Dampak Positif Dan Negatif Botol Plastik

dampak positif dan negatif botol plastik

Dampak Positif Dan Negatif Botol Plastik

dampak positif dan negatif botol plastik

Dampak positif dan negatif botol Plastik merupakan salah satu jenis bahan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk berbagai hal. Seperti membawa barang-barang yang tidak cukup untuk dibawa.

Atau untuk membungkus sesuatu yang hendak dibawa maupun diberikan kepada seseorang. Bahkan juga karena seringnya digunakan, plastik seolah-olah telah menjadi sebuah suatu kebutuhan yang harus tersedia.

Padahal sebenarnya plastik ini memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan karna berdampak  pencemaran apabila sudah tidak digunakan lagi. Di mana istilah plastik ini yang sudah tidak digunakan tersebut.

Permasalahan Suatu Sampah Plastik Di Negara Indonesia

Di Indonesia saja misalnya, di mana hampir setiap tahun itu masyarakatnya dilaporkan telah memakai 100 miliar kantong plastik. Kebiasaan ini memang terjadi juga mengingat kantong plastik.

Sedemikian sehingga dari perhitungan tersebut diperoleh sedikit  sekali kesimpulan. Bahwa setiap orang di Indonesia ini menggunakan setidaknya 700 kantong plastik per tahunnya atau dua kantong plastik dalam sehari.

Parahnya juga lagi, sampah-sampah plastik ini tersebut tidak semuanya sampai ke tempat pembuangan. Yang seharusnya sehingga dapat didaur ulang saja, tetapi itu justru berserakan di mana-mana.

  • Alasan lainnya mengapa sampah plastik ini berdampak buruk bagi lingkungan. Karena sifat plastik ini yang memang susah diuraikan oleh tanah meskipun sudah tertimbun bertahun-tahun.
  • Ketahuilah bahwa plastik ini baru bisa diuraikan oleh tanah setidaknya setelah tertimbun selama 200 hingga 400 tahun. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa suatu sampah plastik bisa terurai.
  • Proses lamanya terurai inilah yang kemudian mengakibatkan suatu dampak sampah plastik buruk bagi lingkungan, seperti munculnya sebuah zat kimia yang dapat mencemari tanah sehingga berkurang tingkat manfaat.
  • Selain itu juga, dengan proses ini yang susah diuraikan. Sampah plastik ini juga dapat membunuh sang pengurai tanah. Sehingga wajar saja apabila tingkat kesuburan yang dimiliki tanah ini berkurang.
  • Dengan mengetahui suatu fakta ini alangkah baiknya kita ini, selaku masyarakat warga Indonesia. Menyadari bahwa penggunaan plastik sebenarnya tidak begitu baik.

Pencemaran Akibat Dari Sampah Plastik

Harus diakui bahwa plastik ini memang memiliki harga yang relatif murah. Sehingga siapapun yang ingin menginginkannya pasti dapat membelinya dengan mudah, tetapi ketika dibuang ke lokasi TPA tersebut.

Plastik ini justru tidak dapat terurai dengan cepat dan mudah. Sedemikian sehingga hal itu juga dapat dengan mudahnya mencemari tanah di daerah tersebut. Serta Dampak positif dan negatif botol plastik.

Yang mana itu, pencemaran tanah inilah yang kemudian berdampak pada berkurangnya suatu tidak kesuburunan tanah itu sendiri. Itu sebuah dampak positif dan negatif botol plastik bagi lingkungan sekitar.

Dampak Positif Dari Suatu Plastik

Ada beberapa suatu kelebihan dengan plastik yang tidak bisa dibandingkan dengan yang lain. Bahan plastik ini sangat tahan lama. Hal positif lain tentang plastik adalah kemudahannya dalam mengubah suatu bentuk.

Anda bisa mengubah suatu plastik menjadi bentuk yang Anda butuhkan dan tampilannya sama-sama cantik. Seperti sebuah kaca atau bahan mahal lainnya. Tidak seperti kaca yang lain harus ditangani dengan hati-hati.

Anda bisa menggunakan bahan dari plastik dengan kasar.  Satu keuntungan lagi dari suatu plastik adalah dapat didaur ulang kembali. Serta dampak positif dan negatif botol plastik bagi lingkungan.

