Peluang Usaha Depot Air Minum Isi Ulang Yang Menguntungkan

Air minum adalah salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk setiap harinya. Saat ini peluang usaha depot air minum semakin meningkat.

Tidak sedikit orang yang lebih memilih air minum isi ulang daripada memasak sendiri. Salah satu alasannya karena air minum isi ulang dinilai lebih praktis dibandingkan memasak air minum sendiri.

Meskipun harga air isi ulang berbeda, hal ini bukanlah masalah bagi masyarakat. Karena, mereka hanya perlu menyesuaikan isi kantong dengan air isi ulang yang hendak dibeli.

Peluang Usaha Depot Air Minum

Melihat kebutuhan air isi ulang yang sangat meningkathal ini dapat kita lihat sebagai salah satu peluang yang sangat baik dan cukup menguntungkan. Peluang usaha depot air minum isi ulang juga dapat dinilai sebagai bisnis yang punya pasar cukup luas.

Modal untuk membuka usaha depot air minum ini yakni hanya sekitaran 20 jutaan. Dengan modal tersebut, Anda sudah dapat memulai bisnis ini dan mulai menekuninya sebagai salah satu bisnis sampingan yang cukup menguntungkan.

Sebelum memanfaatkan peluang usaha depot air minum isi ulang ini, anda harus memikirkan bagaimana agar usaha anda tidak kalah saing dengan usahawan yang lain.

Pertama, anda harus memilih lokasi untuk membuat usaha tersebut,pilih lokasi yang cukup strategis supaya orang banyak mengertahui. Dan pastikan pula lokasi yang anda pilih jauh dari usaha yang sejenis dengan anda namun juga mudah diakses oleh orang-orang banyak.

Selain lokasi untuk memanfaatkan peluang usaha depot air minum isi ulang agar bisa maksimal, maka anda harus mempertimbangkan untuk melakukan promosi. Promosi penjualan dapat berupa brosur atau semacamnya yang berisi keterangan bahwa anda membuka jasa isi ulang air minum.

Hal ini sangat penting untuk membuat orang yang disekitar anda mengenal/mendapatkan informasi mengenai usaha anda. Jika tidak keberatan, anda bisa menambahkan fasilitas di usaha depot air minum isi ulang anda seperti, delivery atau pengiriman galon.

al ini cukup efektif melihat saat ini beberapa orang memiliki kesibukkan masing-masing yang membuat mereka tidak sempat pergi membeli air isi ulang, atau beberapa orang cukup kesulitan membawa galon isi ulang yang berisi air minum penuh.

Persiapan awal memulai depot usaha air minum isi ulang

Mengingat usaha ini merupakan salah satu jenis usaha jangka panjang, sebelum memulainya, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan baik agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan tidak menemui kendala berarti ke depannya, seperti yang disebutkan di bawah ini.

  • Sebisa mungkin siapkan segala alat yang diperlukan untuk mendukung usaha ini, salah satunya adalah galon.
  • Jalinlah relasi dengan pemasok sumber air minum isi ulang, biasanya yang paling banyak diambil dari pegunungan yang kualitas airnya bagus, jernih, dan tidak terkontaminasi zat-zat berbahaya.
  • Siapkan motor atau kendaraan lain untuk sarana antar jemput air minum isi ulang ke konsumen.
  • Pilihlah lokasi yang strategis, misal di tepi jalan atau di daerah yang padat penduduk dan mudah dijangkau.
  • Siapkan promosi sederhana bisa dari mulut ke mulut, selebaran, atau media lainnya.
  • Kuasai medan area sekitar konsumen untuk memberikan pelayanan terbaik.

Tips Mengembangkan Usaha Air Minum Isi Ulang

Dalam mengembangkan peluang usaha depot air minum ini, Konsumen air minum kemasan baik yang baru maupun isi ulang mementingkan 2 hal yaitu kebersihan dan ketepatan waktu pelayanan jika itu untuk layanan antar atau delivery.

Bangunlah reputasi terlebih dahulu dengan selalu menjaga kebersihan air minum dan galon serta tempat usaha anda, jika anda bersusah payah mempertahankan kualitas ini,nama anda akan dikenal dan direkomendasikan oleh banyak pelanggan.

