Cara Membuat Kopi Susu Mudah dan Enak

cara membuat kopi susu

Cara Membuat Kopi Susu – Kopi susu adalah minuman yang mirip dengan susu coklat, namun sebagai pengganti sirup coklat, digunakan sirup kopi. Ini adalah minuman resmi negara bagian Rhode Island di Amerika Serikat

Sejarah Kopi Susu

Kopi susu pertama kali diperkenalkan ke Rhode Island sekitar awal tahun 1930-an. Ini muncul dari restoran kreatif serta operator apotek yang mencoba menarik pelanggan baru dengan minuman kreatif.

Salah satu operator, yang identitasnya hilang dari sejarah, meninggalkan ampas kopi yang dimaniskan dengan susu dan gula.

Ini menciptakan ekstrak seperti molase yang menjadi populer. Kopi susu adalah favorit di antara penduduk Rhode Island dan menciptakan permintaan akan sirup kopi ini.

Permintaan yang begitu besar, pada tahun 1993, mengalahkan Del Limun untuk menjadi minuman resmi Rhode Island.

Ketersediaan Kopi Susu

Di bagian timur laut wilayah AS di New England, dapat ditemukan dalam kasus susu dari toko tepat di samping susu rasa lainnya seperti coklat, stroberi dan vanila, dan sering ditemukan pada menu minuman restoran di seluruh negara bagian.

Minuman ini sulit ditemukan di luar kawasan New England, sedang naik daun dan sering disalahartikan sebagai kopi dengan susu. Salah satu merk sirup kopi yang terkenal adalah “autocrat”.

Otokrat Inc, yang juga memproduksi sirup kopi merek Eclipse dan CoffeeTime, berpusat di Lincoln, Rhode Island.

Kopi susu tersedia di ruang makan Brown University dan University of Rhode Island, membingungkan banyak mahasiswa dari luar negeri.

Baru-baru ini, sirup tersebut tersedia di selatan hingga New Jersey, tetapi dalam kemasan yang berbeda. Ini dicap sebagai sirup “Coffee Time” – masih dibuat oleh para otokrat di Rhode Island.

Bahan:

  • 120 ml susu pasteurisasi segar
  • 25 ml gula aren cair (cara membuat gula aren cair akan dibuat di artikel tersendiri)
  • 15 gram biji kopi sangrai. Biji kopi yang digunakan oleh houseblend Arabika dan Robusta Manggarai, karena rasa pahit yang didapat adalah yang paling cocok. (jika berminat tunggu postingan selanjutnya tentang Kopi Manggarai)
  • 20 gram susu kental manis
  • Es batu secukupnya

*Anda bisa menyangrai kopi dengan mesin sangrai kopi agar tidak menghilangkan kualitas utama.

Peralatan:

  • Rokpresso
  • Penggiling
  • Keseimbangan
  • Teko leher angsa
  • Gelas

Cara Membuat Kopi Susu:

  1. Giling biji kopi sesuai kebutuhan mesin Ekspresso yang digunakan.
  2. Panaskan air hingga mendidih dan siapkan dalam teko leher angsa agar. Mudah dituang ke dalam Rokpresso. Sebelum digunakan, bilas Rokpresso dengan air matang, minimal untuk sekedar mensterilkan Rokpresso dan juga untuk menghangatkan portafilter.
  3. Siapkan kopi yang telah digiling ke portafilter yang dipadatkan dengan tamper spoon.
  4. Siapkan gelas untuk menyimpan espresso made. Tuang air panas (sekitar 90 – 95 derajat Celcius) ke dalam wadah air pada mesin Rokpresso dan buat menjadi dopio / double expresso.
  5. Siapkan gelas atau botol yang akan digunakan untuk penyajian. Tambahkan sedikit es batu, 20 gram susu kental manis, 25 ml gula aren dan dopio yang sudah dibuat. Terakhir, susu segar dimasukkan ke dalam gelas atau botol.
  6. Iced Kopi Susu yang enak dan kekinian bisa dinikmati.

Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel resep kopi susu ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda membuat kopi susu sesuai keinginan anda, tentunya dengan berbagai macam manfaatnya anda akan semakin tertarik untuk mencoba kopi susunya.

Cara membuat kopi susu sekian terima kasih. Semoga berhasil dan bisa menyenangkan suami anda.