Cara Membuat Roti Kacang yang Enak dan praktis

cara membuat roti kacang

Cara Membuat Roti Kacang

Cara membuat roti kacang,  Pada ulasan ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat roti kacang yang bisa anda coba dirumah. bagi anda yang hobi memasak, resep-resep berikut cocok untuk anda coba sebagai camilan di ruang tamu, untuk bekal anak sekolah, atau menjadi camilan di saat lebaran.
Roti yaitu makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, namun ada juga yang tidak menggunakan ragi.
Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga terdapat tekstur dan rasa tertentu.
Roti termasuk makanan pokok di banyak negara Barat.Roti adalah bahan dasar pizza serta lapisan luar roti lapis. Roti biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan pada kondisi “fresh” yang dikemas rapi didalam plastik.Dalam beberapa budaya, roti dipandang sangat penting sehingga menjadi bagian utama hidangan untuk ritual keagamaan.

Salah satu roti yang sering kita makan adalah roti tawar. Dibawah ini adalah cara membuat roti tawar yang empuk dan lembut

Cara Membuat Roti Tawar yang Empuk dan Lembut

Bahan-bahan

  • Tepung protein tinggi 500 gr
  • Susu bubuk 30 gr
  • Garam 1 sdt
  • Air hangat 250 cc
  • Ragi instan 1 sdm
  • Gula pasir 3 sdm
  • Mentega 30 gr

Langkah-Langkah Pembuatan Roti Tawar

  1. Siapkan air hangat. Masukkan gula dan ragi instant. Aduk dan diamkan selama 2 menit. Hal ini dilakukan untuk mengaktifkan ragi. Kemudian, masukkan mentega yang telah berada di suhu ruangan. Aduk sampai rata.
  2. Di tempat terpisah, campurkan tepung, susu bubuk dan garam hingga rata
  3. Masukkan  campuran bahan cair ke dalam tepung. Uleni 180 kali. Saat menguleni, adonan memang lengket di tangan, tapi jangan khawatir karena pertanda tekstur roti yang dihasilkan akan fluffy dan empuk.
  4. Siapkan tempat lain yang telah diolesi minyak kelapa/goreng supaya adonan tidak lengket. Letakkan adonan  ke dalamnya. Diamkan selama 45menit. Jangan lupa tutup adonan dengan plastik wrap atau dengan kain bersih. Bila suhu udara panas, adonan akan cepat mengembang. Namun, kalau sedang dingin misalnya hujan bisa nunggu sampai 50-60 menit
  5. Setelah 45 menit, tinju-tinju adonan untuk mengeluarkan udara di dalamnya. Tidak perlu over dan keras. Lembut saja ya.
  6. Letakkan adonan di atas meja yang telah ditaburi tepung. Pipihkan adonan dengan rolling pin atau botol serta apapun yang bisa dimanfaatkan  dengan ketebalan yang sama tiap sisinya. Lalu, gulung rapi dan padat seperti gulungan adonan bolu gulung
  7. Siapkan loyang yang telah diolesi minyak. Taruh adonan di dalamnya.
  8. Diamkan selama kurang lebih 45 menit. Jangan lupa tutup dengan kain bersih.
  9. Panggang dengan api bagian bawah selama 45 menit dan api bagian atas selama 10 menit pada suhu 180ºC                                                                                          Tips: Jangan lupa untuk memanaskan oven kamu selama 5 menit sebelum adonan dipanggang ya, supaya panasnya merata
  10. Angkat dan letakkan di rak. Olesi atasnya dengan mentega atau susu cair supaya tidak pucat tetapi lebih menawan
  11. Iris roti ketika dingin. Resep ini bisa menghasilkan 14-18 potong roti tawar. Tergantung juga sih ketebalan ngirisnya

Manfaat Roti bagi Kesehatan Tubuh

Penambah Energi

Bread slice isolated on white Premium Photo

Roti adalah salah satu bahan makanan sumber kalori, lemak, karbohidrat, dan protein dimana menurut fatsecret.co.id secara berurutan dua lembar roti mengandung 200 kkal, 2 gr, 37 gr, dan 7 gr.

