Cara Menanam Jagung di Pekarangan Rumah Anda

Cara Menanam Jagung di Pekarangan Rumah – Makanan dan manusia merupakan dua komponen yang saling berkaitan erat. Manusia memerlukan makanan setiap harinya sebagai sumber energi untuk tumbuh.

Maka tidak heran jika tanaman pangan menjadi kebutuhan pokok untuk keberlangsungan hidup manusia.

Tanaman pangan mempunyai banyak jenis, baik itu sayuran, umbi-umbian, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan lain – lain. Karena keberadaannya yang sangat penting, budidaya terhadap tanaman pangan terus dilakukan.

Saya akan membahas cara menanam jagung manis  di pekarangan rumah . Berikut cara menanam jagung manis  di pekarangan rumah yang baik dan benar.

Cara Menanam Jagung di Pekarangan Rumah

Tanaman jagung adalah tanaman pagan pokok di sebagain belahan dunia dan bahan pangan olahan seperti minyak jagung dan bahan dasar tepung maizena, bioenergy, bahan kosmetik, selain itu untuk kebutuhan pangan ternak.

Untuk pakan ternak tanaman jagung digiling atau diselep buah jagung atau seluruhnya dari batang sampai buah sebagai sumber karbohidrat.

Tanaman jagung tumbuh didataran rendah sampai tinggi hingga 1200 mdpl, dan memerlukan media tanah lempung, lempung berpasir, tanah vulkanik, yang subur, gembur, kaya bahan organic.

Jagung memerlukan sinar matahari minimal 8 jam per hari suhu udara 20-33 derajat celsius, curah hujan sedang, ph tanah 5,5-7 dengan drainase yang baik.

1. Memilih Bibit Jagung

Cara Menanam Jagung di Pekarangan Rumah

Di dunia pertanian tidak lepas dalam pemilihan varietas atau yang bagus. Bagusnya anda tidak perlu repot lagi membuat atau memilih  jagung yang diinginkan.

Anda dapat mendapatkan bibit yang bagus di toko-toko pertanian terdekat, mereka menyedikan berbagai  bibit seperti bibit jenis hibrida, jagung manis dan jenis-jenis bibit lainnya.

Anda juga bisa memesan bibit atau benih jagung ke petani lokal atau toko pertanian online. Hitunglah modal kebutuhan bibit yang anda butuhkan.

2. Olah Lahan dan Bersihkan Gulma di Lahan.

 cara menanam jagung manis  di pekarangan rumah

Lahan merupakan syarat yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman jagung, hal ini menentukan dalam pertumbuhan dan perkembangan jagung yang akan kita tanam.

Pastikan tanah yang anda akan ditanami jagung harus benar-benar subur dan mengandung unsur hara yang banyakatau tidak tandus.

Jagung tergolong pada tanaman yang mudah ditanam,mereka bisa di tanam di bagian tanah andosol, latosol atau grumosol dan jenis tanah lainnya. pH yang cocok untuk jagung 5,6 – 7,5.

Pastikan beberapa tanah yang ada disekitar kita terpenuhi, dan jika anda baru membuka lahan maka proses pemupukan dan lahan harus kita lakukan terlebih dahulu.

Lihat dulu kesuburan tanah yang anda miliki jika di rasa memang kekurangan unsur hara dan tidak terdapat humus anda dapat menebarkan pupuk.

Sebaiknyaketika anda membuat bedengan tebarkan pupuk organik atau kandangpada lahan sebaran.

3. Menanam Jagung di Lahan

Cara Menanam Jagung Dipekarangan Rumah

Saya anggap anda sudah mendapatkan bibit jagung yang unggul dan pengolahan lahan sudah dilakukan.

Kondisi yang paling tepat untuk menanam jagung pada kondisi tanah sedang lembab, tidak terlalu becek dan tidak terlalu kering.

Biasanya petani lokal menggunakan jarak tanam bibit satu dengan lainnya antara 100 cm x 40 cm dan berikan 2 biji pada satu lubang tanam. Untuk kedalaman lubang tanamnya anda bisa menggunakan ukuran 3 – 5 cm.

4. Berikan Pupuk ke Tanaman Jagung

Cara Menanam Jagung Dipekarangan Rumah

Beberapa bagian yang pertama akan kita berikan pada tanaman jagung yaitu pupuk dasar. Pupuk dasar yang diberikan berjenis pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos dan jenis pupuk organik lainnya.

Kemudian tanaman jagung anda akan menyerap beberapa unsur yang dibutuhkan untuk mereka perkembangan tanaman menjadi besar.

