Kue Kering Enak dan Renyah Beserta Resep

Siapa sih yang tidak tau dengan kue kering yang manis dan nikmat ini? Kue yang kerab kali menjadi pemikat hati masyarakat dikala lebaran datang. Alasannya cukup simpel,  karena rasanya yang enak, lezat, dan renyah ketika dimakan bersama keluarga dan sanak saudara, apalagi di momen-momen yang sayang untuk dilewatkan.

Kue khas yang menjadi camilan ketika lebaran datang ini menjadi santapan wajib untuk dihadirkan acap kali menjamu keluarga ataupun sahabat yang bersilaturahmi ke rumah. Resep kue kering lebaran yang unik ini memiliki kreasi dari rasa maupun bentuknya agar terlihat lebih menarik.

Sekilas Tentang Kue Kering

Kue kering merupakan istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan kue yang memiliki tekstur keras dan kering namun renyah, dikarenakan kue kering memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven.

Kue kering bukan merupakan makanan utama melainkan hanya makanan pendamping atau camilan.

Masa simpan kue kering juga lumayan cukup lama. Bahkan, dapat disimpan selama beberapa minggu. Bahan yang sering dipakai untuk bahan pembuatan untuk kue kering antara lain  yaitu tepung ketan, tepung sagu, terigu ataupun beras.

Perlu diingat, kualitas bahan akan mempengaruhi tingkat kesempurnaan dan cita rasa pada kue. Kue kering yang pengerjaannya  dengan memakai mesin oven kue biasanya di juluki dengan nama cookies.

Teknik Dasar membuat Kue Kering

Teknik dasarnya adalah mengocok mentega hingga lembut, lalu menambahkan semua bahan lain. Meski begitu, ada juga yang mengocok telur dan mentega secara terpisah, baru menambahkan bahan lain untuk diaduk bersama.

Komposisi yang seimbang merupakan kunci dasar keberhasilan dalam proses pembuatan adonan kue kering ini. Pastikan menggunakan tepung dan lemak dengan perbandingan 2:1.

Jika kadar lemak terlalu banyak, maka kue akan melebar dan mudah hancur. Sama halnya dengan tepung, jika tepung terlalu banyak, maka kue yang dihasilkan akan keras.

Tapi selain kue kering, ada juga  kreasi lain yaitu kue basah. Kue basah ini pada umumnya memiliki rasa dan tekstur yang lembut, empuk, dan gurih.

Sayangnya kue basah ini tidak bertahan dengan lama (hanya bisa bertahan sebentar selama beberapa hari saja, lalu akan basi dengan munculnya jamur diarea permukaan kue).

Kue basah ini mudah kita temukan,biasanya para pengusaha jajanan kue basah menjajakan dagangannya di area pinggir jalanan umum (pedagang kaki lima).  Bisa juga kita temui ketika kita berbelanja ke pasar tradisional ataupun pasar swalayan.

Zaman sekarang ini kita bisa menjumpai banyak sekali aneka kreasi resep kue kering lebaran yang unik dengan varian rasa dan bentuknya yang menarik.

Sudah ada banyak jumlah produsen kue kering baik dari skala mikro (rumahan) hingga skala  makro (industri) yang menciptakan kreasi-kreasi baru dalam menciptakan dan mengolah kue kering yang sesuai dengan selera dan permintaan masyarakat indonesia.

Kue kering punya banyak sekali jenisnya, lalu aneka resep kue kering apa saja yang bisa anda coba buat dirumah? Berikut ini Ulasannya untuk anda coba di rumah.

Baca juga : resep kue kering lebaran unik

Resep Kue Kering enak  dan Renyah

1.) Resep Kue Kering Brownies Cookies

Resep kue Brownies cookiesResep kue kering enak dan renyah yang pertama adalah Brownies cookies. anda menginginkan resep kue kering yang enak dan berbeda dari biasanya? atau  ingin mengkreasikan kue kering dengan bahan dasar dari cokelat? Yaps, kue kering yang satu ini pantas anda andalkan adalah kue brownies cookies.

Seirama dengan namanya yaitu brownies cookies, kue ini pasti memiliki rasa yang hampir sama dengan kue brownies biasa, hanya saja dari segi bentuknya kering dan lebih renyah.

Mulai penasaran bagaimana cara pembuatannya?  ikuti resep dan langkah berikut ini.

Bahan

  • 200 gram cokelat hitam
  • 60 ml minyak goreng
  • 125 gram tepung serbaguna
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 65 gram mentega
  • 200 gram gula halus

Cara Membuat Brownies Cookies

  1. Lelehkan mentega, minyak, dan cokelat hitam dengan cara ditim.
  2. Selanjutnya lalu  kocok telur dan gula halus menggunakan whisk sampai gula larut
  3. Tungangkan lelehan cokelat sudah agak dingin, kemudian aduk hingga rata.
  4. Masukkan cokelat bubuk dan tepung terigu, lalu aduk lagi sampai merata atau adonan dirasa sudah cukup berat dan kental.
  5. Selanjutnya cetak adonan ke dalam sebuah cetakan yang sudah dilapisi dengan kertas roti atau baking paper.
  6. Tambahkan beberapa topping sesuai keinginan.
  7. Sesudah itu panggang adonan ke dalam oven dengan suhu kurang lebih 150 derajat celcius hingga kue matang.
  8. Kue kering brownies cookies enak dan lezat sudah siap disajikan.

2.) Resep Kue Nastar

 NastarBukan hal asing lagi bahwa cemilan yang satu ini pasti digemari banyak orang. kue kering  yang pasti wajib ada di setiap momen kumpul bersama keluarga maupun teman ketika lebaran.

Walaupun begitu, kue nastar tetap masuk ke dalam salah satu jajaran resep kue kering enak  dan renyah kali ini.

Kok bisa? Karena belakangan ini semakin sering bermunculan kue nastar dengan variasi dan kreasi yang berbeda.

Bukan hanya isi selai nanas saja, sekarang ini ada kue nastar isi blueberry, strawberry, dan masih banyak kreasi unik lainnya.

Kue kering dengan bentuk bulat ini memiliki rasa yang gurih dengan perpaduan asam dan manisnya yang berasal dari selai nanas pasti akan membuat ketagihan pada setiap orang yang memakanannya.

sedikit tips, supaya nastar tidak pecah ketika dipanggang, jangan mengocok mentega terlalu lama, dan pastikan mixer mengocok dengan kecepetan rendah.

Isian selai nastar juga jangan terlalu banyak, hal ini dapat membuat kulit kue nastar menjadi terlalu pipih.

Selain itu, pada saat memanggang, pastikan beri jarak tiap adonan nastar, supaya suhu ovennya dapat menyebar dengan sempurna.

Penasaran bagaimana cara pembuatannya? yuk ikutin langkah-langkah berikut !

Bahan Kue Nastar

  • Tepung terigu 150 g
  • Mentega 75 g
  • Margarin 50 g
  • Keju parut 25 g
  • Gula halus 45 g
  • Susu bubuk 25 g
  • Kuning telur 2 butir
  • Tepung maizena 25 g
  • madu 1 sdm
  • Susu cair 1/2 sdm

Bahan Selai Nanas

  • siapkan nanas segar 2 buah, kupas kulitnya, bersihkan dengan air, dan buang bagian tengahnya.
  • garam 1/2 sdt
  • kayu manis 1 batang
  • gula pasir 100 g

Cara Membuat Selai Nanas

  1. Pertama-tama masukkan margarin, gula halus, dan mentega ke dalam wadah.
  2. Setelah itu gunakan mixer dengan kecepatan yang rendah, kocok dengan mixer kurang lebih selama 2 menit saja.
  3. Kemudian masukkan 1 butir kuning telur, lalu kocok lagi dengan mixer.
  4. Masukkan juga tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk di wadah yang berbeda. lalu Campurkan sampai semuanya merata.
  5. Tuangkan perlahan-lahan tepung yang sudah dicampur tadi ke dalam adonan yang pertama.
  6. Lantas kocok dengan spatula hingga merata.
  7. Tuang juga keju parut, lalu aduk hingga merata.
  8. Setelah adonan jadi, buatlah adonan dengan membentuk seperti bulatan.
  9. Pipihkan sedikit demi sedikit lalu isi dengan selai nanas, lalu bentuk bulatan lagi.
  10. Setelah itu oleskan loyang dengan keju.
  11. Kemudian letakkan nastar yang sudah dibentuk pada sebuah loyang.
  12. Masukkan adonan yang dibuat tadi ke dalam oven selama 15 menit saja dengan suhu kurang lebih 152 derajat celcius. Kemudian keluarkan.
  13. Sembari menunggu nastar yang masih dipanggang didalam oven, campurkan madu, susu cair, dan 1 butir kuning telur dalam sebuah wadah hingga merata.
  14. Setelah 15 menit, keluarkan nastar dari dalam oven.
  15. oleskan bahan olesan yang sudah dibuat tadi ke bagian atas nastar dengan kuas.
  16. Taburkan juga keju parut yang sudah disiapkan tadi.
  17. Letakkan kembali nastar ke dalam oven lalu panggang lagi sampai adonan matang.
  18. Sesudah matang, lalu keluarkan adonan dari dalam oven, dinginkan.
  19. Kue kering nastar keju selai nanas sudah siap disantap.

3.) Resep Kue Mini Donut Cookies

Donut Cookies Resep selanjutnya adalah kue donut cookies. Sama halnya dengan donut biasa, donut cookies ini memiliki bentuk bulat dan pada bagian tengahnya berlubang.

Rasanya yang enak, lezat dan renyah dengan varian topping yang beragam dan didukung dengan tampilan yang cukup menarik kerap membuat banyak orang menyukainya, khususnya pada anak-anak.