Keempat bahan tersebut memang sumber energi bagi tubuh yang sangat membantu untuk tubuh kamu saat beraktivitas. Tentu semakin banyak roti yang dikonsumsi, semakin banyak energi yang akan didapatkan tubuh kamu. Namun, 2 lembar roti saja cukup untuk menunda lapar hingga makan siang tiba kok, clap Lovers.

Kandungan Serat

Different fresh baked bread on table Free Photo

Roti yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum utuh, chia, flaxseed, biji poppy, wijen, dan oats mengandung serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh kamu.

Oleh karena itu, jika kamu mengincar kandungan serat yang ada di dalam roti sebaiknya pilihlah roti dengan biji-bijian di atas dibandingkan dengan roti putih biasa.

Karena roti putih umumnya mengandung tambahan garam dan sodium serta kadar serat yang rendah.

Mengandung Vitamin

Chocolate; fruits and dryfruits with bread on white backdrop Free Photo

Salah satu manfaat roti adalah mengandung vitamin juga loh, clap Lovers! Vitamin yang terkandung dalam roti adalah vitamin B1, B2, serta niacin.

Tak hanya vitamin, kandungan mineral pun terkandung di dalam roti seperti zat besi, kalsium, dan juga folat yang baik bagi ibu hamil.

Kandungan kalsium pun sangat baik untuk tulang sehingga dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang.

Baik untuk Diet

Fitness elements with space on top Free Photo

Bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan atau diet, roti sangat baik untuk dikonsumsi. Namun perlu diperhatikan, jenis roti yang baik untuk diet adalah roti yang terbuat dari biji-bijian utuh kaya akan serat.

Ada 5 jenis roti yang baik untuk diet yaitu roti gandum, roti rye, roti multigrain, roti sourdough, dan roti pita. Untuk isian, mulai dari selai buah hingga telur mata sapi bisa kamu gabungkan dengan roti tersebut. Yang jelas, tetap enak dan lezat dan juga sehat ya.

Kacang adalah suatu istilah non-botani yang biasanya dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan (namun tidak semua). Dalam percakapan sehari-hari, kata kacang dipakai juga untuk menyebut buah (polong) atau bahkan tumbuhan yang menghasilkannya.

Di Indonesia, kata “kacang” biasanya dimaksudkan untuk polong kacang tanah. Kata ini sebenarnya digunakan untuk menyebut biji kering yang berbentuk menyerupai ginjal dan dimakan setelah dikeringkan.

Kacang biasanya mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi, sehingga banyak yang dihargai sebagai bahan baku pangan yang penting. Biji legum kering yang besar serta mengandung banyak tepung biasanya tidak disebut “kacang”, melainkan “kara” atau “koro”.

Dalam konteks pangan, “kacang” digunakan pula untuk menyertai nama produk pangan olahan yang biasanya dibuat dari kacang tanah.

Manfaat Kacang bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan berat badan

Suatu penelitian yang telah dilakukan oleh O’Byrne DJ berhasil mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kacang selama enam bulan, bisa menurunkan berat badan partisipan sebesar tiga kilogram.

Dalam penelitian ini partisipan merupakan wanita yang telah memasuki masa menopause. Kondisi ini terjadi karena terdapat penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh partisipan, setelah melakukan diet dengan mengonsumsi makanan rendah lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan kandungan asam oleat kacang.

Penelitian tersebut didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh Alper CM yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kacang mampu membuat Anda merasa puas sehingga mengurangi keinginan Anda untuk mengkonsumsi camilan yang lain.

2. Kesehatan jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Guasch-Ferre menyimpulkan bahwa pemberian suplemen yang mengandung kacang kepada 7.216 pria dan wanita berusia 55 hingga 80 tahun bisa mengurangi peluang Anda terkena penyakit kardiovaskuler hingga 34 persen karena kandungannya yang kaya akan magnesium, yang diyakini mampu mengatasi kanker, jantung dan penyakit lain yang bisa menyebabkan kematian.

Hal ini didukung suatu studi yang menambahkan bahwa mengonsumsi kacang selama 30 minggu, dapat menurunkan trigliserida sebesar 24 persen serta menaikkan kadar magnesium pada tubuh yang mampu menurunkan risiko terkena penyakit kardioveskuler terhadap tubuh Anda.