Selain itu,pastikan anda mempertahankan ketepatan waktu dalam jadwal antaran pesanan jika prospeknya bagus,untuk pelayanan delivery bisa dicoba menggunakan 2 sepeda motor dan 2 pegawai jasa antar bukan hanya 1  Anda juga harus berlangganan kepada pemasok air isi ulang.

Dan menjadi pelanggan setia, Anda juga bisa mendapatkan bonus bahkan potongan harga khusus yang tentunya bisa menangkas biaya produksi.

Pemasaran Usaha Air Minum Isi Ulang

Ketika baru mulai merintis. pemasaran menjadi salah satu langkah penting bagi mengembangkan usaha.Anda tidak akan pernah mendapatkan konsumen ataupun pelanggan jika usaha anda belum dikenal oleh orang banyak.

Karena itu, pemasaran atau promosi menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Berikut ini tips nya adalah Buatlah brosur pamflet yang menarik dan informatif, lalu sebarkan ke banyak orang atau tempel di tempat-tempat yang mudah dilihat.

Selain itu, anda harus bisa memanfaatkan fasilitas online seperti facebook,instagram,dan lainya.

Resiko Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Mengetahui hambatan-hambatan yang mungkin akan anda hadapi kedepannya juga menjadi hal penting dalam tips serta analisa modal dan potensi keuntungan usaha depot air minum isi ulang yang dibahas kali ini.

Beberapa hal ini adalah beberapa hambatan yang kerap dihadapi para pengusaha air minum isi ulang :

  • Saat ini, hampir di setiap daerah selalu ada yang menjalankan usaha air minum isi ulang sehingga anda harus siap menghadapi persaingan yang makin ketat ke depannya.
  • Penurunan kualitas pelayanan seiring dengan semakin berkembangnya usaha, bisa membuat pelanggan kecewa dan akhirnya beralih ke tempat lain yang lebih memuaskan. Karena itu,anda perlu menomor satukkan kepuasan pelanggan untuk membuat usaha terus hidup.

 

Standar Kesehatan Depot Air Minum Isi Ulang

Pemerintah memberikan standar kesehatan untuk para pelaku usaha serta pemilik depot air minum isi ulang. Untuk pengisian air minum dalam kemasan bermerek harganya relatif mahal dan mungkin tidak seluruh lapisan masyarakat mampu untuk mencukupinya untuk itu ada depot air minum yang relatif murah.

Namun, untuk para pengusaha depot air minum isi ulang yang masih baru ingin membuka usaha bahwa ada standar yang sudah di tetapkan dan harus di penuhi sehingga air tersebut layak dan siap konsumsi.

Standar kesehatan terhadap depot air minum ini di titikberatkan karena air minum yang terkontaminasi dengan bakteri akan lebih cepat menyebabkan gangguan kesehatan dan bakteri yang biasanya berada pada air tercemar adalah E. Coli yang berasal dari tinja.

Selain itu, pencemaran air juga bisa disebabkan karena adanya kandungan radio aktif yang ada di dalam air, bila sudah terkontaminasi radio aktif maka gangguan kesehatan pada tubuh manusia bersifat kronis dan jangka panjang.

Nah gaes, kalo boleh saya sarankan kalian juga harus membaca cara membuat bawang goreng crispy.

 

Keuntungan Bisnis Depot Air Isi Ulang

  1. Modal Kecil

Untuk menjalankan peluang usaha depot air minum ini tidak memerlukan dana yang besar seperti mendirikan usaha bengkel, usaha restoran dan lainnya.

Karena hanya membutuhkan beberapa alat saja, alat pengisi air mineral, galon, dan alat pembersih. Dengan bermodal alat-alat-alat tersebut dengan dibarengi keteguhan yang kuat, maka anda bisa menjalankan bisnis air isi ulang ini.

Anda tidak perlu memikirkan hutang ke bank atau apa lah, anda cukup memanfaatkan uang tabungan anda.