Bahan Kue Mini Donut Cookies

  • 3 butir kuning telur
  • 150 gram margarin
  • 90 gram gula halus
  • 100 gram susu bubuk
  • 1 sendok teh vanila extract
  • 100 gram mentega
  • 100 gram maizena
  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • permen warna-warni secukupnya untuk hiasan
  • cokelat batangan secukupnya untuk hiasan

Cara membuat Mini Donut Cookies

  1. Mula-mula kocok mentega,  vanilli, gula halus, dan margarin menggunakan sebuah mixer hingga tekstur adonannya menjadi lembut.
  2. Setelah itu masukkan kuning telur secara satu persatu, lalu aduk hingga semuanya merata dengan sempurna lalu matikan mixer.
  3. Masukkan juga campuran susu bubuk dan tepung terigu secara sedikit demi sedikit, lalu aduk dengan menggunakan spatula hingga semuanya merata.
  4. Setelah semuanya tercampur dengan merata, kemudian gilas adonan hingga setebal sesuai dengan yang  kita inginkan. Lalu cetak dengan menggunakan cetakan berbentuk donat.
  5. Panggang hingga matang dalam oven selama sekitar 15-20 menit atau hingga adonan kering dengan suhu kurang lebih 150 celcius.
  6. Sesudah matang, lalu keluarkan adonan dari dalam oven, dinginkan.
  7. Sembari menunggu kue dingin, lelehkan cokelat batangan dengan teknik tim.
  8. Celupkan kukis secara satu persatu ke dalam sebuah cokelat.
  9. Langkah terakhir taburkan permen warna-warni dan meses sebagai topping di atas kue.
  10. kue Mini Donut Cookies enak dan lezat siap untuk disajikan.

4.) Resep Kue Kering Kastengel Lezat dan Renyah

erereKue kastengel merupakan olahan kue kering khas Belanda. Di Belanda negara asalnya, kue kering ini bernama kaastengels yang bermakna keju dan stengels yang berarti batangan. Meski begitu,  Kue khas dari negeri tulip ini mudah kita temui di negara kita.

Cita rasa keju yang asin dan gurih ini yang menjadikan idaman banyak orang. lebih-lebih lagi jika kualitas keju edam yang dipakai pada olahan kue kering ini dengan kualitas ciamik, pasti dijamin kue kastengel keju buatan anda disantap habis keluarga atau bahkan para tamu.

Keju yang biasa digunakan pembuatan kue kastengel adalah keju edam, tetapi kalau keju edam dirasa terlalu mahal harganya, kita dapat menggantinya dengan keju cheddar yang lebih murah dan tidak kalah enak rasanya.

Tips, agar kue tidak hancur saat dipanggang, berikan cukup jarak setiap kue sehingga panas oven merata secara sempurna. Setelah dikeluarkan dari ovem, diaman hingga dingin, baru lah kita pindahkan ke toples yang sudah kita siapkan.

Sudah penasaran dengan resepnya? yuk langsung saja simak resep kue kering berikut ini!

Bahan Kue Kastengel

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 250 gram mentega
  • 200 gram keju cheddar parut
  • 1 butir telur
  • 3 kuning telur, untuk olesan
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat Kue Kastengel

  1. Kocok mentega dengan putih telur bersamaan hingga putih dan mengembang
  2. Masukkan keju cheddar parut sambil dikocok hingga rata
  3. Tuang tepung terigu, lalu aduk secara perlahan dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
  4. Giling adonan dengan ketebalan kira-kira ½ cm, potong-potong dengan lebar ½ cm dan panjang 2 cm. Taruh  dan susun rapi di dalam loyang datar yang telah diolesi margarin.
  5. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur, lalu taburkan keju cheddar parut. Panggang dengan suhu sekitar 160 derajat celcius selama 25 menit hingga berwarna kuning kecokelatan dan kering. Keluarkan dari oven dan biarkan sampai dingin.
  6. Lalu pindahkan kedalam toples kedap udara.
  7. Kue kastengel enak dan renyah siap dimakan bersama keluarga.

5.) Resep Kue Kering Kacang Tanah

 kue kacang Selain jenis kue diatas tadi, kita juga punya rekomendasi andalan resep kue kacang juga  lho! Sudah tidak asing lagi dong pastinya dengan jenis kue kering yang satu ini?

Kue kacang tanah ini pasti sering kita jumpai dikala momen-momen hari raya lebaran, rasanya yang gurih dan nikmat pasti deh bikin mereka yang menyantapnya ketagihan.

Bahannya yang mudah didapat dengan harga yang relatif murah, bukan salah lagi kalau kue kering yang satu ini menjadi pilihan yang menarik untuk anda coba buat di rumah dikala memiliki waktu luang dan ingin bersantai bersama keluarga.

Yuk, langsung saja kita tengok langkah-langkah pembuatannya!

Bahan Membuat Kue Kacang Tanah

  • Tepung terigu 400 g
  • Kacang tanah 250 g, sangrai lalu kupas kulitnya
  • Gula halus 150 g
  • Minyak goreng 200 g
  • Garam 1 sdt
  • Kuning telur 2 butir
  • Mentega 1 sdm

Cara Membuat Kue Kering Kacang Tanah

  1. Mula-mula haluskan kacang tanah terlebih dahulu dengan cara ditumbuk atau bisa juga dengan cara diblender.
  2. Kemudian campurkan tepung terigu, gula halus, kacang tanah yang sudah dihaluskan, garam, dan minyak goreng ke dalam wadah. Campur semua jadi satu hingga benar-benar tercampur merata.
  3. Selanjutnya, simpan adonan yang sudah tercampur merata tadi ke dalam sebuah lemari pendingin kurang lebih selama 1 jam, lalu tutup wadah dengan sebuah plastik atau dengan kain.
  4. Setelah 1 jam, kemudian keluarkan adonan yang sudah dibuat tadi dari dalam lemari pendingin, lalu diamkan beberapa saat dengan suhu ruangan agar adonan dingin.
  5.  Oleskan mentega pada sebuah loyang.
  6. Kemudian tuangkan dan bentuk adonan kue di sebuah loyang.
  7. Setelah itu campurkan putih telur dengan mentega pada mangkuk yang sudah disiapkan sebelumnya.
  8. Lalu oleskan campuran bahan tersebut ke bagian atas adonan kue yang sudah dibentuk.
  9. Selanjutnya letakkan loyang ke dalam sebuah oven, panggang  selama 25 menit dengan suhu kurang lebih 175 derajat celsius atau hingga matang dan berubah warna  menjadi coklat keemasan.
  10. Sesudah matang, keluarkan Kue Kacang dari dalam oven, lalu dinginkan di ruangan terbuka.
  11. Kue kering kacang gurih dan lezat siap disajikan untuk disantap.

Nah, itu dia resep kue kering enak dan renyah yang bisa anda coba buat dirumah. Membuat kue kering itu tidak terlalu sulit jika Anda ingin terus belajar cara membuat kue kering dan memahami resep kue kering.

Jika anda punya niat yang tinggi untuk belajar cara membuat kue kering saya jamin kalian pasti bisa. Tetap semangat dan sampai jumpa pada resep makanan lainnya. dadahh!!

 

Cara Membuat Mie Jawa Dari Indomie Yang Mudah Dan Enak

Mie goreng jawa sangat di gemari oleh banyak orang karena rasanya yang enak. Dan tidak hanya resep mie goreng saja ada juga resep mie godok(kuah) yang tidak kalah enak nya dengan mie goreng, mie godok(kuah) sangat enak di santap saat hawa yang dingin.

Mie goreng jawa juga tidak kalah enaknya dan mudahnya dengan Cara Membuat Bakmi Goreng. Berikut Cara Membuat  mie jawa dari indomie

Cara Membuat Mie Jawa Dari Indomie

Cara Membuat Mie Jawa Dari Indomie

Bahan-Bahan:

  • Ambil indomie goreng rasa apa aja
  • Telur
  • Sediakan seledri atau daun bawang (saya gak doyan daun bawang, jadi pakainya seledri)
  • Bawang goreng
  • Siapkan minyak untuk menumis
  • Ambil bumbu yang dihaluskan
  • Sediakan bawang merah
  • Gunakan bawang putih
  • Siapkan cabai
  • Garam

Cara Membuat Mie Jawa Dari Indomie:

  1. Haluskan bumbu. Panaskan sedikit minyak. Lalu tumis bumbu hingga berbau harum.
  2. Sisihkan bumbu. Masukkan telur. Orak-arik telur hingga agak matang. Jangan dicampur sama bumbunya ya. Masak dengan api kecil saja. Ni tergantung selera, kalau suka yg kuning telurnya utuh, gak usah diorak-arik. Trus kalau mau ditambah sosis atau bakso pun bisa juga, sesuai selera masing2.
  3. Tambahkan kira2 satu gelas air. Besarkan api. Aduk2 agar telur dan bumbunya tercampur. Tunggu hingga mendidih. Lalu patahkan mie jadi 2 bagian, dan masukkan. Campur2, tunggu mie empuk. Bisa tambahkan sayur kol atau sawi kalau suka. Ni saya pakainya indomie yg original.
  4. Masukkan bumbu asli mie instan nya, daun seledri, dan bawang goreng. Aduk2. Tes rasa. Tunggu sampai air agak menyusut dan mie matang. Kalau saya suka yg mienya masih kayak setengah matang, trus kuahnya agak banyakan dikit. Tergantung selera ya. Kalau ngerasa kuahnya kurang, tinggal ditambah air panas saja.
  5. Siap disajikan.

