Ide Kreatif Dari Baju Bekas, Yuk Dibaca !!

Ide kreatif dari baju bekas Kalian punya baju bekas, baju yang sudah melar, atau yang kekecilan, dari pada dibuang yuk mari simak artikel kali ini. Dengan kreativitas, kalian dapat mengubah berbagai pakaian bekas yang tak terpakai menjadi barang yang dapat berguna. Disini saya akan sedikit membahas tentang 23 Ide kreatif dari baju bekas.

1. Kaos Kaki

Biasanya kaos kaki, kalo udah gak cukup lagi pasti akan dibuang, daripada di buang lebih baik kita manfaatin untuk menghias cangkir teh atau kopi.

2. Celana Jeans

Akhir-akhir ini pasti banyak yang menyumbangkan pakaian nya untuk korban bencana alam, selain bisa disumbangkan kalian juga harus tau kalo celana jeans yng sudah kekecilan atau sobek bisa kalian fungsikkan sebagai food photography props atau bahan dekorasi kaleng serba guna.

3. Sweater

Hmm… Jika kalian mempunyai sweater yang sudah tak terpakai atau sudah tidak cukup lagi, dari pada dibuang mendingan dimanfaatkan atau difungsikan menjadi sesuatu yang lebih berguna contohnya kalian bisa menfaatkannya sebagai Cover sofa mungil yang lucu, cantik dan rapi.

4. Bra

Bra yang gak kepakai atau yang sudah kekecilan, yang talinya udah putus, daripada kalian buang sponnya bisa dibuat untuk Spons daleman dress yang cantik .

Contohnya seperti ini

5. Celana Olahraga

Berat badan yang bertambah pasti membuat celana olahraga menjadi tidak muat untuk dipakai lagi. Gimana kalo dibuat menjadi Baggy sweat. Bagus kan ? Bisa kalian pakai dirumah, atau mau dipakai untuk bepergian, tetapi untuk modelnya seperti ini.

6. Dress

Dress dengan model out of date sayang banget kalo dibuang, Mendingan kita buat cardigan, hmm kreatif kan ?

7. Kemeja Dengan Kancing Lepas

Kemeja kali ini agak sedikit berbeda dengan kemeja flanel, jika kalian mempunya kemeja dengan kancing yang lepas atau sudah tidak lengkap, jangan dibuang ! Kalian bisa jadiin menjadi Pouch kecil untuk tempat koin atau handphone yang lucu banget.

8. Kaos Polosan

Jika kalian memiliki kaos polosan yang sudah tidak terpakai kalian bisa menjadikan kaos tersebut menjadi tangtop yang lucu, comel yang bisa dipakai untuk pergi kepantai atau ke wisata lainnya.

9. Kemeja Batik

Kalian jangan salah, kemeja batik bisa kita manfaatkan sebagai taplak meja yang cantik, lucu.

10. Jeans

Jeans yang tak terpakai dapat digunakan sebagai sarung ponsel cara membuatnya sangat mudah sekali, yaitu :

– ambilah jeans yang tidak lagi terpakai sepanjang 25-30 cm.Lipat menjadi 2 bagian .

– Buatlah pola sesuai ponsel anda, lalu potong melebihkan 1 cm di setiap sisinnya.

– Satukan sisi kanan dan kiri dengan menjahitnya.

11. Keset Kain Dari Pakaian Bekas

Banyak orang yang mengubah pakaian bekas sebagai keset.Tetapi saat ini keset yang digunakan masih sangat jelek, dan tidak kreatif. Padalah demgan sentuhan rajutan dan jahitan, keset tersebut dapat dibuat bukan hanya memenuhi fungsi praktis, melainkan bisa memenuhi fungsi estetisnya.

12. Kaos Polos Menjadi Dip Dye

Coba kalian percantik kaos polosmu menjadi DIP DYE. Kalian hanya memerlukan Kaos polos, Pewarna tekstil merek dylon, sarung tangan karet atau plastik, air hangat, garam, dan ember kecil sebagai wadah.

Kalian mau tau juga bagaimana langkah-langkah nya? Yuk simak lagi artikel ini .

