Manfaat dan Pengolahan Jenis Sampah Anorganik dan Organik

jenis sampah anorganik

Terima kasih telah berkunjung!!! artikel ini berisi tentang manfaat jenis sampah anorganik dan organik. Siapa tahu setelah membaca artikel ini anda bisa membuka bisnis sendiri dengan bahan plastik, ya sudah kita langsung bahas saja ya, berikut pembahasannya.

Sampah merupakan suatu barang atau bahan sisa yang sudah tidak dipakai atau tidak layak guna. Sering kali orang membuang limbah itu sembarangan, malah sebagian lagi orang tersebut membuang sampah organik dan sampah anorganik tidak pada tempatnya dan pada jenisnya.

Padahal ada beberapa limbah sampah yang tidak bisa terurai begitu saja. Ini lah yang menyebabkan terjadinya beberapa masalah pencemaran lingkungan seperti banjir, polusi lingkungan, pencemaran lingkungan sekitar, penyakit dan lain sebagainya.

Ada terdapat dua jenis sampah yaitu sampah organik dan sampah non organik.
Sampah organik merupakan sebuah sampah sisa yang masih bisa dimanfaatkan menjadi bahan yang layak di pakai lagi. Limbah Sampah organik dan sampah anorganik bisa diolah.

Sampah tersbut bisa dapat diuraikan, meski dibiarkan begitu saja sampah ini akan menghilang begitu dengan sendirinya. Banyak contoh ini seperti sisa sebuah makanan, kulit buah, sisa masakan dari dapur dan yang lainnya. Limbah itu bisa dijadikan sebagai pakan ternak.

Sampah non organik merupakan sampah yang telah dibuang dan tidak layak lagi untuk dipakai. Sampah ini tidak bisa terurai dengan sempurna contohnya seperti plastik makanan, kresek, botol minuman, ember dan yang lainnya.

Meski sampah ini tidak bisa terurai kembali, tapi pemanfaatannya bisa dikomersilkan untuk diolah kembali menjadi sebuah barang yang layak pakai. Untuk masalah sebuah sampah non organik ini harus mendapatkan perhatian dari semua orang.

Karena sampah ini tidak akan langsung hancur dalam waktu yang lama meski dibakar sekalipun.Setelah mengetahui perbedaan dari kedua sampah tersebut, seharusnya kita dapat bisa tahu apa tidakan apa yang baik untuk kedua jenis sampah tersebut.

Manfaat Sampah Organik Dan Anorganik

jenis sampah anorganik

Masing – masih sampah pasti bila berniat untuk mengelola pasti bisa diolah kembali menjadi suatu yang sangat bermanfaat, lihat saja sebuah contoh pemanfaatan sampah organik dan anorganik berikut ini:

Sampah organik memiliki banyak sekali manfaat ini bisa menjadi sumber pemasukkan bila diolah yang begitu bermanfaat. Bahkan dapat menimimalisir banyak limbah sampah di tempat pembuangan akhir. Berikut sebuah manfaat sampah organik yang dapat anda coba sendiri:

1. Sampah Organik Untuk Kompos / Pupuk Organik

Sampah organik seperti buah-buah yang busuk dan sayuran dapat dibuat menjadi suatu berguna antara lain pupuk kompos. Pengolahan sampah organik untuk kompos tidaklah terlalu begitu sulit.

2. Untuk Tambahan Pakan Ternak

Mungkin yang anda sudah tahu bahwa sampah organik hanya dibuat untuk tambahan pakan kambing, sapi dan kerbau. Tapi sekarang ini limbah sampah organik dapat diolah menjadi pelet untuk makanan ayam dan ikan.

3. Sampah Organik Dapat Diubah Menjadi Sebuah Biogas Dan Listrik

Tidak percaya? Bahwa limbah sampah organik dapat digunakan sebagai sumber tenaga listrik. Sampah jenis organik yang berasal dari kotoran hewan maupun manusia, limbah tempe dan tahu digunakan sebagai bahan utama.Sampah suatu bahan yang telah dibuang/diabaikan.

Manfaat Sampah Anorganik

jenis sampah anorganik

Manfaat dari sampah anorganik yang bisa kita manfaatkan adalah dengan membuat sebuah kerajinan dari sampah / limbah tersebut. Misalnya seperti sampah plastik dapat dibuat tas, taplak meja makan, pernak pernik lainnya.

