Pemanfaatan Limbah Botol Plastik

pemanfaatan limbah botol plastik

Pemanfaatan Limbah Botol Plastik

pemanfaatan limbah botol plastik

Pemanfaatan Limbah Botol Plastik merupakan hasil suatu buangan dari aktifitas atau proses produksi. Dalam kegiatan sehari-hari ini yang pada konsentrasi tertentu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Pada dasarnya limbah dibagi atas sebuah limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik adalah suatu limbah dapat membusuk karena mampu diolah oleh tanah dan diuraikan.

Sedangkan  sebuah limbah anorganik merupakan limbah yang tidak dapat membusuk dan tidak dapat diolah sempurna oleh tanah. Contoh dari suatu limbah organik yaitu suatu sisa-sisa makhluk hidup, serta daun-daunan.

 Plastik merupakan bahan anorganik buatan yang tersusun dari sebuah bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya bagi lingkungan. Limbah  plastik ini sangat sulit untuk diuraikan secara lebih alami.

Untuk menguraikan suatu sampah plastik itu sendiri membutuhkan kurang lebih 80 tahun agar dapat terdegradasi secara sempurna. Oleh karena itu penggunaan dari bahan plastik dapat dikatakan tidak bersahabat.

Sedangkan pada di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya kita yang berada di Indonesia. Penggunaan dari bahan plastik, misal botol minuman dan kantong belanjaan bisa kita temukan hampir  pada seluruh aktivitas.

 Seiring dengan perkembangan suatu teknologi, kebutuhan akan plastik terus meningkat drastis. Buktinya adalah semakin banyak jumlah makanan dan minuman konsumsi kita menggunakan bahan pembungkus plastik.

Sebagai konsekuensinya itu, peningkatan suatu limbah plastik pun tidak terelakkan. Komposisi suatu sampah atau limbah plastik yang dibuang oleh setiap rumah tangga adalah sekitar 9,3% dari total sampah rumah tangga.

Jika limbah botol plastik ini yang berada di lingkungan terus bertambah. Sedangkan dalam tindakan untuk penanggulangan limbah tersebut belum ada. Apa yang akan terjadi dengan bumi beberapa tahun yang mendatang?

Dalam hal inilah dibutuhkan suatu daya pikir kreatif. Bagaimanakah cara dalam mengolah limbah plastik yang berada di lingkungan kita menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai yang ekonomis.

Limbah  Suatu Botol Plastik

pemanfaatan limbah botol plastik

Sebuah Limbah adalah suatu buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Sampah padat ini lebih dikenal sebagai suatu sampah.

 Yang seringkali tidak dikehendaki atas kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara lebih kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia yang Senyawa organik dan Senyawa anorganik.

Dengan suatu konsentrasi dan kuantitas tertentu. Kehadiran limbah itu  dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia. Sehingga perlu dilakukan suatu penanganan terhadap limbah.

Tingkat bahaya dari keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah. Serta ini pemanfaatan limbah botol plastik di lingkungan.

Limbah botol plastik dari merupakan hasil buangan berupa botol plastik yang tidak digunakan lagi. Berdasarkan sifatnya suatu limbah botol plastik merupakan sampah anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk.

Berdasarkan dari bentuknya libah botol plastik merupakan sampah padat Non-biodegradable, yaitu suatu sampah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. Dan ini pemanfaatan limbah botol plastik.

Dilain hal ini , limbah botol plastik ini dapat diolah dan digunakan kembali karena memiliki suatu nilai secara ekonomi. Sehingga disebut sebagai suatu bagian dari Non-biodegradable Recyclable.

Usaha Kerajinan Kreatif yang Bernilai Sangat Ekonomis

Usaha merupakan suatu kegiatan dengan mengerahkan tenaga atau badan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan itu, kerajinan ini merupakan sebutan bagi suatu benda hasil karya seni dari manusia.

Kata sebuah “kerajinan” berasal dari kata ‘rajin’ yang artinya adalah barang/benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan ini terbuat dari berbagai bahan.

Dari kerajinan ini menghasilkan suatu hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Dan kreatif atau daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan suatu pemunculan gagasan.

Dengan demikian sebuah usaha kerajinan kreatif adalah serangkaian kegiatan untuk menghasilkan suatu benda hasil karya seni manusia. Dengan melibatkan pemunculan suatu gagasan atau anggitan.

Nilai ekonomis yang dimaksud adalah benda hasil karya seni tersebut memiliki nilai jual yang tinggi  dipasaran. Tidak hanya menarik serta hanya seni, tetapi bisa membatu manusia dalam suatu kehidupan sehari-hari.

Itulah ulasan mengenai sebuah pemanfaatan limbah botol plastik dalam kehidupan. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Serta menjadi pembelajaran anda. Sekian Dan Terima Kasih.