Cara Merawat AC Rumah yang Baik dan Benar

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara merawat AC rumah dengan baik dan benar. AC kini sudah menjadi barang elektronik yang utama dalam sebuah rumah.  Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah yang panas seperti di perkotaan.

Bukan tidak mungkin didalam satu rumah, ada sebuah AC dinyalakan sepanjang hari demi menambah kesejukan ruang tersebut. Namun AC juga merupakan sama dengan barang pada umumnya, semakin sering digunakan nilai keawetan pun akan menurun dan berakhir dengan rusak.

Pada umumnya AC akan mulai mengalami masalah setelah jangka waktu penggunaannya sekitar 2-4 tahun. Namun jika anda mampu merawat dan menggunakan AC dengan benar. Maka sebuah AC dapat bertahan sampai 10 tahun lebih setelah pembelian.

Ikuti service AC Jogja agar anda bisa mengetahui beberapa cara dan apa saja masalah yang bisa dialami oleh AC yang anda punya. Nah para pembaca sekalian, jika mungkin anda akan merawat AC sendiri. Anda juga perlu tahu apa saja komponen yang ada pada AC tersebut.

Jadi jika saat anda merawat atau membersihkan AC tersebut anda sudah tahu mana komponen yang harus dibersihkan dengan air atau tidak. Jangan sampai anda tidak tahu komponen – komponen yang ada pada AC namun anda tetap membersihkannya tanpa mengetahui bagaimana cara membersihkannya dengan benar.

Pada biasanya komponen yang dibersihkan sendiri tanpa bantuan dari seorang teknisi yaitu pada bagian filter AC dan pada kumparannya. Mungkin sebagian dari kalian yang sudah mempunyai AC sudah paham mengenai hal ini.

Namun jika anda baru pertama akan membersihkan bagian tersebut anda harus tetap berhati – hati dan baca cara pembersihannya agar tidak menyebabkan kerusakan.

Cara Merawat AC Rumah

1. Menggunakan Timer pada AC

Menggunakan fitur ini pada AC yang sedang dinyalakan, maka nanti AC akan mati dengan sendiri tepat pada waktunya. Untuk itu nyalakan AC sesuai kebutuhan anda saja dan jangan menyalakan AC jika anda keluar masuk kedalam ruangan tersebut.

Sebaiknya AC dinyalakan selama maksimal 5 jam itu dalam satu kali pemakaian. Setelah itu biarkan AC itu dingin kembali dan anda juga jangan terlalu seringmenyalakan AC dengan suhu dibawah 24 derajat. Sebab jika anda menyalakan dibawah suhu 24 derajat maka AC akan cepat panas.

2. Bersihkan Filter AC

Untuk membersihkan pada bagian ini anda bisa melakukannya secara rutin 1 sampai 2 bulan sekali. Jika anda lupa membersihkannya dalam jangka waktu tersebut dan filter sudah terlampau kotor maka anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter AC tersebut akan menghalangi aliran udara yang akan keluar. Hal ini tentu dapat menyebabkan fungsi kinerja AC terganggu dan bisa menyebabkan kerusakan.

3. Bersihkan Kumparan pada AC

Selain membersihkan filter AC, anda juga perlu membersihkan debu yang ada pada bagian ini. Sebab debu dan juga kotoran kerap menumpuk pada bagian ini pula. Untuk itu bersihkan bagian ini secara rutin setiap tahun.

Debu yang menumpuk pada kumparan bisa menyebabkan kurangnya kemampuan AC menyerap udara panas. Hal ini menyebabkan AC tersebut kelebihan beban dan bisa menyebablan konsleting listrik.

4. Periksalah Thermostat

Untuk bagian ini anda harus selalu memeriksanya secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memastikan AC yang ada di rumah anda bekerja dengan baik dan temperatur suhunya tetap stabil.

Dalam mengatur bagian ini anda harus mengaturnya dengan temperatur yang lebih tinggi saat tidak banyak orang. Namun jika seisi ruamh benar – benar kosong dan anda pergi sebaiknya matikan ACnya.

5. Cek Kipas AC

Periksalah kipas yang berada pada bagian atas unit kondensor bagian luar. Anda harus memastikan bahwa AC tersebut berada pada kondisi yang benar.

Jika pada pisau kipas terdapat ada yang rusak atau pecah gantilah pisau kipas dengan yang baru atau baik. Hal ini dilakukan agar AC tetap berjalan dengan normal.

6. Service AC secara Berkala

Lakukan service AC yang anda punyai secara berkala. Anda bisa menggunakan jasa service AC Jogja untuk membantu menyervice AC anda. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kondisi AC yang ada di rumah anda tetap berjalan dengan normal dan baik.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk merawat AC di rumah. Anda harus lakukan kegiatan tersebut untuk menjaga AC yang ada di rumah anda tetap berjalan dengan normal dan baik.

Jika anda merawat AC dengan baik dan benar maka anda akan merasakan manfaat yang akan didapatkan. Apa saja manfaat yang anda dapatkan jika anda merawat AC dengan baik dan benar ? Berikut penjelasannya.

Manfaat Merawat AC

  1. Tagihan listrik menjadi lebih murah. Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka AC akan menjadi bersih. Jika AC dengan kondisi bersih, maka AC akan membuat udara lebih dingin dan waktu nyala AC lebih efisien.
  2. Udara yang dikeluarkan oleh AC baik untuk ruangan. Jika AC bersih dan terhindar dari debu dan kotoran. Maka AC akan mengeluarkan udara yang bersih dan sehat.
  3. Memperpanjang usia AC. Jika AC bersih maka AC akan bekerja dengan normal dan baik. Hal ini bisa membuat AC menjadi lebih awet dan tahan lama.

Namun jika anda tidak ada waktu untu merawatnya, anda bisa menggunakan teknisi AC yang akan membantu anda dalam masalah pendingin ruangan tersebut. Jadi jangan lupa untuk tetap merawat AC yang anda punyai.

Jika anda bertanya – tanya apa sih manfaatnya merawat AC secara rutin ? Padahal AC meskipun tidak dirawat masih bisa berjalan dengan normal. Eits jangan salah, AC bisa saja terkena masalah meskipun tidak dirawat dengan baik.

Banyak masalah yang akan anda alami jika anda tidak merawat AC dengan baik dan benar. Apa saja masalah yang akan dialami jika anda tidak merawat AC dengan baik dan benar ? Berikut beberapa masalah jika anda tidak merawat AC dengan baik dan benar.

Masalah pada AC
  1. Filter AC kotor
  2. Mengalami kebocoran dengan tiba – tiba
  3. AC mengeluarkan suara yang berisik
  4. AC tiba – tiba mati dan hidup
  5. Tidak mengeluarkan udara dingin atau AC tidak dingin

Nah itulah beberapa masalah yang bisa anda alami jika anda tidak merawat AC dengan rutin dan baik. Jadi jangan sampai anda meremehkan hal tersebut karena hal tersebut bisa menyebabkan masalah yang mungkin anda tidak bisa tangani.

Itulah beberapa cara untuk anda merawat AC di rumah dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin dan membersihkannya dengan baik agar tidak terjadi kerusakan.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang baik jika anda merawat AC dengan baik. Jadi AC akan terjauhkan dari masalah – masalah AC seperti kebocoran. Jangan tunggu AC rusak baru anda sadar akan pentingnya merawat AC ya.