3. Kesehatan empedu

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Tsai CJ terhadap beberapa partisipan yang baru-baru saja menunjukkan gejala-gejala terserang batu empedu menunjukkan bahwa secara rutin mengkonsumsi kira-kira lima ons kacang tiap minggu, berhasil menurunkan peluang para partisipan tersebut terkena penyakit batu empedu.

Dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari satu ons selama satu bulan, atau bahkan tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Umumnya, batu empedu terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada empedu Anda. Namun kacang juga memiliki kandungan yang mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Lokko P, yang menambahkan bahwa mengkonsumsi secara rutin selama delapan minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol total (7.2 persen) dan trigliserida (20 persen) pada tubuh.

Jangan dimakan kebanyakan

Namun, seperti yang sudah dilakukan pada sejumlah penelitian di atas, kacang tanah sebaiknya dikonsumsi dalam takaran tertentu per harinya. Beberapa literatur mengatakan bahwa konsumsi kacang tanah dengan takaran berlebihan justru dalam menurunkan kadar mineral dalam tubuh Anda sampai meningkatkan risiko Anda terserang penyakit gagal ginjal.

Resep-Resep Cara Membuat Roti Kacang yang Bisa Anda Buat di Rumah

Cara Membuat Roti kacang  Wijen

roti kacang wijen

Bahan-Bahan untuk Membuat Roti Kacang  Wijen

    • 500 gr tepung terigu segi tiga

    • 350 gr kacang tanah
    • 3 btr telur
    • 350 gr gula halus
    • 250 ml minyak sayur
    • 1 btr kuning telur untuk olesan
  • 250 gr wijen untuk taburan

Langkah-Langkah Cara Membuat Roti Kacang  Wijen

  1. Sangrai kacang tanah dengan api sedang hingga kuning kecoklatan angkat dan tiriskan.kalau sudah dingin tumbuk kacang tanah tp jgn sampai halus tumbuk kasar saja sisihkan dulu.sangrai juga terigu dengan api kecil biar gk gosong setelah agak kuning angkat
  2. Kocok telur dan gula halus sampai mengembang, kemudian matikan mixernya masukan terigu dan sedikit minyak sayur aduk rata kemudian masukan kacang tanahnya dan aduk sampai kalis dan tidak nempel di tangan
  3. Bulat-bulatkan adonan dan pipihkan adonan memakai gilingan kue kemudian cetak dgn cetakan kue kacang masukan ke loyang
  4. Kemudian olesi kue dengan kuning telur menggunakan koas kue yg sudah di kocok menggunakan sendok saja beri sedikit pewarna kuning dan taburi wijen
  5. Kemudian panggan sampai matang

Cara Membuat Roti Kacang isi Selai

Bahan-bahan

    • 250 gr terigu protein tinggi
    • 30 gr gula pasir
    • 3 gr ragi instan
    • 2 kuning telor
    • 110 ml susu cair
    • 30 gr margarin
    • sejumput garam
    • secukupnya selai kacang utk isisan
    • secukupnya keju parut utk taburan
    • bahan olesan
    • 1 kuning telor
  • 3 sdm susu cair, campur jadi satu

 

Langkah-Langkah Cara Membuat Roti Kacang Selai

 
  1. Campur terigu,ragi,dan gula aduk rata, tambahkan kuning telor dan susu cair, uleni hingga tercampur rata, tambahkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis.
  2. diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat,
  3. Setelah itu, ratakan adonan untuk mengeluarkan gas di dalamnya, bagi adonan menjadi 9 bulatan
  4. Ambil 1 bulatan, pipihkan, isi dengan selai kacang, bentuk sesuai selera, tata di loyang yg telah diolesi dengan margarin, atau masukkan dlm paper cup
  5. diamkan kurang lebih 10 menit.
  6. Olesi roti dgn bahan olesan, dan taburi keju parut. Oven pada suhu 180ºC kurang lebih selama 45 menit atau sampai matang kecoklatan.
  7. Keluarkan dari oven, tunggu sampai hangat, siap di sajikan

Cara Membuat Roti Kacang Hijau Buah-Buahan

Bahan-bahan

    • 250 gr kacang hijau kupas
    • 200 gr gula pasir
    • 1/2 sdt vanili
    • 1 bks santan kara
    • 1 bks agar agar swalow plain
    • Pewarna makan (merah,hijau,kuning)
    • Stereofoam
  • Tusuk sate

 

