Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Yang Istimewa

Halo sobat kuliner sebelumnya kan kita sudah membahas cara membuat nasi liwet kan? Kalian tau gak cara masak nasi goreng yang enak?

Kalian tau gak cara masak nasi goreng yang enak?  Kalau gak tau tenang aja karena kali ini kita akan bahas resep dan cara membuat nasi goreng sederhana yang istimewa

cara masak nasi goreng kali ini kita akan menggunakan rice cooker. Wah gampang dan praktis banget kan ya. Anak kos wajib banget nih buat nyobain resepnya, karena gampang banget.

Nah kita bahas dulu nih pengertian dari nasi goreng sendiri. Mungkin beberapa dari kalian kan belum tahu. Yuk langsung saja ke filosofi nasi goreng.

Filosofi Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan sebuah makanan yang berupa nasi lalu digoreng dalam sebuah penggorengan atau wajan yang menghasilkan cita rasa berbeda karena nasi goreng juga dicampur dengan bumbu bumbu penyedap seperti kecap manis, bawang putih, bawang merah dan merica.

Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap atau topping seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut seperti ikan, atau daging.

Hidangan nasi goreng tersebut sering kali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya. Nasi goreng merupakan komponen populer dari masakan Asia Timur, Tenggara dan Selatan pada wilayah tertentu.

Nasi goreng sering kita jumpai di pinggir jalan, tetapi nasi goreng juga termasuk hidangan rumahan juga loh, Nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas.

Beberapa jenis populer dari nasi goreng memiliki daftar bahan spesifik berbeda di setiap negara.

Di Tiongkok Raya, jenis nasi goreng yang paling terkenal adalah  nasi goreng Yangzhou dan nasi goreng Hokkien.

Chāhan Jepang atau nasi goreng versi Jepang dianggap sebuah sajian Tionghoa Jepang, yang berasal dari hidangan nasi goreng Tionghoa.

Di Asia Tenggara, nasi goreng Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang memiliki komposisi serupa dan khao phat Thai adalah hidangan populer.

Di negara bagian barat, kebanyakan restoran menyajikan hidangan untuk pelanggan Muslim atau juga vegetarian dengan cara  membuat jenis mereka sendiri dari nasi goreng contohnya termasuk nasi goreng telur.

Ternyata restoran di Amerika juga terdapat menu nasi goreng yang menawarkan masakan dengan tanpa tradisi asli dari hidangan tersebut.

Selain itu, terdapat jenis nasi goreng di negara-negara selatan Amerika Serikat. Salah satu contohnya yaitu arroz chaufa asal Peru, chaulafan asal Ekuador, arroz frito asal Kuba, dan arroz mamposteao asal Puerto Rico.

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Tapi Istimewa

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Goreng

  • 1 piring nasi dingin
  • 5 bh cabe rawit, iris
  • 1/2 sdt merica
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 bh bawang merah, iris
  • 1 sdm kecap asin
  • secukupnya Garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Langkah Langkah Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Kocok telur beri sedikit garam. Panaskan minyak di wajan. Masukkan telur, bikin orak arik. Sisihkan
  2. Dengan sisa minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga harum. Masukkan nasi dan telur orak arik. Beri kecap2an, garam, gula dan merica. Aduk rata
  3. Masak sambil terus diaduk hingga nasi agak kering. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan nasgor dg telur ceplok dan irisan timun

Tips Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Nasinya kalau bisa harus di kulkas dahulu semalaman
  2. Jumlah kecap bisa ditambah sesuai selera
  3. Jika ingin porsi banyak gunakan rice cooker besar untuk membuat nasi nya

Resep Nasi Goreng

Wah gimana nih udah pada ngiler belum? Sekian resep cara membuat nasi goreng sederhana tapi istimewa. Selamat mencoba ya