Inilah 9 Peluang Usaha Kreatif Anak Muda Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Usaha Kreatif Anak Muda

Usaha kreatif anak muda yang saat ini banyak digemari dan dilakukan dengan mudah. seperti yang akan kita bahas pada artikel ini.

Modal kecil atau bahkan nol, biasanya merupakan sebuah hambatan utama bagi anak muda yang ingin menjadi pengusaha. Tetapi jika kamu cermat, sebenarnya tidak sedikit ide usaha kreatif anak muda yang hanya membutuhkan modal kecil namun tetap menguntungkan.

9 Peluang Usaha Kreatif Anak Muda

Usaha kreatif anak muda yang mungkin cocok untuk kamu jalani sebagai berikut :

1. Bisnis kuliner

Bisnis KulinerBukan hanya pembisnis berpengalaman saja yang mampu sukses menjalani bisnis kuliner. Bagi anak muda, bisnis ini sangat cocok loh. Apalagi bagi kamu yang gemar memasak dan dan sering mencoba resep-resep baru.

Seperti yang kita ketahui, kuliner di Indonesia, bahkan dunia tidak ada habisnya. Bidang kuliner merupakan pasar ekonomi yang tidak aka nada matinya.

Makanan dan Minuman merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Maka dari itu, sebagai pemula Kamu bisa mencoba membuka bisnis di bidang ini.

Sebagai pembisnis pemula, kamu hanya perlu peka terhadap kondisi perkulineran yang sedang trend di pasaran. Tentunya dengan mendahulukan citarasa produk makanan dan minuman kamu.

Bentuk penyajian dan keunikan makanan dan minuman juga sangat berpengaruh loh pada bisnis ini.

2. Bisnis Fashion

usaha_baju_1Memiliki penampilan yang menarik dan tidak ketinggalan zaman merupakan sikap yang dimiliki beberapa kaum muda, baik wanita maupun pria.

Maka tak heran, dalam bisnis di bidang fashion ini sangat cocok bagi pemula, terutama anak muda. Selain sebagai reseller, kamu juga bisa membuat brand fashion sendiri.

Dengan mendesain sendiri sesuai dengan trend dan style kamu, tentunya akan mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan demikian kamu bisa saja mendapatkan pelanggan tetap yang menyukai desain atau style kamu.

Konsumen yang mayoritas berasal dari kalangan anak muda tidak ragu mengeluarkan uang untuk membeli pakaian yang merka sukai.

Dengan begitu, keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnis ini tentunya akan besar.

3. Bisnis Online Shop

inspirasi-usaha-rumahanBagi kamu yang tidak punya banyak waktu luang, bisa mencoba usaha kreatif anak muda ini. Karena kamu bisa megerjakannya hanya dengan modal HP dan Internet, bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, banyak konsumen berbagai produk memilih belanja online karena kemudahan yang ditawarkan. Selain menghemat waktu, konsumen juga diberi kesempatan untuk melihat semua jenis produk yang disediakan.

Produk yang bisa kamu jual juga bisa berbagai macam, mulai dari pakaian, pernak Pernik, perhiasan, sepatu, perlengkapan handphone, elektronik, serta masih banyak benda unik lainnya.

Untuk melakukan bisnis ini, kamu hanya perlu tidak berbohong, maksudanya apa yang kamu posting itu sesuai dengan barang yang kamu jual. Mulai dari warna, bentuk, kualitas, dan sebagainya.

Untuk itu kedetailan produk yang kamu tawarkan tentunya akan membuat pelanggan semakin percaya dengan produk yang kamu jual.

4. Bisnis Laundry

usaha-rumahan-3Kalau lingkungan tempat tinggalmu berada di dekat kontrakan atau kos-kosan, kamu bisa mencoba usaha laundry. Usaha laundry memang susah-susah gampang.

Karena kamu tinggal menyediakan mesin cuci, setrika, dan tempat penjemuran baju saja sebagai alat utamanya. Namun ketelitian dan kerapihanmu saat menyetrika dan melipat pakaian juga diperlukan pada usaha ini.

Jangan sampai salah memberikan pakaian ke pelanggan, karena bisa saja pelanggan langsung kecewa dan tidak mau lagi mencuci ditempat kamu.

Selain itu kamu juga harus benar-benar memikirkan limbah detergen yang nantinya akan kamu hasilkan.

5. Usaha Kerajinan Tanganusaha_karang_taruna_3

Kamu yang kreatif mungkin sering membuat berbagai kerajinan tangan menjadi sesuatu yang unik dan lucu. Nah, bisa nih dicoba untuk kamu anak-anak muda kreatif.

Karena barang yang dijual adalah hasil kerajinan tangan, itu pasti memiliki keunikan tersendiri dibanding produk-produk lainnya yang sejenis.