Cara Membuat Mie:

Bahan-Bahan:

  • 1 kg tepung terigu (saya pake cap segitiga biru)
  • Belimbing air 1 gls
  • Telur ayam 2 btr
  • 2 sdm blue band
  • Secuput garam halus
  • Alat penggiling mie (saya pake ampia)

Cara Membuat Mie:

  1. Langkah pertama campur telur ayam, blue band garam dan air dalam wadah besar
  2. Lalu tepung terigu di masukkan sedikit demi sedikit, sampe kalis,
  3. Setelah kalis dan padat diamkan sebentar lalu siapkan alat penggiling mie nya,,
  4. Usahakan ukuran nya tipis, agar mie yang di hasil kan nanti gak terlalu besar,
  5. Setelah pipih cetak mie tadi sampe semua adonan selesai
  6. Mie pun selesai di buat, dan jangan lupa balur dengan tepung sagu biar antar mie tidak lengket,
  7. Mie pun siap di sajikan sesuai selera, kalau saya sering nya buat mie ayam,,

Kandungan Nutrisi Mie

  • 219 kalori yang mengandung 14% lemak, 73% karbohidrat, dan 13% protein
  • 3,3 gram total lemak
  • 40,02 gram karbohidrat
  • 7,22 gram protein
  • 46mg kolesterol
  • 378mg sodium
  • Vitamin A 1%
  • Kalsium 2%
  • Zat besi 13%

Aneka Masakan Mie Indomie:

1.Mie Ayam Pangsit

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg dada ayam fillet (dicacah halus)
  • Kulit ayam 1 ons (untuk membuat minyak ayam)
  • 1 pack pangsit goreng/rebus
  • Bawang putih 6 siung(cincang/haluskan)
  • 6 siung bawang merah (cincang/haluskan)
  • 2 tangkai daun bawang
  • Garam secukupnya
  • secukupnya Lada halus
  • Mie ayam kemasan
  • 250 ml Minyak goreng untuk membuat minyak ayam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng pangsit
  • secukupnya Kecap asin

Cara Membuat Mie Ayam Pangsit:

  1. Lagkah pertama,kita membuat minyak ayam,masukkan kulit ayam ke dalam 250ml minyak goreng,masak kulit ayam & 2 siung bawang putih cincang & 2 siung bawang merah cincang, hingga berubah menjadi garing dengan menggunakan api kecil
  2. Tumis bawang putih,bawang merah,daun bawang hingga harum lalu masukkan dada ayam yg sudah dicacah,tambahkan garam & lada,tambahkan sedikit air hingga bumbu meresap,cek rasa,lalu matikan api
  3. Didihkan air +/- 1L,tunggu hingga mendidih,masukkan mi ayam,tambahkan baso,sawi & toge,masak +/- 3 menit
  4. Sambil menunggu mi & sayuran matang,siapkan mangkuk tuangkan 2sdm minyak ayam yg sudah dibuat sebelumnya,tambahkan 2sdt kecap asin lalu tuangkan mi,baso & sayuran yg sudah matang
  5. Tambahkan pangsit rebus atau pangsit goreng,dan taburi dengan daun bawang

2.Mie Bayam Nori Rasa Pecel

Bahan-Bahan:

  • 1 bungkus mie rasa pecel
  • Segenggam bayam
  • Telur 1 btr
  • Nori 1 lbr
  • Air untuk memasak

Cara Membuat Mie Bayam Nori Rasa Pecel

  1. Rebus mi dan bayam hingga selera kematangan
  2. Masukkan telur saat mi sudah hampir matang
  3. Siapka nori sebagai alas piring
  4. Sajikan mi yang telah dicampur bumbu di atas nori

3.Mie Kuning Cabe Hijau

Bahan-Bahan:

  • 500 gr mi kuning yg fres
  • 2 sosis ayam di iris tipis
  • 3 Buah jamur
  • hioko kering di rendam. iris tipis
  • wortel
  • cabe merah besar dan cabe hijau
  • 5 siung bawang putih di iris tipis
  • Bawang merah 3 siung di iris tipis
  • Kecap manis 2 sdm
  • secukupnya garam
  • Penyedap rasa selera

Cara Membuat Mie Kuning Cabe Hijau:

Cuci bersih mi dan tiriskan. kemudian goreng bawang merah dan putih sampai harum. kemudian sosis wortel dan cabe masak sampai masak kemudian masukan mi kecap manis garam dan penyedap aduk sampai rata dan sampai mateng. jgn lupa pake jurus cicipin. siap di hidangkan

Demikian pembahasan mengenai tentang Cara Membuat Mie Jawa Dari Indomie Yang Mudah dan enak.Kamu bisa membuatnya di rumah atau juga bisa membelinya di pinggir jalan atau di restoran.Sehingga kamu bisa memakan hidangan mie goreng yang sangat enak.

Jadi cukup sekian pembahasan tentang cara membuat mie jawa dari indomi. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Mie Tek Tek Kuah, Gampang dan Ga Pake Lama

Pernahkah kalian penasaran dengan cara membuat mie tek tek kuah yang sering dibeli dari pedagang mie tek tek? Kalau begitu simak penjelasan berikut ini

Resep Mie Tek Tek Kuah

Bahan Utama :

  • 1 bungkus mi telur basah
  • 200 gram daging ayam suwir
  • Telur 2 butir
  • 4 buah bakso sapi
  • 2 sdm saus sambal
  • Kecap manis 1 sdm
  • Sawi hijau 1 ikat, iris-iris
  • 50 gram kol, iris-iris
  • garam secukupnya
  • penyedap secukupnya
  • merica secukupnya

Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Kemiri 2 butir
  • Cabe rawit sesuai selera

Cara Membuat Mie Tek Tek Kuah :

  1. Siapkan food processor di atas meja, lalu tambahkan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabe rawit ke dalamnya.
  2. Haluskan semua bumbu tersebut sampai halus, lalu sisihkan ke dalam wadah.
  3. Kemudian rebus air dalam jumlah yang lumayan di dalam panci sampai mendidih, setelah itu rebus mi telur sampai matang dan melunak. Aduk mie setidaknya sampai mie tak saling menempel satu sama lain. Segera angkat dan tiriskan
  4. Siapkan wajan dan tuang sedikit minyak di atasnya, panaskan sebentar minyak tersebut, kemudian tumis bumbu halus sampai merata dan menimbulkan aroma harum.
  5. Setelah itu masukkan telur dan langsung aduk tanpa menunggunya matang, lalu tambahkan bakso sapi dan suwiran daging ayam. Bakso dapat dibakar terlebih dahulu menggunakan panggangan sosis untuk mendapatkan tekstur yang renyah
  6. Tuang air seperlunya dan aduk kembali sampai tercampur rata, lalu biarkan mendidih.
  7. Jika kuahnya sudah berkurang, segera masukkan mie ke dalamnya. Aduk lagi sampai tercampur merata. Kemudian, tambahkan irisan kol dan sawi ke dalamnya. Aduk kembali hingga rata.
  8. Beri bumbu apda mie tek tek dengan kecap manis, saus sambal, garam, merica, dan penyedap secukupnya. Aduk kembali dan tunggu hingga seluruh bumbunya meresap ke dalam mie.
  9. Setelah itu, sajikan mie tek tek bersama dengan kerupuk

Kalian penasaran dengan resep mie tek tek dari berbagai daerah, tenyata beda-beda lho. Cek artikel berikut ini

Tips Memasak Mie Basah

1. Siapkan Mie Basah Dengan Kualitas dan Kondisi yang Baik

Memasak mie basah dengan kualitas yang baik dan juga dengan mie basah yang masih baru akan terasa berbeda dengan produk mie basah yang kondisinya sudah tidak baik. Umumnya mie basah yang baru warnanya cenderung kuning atau putih cerah, tidak berbau dan tidak lengkat satu sama lain.

2. Rebus Air Hingga Mendidih

Setelah menyiapkan mie, panaskan air hingga mendidih. Hal ini berbeda dengan mie instan kering yang bisa langsung direbus bahkan ketika air rebusan belum mendidih, mie basah tentu tidak bisa diperlakukan seperti itu. Oleh karenanya jangan masukan mie basah sebelum air rebusan mendidih atau matang.

3. Urai Mie Basah Sebelum Dimasukan ke Dalam Panci

Hal yang sederhana namun berpengaruh besar yaitu jangan lupa mengurai mie basah sebelum dimasukan ke dalam air yang telah mendidih.

Jika langsung memasukan mie basah tanpa mengurainya terlebih dahulu, hal itu akan membuat mie menjadi lengket bahkan mengumpal satu dengan yang lainnya.

Baca juga : Resep Mie Godog Praktis, Sederhana dan Pastilah Enak

4. Masak mie basah selama 1 menit

Waktu memasak mie basah juga perlu diperhatikan. Jangan memasak mie basah lebih dari 1 menit karena jika dilakukan, akan membuat mie akhirnya menjadi lembek. Mie yang dimasak dalam waktu yang tepat akan membuat mie matang dengan sempurna dan membuatnya tetap kenyal.

5. Angkat mie basah, lalu tambahkan minyak bawang atau minyak sayur

Cara lain agar mie tidak saling menempel dan lembek adalah dengan menambahkan minyak bawang atau minyak sayur pada mie basah pada saat sesudah matang.

Dengan begitu mie menjadi licin dan sulit untuk saling menempel. Menambahkan minyaknya pun harus segera dilakukan, agar mie tidak menjadi dingin yang akhirnya malah membuat mie menjadi menggumpal.

Cara Membuat Kerang Hijau Saus Padang Mudah Dan Enak

Masakan kerang sudah menjadi makana yang sangat di minati oleh banyak orang dan harga dari kerang juga cukup terjangkau untuk semua kalangan,

tidak hanya masakan ikan dan udang  saja yang banyak mengandung banyak vitamin buat tubuh kerang juga banyak mengandung vitamin. Beriikut Resep Kerang hijau Saus Padang.