Pengelolaan Sampah Agar Memiliki Nilai Ekonomis

Anda bisa mengelola sampah dengan sebuah prisnsip 3R. (Reuse Reduce Recycle) pada Setiap Hari. Pengelolaan sebuah limbah sampah dengan sistem ini 3R bisa dicoba oleh setiap orang dan kapan saja. Suatu jenis sampah organik dan sampah anorganik.

Sebab menangani sebuah sampah organik dan anorganik dengan prinsip 3R hanya membutuhkan meluangkan waktu dan kepedulian akan timbulnya sebuah penyakit akibat dari  suatu sampah.

1. Reuse ( sebuah penggunaan kembali)
Reuse adalah dengan mengunakan kembali sampah secara langsung, dengan fungsi yang masih sama ataupun fungsi ada yang begitu beda.

2. Reduce ( Suatu Pengurangan)
Reduce adalah sebuah pengurangan dari segala kegiatan yang dapat menimbulkan sampah yang dapat mencemari lingkungan sekitar.

3. Recycle ( dengan daur ulang)
Recyle adalah suatu pemanfaatan kembali sebuah sampah dengan beberapa tahapan  dalam pengolahan sampah tersebut.

Contoh Kegiatan Sampah Organik Dan Anorganik

Contoh kegiatan dari sebuah reuse ( suatu penggunaan kembali) sehari-hari yaitu:

1. Menggunakan kembali wadah makanan atau minuman yang sudah kosong untuk fungsi yang lain.
2. Memakai limbah sampah kertas yang masih dalam keadaan kosong untuk keperluan menulis

Contoh sebuah kegiatan dari reduce ( sebuah penggurangan) sehari-hari:

1. Memilih sebuah produk dengan kemasan yang bisa di daur ulang kembali
2. Hindari dari pengunaan dan pemakaian produk yang menimbulkan banyaknya jenis sampah
3. Menggunakan sebuah produk yang dapat bisa diisi ulang kembali
4. Menghindari suatu penggunaan barang yang tidak peru lagi

Contoh kegiatan sebuah recyle (daur ulang kembali) dalam sehari-hari:

1. Olah sebuah sampah plastik menjadi kerajinan tangan
2. Olah suatu sampah organik untuk kompos

Dalam proses mengelola sampah bisa dengan di daur ulang supaya memiliki nilai yang bermanfaat lagi. Daur ulang adalah suatu cara untuk mengelola sebuah sampah dengan cara pemilahan, pengumpulan, pemrosesan dan pembuatan produk sampai bernilai guna lagi.

Manfaat dari suatu daur ulang antara lain:

1. Penghematan sebuah SDA ( Sumber Daya Alam)
2. Penghematan suatu Energi
3. Penghematan lahan dalam TPA
4. Lingkungan menjadi lebih asri dan nyaman
5. Pengurangan biaya belanja rumahan

Mengolah sampah agar memiliki sebuah nilai guna memang tidak semua orang mau melakukannya seperti itu. Peluang inilah yang dapat anda coba di sekitar lingkungan rumahmu untuk pengelolaan sebuah sampah organik dan anorganik.

Prinsip Dari Pengolahan Limbah Anorganik

jenis sampah anorganik

Prinsip sebuah pengolahan jenis sampah anorganik maupun organik memiliki prinsip yang sama yaitu dengan suatu sistem 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle. Bacalah kembali pada bagian terdahulu agar dapat lebih memahaminya kembali.

Upaya dalam melakukan suatu recycle mendaur ulang limbah anorganik menjadi sebuah karya kerajinan tangan, berarti sudah dapat mengatasi suatu masalah lingkungan yang mengganggu sebuah kehidupan.

Reduce, reuse, dan recycle dalam proses pembuatan produk kerajinan ini harus selalu dijalankan terus, sehingga dapat meminimalisir limbah sampah yang terjadi setelah hasil produk kerajinan yang diperoleh

Penggunaan dari bahan limbah anorganik untuk didesain menjadi sebuah produk kerajinan itu tidaklah sangat mudah. Kita harus memiliki motivasi yang cukup besar dalam proses ide kreatif dan mengatasi masalah limbah di lingkungan, sehingga tidak sulit untuk mempelajarinya.

Kita perlu mengetahui dan memahami suatu prinsip dasar yang membangun kesadaran bahwa mendesain bahan limbah anorganik merupakan sebuah proses menata ulang kebermanfaatan dari sebuah produk yang telah hilang dari nilai gunanya.

Itulah ulasan tentang jenis sampah anorganik dan organik. selamat mencoba dan semoga bisa mengurangi sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.