Langkah-langkah :

  • Larutkan seperempat botol bubuk dylon ke dalam 4 gelas air hangat dan tambahkan 4 sendok makan garam untuk mengunci warnanya.
  • Setelah semuanya larut, tambahkan sedikit air untuk mendapat warna lembut yang tidak terlalu pekat.
  • Cuci bagian yang ingin kamu percantik dengan air biasa dan peras hingga airnya habis
  • Rendam bagian kaos yang basah kedalam larutan dylon selama 45 detik,lalu angkat. Kemudian lanjutkan pewarnaan dengan cara mencelupkan bagian kaos bawah sebanyak 3 kali, supaya mendapatkan gradasi warna yang cantik.
  • Selanjutnya peras bagian kaos yang telah diberi warna dan dibilas menggunakan air dingin lalu gantungkan kaos selama 15 menit sampai bagian yang diwarna mengering.
  • Setelah taburkan setengah kering, taburkan bubuk dylon di atas bagian yang diwarnai taburkan sesukamu yang membuat efek berkilau.
  • Gantungkan kembali kaosmu hingga benar-benar kering.

Nah, sekarang kaos polosmu sudah tidak membosankan lagi, Lanjut yang ke-13

13. Fringe Tote Bag dari kaos lama.

Membuat fringe tote bag juga termasuk ide kreatif dari baju bekas yang dapat dicoba. Kaos lamamu tidak cuman bisa dirubah menjadi tangtop atau dipercantik dengan teknik dip dye saja,tetapi kaos lamamu itu juga dapat dijadikkan menjadi fringe tote bag.

Untuk membuatnya kalian tak memerlukan alat dan bahan yang rumit, cukup sediakan bahan utama yaitu kaos lama yang sudah tidak terpakai, sediakan gunting, pensil, dan penggaris.

14.  Tas Cantik Dari Kemeja

Kemeja yang sudah kekecilan atau yang sudah sobek bisa juga dimanfaatin untuk tas cantik yang bisa dipakai untuk bepergian, atau untuk belanja .

ALAT DAN BAHAN:

  1. Kemeja bekas
  2. Gunting
  3. Jarum
  4. Hiasan ( pin, pita, benda lain sesuai kreasi )
  5. Benang
  6. Lakban
  7. Staples ukuran besar

Langkah-langkah membuat   :

  1. Pertama-tama kalian gunting bagian bawah baju sehingga menjadi potongan-potongan panjang kecil sepanjang 10 cm (panjang bisa sesuai kreasi)
  2. Kemudian ikat potongan yang satu dengan potongan yang lain dengan kuat sehingga bagian bawah tas tertutup serta dapat digunakan.
  3. Untuk membikin badan tas kalian bisa juga lakukan dengan cara melakban bagian dalam tas secara keseluruhan, merapikan lakban, lalu tinggal staples bagian bawah tas.
  4. Langkah selanjutnya yaitu dengan membuat pegangan tas. Pegangan tas dapat dibuat dari bagian baju yang lainnya. Disini, kita akan menggunakan ikat pinggang kain yang sudah sepasang bersama dengan baju. Kalian tinggal mengikatkan ikat pinggang kain yang ada pada tempat ikat pinggang.
  5. Jika baju bekas yang kalian gunakan adalah jenis kaos, maka kalian semua bisa menjahit pegangan tas pada bagian atas kaos dan digunakan sebagai pegangan tas.
  6. Tas dari baju bekas ini juga bisa dapat diberikan penutup tas agar lebih aman serta cantik dengan menggunakan bahan atau kain dari bagian baju bekas yang lain. Pertama-tama, pasang pin ataupun bros sebagai tempat untuk memasang tali penutup tas. Kedua, kalian buat penutup tas sesuai dengan ukuran letak pin atau bros yang sudah kalian pasang.
  7. Langkah terakhir, kalian tinggal memberikan hiasan agar tas dari baju bekas kamu-kamu terlihat lebih cantik. Bisa menggunakan pita, dsb. Tas cantik dari baju bekas kalian pun sudah jadi dan siap digunakan.

15. Tenda Untuk Hewan Peliharaan.

 

 

Kalian yang suka sama hewan atau yang punya hewan peliharaan seperti kucing yang lucu atau anjing yang lucu, kalian bisa memnafaatkan baju kaos bekas untuk membuat tenda atau rumah untuk hewan peliharaan kalian.

 

 

16.  Dekorasi Kaleng Celana Jeans

Kalian juga harus tau celana jeans yang sudah jelek atau tidak dipakai selain bisa dibuat untuk food photograpy props atau bahan dekorasi kaleng celana jeans juga dapat dimanfaatkan untuk tas kecil yang cantik yang kekinian.