Cara Membuat Kerang Hijau Saus Padang

Cara Membuat Kerang Hijau Saus Padang

Kerang hijau adalah salah satu kerang yang paling sering kita jumpai. Kerang ini sering dijajakan, baik di restoran maupun di penjual kaki lima. Tekstur kenyal dengan banyaknya pilihan bumbu membuat kerang hijau menjadi salah satu makanan laut favorit.

Bukan hanya enak di santap, ternyata manfaat kerang hijau bagi tubuh juga sangat banyak.

Bahan-Bahan:

  • 300 gr kerang hijau segar

Bumbu Rebus Kerang :

  • Serai 1 ruas geprak ujung nya
  • 1 ruas jahe memarkan/ geprak
  • Garam halus 1 sdm
  • 2 siung bawang putih geprak
  • Secukupnya air

Saus Padang/ Bumbu Halus :

  • 5 buah lombok merah besar
  • Cabe rawit 3 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • 3 siung bawang putih
  • Kunyit 1 ruas

Bumbu Lain :

  • Selera potongan tomat (dadu)
  • Seperlunya irisan nanas
  • Jahe geprak 1 ruas
  • Saos tiram 1 sdm
  • 1 sdt saos atau saos sambal
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • Garam bubuk 1/2 sdm
  • Kaldu bubuk 1/2 sdm
  • Gula pasir 1 sdm
  • 50 ml air
  • Jagung manis 1 buah (kerat bbrpa bagian)
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Cara Membuat Resep Kerang Hijau Saus Padang:

  1. Hilangi rambut/ kotoran kerang. Sikat cangkang kerang lalu Cuci bersih dibawah air yg mengalir.
  2. Cuci dan Siapkan semua bumbu
  3. Panaskan air lalu masukkan bumbu rebus dan kerang. Rebus hingga kerang terbuka cangkang nya
  4. Tiriskan kerang
  5. Blender semua bahan bumbu halus tambahkan 2 sdm minyak goreng supaya mudah dlm memblender
  6. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.
  7. Masukkan bumbu lain, jahe geprak, merica bubuk, kaldu bubuk, garam,gula, saos tiram, saos sambal. Tumis kembali sebentar.
  8. Tersus masukkan potongan nanas dan tomat
  9. Habis itu masukkan kerang
  10. ambahkan air. Kemudian aduk rata hingga tercampur (pelan pelan saja) atau goyang” teflon nya.
  11. Setelah tercampur rata, matikan kompor. Dan sajikan.

Manfaat Kerang Hijau Buat Tubuh

1. Mengurangi Gejala Yang Ditimbulkan Oleh Asma

Kerang hijau yang dikenal akan kaya nutrisi membuat sekelompok peneliti mencari tahu tenteng khasiatnya untuk kesehatan. Menurut para penelitian dari Emelyanov, dkk., kerang hijau terbukti bahwa bisa membantu melancarkan pernapasan dan mengurangi akan terjadinya gejala-gejala yang ditimbulkan dari asma.

2. Mengurangi Gejala Yang Ditimbulkan Osteoarthritis

Setidaknya kurang lebih ada empat penelitian yang mengamati efek dari kerang hijau pada pasien yang mengidap osteoarthritis. Pasien yang mengidap osteoarthritis akan merasakan nyeri di sendi akibatnya ada pembengkakan yang timbul karena ada gesekan antar ujung tulang penyusun sendi.

3. Mengurangi Gejala Yang Ditimbulkan Rematik

Manfaat dari kerang hijau lainnya adalah bisa dapat mengurangi rasa sakit pada orang yang menderita rematik. Penyakit yang juga dikenal dengan rheumatoid arthritis ini terjadi karena adanya sebuah pembengkakan dibagian sendi yang jubisa menyebabkan sendi menjadi kaku.

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa kerang hijau bisa dapat untuk mengurangi kekakuan sendi pada orang yang memiliki penyakit rematik.

4. Menurunkan Resiko Peradangan

Selain ikan-ikanan yang terkenal dengan memiliki kandungan tinggi omega-3. Ternyata kerang hijau juga memiliki asam lemak esensial yang cukup banyak, seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), yang merupakan terbentuknya dari omega-3.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung Dan Otak

Selain mengandung asam lemak omega-3, kerang hijau juga memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi. Kedua zat tersebut juga dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian juga telah mengaitkan konsumsi asam lemak omega-3 dari kerang yang dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung.

Demikian pembahasan mengenai tentang cara membuat kerang hijau saus padang.Kamu bisa membuatnya di rumah.Sehingga kamu bisa memasak kerang yang sangat enak dan mudah. Bisa juga di buat resep kerang hijau asam manis pedas.

Jadi cukup mudahkan cara membuat kerang hijau saus padang yang kalian inginkan semoga bermanfaat. Kamu juga bisa mengolah kerang menggunakan panggangan sosis

Resep Kerang Hijau Asam Manis Pedas, Penikmat Seafood Pasti Suka

Resep kerang hijau asam manis pedas dapat kita jumpai di kaki lima ataupun restoran. Tentunya kalian dapat membuatnya di rumah dengan resep di bawah ini

Resep Kerang Hijau Asam Manis Pedas

 

Bahan Utama :

  • 250 gram kerang hijau, ambil dagingnya saja

Bahan Pelengkap :

  • Garam, secukupnya
  • Gula pasir, secukupnya
  • Bumbu penyedap, secukupnya
  • Gula merah, secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air secukupnya
  • Perasan jeruk nipis, secukupnya
  • Air asam jawa, saus tiram, kecap asin masing-masing 2 sdm
  • Irisan daun bawang
  • Cabe merah iris

Bumbu Halus :

  • 3 buah cabe kering , direbus hingga layu
  • Cabe merah besar 1 buah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 buah tomat
  • Jahe, kunyit dan kencur masing-masing 2 ruas

Bumbu Tumis :

  • ½ buah bawang bombay
  • Serai yang digeprek  1 batang
  • Lengkuas geprek 1 ruas

Cara Membuat Resep Kerang Hijau Asam Manis Pedas :

  1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu, kemudian panaskan minyak dan tumis bawang bombay, serai, dan lengkuas hingga layu dan harum.
  2. Setelah itu tambahkan semua bumbu halus, kemudian aduk sampai matang dan beraroma wangi.
  3. Tambahkan juga garam, gula merah, gula pasir, saus tiram, air asam jawa, kecap asin, penyedap, dan perasan air jeruk nipis.
  4. Kemudian tuangkan air sekitar ½ gelas, lalu aduk kembali sampai semua bahan tercampur, koreksi rasa.
  5. Selanjutnya masukkan kerang, lalu aduk merata lalu tunggu sekitar 10 menit sampai bumbu meresap ke dalam kerang.
  6. Cek apakah kerang sudah matang atau belum.
  7. Jika sudah, maka tambahkan irisan daun bawang dan cabai merah dan aduk sampai rata.
  8. Kerang asam manis pedas siap disantap

Kerang hijau tidak hanya bisa diolah dengan digoreng atau berkuah, namun ada cara yang lain yakni dengan dibakar. Alat yang dipakai bisa menggunakan panggangan sosis

Tips Memilih Kerang Hijau

1. Pilih Kerang Hijau yang Masih Hidup

Ketika sedang memilih kerang hijau dipasar, pilihlah kerang yang cangkangnya masih tertutup. Karena, itu merupakan tanda bahwa kerang masih hidup.

Kerang masih hidup, tentu kesegarannya terjamin. Jika kalian memilih kerang yang sudah terbuka maka kerang itu sudah mati dan tidak segar lagi.

2. Perhatikan Aroma Kerang Hijau

Mencium aroma kerang dapat memberitahu kerang tersebut masih segar atau tidak. Kerang hijau yang segar umumnya beraroma aroma amis yang khas dan tidak terlalu menyengat.

Sebaliknya, jika kerang hijau yang sudah jelek maka aroma kerang tersebut akan sangat menyengat, bahkan bau busuk yang mengganggu.

Ingin tau lebih banyak resep kerang yang lain? Cek artikelnya disini

3. Periksa Tekstur Kerang Hijau

 

Periksalah tekstur kerang dengan cara merabanya. Jika teksturnya kesat, itu artinya kerang hijau masih segar dan layak konsumsi. Tapi jika cangkang kerang hijau berlendir, disarankan untuk memilih kerang yang lain. Dapat dipastikan daging kerang hijau tersebut sudah mulai membusuk.

4. Perhatikan Bentuk Kerang Hijau

Sesekali kita jarang memperhatikan bentuk kerang hijau ketika akan membelinya. Padahal bentuk kerang juga bisa kalian jadikan patokan untuk mengetahui kesegaran kerang hijau tersebut.

Baca juga : Resep Membuat Kerang Kupas Yang Nikmat dan Lezat

Kerang hijau yang masih segar biasanya berbentuk cenderung pipih dengan cangkang yang rapat. Jika kalian menemukan kerang hijau dengan cangkang yang terkesan menggembung, disarankan untuk jangan membelinya. pasalnya hal tersebut adalah pertanda jika kerang hijau tersebut sudah tercemar, rusak, dan tidak layak dikonsumsi

Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin kalian akan mendapat kerang hijau yang berkualitas. Sekian dari kami dan sampai jumpa di artikel  yang lainnya

Cara Masak Rendang Ayam Padang Yang Enak Dan Mudah

Masakan rendang berawal dari provinsi Sumatra Barat yang berada di kota padang. Masakan rendang padang juga sudah terkenal ke seluruh dunia dan menjadi makanan terenak. Berikut resep masakan rendang padang.

