunanya telah meningkat.

Sebab telur bebek ini bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman seperti kue, telur asin, telur asap serta banyak digunakan sebagai martabak telur.

Adanya opini yang berkembang di kalagan masyarakat yang menyatakan khasiat telur bebek sangat baik daripada telur ayam kampung juga sudah mendongkrak penjualan telur bebek.

Peluang-peluang bisnis ini seharusnya dapat dijadikan sebagai alasan pertama menekuni budidaya bebek petelur dilahan kosong yang kita miliki.

Anda dapat memulainya dengan modal yang tidak banyak. Dengan memelihara belasan ekor dibelakang rumah sebagai ternak sampingan.

Kunci sukses beternak bebek ini yaitu pakannya. Karena pakannya yang mensuplai pembentukan telur setiap harinya. kalau pakan baik serta seimbang, makan bebek bisa bertelur setiap hari serta maksimal hingga usaha bebek lebih menjanjikan.

Ternak Bebek pedaging

Bebek selain menghasilkan telur bebek juga merupakanTernak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan dan dapat dipelihara menjadi ternak bebek potong maupun pedaging. Bebek yang dijadikan ternak pedaging ialah bebek pejantan yang memang tak bisa bertelur dan bebek afkir yang sudah tidak menghasilkan telur.

Pemeliharaannya tidak sulit, karena bebek sangat rakus dapat memakan bahan pakan yang murah, kalau dibandingkan ayam broiler. Waktu pemeliharannya tergantung pasar, akan tetapi secara umum dipanen dalam 2 bulan dengan bobot 1 kg – 2kg per ekornya.

Berternak bebek pedaging mermpunyai prospek yang sangat terbuka sebab permintaan bebek pedaging dipasaran semakin meningkat. Berbagai olahan daging bebek mulai banyak disukai dipasaran seperti bebek panggang, bebek bakar serta rica bebek dll.

Hal ini wajib dicermati bagaimana para peternak dapat memanfaatkan peluang beternak bebek pedaging agar cepat besar. Baik secara modern atau tradisional. budidaya secara organik sebetulnya sangat tepat dilakukan oleh peternak indonesia supaya hasil yang diinginkan dapat tercapai.

Itulah beberapa aneka Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan usaha ternak dan menguntungkan, serta bisa dipelihara degan waktu singkat. Anda cukup memilih mana yang cocok untuk pemasaran didaerah Anda. Lalu dikembangkan skala yang besar. Salam sukses:)