Misalnya ada acsesoris jilbab, kalung, gelang, cincin, hiasan yang bisa dipajang di rumah, dan lain sebagainya. Kamu bisa memulainya dari mulut ke mulut, setelahnya baru dipasarkan secara luas melalui dunia maya.

Kamu juga bisa melakukan kerjasama dengan berbagai toko untuk menjual produk-produkmu.

6. Usaha Fotografer

Jika kamu mempunyai kamera DSLR tetapi sering di anggurin, kamu bisa mencoba bisnis ini. Kamu bisa mencoba dengan membuka studio kecil-kecilan dengan background yang unik dan menarik di rumah kamu.

Bisnis ini bisa dimulai dari mengajak orang-orang terdekat kamu untuk mencoba dan berfoto ditempat kamu.

Kemudian bisa di lanjutkan dengan mempromosikannya di sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Setelah itu, kamu bisa saja menerima panggilan seperti foto Preweeding atau buku tahunan anak sekolah. Dari sana, kamu bisa memasarkan hasil karyamu di orang-orang yang sudah kamu potret.

7. Membuka Kedai Kopi

usaha-rumahan-yang-lagi-trendKopi merupakan minuman yang mendunia, minuman sagat digemari banyak orang baik dikalangan remaja maupun dewasa.

Nama kopi tentunya sudah tidak asing di telinga para pecinta kopi, oleh mereka kopi dijadikan sebagai pelengkap dalam kehidupan sehari-hari.

Membuka kedai kopi dapat dikatakan sebagai usaha kreatif anak muda yang menjanjikan bila kopi yang ditawarkan enak dan sesuai dengan selera konsumen.

Kedai kopi yang paling dicari oleh masyarakat adalah kedai kopi yang menyediakan fasilitas seperti TV, Hotspot dan juga menawarkan makanan lainnya.

Kedai kopi merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman kampus, rekan kerja, bahkan keluarga sekalipun. Kau bisa membuka kedai kopi di pekarangan rumah.

Jika kamu menginginkan usaha kedai kopi kamu ramai pengunjung, kamu bisa mempromosikannya kepada masyarakat, promosi yang bisa kamu lakukan seperti menyebarkan brosur.

Kamu juga dapat memberikan harga terjangkau untuk minggu pertama, atau memberikan bonus untuk pembelian dua kopi gratis satu cake.

8.Menjadi Blogger

Menjadi blogger juga bisa dijadikan sebagai pilihan usaha kreatif anak muda. Di luaran sana, ada banyak remaja yang sukses dan bisa mendatangkan banyak uang dengan cara usaha yang satu ini. Tak salah jika jenis usaha ini sangat layak untuk dicoba kaum kalian.

Pilih topik menarik yang akan kamu jadikan isi blog tersebut. Sehingga orang akan tertarik dan rajin berkunjung ke blog kamu. Melalui blog yang kamu miliki, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan lewat iklan yang terpasang di sana, tentunya jika jumlah pengunjung blog kamu cukup banyak.

9. Layanan Penitipan Hewan Peliharaan

Usaha kreatif anak muda ini hanya akan cocok buat kamu yang suka dengan binatang peliharaan saja. Sebab tidak semua orang akan menyukai binatang peliharaan. Atau, meskipun suka hewan, tidak semua jenis hewan akan disukai, bukan?

Jika membuka bisnis penitipan hewan peliharaan, pastikan kamu juga memiliki kemampuan yang baik dalam merawat dan menjaga hewan tersebut. Sehingga kamu tidak akan kebingungan dan kerepotan sendiri jika membuka usaha ini nantinya. Sebab, ada beberapa jenis hewan peliharaan mungkin akan membutuhkan perlakuan khusus.

Tips Memulai Bisnis agar Berjalan Lancar

Untuk memulai usaha kreatif anak muda ini, kamu tetap harus merencanakan semuanya dengan matang sejak awal. Ini sangat penting, karena bisnis yang dijalankan tanpa sebuah rencana yang baik tentu akan sulit berkembang.

Agar nantinya usahamu dapat berjalan dengan baik, berikut tips yang harus diperhatikan:

1. Mempunya visi dan misi yang jelas sejak awal

Tidak perlu menjalankan sistem yang rumit dan sulit, upayakanlah untuk memulai bisnis yang simpel dan mudah untuk kamu jalankan. Meskipun demikian, kamu harus tetap memiliki visi dan misi yang jelas terkait dengan bisnis tersebut.

Ini penting agar ke depannya besok, kamu bisa menjalankannya dengan terarah. Visi dan misi ini akan sangat membantu kamu untuk selalu berada pada tujuan yang jelas, bahkan ketika nanti kamu mengalami masa-masa yang sulit di dalam bisnis tersebut.

