Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi kebuli ayam yang super gampang kan? Nah kali ini kita akan membahas mengenai resep dan cara membuat nasi liwet khas solo ala rumahan sob.

Oh iya kalian udah tahu belum sih apa itu nasi liwet? Kalau belum tahu tenang aja aku bakal kasih tau sob.

Nasi liwet adalah salah satu makanan khas Jawa tepatnya Jawa Tengah yaitu dari Solo atau Surakarta.

Sejarah dan asal-usul riwayat kuliner yang satu ini kerap dikaitkan dengan tradisi masyarakat Jawa, termasuk untuk menolak bala ketika terjadi bencana.

Nah nasi liwet sendiri ada 2 macam nih, nasi liwet khas sunda dan nasi liwet khas solo. Nah kali ini kita akan membahas yang khas solo nya aja sob biar gak terlalu banyak. Mungkin next artikel lah ya kita akan bahas khas sunda.

Yuk langsung saja ke resep nasi liwet. Tunggu apa lagi siapkan peralatan kalian

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Liwet

  • 450 gram beras
  • lembar daun salam
  • batang serai
  • sdt Royco Kaldu Ayam

Bahan Bahan Untuk Lauk

Ayam Suwir
  • ekor (600 g) ayam, buang kulitnya, potong 8 bagian
  • lembar daun salam
  • cm lengkuas
  • batang serai
  • 200 ml air
  • sdt garam
  • 150 ml santan cair
  • sdt gula merah
  • 150 ml susu cair rendah lemak
Ayam Suwir Bumbu Halus
  • butir bawang merah
  • siung bawang putih
  • sdt ketumbar bubuk
  • butir kemiri
Sayur Labu Siam
  • 500 gram labu siam, potong korek api
  • lembar daun salam
  • butir bawang merah, iris tipis
  • batang serai, memarkan
  • 150 ml susu cair rendah lemak
  • sdt Royco Kaldu Ayam
  • sdm gula merah
  • buah cabai merah
  • 150 ml santan cair
  • siung bawang putih, iris tipis
  • sdt merica putih
  • sdm minyak
  • 400 ml air

Langkah Langkah Memasak Lauknya

Ayam Suwir

  1. Panaskan minyak.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan daun salam, serai, lengkuas, garam, gula merah, dan santan cair serta susu cair rendah lemak.
  5. Masak hingga air menyusut dan ayam matang.
  6. Angkat dan suwir-suwir ayam.
  7. Sajikan dengan kuahnya.

Sayur Labu Siam

  1. Panaskan minyak
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, serai dan cabai merah, tumis hingga harum.
  3. Masukkan labu siam dan cabai rawit utuh, lalu aduk.
  4. Tuang santan, susu cair rendah lemak, air, merica putih bubuk, gula merah, dan kaldu penyedap, kemudian aduk.
  5. Masak hingga labu siam matang.
  6. Angkat lalu Sisihkan.

Telur  Areh

  1. Kocok telur bersama garam dan santan.
  2. Masak hingga matang dan menggumpal.
  3. Angkat dan sisihkan.

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Liwet

  1. Masukkan santan, beras, daun salam, serai dan kaldu penyedap ke dalam panci liwet.
  2. Masak di atas api kecil hingga nasi matang sambal sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong.
  3. Angkat dan sisihkan.
  4. Sajikan nasi liwet beserta ayam suwir, sayur labu siam, telur areh dan bisa ditambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Ala Rumahan

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Saya yakin kalian pasti sudah tidak sabar untuk nyobain resep cara membuat nasi liwet khas solo ala rumahan diatas hehehe.

Oh iya kalian bisa banget lo mengikuti resep diatas menggunakan rice cooker besar jadi panci liwet nya diganti dengan rice cooker deh. Saya jamin pasti lebih praktis. Selamat mencoba ya sob, salam kuliner