Dampak Negatif Dari Sebuah Plastik

dampak positif dan negatif botol plastik

Gaya hidup modern ini difokuskan pada orang-orang yang selalu bergerak. Untuk alasan ini juga, makanan yang tersedia dalam kaleng, wadah plastik, serta bahan yang  lainnya.

Semakin banyak suatu orang memanfaatkan barang-barang ini. Semakin tinggi tingkat di mana mereka yang mengumpulkan jumlah sampah di planet ini. Serta dampak positif dan negatif botol plastik ini.

Di antara bentuk sampah ini yang paling keras adalah plastik. Plastik ini tidak dapat membusuk secara alami seperti rekan-rekan mereka yang lain. Juga saat terbakar  timbul asap yang mengandung suatu bahan kimia.

Ada beberapa hal negatif tentang sebuah plastik yang harus dianggap sama seperti kelebihan. Barang plastik ini tidak bisa mentolerir suhu tinggi dan melepaskan gas berbahaya pada suhu tinggi yang menyebabkan polusi.

Plastik ini tidak mudah sekali pakai dan akan memakan waktu ribuan tahun untuk benar-benar bisa terurai. Serta plastik ini juga memiliki dampak positif dan negatif botol plastik.

Ini mengakibatkan suatu hal-hal berbahaya lainnya seperti penyumbatan air yang mengakibatkan banjir, kematian hewan, burung karena suatu makan plastik dll. Serta dampak positif dan negatif botol plastik.

Tentunya hal ini merupakan suatu keprihatinan serius beberapa aktivis lingkungan. Bahkan suatu proses pembuatan plastik oleh industri melepaskan sejumlah besar karbon dioksida.

Ada begitu banyak suatu keuntungan dengan plastik dan harus digunakan dengan hati-hati dan dalam keterbatasan untuk melindungi lingkungan. Plastik dapat didaur ulang dan karenanya daripada untuk membuangnya.

Setiap orang harus bisa berinisiatif mendaur ulang sehingga efek plastik terhadap lingkungan akan berkurang. Jika tidak akan memiliki dampak postif dan negatif botol plastik.

Jenis Botol

Botol jenis ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai, misalnya pada botol air mineral ini, botol jus serta lain-lain. Jenis botol inilah yang biasa digunakan untuk berulang kali sebagai wadah air minum.

Botol plastik ini dengan kode PET terbuat dari berbagai unsur sintetis atau kimia ini dapat mengeluarkan zat yang bernama bisphenol A (BPA). Zat ini merupakan suatu bahan kimia industri.

Beberapa penelitian ini telah menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dari wadah yang dibuat dengan BPA tersebut. Serta dampak yang di timbulkan juga berpengaruh.

Dari Dr Seema Singhal, Asisten sebuah Profesor, Sebuah Departemen Obstetri dan Ginekologi. Serta All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) menyatakan bahwa Botol berkode PET.

Hati-hati saat kita memilih suatu botol plastik. Serta dan pastikan plastik daur ulang tidak digunakan untuk barang-barang yang erat kaitannya dengan konsumsi. Seperti menjadi suatu wadah makanan.

Dampak Botol Plastik

Sudah tidak bisa untuk dipungkiri lagi, saat ini banyak sekali minuman dalam kemasan yang menggunakan botol plastik. Penggunaan suatu botol plastik semakin marak di kalangan masyarakat.

Dibalik itu semua terdapat suatu fakta yang mengejutkan, penggunaan suatu botol plastik memiliki dampak yang sangat buruk terhadap residu lingkungan. Sampah sampah dari botol plastik ini.

Selain itu Botol plastik bisa menjadi ancaman terhadap suatu bencana lingkungan. Hal tersebut karena proses suatu penguraian botol plastik bisa memakan waktu 450 sampai 1.000 tahun.

Sudah banyak sekali negara yang mengurangi produksi botol plastik terhadap minuman kemasan. Hal tersebut juga dilakukan untuk mengurangi dampak bencana lingkungan yang ditimbulkan.

Itulah ulasan mengenai sebuah dampak positif dan negatif botol plastik. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Serta bisa menjadi pembelajaran. Sekian dan Terima Kasih.