Cara Membersihkan Filter AC

Cara Membersihkan Filter AC

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara membersikan  filter Ac.

Cara membersihkan AC rumah bisa dikatakan susah-susah gampang jika kita tidak mengenali dengan baik karakteristik dari AC tersebut. Di daerah  seperti halnya ibukota Jakarta seringkali udara terasa panas baik siang hari maupun malam hari. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni karena terlalu padatnya penduduk yang bermukim, banyaknya area-area industri, kendaraan-kendaraan yang berada di jalan raya relatif banyak.

Rumah yang sejuk nampaknya menjadi sebuah kebutuhan saat ini, bagaiman tidak, dengan cuaca sekarang yang begitu panas, sungguh hal yang menyebalkan jika rumah yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman untuk berlindung dari panasnya pergolakan jaman ternyata sama saja panasnya dengan diluar rumah.

Alhasil penggunaan pendingin udara berupa AC pun menjadi pilihan banyak orang, tetapi bagaimana dengan tagihan listriknya ? tidak perlu kawatir, dengan memilih jenis yang tepat dan pembatasan penggunaan maka hal itu dapat teratasi.

Tetapi jika ternyata pendingin ruangan yang kita miliki tidak berfungsi dengan semestinya tentunya hal ini akan sangat mengganggu bukan, banyak penyebabnya, anatara lain filter AC yang sudah kotor, untuk itu perlu dibersihkan. Jika tidak ingin menggunakan jasa pembersih professional, kita bisa membersihkannya sendiri dengan langkah – langkah sebagai berikut.

Cara Membersihkan Filter AC

Cara Membersihkan Filter AC

1. Membuka Filter AC

Angkah awal dalam membersihkan filter AC adalah membuka bagian penutup filter, tetapi tidak semua model AC memiliki bagian filter yang bisa dibuka dengan mudah menggunakan tangan. Ada beberapa model yang harus dibuka menggunakan obeng dan alat – alat tertentu.

2. Proses Pembersihan

Setelah dilepas, bersihkan debu dengan kain kering atau bisa juga menggunakan lap yang lembab agar debu tidak berterbangan. Karena sama saja jika setelah AC dibersihkan dengan lap kering debu malah berterbangan dan justru terhirup atau kembali menempel pada filter AC

3. Bersihkan Panel

Didalam Ac kita akan menjumpai beberapa panel, nah panel – panel inilah yang juga biasanya tertutup debu dan harus dibersihkan. Cara membersihkannya bisa menggunakan vacuum cleaner atau lap yang kembab agar debu teerangkat dengan sempurna.

4. Bersihkan Filter

Setelah semua bagian dibersihkan, yang terakhir dibersihkan adalah filter udara yang ada di dalam AC. Pembersihan bisa menggunakan vacuum cleaner atau jika debu terlalu tebal, bisa kembali menggunakan kain lap yang dibasahi sehingga debu bisa terangkat secara keseluruhan.

5. Memasang Kembali Penutup

Setelah semuanya bersih tentu saja hal yang terakhir dilakukan adalah memasang kembali penutup. Ada baiknya jika anda adalah orang yang pelupa, sebaiknya memfoto terlebih dahulu filter Ac sebelum dilakukan pembongkaran awal.

Hal ini karena kita bukanlah ahli dalam bidang ini sehingga bisa dilakukan pencegahan untuk berjaga –jaga agar penutup bisa dipasang kembali. Setelah dipasang, AC juga perlu dilakukan pengujian. Karena bukan hal yang tidak mungkin jika AC justru tidak bisa dipakai setelah kita bersihkan.

Hal ini biasanya diakibatkan oleh pemasangan komponen yang kurang tepat. Atau malah dikarenakan terjadinya konsleting pada mesin AC akibat ada air yang masuk. Sebab itu, pemakaian lap yang lembab harus dilakukan dengan hati – hati, lap tidak boleh basah dengan meneteskan air, hanya boleh lembab.

Jika memang kita ragu saat akan cara membersihkan filter AC, ada baiknya menggunakan jasa pembersih AC yang professional. Banyak jasa pembersih AC yang tersedia tetapi kita juga harus jeli dalam memilih jasa yang sudah berpengalaman.  Seperti jasa service AC jogja, Jangan sampai niat hati ingin AC bersih tetapi malah menguras kantong akibat harus memperbaiki atau malah mengganti Ac dengan yang baru.