Cara Masak Rendang Ayam Padang

Cara Masak Rendang Ayam Padang

Bahan-Bahan:

  • 1 ekor ayam dipotong 12
  • 150 ml santan kental
  • 500 ml santan encer
  • 6 buah daun jeruk
  • Daun kunyit 2 buah
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 15 buah cabe merah besar
  • 20 buah cabe merah keriting
  • Asam kandis 2 buah
  • Gula jawa 1 blok (sisir)
  • 800-1000 ml air putih matang

Bumbu Halus :

  • 12 butir bawang merah
  • 10 butir bawang putih
  • Ketumbar 1 sdt
  • 1 sdm merica putih
  • Jahe 3 cm
  • Kunyit 3 cm
  • 2 cm lengkuas
  • Pala 1 sdt
  • Jinten 1 sdt
  • 3 butir kemiri (sangrai)

Lainnya :

  • 10 butir kentang mini (optional)
  • 1 mangkok kelapa yang disangrai (optional)
  • Selera garam
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Masak Rendang Ayam Padang:

  1. Blender/ulek halus cabe merah besar, lengkuas, cabe merah keriting, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, gula jawa, ketumbar, dan garam. Siapkan penggorengan, masukan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium bau harum.
  2. Masukkan potongan daging ayam yang sudah dicuci bersih, aduk hingga rata dan tercampur serta bumbu meresap.
  3. Sambil terus diaduk, masukan santan yang encer dan segelas air putih matang. Tambahkan asam kandis, daun kunyit, serai, daun jeruk, aduk kembali hingga merata dan tercampur.
  4. Setelah bumbu terlihat kecokelatan, tambahkan lagi santan kental, masak dengan api kecil. Aduk terus, hingga air menyusut dan santan keluar minyaknya. Masak hingga daging empuk dan bumbu mengering.
  5. Masukkan kelapa sangrai dan kentang mini. Aduk kembali hingga semua meresap dan tercampur rata. (Disini saya tidak pakai)
  6. Matikan api jika bumbu sudah kering. Maka rendang ayam siap untuk disajikan.

Rendang Juga Tergolong Menjadi 2 Jenis Yaitu:

1. Rendang Kering

Rendang kering merupakan rendang sejati dalam sebuah tradisi memasak Minang. Rendang kering ini dimasak dengan waktu cukup lama hingga berjam-jam lamanya sampai santan dan bumbu terserap dengan sempurna.

Rendang kering juga biasanya disajikan pada untuk perhelatan istimewa, seperti upacara adat, kenduri, atau juga menyambut tamu kehormatan.Rendang kering biasanya memiliki warna lebih gelap agak cokelat kehitaman.

Bila jika dimasak dengan tepat, rendang kering ini akan bisa tahan lama disimpan dalam suhu ruangan selama tiga sampai empat minggu, bahkan dapat bertahan hingga lebih dari sebulan bila disimpan di kulkas, dan enam bulan bila dibekukan.

2. Rendang Basah Atau Kalio

Rendang basah, atau juga lebih tepatnya disebut kalio, merupakan rendang yang dimasak dengan waktu yang lebih singkat, santannya belum begitu mengering sempurna, dan dengan suhu ruangan hanya dapat bertahan dalam waktu kurang lebih satu minggu. Rendang basah memiliki warna cokelat terang keemasan dan terlihat lebih pucat.

Rendang juga terkenal di negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Rendang yang ditemukan di negara Malaysia lebih mirip seperti kalio, memiliki warna lebih pucat dan basah dengan cita rasa yang tidak begitu kuat.

Rendang Malaysia juga disebut dengan rendang kelantan dan rendang negeri sembilan memiliki perbedaan dengan rendang Indonesia.

Masakan Khas Padang

1. Sate Padang

Sate khas Padang adalah kuliner tradisional ranah minang selanjutnya yang tak kalah populer. Terbuat dari daging sapi dan terkadang dikombinasikan dengan usus dan lidah, makanan khas Padang ini disajikan dengan siraman saus kuah sate padang kekuningan gurih yang kaya akan rempah.

2. Dendeng Balado

Dendeng adalah daging sapi yang dikeringkan sebagai metode pengawetan. Oleh masyarakat Minang, dendeng ini diolah dengan bumbu balado pedas yang sangat cocok untuk kamu penggemar kuliner dengan cita rasa pedas.

3. Soto Padang

Hampir setiap daerah di Nusantara memiliki jenis soto-nya masing-masing, begitupun dengan Padang. Soto Padang terbuat dari irisan daging dapi dan memiliki cita rasa gurih yang khas. Tentu tak akan lengkap ke Padang tanpa mencicipi kuliner khas Padang berkuah satu ini.

Demikian pembahasan mengenai tentang cara masak rendang ayam padang yang enak .Kamu bisa membuatnya di rumah.Sehingga kamu bisa memasak rendang  ayam yang enak. Atau kamu bisa juga mencoba cara masak cumi saus padang.

Jadi cukup mudahkan cara masak rendang ayam padang yang kalian inginkan semoga bermanfaat. Kamu juga bisa mengolah daging sapi menjadi sapi panggang yang di proses di panggangan sosis.

 

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven Enak dan Praktis

Kali ini saya akan memberi tahu tentang cara membuat kue kering tanpa menggunakan oven. Cara pembuatannya praktis dan juga bahan-bahan yang mudah untuk didapat. Kue kering sangat cocok digunakan sebagai camilan dan sangat cocok untuk menjadi kue lebaran hari raya. Alangkah baiknya setiap lebaran hari raya anda bisa membuat kue kering untuk keluarga dengan hemat biaya.

Sejarah Kue Kering

Kue kering atau sering disebut cookies bermula dari biskuit. Berasal dari kata bis coctus yang berarti dipanggang dua kali. Karena dipanggang dua kali agar mendapatkan tingkat kekeringan tertentu dan juga agar bisa bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu kue kering juga dapat dibawa ke mana-mana. Sejarah kue kering bermula dari biskuit.

Cara membuat kue kering

Jenis-jenis Kue Kering

1. Drop Cookies

Drop cookies merupakan kue kering yang mudah untuk dibuat. Adonan yang dipakai untuk membuat kue kering ini adalah adonan cookies dengan tekhnik creaming method. Adonan tersebut lembut hanya dengan bantuan sendok sudah bisa membuat drop cookies.

2. Rolled Cookies

Relled cookies dapat dibuat dengan cara menggulung dan memotong adonan. Jenis-jenis adonan yang bisa untuk membuat relled cookies yaitu, melted method, creaming method, dan rubbing in method. Harus hati-hati saat membuat rolled cookies, jika adonan terlalu kering maka kue kue akan mudah pecah, dan jika adonan terlalu basah maka pengembangan kue akan terlalu lebar.

3. Piped Cookies

Piped cookies ini berbentuk tipis dan renyah. Menggunakan adonan whisked method dan all in one method yang lembut. Kemudian masukkan ke dalam kantong, lalu semprot dengan spruit polos atau bunga. Lalu cetak adonan diatas loyang dan pangganglah. Saat dipanggang adoanan akan melebar.

4. Pressed Cookies

Pressed cookies atau sering disebut kue semprit menggunakan adonan cookies dengan cara melted method atau rubbling in method. Cara pembuatan kue ini dengan cara madukkan adonan ke dalam cetakan berbentuk pipa dan dicetak dengan cara menekan adonan ke atas loyang datar bersemir margarin.

5. Moulded Cookies

Moulded cookies dapat dibuat menggunakan tangan. Kue kering ini biasanya diisi dengan bahan seperti, selai atau pasta, mesis, dan keju.

6. Bar Cookies

Cara membuat bar cookies dengan cara cetak adonan di atas loyang segi empat bersemir margarin kira-kira ½cm. Kemudian ratakan dan tekan-tekan adonan hingga padat. Lalu panggang sebentar dalam oven, kemudian keluarkan lalu potong-potong dalam bentuk persegi panjang. Habis itu masukkan ke dalam oven sampai matang.

7. Refriserator Cookies

Cara membuat refriserator cookies dengan cara gulung adonan lalu bungkus dengan menggunakan plastik atau kertas roti yang sudah disiapkan. Kemudian simpan adonan di dalam lemari pendingin. Jika sudah terlihat mengeras, potong dan keluarkan adonan. Bisa juga dibentuk gulungan bulat atau segi empat agar lebih menarik.

8. Sandwich Cookies

Sadwich cookies dapat dibuat dari potongan adonan dengan bentuk pressed cookies atau rolled cookies, kemudian satukan seperti bentuk sandwich dengan isian selai buah atau krim cokelat.

Manfaat Kue Kering

Cara membuat kue kering

1. Sumber Energi yang Tinggi

Apa yang dimaksud dengan sumber energi? Sumber energi adalah sumber daya yang dapat dikelola manusia sehingga dapat juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi. Sumber energi juga sering disebut sebagai sumber energi primer.

Kue kering mengandung protein serta karbohidrat yang mampu menahan rasa lapar dan juga dapat memperoleh energi yang tinggi dari kue kering yang dimakan setiap hari.

2. Menjaga Perut Tetap Kenyang

Rasa lapar muncul karena kondisi lambung kosong, terciumnya aroma makanan dan gula darah yang disimpan menurun. Ada beberapa kandungan yang dapat menjaga kekenyangan tubuh, seperti protrin, lemah baik, tambahan serat, dan karbohidrat kompleks.

Sangat baik mengonsumsi kue kering bagi orang yang sedang menjalankan diet. Karena kue kering juga bermanfaat untuk menjaga kekenyangan dan juga memberi energi yang tinggi bagi tubuh.

3. Baik Untuk Perkembangan Otak

Kenapa baik untuk perkembangan otak? Karena didalam kandungan kue kering mengandung protein. Kue kering juga banyak mengandung protein yang mempunyai manfaat untuk ibu hamil, karena baik untuk kesehatan dan perkembangan otak janin.