2. Pilih bisnis yang sesuai dengan minatmu

Jangan rencanakan sebuah bisnis yang tidak kamu kenal dan pahami dengan baik, karena akan sangat menyulitkan kamu di masa yang akan datang. Bisnis tidak akan selalu berjalan dengan baik dan lancar, sebab ada banyak rintangan dan juga kendala yang mungkin akan ditemui saat menjalankannya. Lalu, apakah kamu untuk menghadapi semua itu?

Akan sangat berat untuk mengatasi masalah yang tidak kamu pahami dengan baik, terutama pada bidang yang sedikit berbeda dengan minat kamu. Berbeda halnya jika kamu menjalankan bisnis sesuai dengan minat, maka kamu akan memiliki kesiapan mental yang maksimal dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi di dalam bisnis tersebut dan menjalaninya dengan senang hati.

3. Pahami risiko yang bisa saja akan terjadi

Semua bisnis mempunyai risiko, dalam skala kecil atau terbesar sekalipun. Pastikan kamu mengenal bisnis yang kamu pilih dan memahami dengan baik berbagai risiko yang akan muncul di dalamnya. Hal ini akan sangat membantu dan akan membuat kamu lebih siap dan mampu menghadapi berbagai risiko tersebut di masa yang akan datang, jika sewaktu-waktu terjadi di dalam bisnismu.

4. Rencanakan dan jalankan usahamu dengan tekun

Menyusun rencana bisnis yang baik dan matang ini sangat penting, sehingga semua kegiatanmu akan bisa berjalan dengan sistem kerja yang jelas. Untuk merencanakan sebuah usaha, pastikan kamu memahami semua hal. Jangan lupa untuk membuat sebuah rencana yang masuk akal dan tidak muluk-muluk, agar kamu bisa menjalankan usahanya dengan baik ke depannya. Dan yang terpenting adalah jalankan rencana usaha kamu ini dengan tekun.

5. Dapatkan relasi yang dapat mendukung perkembangan bisnismu

Bisnis tidak akan bisa berjalan dan berkembang pesat, jika kamu tidak berusaha untuk mengembangkannya dengan maksimal. Untuk berkembang, kamu akan membutuhkan relasi yang cukup luas, di mana kamu dapat menggunakan kekuatan mereka untuk membangun bisnis kamu agar menjadi lebih berkembang. Upayakan memiliki jaringan dan relasi yang kuat sejak awal, agar bisnis kamu dapat berkembang dengan maksimal.

6. Bangunlah brand dan ciptakan daya jual yang tinggi

Kamu juga akan menghadapi banyak saingan di dalam memulai bisnis yang baru, bahkan tingkat persaingan dalam suatu bidang bisnis tertentu akan sangat ketat. Maka, penting bagi kamu membangun sebuah brand terlebih dahulu, sehingga brandmu memiliki daya jual yang baik di tengah-tengah ketatnya persaingan bisnis tersebut. Produk yang sama mungkin akan banyak di pasaran, namun hanya produk dengan brand terbaik saja yang akan selalu menguasai pasar tersebut, benar bukan?

7. Maksimalkan pemasaran dan promosi

Untuk mendatangkan keuntungan, maka wajib bagi kamu untuk memaksimalkan pemasaran produk kamu hingga titik tertinggi. Semakin tinggi angka penjualan, akan semakin besar pula jumlah keuntungan yang bisa didapatkan.

Untuk mendukung hal ini, kamu akan membutuhkan berbagai langkah promosi yang tepat. Jika kegiatan promosi berjalan dengan baik, maka hal ini dapat memberikan efek yang positif bagi angka penjualan produk tersebut, dan akan memperoleh pendapatan yang luar biasa.

8. Lakukan evaluasi secara berkala

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi bisnis secara berkala, sehingga berbagai hal yang perlu diperbaiki akan dapat terlihat dengan jelas. Dengan melakukan evaluasi, maka kamu dapat membuat bisnis tersebut menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Komitmen dan Pantang Menyerah!

Setelah membaca artikel ini, sudahkah kamu menentukan pilihan jenis usaha kreatif anak muda seperti apa yang akan kamu tekuni?

Apapun jenis usahanya, diperlukan komitmen dalam diri dan keyakinan bahwa kamu akan sukses. Jangan mudah menyerah! Karena pada dasarnya segala sesuatu pasti ada risikonya.

Lakukan apa yang ingin akan lakukan, karena kemampuan kamu lebih dari apa yang Anda pikirkan. Selamat berbisnis dan meraih kesuksesan di depan mata!

jika kamu ingin membuat usaha kripik jamur yang enak, kamu bisa mencoba cara ini!