  1. Untung Besar

Bisnis ini merupakan pilihan tepat untuk anda yang ingin mendapatkan utnung besar. Karena konsumen membutuhkan sesuatu yang praktis dan mudah, selain itu zaman modern ini waktu luang dari beberapa orang sedikit, mereka lebih sering menghabiskan waktu untuk mencari uang.

Bisa kita bayangkan selama 3x seharii orang akan mengisi galonnya, maka keuntungan akan kita raih semaksimal mungkin.

  1. Simple dan Praktis

Air isi ulang merupakan pilihan bagi orang yang praktis dan simple. Selain mudah dalam melakukan bisnis ini bagi pebisnis, air isi ulang juga praktis bagi konsumen. Jadi air isi ulang ini merupakan hal yang simple dan praktis bagi hidup kita.

  1. Tidak Membutuh Tempat Yang Luas

Bisnis air isi ulang ini merupakan usaha yang tidak buutuh ruang atau tempat yang luas, anda hanya cukup dengan memanfaatkan teras rumah        anda untuk dijadikan depot sederhana. Anda tidak usah bingung mencari tempat atau membangun suatu ruang baru di rumah atau di tempat lain.

  1. Mudah mendapatkan pasokan

Selama air masih ada pasokan air untuk isi ulang akan terjamin. Jadi bisnis ini mudah dilakukan karena pasokan tidak akan pernah habis.

  1. Mudah mencari pelanggan

Dalam bisnis ini tidak usah bingung mencari pelanggang, tetangga atau teman sekitar anda akan menghampiri depot anda untuk mengisi ulang galonnya. Karena air merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, selain murah air isi ulang juga praktis.

Kerugian bisnis air isi ulang

  1. Modal kembalinya lama

Kita ketahui sendiri harga satu galon isi ulang hanya berkisar antara 3-5 tibu, sedangkan alat-alat yang kita perlukan dalam menjalankan bisnis ini membutuhkan banyak biaya, seperti alat pengisi galon, sanitasi, alat pembersih dan lainnya, tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Memang modal yang kita keluarkan bisa kembali namun cukup lama dikarenakan beberapa faktor tersebut.

  1. Berhubungan dengan reputasi

Kenapa bisnis peluang usaha depot air minum ini bisa dibilang berkaitan dengan reputasi, karena sedikit kesalahan reputasi kita akan turun di mata masyarakat sekitar, bahkan bisa membuat anda menutup bisnis ini.

Mulai dari proses pembersihan, pengemasan dan pengisian harus diperhatikan jika salah sedikit saja maka hal ini akan menjadi buruk bagi konsumen, bisa jadi penyakit atau apapun itu. Jadi bila ingin melaksanakan bisnis ini anda harus benar-benar berhati-hati.

  1. Kurangnya teknologi

Teknologi dalam bisnis ini juga merupakan salah satu kelemahan. Kita tahu sendiri mulai dari pembersihan galon yang masih terbilang sederhana sehingga kemungkinan masih ada bakteri yang menyangkut terbilang besar, selain itu proses pengemasan juga terbilang sederhana hanya dengan penutup plasik tanpa adanya sterilisasi sebelumnya, sehingga kebersihanpun kurang begitu terjaga.

  1. Pengawasan dan pengendalian yang kurang

Bisnis ini tidak ada pengawasan yang ketat atau standarisasi yang cukup. Bisnis ini terbilang bebes hanya ada ijin dinas kesehatan untuk mengedarkan air isi ulang, namun dalam prosesnya tidak ada pengawasan dan pelatihan untuk menjadi lebih baik.

Jaminan mutupun sngat diragukan karena tidak adanya standart yang tetap untuk air isi ulang ini.

  1. Kualitas rendah

Berbicara tentang kualitas memang air isi ulang ini masih tergolong rendah. Dari segi kesehatan, air hasil masakan sendiri lebih aman dan sehat adripada air isi ulang. Dari segi teknologi juga masih sederhana tidak ada penjaminan mutu, dan beberapa aspek lainnya.

 

Itulah ulasan singkat tentang bisnis air isi ulang. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi anda ketika ingin membuka usaha air isi ulang ini.