Dan juga akan membuat penyerapan nutrisi ke otak menjadi lebih baik, serta dapat mengoptimalkan perkembangan otak. Selain itu perkembangan otak juga dipengaruhi dengan ibu hamil yang sedang stress, ketraumaan, kualitas tidur, dan juga faktor lingkungan.

4. Baik Untuk Pembentukan Otot

Selain dapat menjadi sumber energi, baik untuk perkembangan otak, menjaga tetap kenyang. Ternyata kue kering juga baik untuk pembentukkan otot. Karena kandungan senyawa protein yang tinggi sehingga mampu untuk membantu dalam meningkatkan kekuatan masa otot dan juga mampu untuk menjaga kecantikan otot.

Selain mengonsumsi kue kering, pembentukkan otot juga dapat dilakukan dengan cara melakukan olah-raga, seperti GYM, joging, push-up, sit-up, lari-lari, dan lain sebagainya.

5. Mencegah Peradangan Kronis

Apa yang dimaksud dengan peradangan? Peradangan adalah di suatu kondisi saat sistem kekebalan tubuh untuk sel-sel sehat rusak yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan.

Kue kering sangat membantu untuk mengurangi peradangan kronis. Selain mengonsumsi kue kering anda juga bisa mengonsumsi ikan, teh, kacang, buah-buahan, bawang putih, sayur hijau gelap, dan jahe untuk mencegah peradangan kronis.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi kue kering juga dapat meningkatkan matabolisme tubuh. Selain itu, kue kering ini adalah salah satu cara paling cepat dan efektif untuk menyenangkan agar dapat mengurangi sindrom metabolik tubuh.

Selain menkonsumsi kue kering anda juga bisa melakukan tidur yang cukup, olah-raga rutin, mengonsumsi minyak sehat, dan memperbanyak memakan makanan yang mengandung protein.

7. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Selain manfaat kue kering di atas, kue kering juga baik untuk kesehatan pencernaan, karena kandungan serat yang ada di dalam kue kering. Proses pencernaan adalah salah siklus yang penting di dalam tubuh.

Selain mengonsumsi serat anda juga dapat mengurangi memakan makanan yang berlemak, menambahkan probiotik dalam saat melakukan diet, dan makan sesuai jadwal atau makan dengan teratur.

Cara Membuat Kue Kering Tanpa Oven

Bahan-bahan :

Untuk 24 porsi :

  • Tepung terigu -150 gram
  • Baking soda -¼ sendok teh
  • Gula halus -250 gram
  • Margarin -200 gram
  • Mentega -50 gram
  • Telur ayam -1 butir
  • Ekstrak vanili -2 sendok makan
  • Chocochips secukupnya

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven :

  1. Pertama-tama campur bahan-bahan seperti, tepung terigu dan baking soda.
  2. Kemudian masukkan gula halus, ekstrak vanilli, dan mentega ke dalam wadah, lalu campur dengan rata hingga adonan mengembang dan berwarna pucat.
  3. Setelah itu masukkan telur, lalu campur lagi sampai rata.
  4. Kemudian masukkan tepung terigu, setelah adonan tercampur rata masukkan chocochip.
  5. Diamkan adonan selama 15 menit.
  6. Lalu bagi adonan sekitar 24 bagian kira-kira berukuran bola seukuran sendok makan. ( Anda bisa menggunakan mesin pembagi adonan )
  7. Setelah itu panaskan api, kemudian taruh tatakan panci di atas kompor.
  8. Jika tatakan panci sudah panas olesi dengan margarin, kemudian masukkan adonan yang sudah dibulat-bulat di dalam tatakan panci.
  9. Usahakan diberi jarak agar tidak melekat.
  10. Masaklah kukis sampai matang dan kering dengan menggunakan api sedang.
  11. Angkat kukis dari dalam tatakan panci.
  12. Kemudian dinginkan kukis.
  13. Kue kering atau kukis siap disajikan.

Baca Juga : Resep Kue Kering Terbaru

Cara Membuat Kue Kering Semprit

Cara Membuat Kue Kering Semprit

Bahan-bahan :

  • Margarin -125 gram
  • Gula halus -30 gram
  • Extact vanilla -½ sendok makan
  • Kuning telur -1 butir
  • Susu bubuk -½ sendok makan
  • Tepung maizena -½ sendok makan
  • Garam -¼ sendok makan
  • Tepung mocaf -135 gram
  • Kismis secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Semprit

  1. Pertama-tama campur bahan-bahan sampai mengembang.
  2. Kemudian masukkan vanilla dan kuning telur, lalu campur sampai rata.
  3. Lalu masukan bahan-bahan lalu ayak secara bertahap.
  4. Kemudian masukkan adonan ke piping bag.
  5. Lalu cetak di atas loyang yang sudah dilapisi margarin dan baking paper.
  6. Kemudian panaskan wajan atau teflon sekitar 10 menit.
  7. Setelah itu tuangkan adonan ke dalam wajan atau teflon.
  8. Panggang sampai matang.
  9. Angkat dari panggangan.
  10. Kue kering semprit siap disajikan.

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven Chewy Cokelat

Bahan:

  • Terigu protein -200 gram
  • Gula pasir-100 gram
  • Gula aren -50 gram
  • Telur -1 butir
  • Margarin -100 gram
  • Garam -¼ sendok teh
  • Baking powder -½ sendok teh
  • Dcc secukupnya
  • Chocochip secukupnya

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven Chewy Cokelat :

  1. Pertama-tama campurkan gula pasir dan gula aren.
  2. Kemudian masukkan margarin, lalu aduk sampai rata.
  3. Lalu masukkan telur dan garam, aduk sampai rata.
  4. Kemudian masukkan terigu sambil diaduk-aduk sampai rata.
  5. Lalu tambahkan baking powder, chocochip, dan potongan dcc.
  6. Aduklah sampai rata.
  7. Setelah itu pipihkan adonan, kemudian isi dengan dcc tengahnya.
  8. Lalu bentuklah menjadi bulat-bulat.
  9. Masukkan adonan yang sudah dibulat-bulat ke freezer selama 30 menit.
  10. Kemudian pipihkan perlahan lalu letakkan di teflon yang sudah dipanaskan. Masak dengan api kecil hingga matang.

Cara Membuat Kue Kering Tanpa Oven Rasa Kacang

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu -200 gram
  • kacang tanah -125 gram
  • Minyak goreng -90 sampai 100 gram
  • Gula halus -75 gram
  • Garam -½ sendok teh
  • Kuning telur -1 butir

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven Rasa Kacang :

  1. Pertama-tama blender kacang tanah.
  2. Kemudian masukkan garam, kacang tanah, tepung terigu,dan gula halus.
  3. Aduklah sampai merata.
  4. Setelah itu cetak adonan sesuai selera.
  5. Olesi permukaan adonan pakai kuning telur dan taburi dengan taburan wijen.
  6. Panaskan teflon lalu lapisi dengan margarin.
  7. Tata adonan di atas teflon, lalu masak menggunakan api kecil.
  8. Jika sudah matang, angkat dari kompor.
  9. Kue kering rasa kacang siap disajikan

Cara Membuat Kue Kering Kastengel

Bahan-bahan :

  • Mentega -300 gram
  • Terigu protein -350 gram
  • Maizena -50 gram
  • Susu bubuk -2 sendok makan
  • Keju edam -100 gram
  • Keju parmesan -100 gram
  • Kuning telur secukupnya
  • Keju cheddar secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Kastegel

  1. Pertama-tama campurkan bahan-bahan, seperti susu bubuk, tepung terigu dan tepung maizena.
  2. Kemudian campur mentega sampai lunak.
  3. Lalu masukkan keju edam dan parmesen.
  4. Aduklah sampai rata.
  5. Lalu masukkan campuran terigu dan aduk lagi sampai rata.
  6. Bentuk adonan dengan cara gilas tipis adonan lalu cetak sesuai selera.
  7. Lalu tata ke dalam loyang.
  8. Kemudian oleskan dengan kuning telur lalu taburi dengan keju cheddar parut.
  9. Setelah itu panggang di teflon sampai matang.
  10. Kue kering kastagel siap disajikan.

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven dari biji kopi

Bahan-bahan :

  • Tepung maizena -60 gram
  • Tepung terigu -280 gram
  • Air panas -1 sendok makan
  • Vanila -1 sendok teh
  • Gula halus -160 gram
  • Baking powder -½ sendok teh
  • Pewarna makanan hitam
  • Garam secukupnya
  • Telur -1 butir
  • Kopi instan -2 sachet
  • Mentega -125 gram
  • Bubuk cokelat -15 gram

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven dari biji kopi :

  1. Pertama-tama campurkan bubuk cokelat, kopi instan, dan pewarna makanan.
  2. Kemudian larutkan dengan air panas.
  3. Setelah itu masukkan garam, tepung maizena, baking powder, dan tepung terigu.
  4.  Lalu masukkam gula halus, vanila, dan mentega.
  5. Aduklah sampai rata.
  6. Kemudian masukkan tepung, aduk dengan menggunakan tangan.
  7. Lalu bentuk bulat-bulat dengan mengambil 8 gram dari adonan tersebut.
  8. Setelah semua sudah dibentuk panggang minimal selama 20 menit.
  9. Jika sudah matang angkat dari panggangan.
  10. Kue kering dari biji kopi siap disajikan.

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven Lidah Kucing

Bahan-bahan :

  • Mentega -25o gram
  • Baking powder -¼ sendok teh
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Pasta vanili -1 sendok teh
  • Tepung terigu -250 gram
  • Gula halus -175 gram
  • Telur -3 butir

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven Lidah Kucing :

  1. Pertama-tama campur bahan-bahan, seperti mentega, gula dan vanili hingga adonan mengembang.
  2. Kemudian tuang putih telur ke dalam adonan, lau kocok lagi.
  3. Lalu masukkan tepung terigu dan baking powder.
  4. Campurkan hingga merata.
  5. Lalu bagi adonan menjadi 5 bagian, lalu beri masing-masing warna.
  6. Setelah itu olesi loyang dengan mentega.
  7. Panggang adonan sampai matang.
  8. Angkat lalu sajikan.