Langkah-Langkah Membuat Roti Kacang hijau Buah-Buahan

 
  1. Kukus kacang hijau yg udah d kupas,kuranglebih 15mnt
  2. Setelah agak dingin,blender kacang hijau yg sudah d kukus sambil d kasih santen n gula
  3. Masukan hasil blenderan tadi ke dalam panci anti lengket,tambah vanili,lalu d aduk aduk sampe adonan kalis, jangan lupa pake  yg kecil aja yach,biar ga gosong
  4. Kalo adonan udah kalis,berarti udah siap d bentuk tunggu sampe dingin
  5. Bentuk adonan sesuai yg kita inginkan,setelah terbentuk tusuk dg tusukan sate,lalu tancapkan d atas stereofoam
  6. Setelah selesai ngebentuk,sekarang kita celupkan roti bentuk buah buahan tadi di dalam pewarna yg udah di campur dg air
  7. Sambil nunggu warnanya kering,sekarang kita masak ager ager,campur air,ager,gula
  8. Setelah mendidih,masukan buah buahan yg d warnai tadi ke dalam ager,n tunggu sampe agernya kering
  9. Tunggu sampe agernya kering,dan kuenya siap di santap.

Cara Membuat Roti Kacang Eggless

Bahan-bahan

    1. 1 kg tepung terigu, sangrai 10-15 menit sampai terasa ringan
    1. 750 gr kacang tanah kupas, disangrai
    1. 400 ml minyak makan
    1. 450 gr gula pasir, blender/chopper agak halus
    1. 150 gr mentega/margarin, dicairkan, dinginkan
    1. 1 btr telur ayam, kocok rata
    1. Taburan : wijen putih
  1. Bahan Olesan : 2 kuning telur, dikocok rata
     

Langkah-Langkah Cara Membuat  Roti Kacang Eggless

  1. Haluskan kacang tanah sangrai dengan food processor atau chopper sampai benar2 halus.
  2. Campur rata semua bahan kering : tepung, kacang tanah, gula pasir.
  3. Masukin minyak goreng bergantian dgn mentega cair, sedikit2 dan telur ayam, sambil diaduk rata ke dalam tepung, ulen/adon sampai rata (aku pake mixer yg spiral biar praktis dan cepat). Setelah tercampur rata diamkan adonan sebentar.
  4. Cetak sesuai selera, kalo agak lembek tambahin sedikit tepung terigu di adonan, sampai bisa dicetak.
  5. Sebelum dipanggang, olesin dulu dgn kuning telur, taburi kacang wijen. Aku gak pake wijen krn stock gak ada.
  6. Letakkan diloyang yg sdh dioles mentega atau dilapisi kertas roti. Panggang sampai matang, saya pake otang jadi harus sering di intip en diputar2 loyangnya biar kue matang merata.

Cara Membuat Selai Kacang yang Sehat

Anda suka makan roti? Roti paling enak dimakan dengan selai. betul tidak? Salah satu selai yang sering dimakan dengan roti adalah selai kacang.  Dibawah ini adalah resep cara membuat selai kacang yang jauh lebih sehat daripada selai-selai kemasan.

Bahan-bahan:

  • 425 g kacang tanah tanpa kulit (lebih baik lagi versi organik), panggang
  • 1/4 sdt garam alami (misalnya rock salt atau garam organik Bali)
  • 1 sdm madu (atau 20 g gula merah)

Cara Membuat Selai Kacang:

1. Masukkan kacang ke dalam food processor (bukan blender). Proses dengan kecepatan rendah dan dengan menggunakan Pulse Mode hingga halus.

2. Langkah menghaluskan terus dilakukan hingga kacang mencapai konsistensi creamy dan mengeluarkan minyak alaminya. Inilah alasan mengapa Anda tidak perlu menambahkan minyak sayur ke dalam deretan bahan.

3. Masukkan sisa bahan. Proses hingga madu (atau gula merah) menyatu.

4. Pindahkan ke dalam botol steril. Simpan di lemari es. Selai ini relatif tahan satu bulan dalam kondisi penyimpanan yang baik.

Dari ulasan diatas, anda dapat mengetahui tentang cara membuat roti kacang, manfaat kacang, dan sebagainya. Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari usaha rumahan

Bagaimana resep-resep diatas? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.