Unsur ini seperti fosfor, nitrogen dan kalium yang banyak dibutuhkan pada fase pertumbuhan dan nanti ketika pada masa pembuahan.

6. Panen Jagung

Cara Menanam Jagung Dipekarangan Rumah

Proses menanam jagung manis di dataran rendah akan lebih cepat memasuki proses panen dibandingkan budidaya jagung manis di daratan tinggi.

tanaman jagung manis umumnya dipanen pada usia kisaran 60 hingga 150 hari sejak awal penanaman.

Tanaman yang mudah dibudidayakan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Sehingga jumlah konsumen jagung manis selalu meningkat oleh karena itu usaha jagung manis bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Perawatan Jagung Manis

Tahapan selanjutnya setelah mengetahui cara menanam jagung manis  di pekarangan rumah adalah perawatan.Ini memang sedikit membuat anda bangga dan mungkin akan sedikit tersenyum karena jagung anda tumbuh dengan subur.

Dalam proses awal benih jagung sudah dibekali makanan pada kecambah, dan setelah tumbuh dan saat tanaman ini menjelang tumbuh dewasa mereka sangat mengandalkan makanan yang tersedia di lahan.

Bukan itu saja tanaman jagung mungkin bisa terserang hama tanaman.Proses pemeliharaan memang tidak semudah yang saya tulis saat ini, namun anda memiliki gambaran untuk pemeliharaannya.

Dalam pemeliharaannya beberpa tahapan lain seperti penyulaman, penjarangan, pembubuan, pengairan dan pemupukan sususlan sangat penting dilakukan untuk perkembangan si jagung

1.  Penyulaman

Penyulaman dilakukan Jika bibit jagung tidak dalam kondisi pertumbuhan yang baik maka bisa dilakukan proses penyulam atau pergantian bibit baru.

Namun proses penyulam hanya bisa dilakukan pada tanaman yang berusia muda sehingga dapat tumbuh seragam dengan tanaman jagung manis yang lainnya.

Jika melakukan penyulaman,jangan sampai terlambat anda memiliki waktu 1 minggun dan jangan lebih dari 1 minggu.

2. Penjarangan

Lakukan penjarangan dan kontrol terus pertumbuahan dan perkembangan tanaman jagung anda.

Untuk penjarangan biasanya di lakukan pada jagung yang sudah berumur 1 minggu lebih atau 10 hari.

3.  Pembubunan

Pembubunan dilakukan dengan cara menggali parit antar bedengan dan tanah di balik pada bagian perakaran tanaman.

Hal ini di bertujuan agar tanaman jagung tidak mudah rebah dan membuat jagung lebih kokoh untuk menompang batang dan calon buah yang akan tumbuh.

Galian pada parit memungkinkan air untuk masuk dan air itu akan diserap oleh tanaman dengan mudah, jadi saya rasa ini sangat penting dilakukan untuk perkembangan si jagung.

4.  Pemupukan

Taburkan pupuk organik separti pupuk kandang dan berikan nutrisi pada tanaman, saya rasa anda sudah paham dalam hal pemupukan.

5.  Pengairan

Tentu saja air sangat penting untuk tanaman jagung menjelang awal hingga panen tiba.

Pastikan anda memahami hal ini, ada beberapa fase jagung sangat membutuhkan air dan mereka lebih mengutamakan air.

Pada fase bunga akan tumbuh berkisar antara usia tanaman 45 – 55 hari setelah tanam dan anda harus menyediakan banyak  air.

Pada tanaman menjelang pengisian biji mereka berusia 50 – 80 hari dihitung setelah tanam juga membutuhkan air. Dan saya rasa jagung lebih membutuhkan air ketika pada fase pertumbuhan bunga.

Manfaat Jagung Manis

Sebelum kami membahas mengenai cara budidaya jagung ada baiknya anda sebagai konsumen atau produsen mengetahui terlebih dulu apa saja manfaat yang diperoleh tubuh setelah mengkonsumsi jagung manis ini, yaitu :

Mencegah Penyakit Kanker

Tanaman jagung mengandung banyak asam fenolit serta asam ferulik, sehingga baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor didalam tubuh.

Sumber Asam Linolet

Selain baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor, tanaman jagung manis juga kaya akan asam linolet yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, menambah asupan gizi serta sebagai saran tranportasi vitamin D kedalam tubuh.

Itulah artikel tentang cara menanam jagung di pekarangan rumah yang saya berikan, semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dan selamat maencoba.