Cara Membuat Kue Kering Churros

Bahan-bahan :

  • tepung terigu -125 gram
  • Cokelat bubuk -2 sendok teh
  • Air -250 ml
  • Gula pasir -1 sendok makan
  • Pewarna merah -1 sendok teh
  • Telur -2 butir
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula halus yang secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Churros

  1. Pertama-tama beruslah margarin, air, gula pasir sampai mendidih.
  2. Kemudian tambahkan pewarna merah.
  3. Lalu aduklah sampai rata, kemudian matikan api.
  4. Setelah itu masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk.
  5. Aduklah sampai merata.
  6. Kemudian diamkan beberapa menit.
  7. Lalu masukkan kocokan telur, kemudian aduklah sampai merata.
  8. Kemudian siapkan plastik segitiga dengan spuit bintang.
  9. Lalu potong ujung plastik.
  10. Setelah itu masukkan adonan ke plastik segitiga.
  11. Kemudian panaskan minyak goreng di wajan.
  12. Lalu semprotkan adonan ke minyak.
  13. Kemudian goreng adonan sampai matang.
  14. Angkat lalu tiriskan.
  15. Kue kering churros siap disajikan, bisa juga taburkan gula halus.

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oeven dari Biji Ketapang

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu -250 gram
  • Tepung jagung -50 gram
  • Mentega -5 sendok makan
  • Gula pasir -4 sendok makan
  • Telur -1 butir
  • Santan instan -1 sachet
  • Vanili -½ sendok teh
  • Garam halus secukupnya
  • Biji wijen warna hitam -1 sendok makan

Cara Membuat Kue Kering tanpa Oeven dari Biji Ketapang

  1. Pertama-tama campurkan bahan-bahan, seperti santan, vanili, santan, garam, dan telur.
  2. Aduklah sampai rata.
  3. Kemudian tuangkan mentega yang sudah dicairkan ke dalam adonan.
  4. Aduklah sampai merata, kemudian masukkan tepung terigu dan tepung jagung.
  5. Aduk adonan sampai merata.
  6. Lalu tata adonan di atas alas adonan yang sudah disiapkan.
  7. Setelah itu tambahkan biji wijen dan uleni secukupnya.
  8. Kemudian pipihkan adonan, lalu potong dengan memanjang, kemudian gulung adonan, dan potong kecil-kecil berbentuk serong.
  9. Gorenglah adonan sampai matang.
  10. Angkat lalu tiriskan.
  11. Kue kering dari biji ketapang siap disajikan.

Baca Juga : kue kering untuk lebaran yang unik

Sekian dari artikel saya tentang cara membuat kue kering tanpa oven, semoga artikel saya berguna dan bermanfaat, kalian juga dapat mencobanya di rumah dan bahan-bahan pembuatan mudah didapat. Terima Kasih:)

Asam Padeh Ikan Kembung Padang yang Menggugah Selera

Bagi kalian para penikmat masakan pedas pasti tak asing dengan masakan yang satu ini. Inilah asam padeh ikan kembung padang

Asam Padeh Ikan Kembung Padang

Bahan-Bahan :

  • 4 ekor ikan kembung sedang
  • Asam kandis 2 buah
  • Daun jeruk 2 lembar, buang tulang daun
  • 1 batang sereh (geprek)
  • Daun salam 5 lembar
  • Kapulaga 2 buah
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap jika perlu

Bumbu Halus :

  • Kunyit 1 ruas
  • Lengkuas geprek 1 ruas
  • Jahe 1 ruas kecil
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • Cabe merah 5 buah
  • Cabe rawit merah sesuai selera
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Asam Padeh Ikan Kembung Padang :

  1. Haluskan atau giling bumbu halus, lalu tumis hingga harum.

  2. Setelah itu tambahkan daun salam, daun jeruk, sereh, asam kandis, dan kapulaga.

  3. Tambahkan juga air secukupnya, garam, gula, dan boleh dengan penyedap rasa. Koreksi rasa.

  4. Kemudian masukkan ikan, setelah itu tunggu sampai ikan matang kira-kira 15 menit. Usahakan memasak ikan tidak terlalu lama memasak ikan, hal ini supaya daging ikan tidak hancur

  5. Sajikan selagi hangat

Ikan kembung disini kita  olah menjadi hidangan berkuah, namun ikan ini bisa kita masak menjadi olahan bakaran menggunakan panggangan sosis

Manfaat Ikan Kembung

1. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan kembung mengandung omega 3 yang mampu mencegah penyakit jantung koroner. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah arteri.

Mengonsumsi ikan kembung secara rutin mampu menguragi timbulnya penumpukan plak yang mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit kronis.

Kandungan kadar asam lemak omega 3 pada ikan kembung juga dapat mengendalikan tekanan darah dan juga menurunkan risiko terkena hipertensi.

Ikan kembung dengan nama lain Indian Mackerel dapat dijadikan saran untuk menjaga kesehatan jantung kalian, karena kandungan berbagai mineral dan protein di dalamnya.

Semua kandungan tersebut adalah nutrisi yang penting bagi kesehatan jantung. Ikan kembung juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang cocok dalam memelihara sistem kerja jantung.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Selain baik bagi jantung, omega 3 dalam ikan kembung juga sama baiknya untuk kesehatan otak. Kandungan omega 3 yang ada pada ikan kembung mampu meregenerasi sel-sel otak yang rusak dan dengan sel otak yang baru, juga dapat meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi.

Ingin tau resep asam padeh dengan berbagai jenis ikan? Cek artikelnya disini

Tak hanya omega 3, ikan kembung juga mengandung zat besi bekerjasama dengan omega dalam memperbaiki sel-sel rusak pada otak. Dengan begitu, ikan ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak dengan mengonsumsinya dengan rutin.

3. Menguatkan Otot dan Tulang

Pernahkah kalian mengalami otot lemah, nyeri, dan mudah pegal? Jika sering terjadi, makan konsumsilah ikan kembung secara rutin. Pasalnya ikan kembung dapat membantu dalam menjaga sel dan jaringan otot.

Kandungan vitamin D dalam ikan kembung juga bisa memperbaiki sobek yang terjadi pada otot diakrenakn bergerak aktif. Sering-seringlah  mengonsumsi ikan kembung, dengan begitu kalian akan memiliki otot yang jauh lebih sehat dan kuat.

Vitamin D dalam ikan kembung juga sangat berguna dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kadungan tersebut berperan penting dalam memaksimalkan penyerapan kalsium. Kalsium yaitu mineral yang berfungsi untuk membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

4. Mengontrol Gula Darah dan Tekanan Darah

Kandungan omega 6 dalam ikan kembung akan membantu mengendalikan kadar gula darah. Ikan ini cocok dikonsumsi bagi pasien diabetes untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

Ikan kembung juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Tingginya kadar kalium dalam ikan kembung mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Sehingga, ikan kembung mampu mencegah darah tinggi ataupun darah rendah.

5. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan kembung sangat diperlukan bagi perkembangan janin. Karena kandungan tersebut juga dapat menjaga kesehatan jantung, otak, mata, dan sistem saraf si ibu beserta bayinya di dalam kandungan.

Baca juga : Resep Ikan Lele Bakar Super Mantap Kecap Manis Spesial

Omega 3 dalam ikan kembung sangat membantu dalam mencegah persalinan prematur, menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil, serta mencegah bayi cacat lahir.

Kandungan ikan kembung bagi ibu dan janinnya adalah fosfor dan selenium. Fosfor dalam ikan kembung berkonstribusi dalam kesehatan dan kekuatan tulang, otot, fungsi ginjal, dan konduksi saraf janin, sedangkan selenium dapat mencegah terjadinya komplikasi bagi ibu hamil

Semoga resep asam padeh ikan tongkol padang dan manfaat ikan kembung dapat bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Cara Merebus Telur Supaya Tidak Pecah Yang Mudah

Selain di goreng biasanya telur juga bisa di olah menjadi rendang,santan dan lain-lain, namun sebelum di olah sebaiknya telur di rebus dulu. Simak pembahasan di bawah ini mengenai cara masak telur rebus. Berikut cara masak telur rebus agar tidak pecah.

Cara Merebus Telur Supaya Tidak Pecah

Cara Merebus Telur Supaya Tidak Pecah

Alat Dan Bahan-Bahan:

  • Air
  • Panci
  • Telur
  • Kompor

Cara Merebus Telur Supaya Tidak Pecah

  1.  Masukkan telur ke dalam panci, kemudian isi dengan air. Pastikan tidak menyiramkan air hangat atau panas sebelum merebus telur. Selain itu usahakan tidak memasukkan telur setelah air mendidih, karena telur akan mudah pecah selama proses perebusan.
  2. Apabila telur baru keluar dari kulkas, maka terlebih dahulu rendam dengan air biasa, hal ini untuk menghilangkan suhu kulkas. Setelah telur mencapai suhu ruangan, setelah itu rebus telur dengan air yang baru.
  3. Pastikan juga telur telah terendam seluruhnya dengan air. Pasalnya kekurangan air saat merebus telur, telur akan mudah pecah.
  4. Setelah itu masak telur sekitar 10 menit hingga mendidih, lalu matikan api.