17. Tas Handphone Cantik Dari Dasi

Tas handphone ini juga bisa dijadikkan ide kreatif dari baju bekas. Jika kalian mempunyai dasi smp, smk, ataupun dasi kerja yang sudah tidak terpakai kalian bisa memanfaatkan dasi tersebut untuk membuat tempat handphone yang cantik.

alat dAN BAHAN :

  • Gantungan kunci atau cantolan/hook. Umumnya bisa didapat di toko kerajinan tangan.
  • Sisa kain bekas yang sudah tidak dipakai. Pilih dalam motif yang sesuai seleramu.
  • Sedikit kain staplek alias sejenis kain keras yang juga tersedia di toko kerajinan tangan
  • Gunting dan setrika.
  • Benang dan jarum.

Cara Membuat :

1. Ukur panjang dan lebar handphone yang kamu pakai. Kalau kamu menggunakan casing luar untuk handphone itu, ukur keseluruhan badan casing supaya nanti akan muat ke dalam dompet handphone.

2. Ukuran kain sisa yang kamu butuhkan adalah dua kali lebih besar dari ukuran handphone secara keseluruhan ditambah dengan sekitar 5-7 cm. Kelebihan itu nantinya akan menjadi bagian sisi kiri dan kanan dari dompet handphone tersebut. Gunting kain sesuai ukuran yang dibutuhkan. Contoh: Untuk iPhone 6s, panjangnya adalah 16 cm dan lebar 8 cm. Jadi kamu butuh kain sisa dengan ukuran sekitar 37cm x 21cm.

 Gunting kain staplek menggunakan ukuran kain sisa yang sudah kamu buat sebelumnya. Cara menggabungkan kain staplek dengan kain biasa adalah dengan menggunakan setrika. Panaskan setrika lalu tempelkan kain sisa diatas kain staplek, lalu digosok.

4. Kamu akan mendapatkan sepotong kain sisa berbentuk persegi panjang. Lipat jadi dua bagian lalu setrika sekali lagi untuk “mengempiskan” penampilan dompet sekaligus merekatkan.

Jahit salah satu bagian ujung sebagai bagian bawah dari dompet. Lalu lipat dua ke arah atas dan sisakan beberapa cm.

6. Jahit kedua sisi kiri dan kanan dompet sehingga bisa menjadi kantong untuk handphone.

7. Sebagai tambahan tempat cantolan kunci, gunting kain sisa sekitar 10×5 cm. Lipat menjadi dua dan jahitkan ke bagian atas dompet sebagai tempat untuk memasukkan ring gantungan kunci.

18. Boneka Cantik Dari Kaos Kaki

Kaos kaki motif selain bisa dibuat untuk hiasan cangkir kopi atau teh kalian juga bisa membuat boneka cantik dan lucu dengan bahan utama nya yaitu kaos kaki.

19. Membuat Pot Tanaman

Membuat pot dari baju bekas, kalian juga harus tau baju bekas selain untuk membuat barang-barang berguna, baju bekas pun juga bisa dibuat atau dimanfaatin untuk pot tanaman.

20. Pouch Mini

pakaian bekas bisa juga dibuat untuk pouch mini, yang bisa digunakan untuk pouch kosmetik atau yang lain sebagainya.

21. Bando

Pakain bekas, atau celana jeans juga dapat digunakan atau dipublikasikan untuk aksesoris cantik seperti bando untuk mempercantik penampilan rambut perempuan.

22. Baju Olahraga Untuk GYM

Kalian memiliki baju yang kebesaran ? kalau ada kalian bisa membuat pakaian tersebut menjadi baju olahraga loh ! Cukup kalian ambil gunting dan kalian perhatikan langkah gambar dibawah setelah itu jadikan baju olahraga sesuai keinginan kalian yang sangat cocok untuk dipakai ke gym atau senam.

Yuk baca juga artikel usaha bawang kupas

23.  Kaos nyentrik !

Dari pada kaos kalian dibuang secara percuma, lebih baik potong bagian kaos seperti gambar dibawah ini, percayalah kaos mu yang mulanya biasa-biasa saja kini setelah kamu rubah kaos itu menjadi kaos yang cantik dan kekinian, kaos tersebut bisa dipakai untuk acara hunting foto bersama teman-teman ataupun fotografer dan bisa juga dipakai dirumah.

Nah, cukup sekian contoh-contoh ide kreatif dari baju bekas ini dan maaf jika ada salah-salah kata dalam pembuatan artikel ini, hmm…dan semoga bisa menjadi wawasan kalian para pembaca artikel ini. Sekian dan terimakasih, nantikan artikel kami selanjutnya.