Alat Membuat Kerak Telor Terlengkap Ada Disini Nih

alat masak kerak telor

Hallo teman – teman semuanya pada kali ini saya akan mengulas sebuah hal tentang Alat Membuat Kerak Telor Terlengkap Ada Disini Nih.

Alat Membuat Kerak Telor Terlengkap Ada Disini Nih akan membuatmu akan menjadi berasa terus nagih nih hehehehe.

Oke sebelumnya tidak hanya kaya akan hasil alam. Akan tetapi Indonesia pun kaya akan tradisi dan budaya. Bahkan saking kayanya hampir setiap daerah memiliki bahasa dan makanan khas masing-masing.
Meskipun terkadang makanan khas Indonesia terbuat dari bahan yang sama.
Namun masing-masing daerah tentunya memiliki cara mengolah yang berbeda sehingga bisa menyajikan makanan yang begitu khas dan nikmat.

Apakah saat ini temen – temen sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui Alat Membuat Kerak Telor Terlengkap Ada Disini Nih???

Kalau begitu kita mulai pembahasannya mengenai Alat Membuat Kerak Telor Terlengkap Ada Disini Nih.

Alat Membuat Kerak Telor Terlengkap Ada Disini Nih

Alat Membuat Kerak Telor Terlengkap Ada Disini Nih

Berbicara mengenai kuliner khas Betawi tentu tidak akan terlewat dengan sebuah penganan yang diberi nama kerak telor.
Makanan yang kemungkinan namanya diambil dari rupanya yang sedikit gosong ini konon sudah ada ketika Jakarta masih bernama Batavia.
Waktu itu di Batavia masih banyak sekali ditumbuhi pohon kelapa yang sebagian dimanfaatkan oleh penduduk untuk berbagai macam keperluan.
Salah satunya adalah dengan memarut daging buahnya lalu mencampurnya dengan ketan, telur ayam dan beberapa bumbu masakan kemudian dimasak  sehingga penganan yang disebut kerak telor.
Namun seiring dengan perkembangan zaman. Makanan yang dahulu selalu disajikan pada saat ada hajatan besar orang Betawi ini.
Mulai terpinggirkan oleh makanan yang cepat saji ala barat dan makanan yang berasal dari daerah lain. Kerak telor di sekitar daerah Jakarta hanya dapat dijumpai di beberapa tempat saja.
Ironisnya lagi, pembuat kerak telor pun sudah tidak didominasi oleh orang Betawi asli. Melainkan orang Sunda yang berasal dari daerah Bogor, Garut, dan Bandung.
Hal ini terlihat ketika berada di Pekan Raya Jakarta atau yang kini berganti nama menjadi Jakarta Fair Kemayoran yang diselenggarakan satu tahun sekali.
Dari ratusan penjual kerak telor yang ada di tempat itu mayoritasnya adalah orang Sund. Sedangkan orang Betawi asli hanya berjumlah puluhan saja.
Faktor utama penyebabnya adalah keengganan generasi muda Betawi untuk belajar atau mewarisi keahlian membuat kerak telor dari generasi pendahulunya.

Alat Membuat Kerak Telor dan Bahan Pembuat Kerak Telor

Alat Membuat Kerak Telor yang digunakan untuk membuat kerak telor adalah wajan atau penggorengan, penutup wajan yang terbuat dari seng atau stainless, sendok wajan, wadah plastik untuk mengocok telur, dan kompor gas atau tungku berbahan bakar arang.
Sedangkan bahan – bahannya yaitu: telur ayam atau bebek, kelapa parut, bawang merah, lada, ebi (udang kecil yang dikeringkan), beras ketan, cabe merah, kencur, jahe, merica, gula pasir, garam, dan daun salam.