Manfaat Telur Rebus

Manfaat Telur Rebus

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Menurut dari Healthline, telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan unuk meningkatkan fungsi dari otak dan saraf. Telur rebus juga memiliki kandungan kolin yang dapat mengatur kerja otak, sistem saraf, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Menjaga Kekuatan Otot, Tulang dan Gigi

Protein didalamsebuah telur membantu menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk juga otot, tulang dan gigi. Telur juga mengandung vitamin Didalam makanan juga bisa untuk membuat tulang dan gigi semakin kuat karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalsium dalam darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan sebuah organ tubuh yang berfungsi untuk melihat, sehingga harus dijaga kesehatannya. Kamu harus bisa menjaga kesehatan matamu dengan rajin mengonsumsi telur rebus. Makanan ini juga mengandung zeaxanthin lebih banyak dibanding sayuran. Sehingga, telur yang direbus dapat mencegah degenerasi pada makula dan mengurangi risiko katarak.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Telur rebus juga mengandung lemak yang baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini juga dapat menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga maampu mencegah risiko penyakit jantung.Kandungan omega 3 di dalam telur rebus juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang berkaitan dengan sebuah penyakit jantung.

5. Melancarkan Peredaran Darah dan Cegah Anemia

Telur rebus memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu juga, makanan ini juga dapat mencegah Anda dari kekurangan darah atau anemia.

Cara Masak Aneka Olahan Telur Rebus

1. Cara Masak Telur Bacem

Bahan:

  • 10 telur ayam rebus, kuliti
  •  5 daun salam
  • 1 serai, memarkan
  •  200 gr gula jawa
  •  Asam jawa 1 sdt
  •  2 liter air
  •  garam secukupnya

Bumbu halus:

  • Bawang putih 5 butir
  • 9 bawang merah
  • 5 kemiri
  •  1/2 sdm ketumbar halus
  •  Lada halus 1/2 sdt
  •  Lengkuas 1cm
  •  Jahe 1 cm

Cara Masak Telur Bacem :

  1.  Rebus telur bersama bumbu dan bahan lainnya. Rebus minimal 1 jam hingga air menyusut. Semakin lama direbus semakin baik hasilnya.
  2.  Angkat telur dari air rebusan, siap disajikan.

2. Cara Masak Telur Daun Tapak Leman

Bahan:

  •  10 butir telur
  •  tempe
  •  santan dari 1 butir kelapa
  •   Rebus dan tiriskan,daun tapak leman iris tipis
  •  2 lembar daun jeruk
  •  sereh, geprek
  •  Daun salam 2 lembar
  •  1 lembar daun kunyit

Bumbu Halus:

  •  2 ruas kunyit
  •  Jahe 1 ruas
  •  lengkuas
  •  1 batang sereh
  •  Ketumbar 1 sdt
  •  6 siung bawang merah
  •  4 siung bawang putih
  •  garam secukupnya

Cara Memasak Telur Daun Tapak Leman:

  1. Tumis bumbu dengan sedikit minyak, masukkan dedaunan,tumis hingga harum.
  2.  Masukkan santan perasan kedua, tunggu hingga mendidih. Masukkan telur dan tempe, tunggu hingga mendidih lagi.
  3.  Setelah itu masukkan santan perasan pertama, masukkan daun tapak leman, koreksi rasa.
  4.  Siap disajikan selagi hangat.

3. Cara Masak Semur Telur Sederhana

Bahan:

  •  6-8 butir telur, rebus lalu kupas, goreng sampai sedikit berkulit
  • Daun salam 2 lembar
  • 1 sereh, memarkan
  • 300 ml air
  • Kecap manis 2 sdm
  • Gula pasir 1 sdt
  • Lada, garam, dan penyedap sesuai selera
  • 2 sdm bawang merah, untuk taburan
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 2 butir bawang merah
  • Bawang putih 2 butir
  • Kemiri 2 butir

Cara Memasak Semur Telur Sederhana:

  1. Rebus telur, lalu kupas. Setelah itu, goreng sampai sedikit berkulit. Sisihkan.
  2.  Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan air, daun salam, sereh, kecap manis, gula pasir, garam, lada, dan penyedap.
  3.  Masukkan telur yang sudah digoreng, masak sampai air menyusut. Angkat kemudian beri taburan bawang merah goreng.

Demikian pembahasan mengenai tentang cara merebus telur supaya tidak pecah dan juga olahan telur agar tidak bosan. Kamu bisa membuatnya di rumah.Sehingga kamu bisa memasak telur rebus supaya tidak pecah.

Jadi cukup mudahkan cara merebus telur supaya tidak pecah yang kalian inginkan semoga bermanfaat. Kamu juga bisa mengolah telur menjadi telur panggang yang di proses di panggangan sosis.

Cara Membuat Sambal Kecap Ayam Bakar Mudah Dan Enak

Sambal

Sambal merupakan istilah besar yang di sebut dalam kuliner Indonesia merujuk pada saus yang pedas. Secara garis besar, sambal yang menggunakan bahan utama cabai yang dilumatkan sehingga mengeluarkan kandungan sari cabe dan ditambah dengan bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Sambal merupakan salah satu unsur dari khas hidangan Indonesia. Sambal juga mudah ditemukan dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada beberapa macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah. Berikut cara membuat sambal ayam bakar.

Cara Membuat Sambal Kecap Ayam Bakar

Cara Membuat Sambal Kecap Ayam Bakar

Bahan-Bahan

  • 1/2 kg ayam

Bumbu :

  • Bawang putih 3 buah
  • Kunyit 3 cm
  • 3 cm jahe
  • 5 cm laos geprek
  • 2 lbr daun salam
  • Ketumbar 1/2 sdm
  • 1/2 sdm merica
  • Secukupnya garam gula

Sambal kecap :

  • 5 bh cabe rawit
  • Bawang merah 2 buah
  • 1 bh jeruk limau
  • secukupnya kecap manis
  • sejumput garam (boleh skip)
  • 1 gls air

Cara Membuat Sambal Kecap Ayam Bakar

  1. Bersihkan ayam uleg bumbu halus
  2. Tumis bumbu halus sampai harum,masukan ayam tambahkan air rebus sampai air menyusut dan berminyak
  3. Siapkan alat bakar,sy pakai yg buat bakar sosis bakar sampai kecoklatan sesekali oles dg sisa bumbu ungkep
  4. Buat sambal pong cabe dan bawang merah,penyet penyet tambah sejumput garam dan kecap manis
  5. Sajikan hangat

Jenis-Jenis Sambal

Jenis-Jenis Sambal

1. Sambal Bawang

Sambal bawang merupakan salah satu jenis sambal yang menggunakan bahan campuran berupa bawang dan cabai merah. Bawang yang digunakan bisa juga berupa bawang merah dan bawang putih atau bisa juga keduanya.

Perpaduan dari cabai dan bawang ini akan memiliki cita rasa lezat yang nikmat dan cocok untuk setiap hidangan, terutama ayam goreng atau juga bakar, dan daging lainnya. Bisajuga untuk resep sambal pecelele pinggir jalan.

Bahan-bahan:

  • Royco kaldu 1 sase
  • 25 Buah cabai rawit merah
  • 1 Sendok gula pasir
  • 5 Buah siung bawang putih
  • 12 Butir bawang merah
  • 6 Sendok makan minyak,untuk menumis

Cara Membuat Sambal Bawang:

  1. Ulek kasar cabai rawit merah bersama Royco Kaldu dan gula pasir menggunakan cobek
  2. Tambahkan bawang merah dan bawang putihulek kembali.
  3. Panaskan minyaktumis sambal hingga matangAngkat.
  4. Dan sajikan

2. Sambal Terasi

Sambal Terasi merupakan jenis sambal yang memiliki cita rasa yang unik dan khas. Rasa yang unik tersebut didapatkan dari bahan tambahannya yaitu terasi.

Terasi sendiri merupakan sebuah bumbu masak yang terbuat dari ikan yang di fermentasi hingga membetuk adonan atau pasta dengan aroma yang cukup menyengat. Aroma dan rasa yang khas menjadi keunggulan dari sambal Terasi ini.

3. Sambal Terasi

Bahan-bahan:

  • 10 cabe merah
  • 4 cabe rawit setan
  • 2 bawang merah
  •  Terasi 1 saset (sy pake yg abc)
  • 1 bawang putih
  • sepucuk sendok teh Garam
  •  Tomat merah 1
  • seperlunya Gula pasir
  • secukupnya Minyak goreng

Cara Membuat Sambal Terasi:

  1. Panaskan minyak.. masukan (secara berurutan) terasi. Bawang merah bawang putih tunggu sampai setengah matang
  2. Masukan Tomat.. tomat sudah layu.. cabe…
  3. Sudah Matang semua. Angkat.. di ulek.. tambahkan garam dan gula

Manfaat Sambal Bagi Kesehatan

  1. Kadar Gula Darah Lebih Stabil
  2. Meningkatkan Fungsi Kognitif
  3. Mencegah Anemia
  4. Mengurangi Tekanan Darah
  5. Penghilang Rasa Sakit
  6. Mengatasi Hidung Tersumbat
  7. Menjaga Kesehatan Usus
  8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  9. Menjaga Fungsi Mata
  10. Menghambat Kangker

Cabai Terpedas Di dunia

  1. Carolina Reaper
  2. Trinidad Moruga Scorpion
  3. Trinidad Scorpion “Butch T”
  4. Naga Viper
  5.  Ghost Pepper Atau Bhut Jolokia

Demikian pembahasan mengenai tentang Cara Membuat Sambal Kecap Ayam Bakar Mudah Dan Enak. Kamu bisa membuatnya di rumah.Sehingga kamu bisa membuat sambal kecap yang sangat mudah dan enak.

Jadi cukup mudahkan cara membuat sambal kecap yang kalian inginkan semoga bermanfaat. Kamu juga bisa mengolah daging ayam menjadi ayam panggang yang di proses di panggangan sosis.