Proses Pembuatan Kerak Telor

Untuk membuat sebuah kerak telor yang enak dapat dikatakan “gampang-gampang susah” karena memerlukan keahlian dan ketepatan dalam mengkombinasikan sejumlah bumbu menjadi satu.
Sebab, apabila bumbu yang diracik kurang sempurna. Maka hasilnya pun tidak akan enak atau nikmat untuk disantap.
Konon, aroma dan rasa kerak telor akan lebih mantap lagi apabila disantap sesaat setelah diangkat dari penggorengan dan disajikan bersama kopi pahit sebagai “temannya”.
Sedangkan proses pembuatannya adalah sebagai berikut. Pertama – tama, mencuci beras ketan agar kotorannya hilang lalu direndam semalaman.
Selanjutnya, kelapa diparut lalu dibumbui dengan garam dan daun salam untuk dibuat serundeng yang warnanya agak kecoklatan. Lalu, menumbuk ebi (udang kering) hingga halus seperti bubuk kopi.
Apabila bahan-bahan diatas telah siap, maka tahap selanjutnya  Adalah memasak beras ketan yang dicampur dengan telur, ebi, kelapa parut, bawang merah, lada, cabe merah, kencur, merica, gula pasir dan garam.
Hingga warnanya agak kemerahan. Setelah mengering dan bagian bawahnya mengerak.
Dan. Setelah matang dan diangkat dari penggorengan, kerak telor dapat disajikan dengan taburan bawang goreng dan serundeng.

Cara Membuat Kerak Telor Dengan Resep Rahasia

Bahan-Bahan :

  • 100 gram beras ketan putih yang sudah dicuci dan direndam minimal selama 3 jam, lebih lama lebih baik.
  • 250ml air
  • 5 butir telur bebek
  • 100 gram kelapa serut
  • Sangrai (untuk taburan)
  • 15 gram ebi udang diseduh, sangrai dan haluskan
  • 30 gram bawang merah digoreng kering
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • Bawang merah goreng (untuk taburan)

Bahan Halus :

  • 4 buah cabai merah keriting
  • 1 cm jahe
  • 3 cm kencur
  • ½ sdt merica butir
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih

Cara Membuat Kerak Telor :

  1. Buatlah serundeng sebagai bahan campuran dan bahan taburan kerak telor dengan cara disangrai. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkanlah kelapa parut, garam, gula pasir dan 2 sendok makan ebi halus yang dimasak dengan api sedang sambil diaduk hingga kelapa kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat lalu sisihkan.
  3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Selanjutnya tuangkanlah 1 ½ sendok makan beras ketan putih pada wajan. Siramlah dengan 3 sendok makan ar rendaman beras dan biarkan hingga agak kering.
  5. Di tempat yang sudah terpisah, kocoklah 1 butir telur bebek, ½ sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, ½ sendok teh ebi, ½ sendok makan bawang merah goreng, 1 sendok teh gula pasir dan 1 sendok teh garam bubuk.
  6. Siramlah campuran ke atas ketan pada wajan lalu aduk sambil ratakan. Atur ketebalan sesuai selera. Tutup wajan hingga matang lalu balik wajan di atas api, biarkan sampai matang.
  7. Taburkanlah serundeng / kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

Nah temen-temen jadi itu tadi resep cara membuat kerak telor yan enak dijamin pasti hasil akan enak sekali. Bisa kalian coba saat ini juga didapur kalian masing-masing.

Manfaat Mengkonsumsi Kerak Telor

  • Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Jikalau anda sering merasa tidak nafsu makan maka anda bisa mengkonsumsi kerak telor ini sebagai menu makanan anda.

Kandungan vitamin B6 yang ada di dalamnya dapat membantu mengatur nafsu makan dan juga suasana hati. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsinya.

  • Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan berguna untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Supaya sistem pencernaan tetap sehat dan berfungsi dengan baik maka anda bisa banyak mengkonsumsi kerak telor ini. Kandungan serat yang ada di dalamnya membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anda bisa melakukannya dengan cara yang alami yaitu dengan rutin mengkonsumsi kerak telor. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga anda tidak akan mudah terjangkit oleh kuman ataupun penyakit.

Oke teman – teman jadi seperti itu tadi pembahasan kita mengenai alat membuat kerak telor. Semoga pembahasan kita pada kali ini mengenai alat membuat kerak telor dapat bermanfaat. Sekian dan terima  kasih.